About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

ABOUT ME

WARNING: isi laman ini akan penuh dg kenangan masa kecil alias nostalgia gw hehehe :p

gw lahir di Semarang, 13 Juli 1990 pukul 12.45 WIB di RS Bunda. gw sendiri gak tahu persis bagaimana & apa yg dirasakan, dialami, serta dipikirkan mama selama mengandung gw. tapi, melihat perbedaan sifat & karakter gw dg adik, gw menyimpulkan bahwa orangtua gw dalam keadaan rukun, harmonis, & bahagia selama masa kehamilan tersebut. gw termasuk seorang anak yang dinanti-nantikan, apalagi setelah kematian anak pertama mereka, cie2 gw begitu lahir. ketika gw ikut sesi penyembuhan luka batin pun, Roh Kudus membimbing gw kembali ke masa kandungan dimana gw merasa aman dan hangat sekali di perut mama. rasanya ada tangan yg memegang gw, siapa lagi kalo bukan tangan Juru Selamat gw yg begitu mengasihi gw sampai sekarang ^^ bahkan, tante (gw lupa apakah papa mama gw juga pernah menyebutkannya) pernah bilang, bahwa nama lengkap gw adalah kepanjangan dari cinta alias LOVE: LOuisa VEronica, kemudian di belakangnya ditambahkan nama ayah gw: Hartono.

masa kecil gw cukup menyenangkan. gw banyak melihat & mengenang kembali foto2 masa kecil gw, ketika masih bayi dan anak2, betapa gw sungguh digwng-gwng oleh segenap anggota keluarga, baik dari pihak mama maupun papa gw. ketika gw melihat foto2 tersebut, gw bisa merasakan kembali aliran2 kasih yang hangat itu. gw terharu sekaligus merasakan damai di hati, melihat gw begitu digwngi oleh Engkong, Mak (tantenya mama gw), segenap tante dan om gw, para sepupu, juga tentunya orangtua gw sendiri. setiap tahun ulang tahun gw selalu dirayakan dengan cukup meriah (terutama untuk waktu 1990an) dengan mengundang seluruh para kerabat dan sanak saudara, anak2 tetangga, dan para pegawai yang bekerja di toko kami. gw sampai ingat, ulang tahun adalah peristiwa yang selalu gw tunggu2 karena saat itulah gw banjir kado hahaha ^o^ gw selalu bersorak senang ketika menyobek setiap bungkusan kertas kado, isinya adalah boneka, pinsil warna, buku-buku cerita, baju, mainan, atau yang lain. sebagai seorang anak, jelas gw sangat menyukai semua itu! gw sampai gak mau ganti baju setelah baju pesta karena tenggelam dalam lautan kado (itu ada fotonya loh, gw telanjang sambil baca salah satu buku cerita hadiah dari ultah gw).

mama sangat memanjakan gw. beliau sering sekali membelikan gw gaun-gaun pesta, mendandani gw, dan membelikan gw baju-baju baru. tapi anehnya, gw gak suka setiap kali didandani atau dibelikan baju-baju baru. gw selalu menangis & teriak2 kesal sambil menjerit-jerit, gak tahu kenapa! hahaha. dari kecil gw cenderung tomboy soal urusan baju. walaupun demikian gw suka main boneka & masak-masakan dan ibu-ibuan dg teman2 gw dulu. mama juga suka sekali foto di studio. dulu, setiap kali beliau mau foto dengan tante dan mau mengajak gw, gw sudah mulai nangis jerit-jerit. gw gak suka difoto, gw benci sekali malah. gw benci disuruh berpose dengan gaya begini begitu, dengan dandanan menor, dan harus selalu senyum, padahal gw sedang gak pingin senyum! bagi gw, sesi foto itu terasa menjemukan & lamaaaa sekali. tangisan gw sudah gak ketulungan kalo masih harus mama dan tante gw selesai difoto. begitu pula ketika mama keukeuh ingin mencobakan baju anak2 yg lucu, imut2 dan girly abis. wuah gw sudah berontak di mall, sampai mama gw kesel sendiri dan menabok pantat gw. padahal, sekarang ini gw suka belanja baju dan foto studio hahaha.

mama juga suka memotret. terbukti dari banyaknya album masa kecil gw. gw suka sekali melihat-lihat album tersebut, dan rasanya ingin menangis melihat kenangan itu. setiap foto memiliki cerita sendiri, sejuta asa dan rasa untuk ditulis.

