About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Rabu, 20 Februari 2013

Semester 2 and I'm going to be okay

Baru aja mampir di blognya Kezia en gue baca soal pergumulannya dalam mikirin topik skripsi haha. Gue ngerti banget rasanya gimana. Btw, mumpung gue belum tenggelam dalam kesibukan, mo ngeblog dulu aaah.... Sekalian kasih update soal perkembangan gue en  tumpahin uneg2 dikit hehe.



Jadi, semester kemarin berlangsung dengan baik. It was hard, really hard, but by God's grace I was able to go through it. Itu benar2 semester kejutan buat gue, dimana gue harus beradaptasi dengan banyak hal baru disini: lingkungannya, sistim kerja kampus, makul2 baru, para dosen n professor, teman2 dari berbagai negara, plus juga kendala bahasa seperti yang sudah gue tulis di post2 sebelumnya. Gue mengakhiri semester 1 dengan nilai yang, sebenernya buat gue gak terlalu bagus, tapi yaaaa oke-lah hehe. 

Jadi, disini kan skala IPKnya itu paling tinggi 6,00 (kalo di Indo kan 4,00). Nah, semester kemarin nilai rata2 gue dari 5 makul (5 makul yg bikin gue stress berat n sempet nangis2 karena ngrasa gak tahan huehehehe) itu (cuma) 4,70 :(  Pas gue liat nilai itu, rasanya gimana yah.... sedih sih iya, rasanya kaya pingin jedutin kepala ke tembok gitu lah haha. Sempet depresi dikit, tapi gak keterusan coz somehow deep in my heart gue juga bersyukur dapet nilai segitu. Gue gak tau kalo dikonversi ke IPK Indo berapa, tapi kira2 gue dapet IPS 3,30 dari 4,00 hehe. Soalnya skala disini itu tiap 0,25 poin. 


But then, muncul kekhawatiran lain. Edan lah pokoknya selama bulan Januari kemaren itu, gue bener2 rentan abis diserang kekhawatiran, ketakutan, kecemasan, dll. Ketakutan gue yang terbesar itu ada 2:

1. Soal nilai, dan ini berpengaruh sama beasiswa gue coz beasiswa disini salah satu faktornya jg bergantung sama performance akademik. Nah, nilai minimum buat dapet n maintain beasiswa itu 4,75 dari 2 semester. Lah kalo di semester 1 nilai gue cuma 4,70 berarti di semester 2 ini gue kudu genjot abis2an biar bisa dapet rata2 minimal 4,75. Gue sempet lemes n hopeless, gak tau kudu belajar sengoyo apalagi. I was really slaving myself, I have never had studied like that before during my study in Bandung. Amit2nya kasus terburuk, gue gaktau harus gimana membiayai hidup gue disini if I couldn't maintain my scholarship, yg diberikan selama 1 tahun pertama. Ortu jelas ga sanggup membiayai kehidupan di Swiss, apalagi di kanton Geneva yg notabene kota internasional en biaya hidupnya naujubileeee. Gue sempet mikir ya udah kalo ga dapet, ya gue keluar aja dari insitut ini hahahah.


2. Kekhawatiran kedua adalah soal internship. Jadi, disini itu banyak banget tawaran n kesempatan magang di berbagai NGO dan badan2 PBB (UN's bodies), mengingat sekolah gue itu kan sekolah sospol/social science yang udah terkenal *haha bangga*. Setiap winter break and/or summer break, murid2 biasanya suka magang jangka pendek, dari 2-6 bulan. Magang ini ada yang dibayar ada yang enggak, en sebenarnya gak wajib buat magang tapi kalo bisa magang alangkah bagusnya, karena selain dapet 6 kredit SKS juga bagus boo buat pengalaman n mempercantik CV ^^  

Cuma masalahnya, aplikasi magang disini itu termasuk susah karena persaingan yg super tinggi n ketat. Like you've all knew from my previous posts, dulu gue sering dilanda rasa minder & inferior, mengingat secara usia gue relatif yg paling muda di kelas tapi juga hampir tanpa pengalaman kerja apa2. Sedangkan teman2 gue udah pada melintang kemana-mana, or kerja di pemerintahan, kedubes, NGO, dll. Jadi ya relatif gampang buat mereka dapet magang. Bulan Januari kemarin gue apply kira2 ada 20 lamaran tuh 95% gak ada respon booo or langsung ditolak :'(  En rasanya nih hati sedih banget tiap kali denger ada temen yang udah magang disini or disitu. Kok rasanya tuh gampang banget dapet kerjaan gitu, n kok kayanya mereka juga punya koneksi disana-sini. So guys, there's one thing which is more important than just having a wonderful resumé: it's a SOCIAL NETWORK!! :p


So yah, itu kekhawatiran gue hehe. Tapi itu semua sudah berlalu! Hura hura huraaaa. Thanks berat buat teman2 blogger yang udah menghibur & menguatkan gue: mbak mega, mbak dhieta, kak dinna, ci oline, n ci shinta. Gue juga bersyukur banget udah punya teman2 seiman yg udah kaya sodara rohani sendiri di Geneva. Thanks girls!! Kalian semua ga bosan2nya ngingatin saya buat gak khawatir n keep trusting God :)  God is soooo amazing by providing me with lots of good friends... 


Setelah bergumul cukup lama melalui proses yang lumayan sakit juga, sekarang gue bisa tenang: Gue ngrasain banget Tuhan bawa gue ke Geneva ini bukan cuma buat studi S2 tapi juga sekolah karakter, karena kepribadian n iman gue bener2 dibentuk disini. Ya intinya gue diajar abis buat yang namanya totally dependent on God. Yang paling gue rasain itu, dari yang tadinya gue terbiasa jadi at least the top 5 in class, sekarang kepintaran gue udah dipreteli n gue itu bener2 bukan siapa-siapa.... semua karena kasih karunia. Now, the result: 


1. Soal nilai & beasiswa ---> teman2 gue disini banyak yg bilang, 4,70 itu nilai yang bagus. Soalnya disini pake standar nilai Swiss n itu tergolong standar yang tinggi. Mereka juga ngingetin gue akan fakta bahwa sebagai murid dari negara (berkembang) dg sistim pendidikan dan standar yg sama sekali berbeda dg Eropa (plus bahasa yang benar2 baru), nilai segitu itu termasuk bagus. Dan gue rasa, kayaknya ga ada temen yg dapet nilai IPK murni 6,00 (yaaah i dunno for sure, i don't check it haha). Banyak sih yang dapet nilai IPS sekitar 5,00 - 5,50, jadi intinya nilai 4,70 itu ga termasuk jelek. Gue hampir gak percaya denger ini n feel so relieved after a lot of them saying that I've just being too hard on myself. 


Soal beasiswa, itu gak semata2 bergantung sama nilai, tapi juga dengan kondisi finansial DAN asal negara/region representation. Murid2 yg berasal dari negara2 Europe en USA, kemungkinan besar ga akan dapet beasiswa karena dinilai mampu secara ekonomi. So, as long as we can proof that we are financially impossible to support our life in Swiss, plus the fact that we came from developing countries, syukur2 nilai yang memenuhi syarat, masih mungkin lah dapet beasiswa. Bahkan temen gue ada yg dari US, dia bisa dapet partial scholarship (meaning she doesn't pay the tuition fees) karena penghasilan ortunya setahun itu sama dengan total biaya sekolah plus biaya idup di Geneva setaon juga!! Alamaaak. Kebayang kan biaya idup disini kayak apa T____T  Nah, temen gue ini langsung ndatengin pihak administrasi kampus en tunjukkin bukti penghasilan ortunya, sambil bilang, "Nih liat, dengan penghasilan ortu gue yang segini, gue jelas gak mampu bayar semuanya." Terus permohonan dia untuk at least dapet partial scholarship dikabulin. So, they said to me, "Don't worry about the scholarship thing. There will be time to worry about it, but definitely NOT NOW. And there are always options to get financial aid other than this school's scholarship. Plus, quiting is definitely out of options. Don't quit! Nobody quit because of that. Don't worry Louisa, don't worry...." Fiuuuh!! Lega banget dengernya -_____-


Gue ngrasa malu juga sih dinasihati begitu, en yang nasihatin gue itu temen2 yang notabene non-kristen or agnostic/atheis loooooh!! Gosh. Gue ngrasa ketampar abis2an, kenapa bukan gue yang jadi terang buat mereka!!! Perannya kebalik booo.... Pokoknya kelakuan gue selama bulan kemarin itu bener2 kayak orang yang kagak punya Tuhan, malu2in dah.... Plus, gue diingetin sama ayat di Mazmur 37:25, bahwa orang yg percaya Tuhan itu gak akan dipermalukan. Gak akan! Plus, Allah itu berkuasa untuk menepati apa yang Ia janjikan (Roma 4:21). So, masak sih Tuhan bawa gue kesini cuma buat setengah jalan doang.... Sekarang gue sudah bisa melepaskan kekhawatiran gue. Dapet beasiswa ato enggak, pokoknya gue percaya. Tuhan itu bisa menghidupi en memelihara gue dengan berbagai cara, gak cuma dg beasiswa. Amen sodara2?!?! Ameeeen! ^^