gw juga dekat dengan papa. walau sudah samar2, gw masih ingat di benak gw akan kenangan masa kecil gw dengan papa: makan bakmi bareng2, nonton pertandingan tenis papa, main SEGA (semacam play station zaman dulu), nonton film silat bareng, dan duduk di pangkuan papa setiap kali naik mobil. gw lucu sekali kalo makan bakmi, bakmi itu selalu berjuntaian keluar dari mulut gw dan papa terbahak-bahak melihatnya. juga ketika main SEGA, dulu mainan kesukaan kami adalah Mortal Combat dan Street Fighter. kami menamatkan seri sampai tamat bersama-sama, dan menikmati setiap jurus masing2 lakon. kadang2 kami juga main duel. wuaaaah seru sekaliii.... kemudian, karena gw suka nyanyi, setiap kali kami pergi naik mobil, gw selalu duduk sambil jingkrak-jingkrak di bangku belakang sambil nyanyi lagu yang diputar. gw lupa judul2 lagunya, tapi hingga detik ini gw masih ingat irama lagunya. beberapa di antaranya itu kalo gak salah singing syalala....tingeling-eling....kemudian ada lagu yang triak awon awon awon....hahaha gw gak tahu persis *gw nulis ini sambil senyum2 sendiri wkwkwkwk* kadang2, papa mengizinkan gw duduk di pangkuannya sambil nyetir mobil dan gw menikmati sekali momen tersebut. kadang2 pula papa mengizinkan gw memegang kemudi dan melepasnya beberapa saat. woooo seru banget!! terbersit di batin gw bahwa sejak kecil, gw sudah memiliki hubungan father & daughter yg berkesan banget, walaupun tentu saja papa pernah memarahi & menghajar gw kalau gw lagi kumat nakalnya. gw selalu takut kalau papa marah, karena beliau akan melepas ikat pinggangnya kemudian mulai memukuli gw dengan sabuk itu (kalau mama akan mencambuk gw dengan kemucing). ini berlaku juga buat dd gw. tapi di luar itu, papa adalah seorang papa yang baik dan luar biasa mencintai anak2nya.

dulu, gw ini genit & centil sekali. bersama sepupu2 lain yg juga sama2 masih kecil, kami sekeluarga sering berkumpul di rumah engkong. kemudian di ruang keluarga yang besar, semua anak akan mengadakan "kontes nyanyi." di rumah engkong ada pintu geser terbuat dari kaca ditutupi gorden. pura2nya itu adalah gerbang besar ke panggung pertunjukan. kemudian, dengan para orangtua, opa-oma (sepupu2 dari engkong gw masih hidup saat itu), om dan tante sbg penonton, anak2 akan tampil nyanyi satu persatu dengan iringan tepuk tangan, gorden yang membuka, dan mulai menyanyi. saat itu yang hampir selalu menang adalah gw, tapi para sepupu lain pun tak masalah berhubung gw adalah satu2nya cucu Engkong yg cewek, lainnya cowok & nakal2 semua. jadilah, setiap "kontes nyanyi" keluarga itu, gwlah yang mendominasi dan selalu jadi pemenang.

***

ketika gw tahu bahwa gw akan punya adik, gw senang sekali ^^ gw gak sabar ingin adik gw segera lahir. gw ingat selalu mengelus-elus perut mama yang makin hari makin membuncit dan mencium-ciumnya. gw ingat sekali mama sangat melibatkan gw dalam pemilihan nama untuk calon dd bayi ini. dan setiap kali gw ketemu orang2, mereka akan mengucapkan selamat pada gw yg akan punya dd & gw akan jadi kakak yg baik! dipikir2, sebenarnya gw gak terlalu antusias punya dd. tapi gw juga gak pernah terpikir akan kasih ortu yg akan terbagi dg gw & dd. dulu, gw kepingiiin banget punya dd cewek. gw ingat sekali, nama yg kami persiapkan bersama untuk bayi itu bersama mama: kalo cewek namanya Christabella dan Stephanie, kalo cowok Christopher dan Stefanus.

kemudian....tadaaaa ^^ lahirlah dd gw. gw masih inget, waktu itu pukul 3 sore dan gw baru bangun tidur sambil ngucek2 mata (dulu gw diprogram untuk tidur siang jam 1-3 siang. kadang gw tidur di sofa dan difoto sama mama wkwkwkwk), tanya sama mbak yg ngurus gw mama ada dimana? katanya, mama ada di rumah sakit buat melahirkan! wooo...tapi gw gak ngeh, maklum baru setengah sadar haha. dan dd gw lahir cowok, gw inget dia ganteng banget (bener loh bayinya dd gw itu ganteng banget, gak kaya bayi2 lain yg rupanya gitu2 aja :p) dibedong erat2 pake kain ijo. bayi imut itu kemudian dinamai William Stefan Hartono, dan jadilah dia dd gw.