2. Now, about the internship things haha. Again, setelah gue melepaskan semuuuuuaa beban2 ini (puncaknya adalah ketika gue liat video klip kisahnya Yusuf di you tube en gue nangis sesenggukan, coba cari deh judulnya "You Know Better than I"), kira2 2 minggu kemudian, gue dapet 3 respon positif untuk internship :D  :D  :D

a) Yang pertama adalah tawaran magang di World Education (WE). Dia kantor pusatnya di Boston, USA, tapi punya kantor2 cabang di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia. Gue dikenalin sama sodara gue ke orang yang kerja di WE, n thanks for his help, there is a possibility that I might do an internship in.... guess where!!




INDONESIAAAAAAA ^o^

for this summer selama 3 bulan!!! ada program buat anak2 jalanan di Depok & Cianjur yang gue tertarik, plus passion gue kan di bidang pendidikan. Sama kayak Kezia nih hehe. Rasanya nyambung banget kalo ngobrolin soal pendidikan sama Kezia  c:

b)  Ikutan research dengan organisasi Terre des hommes (Tdh), tapi ini di Sri Lanka hohoho :p  kalo ketrima, gue ntar disuruh nge-research tentang fenomena child marriage. Gak masalah sih, coz gue memang tertarik dengan isu2 sosial terutama yg berhubungan sama children, youth, and women. Gue banyak baca buku2 tentang begituan: about education, health, gender & development, domestic violence, en isu2 lainnya.


c) Tawaran magang di organisasi yg namanya UNO (ato United Nations Organization), dia itu bagian dari GIMUN (Geneva International Model United Nations), semacam sidang2 PBB kayak NTU-MUN, HMUN (Harvard MUN), AMUN (Asia MUN), dll. Anak2 HI pasti tahu tentang ini lah yaa hehe. Nah, kali ini tawarannya kerjaan kantoran dan bukan kerja lapangan yang berhubungan dengan tulis menulis. Karena gue juga suka nulis en udah nerbitin buku juga *hohoho promosi :p*, so it's also a good option for me :)


Dari 3 kemungkinan di atas, so far gue jelas paling tertarik buat magang sama WEI. Iya doong, kan emang pinginnya kerja yg berhubungan sama pendidikan en youth empowerment di Indo :) Plus, gue bakalan magang di negara gue sendiri, negara yang udah gue kenal en selalu gue cintai, gak peduli gimanapun memprihatinkan kondisinya.... Plus lagi, gue bisa reunian sama keluarga en temen2 :D  Plus plus ketiga, I can save money from the expensive living costs!!! huwahahaha.


God is truly amazing yah.... this is really not the first or the second time gue mengalami sendiri, that God will give me the things my heart desire as long as I'm not attached anymore to it, as long as I seek God first and not being consumed with it. Mulai dari kepergian gue ke Jepang, terus juara satu IMUN di UI, jadi outstanding delegate di event prakdip, diterima pergi ke Swiss, sampe soal internship sekarang...... aaaaah God You are really breathtaking!! 


****


Di Semester 2 ini, gue ngambil 5 makul lagi. Sebenernya bisa ngambil sampe maksimal 7, tapi rasanya 5 sudah cukup buat gue. Gue bener2 mau fokus belajar n ga maoooo keteteran, plus gue pingin terlibat pelayanan juga. Soal pelayanan ini, gue so far tertarik buat melayani prostitusi (di negara maju kayak Swiss juga banyak prostitusi loh) en teman2 yang gay. caranya? ya ikut sama gereja hehe. Well, this is for another story okay :)  


Di semester 2, juga ada 1 makul wajib yang pake bahasa prancis. PRANCIS booo!! But I'm proud of myself because my french improves a lot.... belum jago segimananya sih, cuma sekarang gue relatif bisa ngobrol dg topik percakapan sehari-hari pake bahasa itu, dengerin kotbah di gereja juga biasa pake prancis. Selama liburan, i also did a lot of french exercises. Cuma kalo untuk bahasa prancis yg akademik ya masih harus belajar lagi hehe. Makul yang gue ambil semester ini:


1. Genre & developpement ---> ini yang pake prancis :p  But I was surprised because I could understand most of the professor said this morning during class. She speaks very clearly & also slowly, knowing that most of the students are non-french speaking. Plus, kelas ini gak 100% prancis juga, karena kita dibolehin tanya, presentasi, n nulis paper pake english. Selain itu, bahan2 bacaan juga banyak yang pake inggris. Jadi ya 50-50 lah hehe.


2. Qualitative method ---> di semester 1 kemarin, gue ambil makul Statistic alias quantitative method. To my surprise also, nilai statistik gue itu tertinggi dibanding makul2 yang lain: 5,25.

2 makul di atas adalah makul WAJIB.

3. Track about Conlict & Development ---> so, di semester 2 ini kita bisa ngambil satu dari 3 track spesialisasi yang ada. They are:
a. Human, Finance & Economic Development
b. Conflict & Development
c. Agriculture, Resources & Environment ---> i don't like the topics so this is definitely out of my table :p

Gue ngambil track conflict karena gue emang suka belajar konflik. Isu2 en bacaan seperti genocide, ethnic conflict, child soldiers, humanitarian issues, humanitarian intervention, conflict about indigenous people & land resources, itu gue suka banget. Tadinya gue bingung mau ngambil track 1 ato 2, karena di track 1 banyak juga isu2 yang gue suka. But, kita dibolehin juga ngambil 2 makul pilihan dari track yang lain, so i decided to combine both by tracking track 2 and elective courses from track 1 :)


4. International Education & Development --> ini makul pilihan dari track 1. This is also topic that attracts me most. 


5. International Migration ---> makul pilihan dari track 1 juga. Sayangnya, jadwalnya bentrok sama kelas international education. So far i decided to tick both of them before deciding which one i want to drop (karena registrasi kelas yang FINAL itu masih tanggal 1 maret, so kita masih dibolehin dulu buat masuk en pilih2 kelas hehehe).


6. Humanitarian Action, Framework, and Theories. 


Yaaah begitu deh ceritanya :)  Hopefully para pembaca bisa semakin kenal diriku lebih dalam dengan mengetahui hal2 apa yang kupelajari disini *halaaah emang kayak siapa aja hahahaha.*


Semester 2 ini.... bakalan lebih menantang, tapi juga lebih seru. And of course God's grace will be more abundant :)

15 komentar:

  1. Nonik...! :) HUG i am so glad to see how God is working in your life and how he is working in you. yes, you are going to be ok in His palm. i can see that it changes the way you write your blog too :) and skrg jadi suka baca your blog hehe #confession: soalnya dulu aq rada ga suka baca your blog bcos of the way you wrote it. i am sorry...
    semangat! nanti pasti bisa survive di sana...#i am afraid pas km internship gw kaga bs ketemu...but we can meet in Geneva, hopefully.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow!! Everybody said that they see a different style of me in writing blog haha :) Syukur deh ^^ sekalipun aku rada bingung juga bedanya gimana ya.... perasaan masih tetap heboh dan sama seperti dulu :p Makasih2 Mbak Anggit!! btw kapan mau ke Geneva-nya?

      Hapus
  2. sekarang cara curhatnya Nonik udah beda :) Seneng banegt ngeliat pembentukan Tuhan buat Nonik :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. :D
      beneran gitu ya? well i feel so blessed to read this :')

      Hapus
  3. nahhhh ada nama gue banyak amaad.hahaha. iyaa nih pengen do something buat pendidikan indonesia :D smangaad yaa nik! :D mujizat thesis yg gue alamin pasti akan lu alamin juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Kes nama lu banyak disebut ya wkwkwk. Abis kita punya passion yang sama sih :) Gue percaya ntar kesaksian lu soal thesis S2 ini bakalan sangat memberkati gue n orang2 lain juga ^^ Jangan lupa update perkembangan lu disana ya hehe.

      Hapus
  4. wow..wow..ku bingung mau ngomong apa Nik :) perkembangan u jauh luar biasa..di tempa terus imannya ma Babe rasanya maknyus ya hehehe..ku tetap percaya u bisa jadi berkat, kadang di kondisi spt ini kita tidak bisa jadi berkat karena respon kita it's not good, tdk bnr responnya..but klo u p'atiin profile picture ku, jadi s'org christian bkn b'arti tdk bisa jatuh malah klo kita jatuh orang lain akan lihat gmn Tuhan bkrj sama kita di posisi kita yg lg nyungsep, yg penting kita tetap fokus ke Dia. Istilahku klo nyungsep, jatuhnya sambil memandang Dia hehe..

    makasih buat share perkembangan u di sana. btw info ya klo pas nanti bertugas di Indo khususnya di depok hehehe mpe ketemu ya :) semangat & Jbu always :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you Kak Dina!! Iya nanti aku info2 kakak kalo udah ada final confirmation dari WE, soalnya aku pasti butuh cari info untuk kos2an juga selama disana... Mudah2an hasilnya positif dan aku bisa magang disana yah kak hehe.