peristiwa lain yg gw inget adalah ketika papa menunjukkan gw ari-ari dd untuk dikuburkan di halaman belakang rumah kami. ari-ari itu diwadahi dalam kendi kecil dari kayu, dan ketika papa membuka tutupnya untuk menunjukkan isinya kepada gw, gw bergidik sedikit sambil bilang hiiiy....katanya, mengubur ari2 itu harus disertai dg api kecil agar si bayi tetap hangat.

saat itu, gw baru berumur 5 tahun dan duduk di TK Nol Besar (lucu yah, istilahnya nol kecil dan nol besar). setiap kali sekolah, gw gak sabar pingin cepat2 pulang ke rumah, mau liat & main sama dd gw. gw sukaaaa banget sama dd gw itu. makin lama dia makin lucu, makin gemuk & montok. apalagi pas kepalanya digundul. waaah lucunya....Willy persis sekali dg papa ketika lahir, terutama alisnya yg lebat. tapi, ada kalanya gw marah2 atau cemburu dg si dd kecil ini. entah kenapa, gw gak pernah suka kalau barang gw dipegang. sedikit pun gak!! entah itu mainan, pinsil warna, buku cerita. pokoknya gw gak suka kalo Willy pegang2 barang gw, dan selalu gw rebut kembali. kemarahan gw yang paling hebat adalah ketika Willy pinjam buku cerita yang judulnya Putri Oyayubi (Thumbelina dalam versi Jepang). gw marah2, nangis, dan jerit2 di dalam rumah sambil banting2 pintu kamar berulang kali. gw ngancam semua buku gw akan gw bakaarrr! (kalo diingat, ya goblok juga karena kan gw yg rugi hohoho). seingat gw mama gak memarahi gw apa2, tapi gw yakin dalam hatinya beliau pasti sudah gondoook sekali, dan hanya menenangkan Willy yg menangis. mengenang kejadian lucu mengenaskan ini mengingatkan bahwa gw ini orangnya pelit....

karena mama gw suka sekali mendandani anak2, Willy pun juga tak luput dari "eksperimen" mama. ada foto-foto yang menunjukkan Willy dipakein baju cina, bibirnya merah karena lipstick, blush on, rambutnya diiket kuncir air mancur (pas panjang), pake rok, dll. lucu2 banget hihihi....ada juga pake baju blangkon terus di atas mulutnya dilukis kumis, seperti Pak Ogah hohoho.

papa jelas mencintai anak cowok ini, terlebih karena muka Willy itu jiplakan dirinya. ia sangat bangga akan Willy dan membawanya kemanapun dia pergi. kadang2, ia menggendong kami berdua, kanan dan kiri. aaah....masa2 yg indah. gw suka sekali masa2 itu....

namun, dulu waktu kecil Willy sering sekali sakit. yg paling gw ingat, Willy susah sekali untuk buang air besar. hal ini terbawa sampai Willy agak besar. entah kenapa dia susah sekali untuk pup, dan lama-lama jadi gak suka pup! setiap kali ingin BAB, Willy hanya diam saja tapi wajahnya tegang banget dan berkeringat dingin. sewaktu bayi, papa sampe harus menyuntikkan obat salep ke dalam anusnya untuk membantu kotorannya keluar, tak peduli Willy menangis sekeras apapun. tapi setelah dia makin besar, lama-lama hal ini menjengkelkan orang lain juga termasuk gw. gw tak habis pikir apa susahnya sih kalo kebelet tinggal ke kamar mandi sendiri? gw sampe pernah marah2. "Rasain ntar kalo eekmu jadi keras kaya batu!" ujar gw.

tak hanya itu. dulu Willy juga lumayan sering terkena pilek, batuk-batuk (yg cukup parah untuk bayi seusia dia), demam, dan yg paling parah, demam berdarah. papa sampai pontang-panting melarikan Willy ke rumah sakit dan harus bergantian dg mama serta mbak sus yang mengasuhnya untuk menunggui opname di RS.

dokter langganan kami waktu anak2 adalah Dr. Ismangun di PUKJ Jogja. beliau terkenal karena suntikannya, dan tak pernah segan2 menyuntik anak2 yg bakal mengkeret ketakutan begitu tau kalo mereka harus disuntik. setiap kali gw & Willy kena batuk, papa PASTI membawa kami ke sana karena suntikan sang dokter ini terkenal ampuhnya. manjur banget!! dalam 3 hari pasti sembuh deh. bahkan kadang2 papa rela bolak-balik setiap hari dari Jogja-Purworejo mengantar kami hanya untuk disuntik! asli, buat gw dokter satu ini horooorrr banget. entah mau dia ato mantri yang nyuntik, pokoknya gw gak suka kalo dibawa ke Dr. Ismangun. nyuntiknya 2x pula, di bokong kanan kiri yang selalu buat gw linu-linu. mula2 gw selalu nangis, apalagi ketika sebelum gw anak yg disuntik itu nangisnya kejer banget. gw kan jadi takut?! kalo bisa antrian nomer gw itu gak usah dipanggil ajalah, ato kelewatan, atau gimana. pokoknya gw gak mau masuk! beda kan dengan sekarang kalo dapet nomer antrian pinginnya cepet masuk, tapi dulu gw pingin banget gak usah masuk, selama mungkin di luar. lama-lama karena akhirnya sudah kebal dan bosen akan rasa suntikan, gw jadi makin berani n gak nangis lagi pas disuntik. sekarang Dr. Ismangun sudah meninggal & digantikan oleh putranya.

kemudian dokter lain yang menjadi langganan kami adalah Dr. Edi. beda sama Pak Ismangun, kalo sama dokter yg satu ini gw sukaaa banget. dokternya ramah, botak, rambutnya putih tipis, dan gendut. orangnya lucu pula. dan yang bikin anak2 suka sama dia adalah, kamar priksanya itu kaya ruang bermain!! asli guys....bukan ruangan bau obat kaya dokter2 anak lain. ruangannya tuh putih bersih, dindingnya dikramik putih sampai setengah, kemudian dinding bagian atas dicat biru muda yang kaleeem banget. terus, di dinding keramik itu ada pula gambar kartun Disney yg digemari anak2 pas itu: ada 101 Dalmatians, Snow White & the 7 Dwarfs, Lion King, Winnie the Pooh, dan gambar kartun2 lain yg bikin anak2. yang paling utama & terutama, dokteri ini GAK PERNAH MENYUNTIK ANAK-ANAK hohohoho ^o^ siapa coba yg gak suka?? kami cuma dipriksa sama stetoskop di dada kami, dan gw sukaaa banget kalo ditempeli stetoskop karena rasanya dingin-dingin gimana gitu hehehe. Papa selalu membawa gw & Willy kesini kalau sakit kami gak parah, paling hanya demam biasa, tanpa batuk pilek sehingga gak perlu disuntik. ini sangat menjengkelkan kami karena kami lebih sering terkena batuk pilek daripada sekadar demam biasa T__T kalo tau mau dibawa ke Dr. Edi, gw senaaang sekali hahahaa. gw semangat untuk pergi. tapi begitu akan dibawa ke Kang Ismangun, gw langsung pasang tampang masam, lebih kecut daripada jeruk nipis.

***

masih banyak kenangan lucu & menggemaskan lain pada masa kecil gw. disini akan gw ceritakan beberapa.

dulu, gw suka dan sering sekali makan di Mc.Donald (McD). waktu itu, setiap kali makan disana, ada hadiah kecil kereta-keretaan dg berbagai bentuk & tokoh Disney yg harus dikumpulkan & dikoleksi. semuanya ada 64 jenis. kalo sudah komplit, nanti akan disambung2kan jadi rangkaian kereta panjang yang lucu sekali jalannya. ada princess yang bisa muter-muter, Flounder yang berputar-putar mengelilingi Ariel, kepala yang bisa nongol2, tangan yg melambai-lambai, waaah bagus sekali. gw suka banget ngumpulin mainan itu. jadi tujuan gw makan di McD itu buat dapet mainan, bukan buat makan.
mama gw berperan besar disini, karena beliaulah yang mengajarkan gw cara menyimpan, merawat, & merangkaikan mainan2 itu. mama gw orangnya terorganisasi & rapiii sekali. sampai sekarang, gw suka ditegur tiap berkunjung ke mama karena kurang rapi ;p. mama gwlah yang merawat, menyampuli, & menyimpan SEMUAAAA buku cerita gw sehingga masih utuh sampai sekarang! entah bagaimana caranya, dengan campur tangan mama mainan itu bisa terkumpul sampai 50 lebih, semuanya beda-beda, dan gw senang sekali layaknya anak kecil waktu itu. mama selalu bisa dapet mainan yang berbeda untuk diberikan pada gw. walaupun kini mainan itu sudah hilang semua, tapi di hati gw mainan2 itu tetap ada.

selain itu, gw sukaaa sekali membaca buku cerita. tiap kali kami ke Jogja, kami pasti ke Gramedia untuk beli buku & makan diMcD hahaha. di mata gw, buku anak2 itu begitu menakjubkan, begitu indah, penuh warna....aaaah gw suka sekali. apalagi bau buku2 tsb! waktu itu, harga buku anak2 masih sangat murah2, baru sekitar Rp 1.500, Rp 2.000, dan kumpulan dongeng yg tebal harganya berkisar antara Rp 10.000 hingga Rp 25.000. sejak umur 4 tahun gw telah bisa membaca, ini berkat mama gw juga. namun begitu gw kalo baca buku hanya menikmati gambarnya saja yg penuh warna. setiap halaman gw ciumi & gw sedot2 bau wanginya sampai habis hahaha. setiap malam, mama akan membacakan satu cerita sampai gw tertidur. entah itu dari buku cerita, majalah Bobo, atau dari buklet Buncil dari majalah Ayah Bunda. gw masih ingat cerita2 Bobo, Si Sirik & si Juwita; Koko, Moni, dan Toni; Si Cabe & Wortel, dan cerita putri2 Walt Disney lainnya. tapi ada kalanya mama mendongengi gw tanpa baca buku, biasanya ini diambil dari kumpulan dongeng yang lebih banyak tulisan drpd gambarnya. berkat mama, sampai sekarang gw sangat mencintai buku, dg bahan bacaan yg lebih berbobot tentunya. buku2 gw ketika masih kecil juga masih tersimpan & tersampul rapi, dan hanya bbrp yang hilang.

satu hal unik yang tak akan pernah gw lupakan, mama akan meminta gw menghapal & mengulangi kosakata dalam bahasa inggris sebelum membacakan gw satu cerita. apa yg mama lakukan ini berdampak besar sampai sekarang, terbukti sejak kelas 4 SD gw suka sekali bahasa inggris. di bangku SMP-SMA, gw selalu mendapat nilai tertinggi untuk bahasa inggris, can speak it very fluently, and be recognized as the most brilliant girl hahahaha....padahal mama gak pernah mengajari soal structure atau grammar, beliau hanya minta gw untuk mengulangi kosakata bahasa  inggris yg telah dipelajari malam sebelumnya. ini semua sangat membantu gw dalam pelajaran menghapal vocabulary bahasa2 asing & bukan bahasa inggris saja. ini semua berkat mama gw. thx Mom....

ada lagi kejadian lucu lainnya yg "tragis". dulu, gw suka sekali main dakonan (itu lho permainan 2 orang yg masukkin biji2 ke dalam 7 lubang, tiap2 pemain punya "rumah lubang"nya sendiri2 yg ukurannya lebih besar dari lubang2 lain. setiap lubang diisi 7 biji, kemudian suit siapa yg jalan lebih dulu. kalo biji pemain yg sedang jalan habis & jatuh di lubang lawan, ia mati). nah, dulu gw punya dakon yg tempatnya itu dari kayu jati, dan beratnya ampun2an. t4nya itu besaaaar banget buat anak kecil umur 4 atau 5 tahun seperti gw. kalo mau main itu, gw harus minta bantuan suster yang ngasuh gw untuk ngangkat bareng2. tapi, gak tau kenapa pas itu gw ngangkat sendiri & gak ada orang yg ngawasin. karena gak kuat, tempat dakon dari kayu jati itu jatuh menimpa jempol kiri kaki gw, sampe warnanya jadi biru!! gw langsung nangis kejer waktu itu. gw gak tau siapa yah yg nemuin gw waktu itu. yg gw inget berikutnya papa gw gendong gw dalam keadaan panik dan terus bawa ke dokter di belakang pasar, dekat rumah gw. disana, kuku gw dikasih betadin & alkohol, kemudian dicabut guys! kuku jempol kaki gw dicabut!! huaaaa gw nangisnya kayak orang mau melahirkan hahahaha.....

aaaah masa kanak2 yg indah....tiap kali mengingat hal ini, bahkan saat gw menulis ini pun, hati gw hanya penuh dg limpahan & ucapan rasa syukur kepada Tuhan.

 thank You Lord, for such an amazing, wonderful childhood i have :)