      Hapus
  5. begitu rasanya kuliah di luar negeri :D menakjubkan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloooo Wisata Bali :D Ehm, panggilannya siapa ya hehe.
      yah beginilah kuliah di luar negeri, selalu ada suka dukanya :) Tantangannya besar dan banyak, tapi itu membuat kita jadi orang yang lebih tangguh juga. Thanks for visiting my blog!

      Hapus
  6. senang membaca blog mu :) banyak pelajaran

    BalasHapus
  7. Louisaaa kereeennnn!!!! Iya cara nulisnya lebi enak skrg. Aku malah salut sm tulisan kamu. Terstruktur n jelas bngt. :) u r really really really inspiring!!!!!

    BalasHapus
  8. Halo, salam kenal. Gua pertama kali mampir di blog lu dan baca cerita lu. Gua juga lagi sekolah di luar negeri jadi mungkin gua bisa ngerti keadaan lu sekarang. Meskipun situasi gua ma lu ga sama, tapi gua juga pernah berada di posisi lu.

    1. First of all, kunci utama keberhasilan di saat studi tuh adalah bagaimana lu menikmati semua pelajaran tersebut. Kalo lu seneng, enjoy belajarnya, hasilnya juga bakal kebawa bagus. Gua tau itu cuma teori, pada prakteknya ga semudah itu, tapi maksud gua gini...

    Cobain mulai dari sekarang kalo lu belajar atau ngerjain tugas, ga usah watir bakal dapet nilai berapa. Kerjain aja sebaik yg lu bisa, soalnya terkadang kalo kita berada di bawah tekanan akibat takut hasilnya kurang bagus, hasilnya juga kebawa ga maksimal. Memang ga mudah, tapi coba perlahan2 lu tanamkan mindset seperti ini.

    Banyak nanya di kelas, tunjukkin ke dosen kalo lu memang antusias, walaupun ada kekurangan. Ini pengalaman pribadi gua dan percaya deh, dosen juga manusia. Kalo mereka lihat bahwa lu sebenernya niat, tapi mengalami kesulitan, mereka pasti akan bantu lu. Apalagi lu pelajar asing, wajar lah kalo lu mengalami kesulitan, kendala bahasa dan budaya juga.


    2. Kuliah di luar negeri, bukan cuma untuk belajar di kelas, tapi juga untuk belajar hidup. Jadi jangan lupa untuk terus bergaul, banyak lihat, banyak cari pengalaman. Semua itu nantinya bakal berguna untuk studi lu juga. Kalo lu punya banyak kenalan, lu tau harus minta tolong siapa kalo lu punya kesulitan.

    Nikmati fakta bahwa lu ada di negeri orang. Banyak hal yg lu ga tau dan ga bisa, dan itu wajar banget. Tapi dengan banyak jalan2, banyak bergaul, perlahan2 semua itu akan berguna untuk studi lu. Dengan membuka diri, kemampuan bahasa lu juga akan meningkat jauh dibandingin kalo lu cuma belajar doank.

    3. Don't be too hard on yourself. Gua liat dari tulisan lu, lu orangnya lumayan religius, tapi itu bukan berarti lu perfect. Lu punya Tuhan, bukan berarti lu ga boleh gagal. Justru semua kesulitan ini adalah proses yg Dia kasih supaya lu tambah dewasa dan bijaksana.

    Everything happened for a reason, even the bad things also sometimes can be a good teacher. So yeah, don't think much, jalanin aja. Apapun yg terjadi pada akhirnya, selama ada usaha, pasti ada jalan. Dan yg ga kalah penting...have confidence in yourself. Gua bukan orang yg religius, tapi gua percaya bahwa Tuhan ga akan kasih masalah yg melebihi kemampuan kita sebagai manusia. So yeah, you can do it. You must believe in your own self.

    4. Terakhir, tapi ga kalah penting : smile more, laugh more, keep a positive attitude. Attitude is a small things that can make a big difference. If you don't like something, if you can't change it, change the way you think about it.

    Semua yg gua tulis di atas cuma sekedar sharing pengalaman pribadi gua, sama sekali ga bermaksud menggurui. Kita sama2 pelajar yg lagi berjuang di negeri orang. Banyak orang yg pengen bisa study overseas kayak kita, tapi mereka ga ada kesempatan. Disyukuri aja semuanya, karena susah maupun senang, semuanya pengalaman berharga yg belum tentu semua orang bisa ngalamin.

    Gua harap sedikit sharing gua ini bisa menambah semangat lu. Jiayou!

    Salam manis dari China =)

    BalasHapus
  9. semangat terus nik :) senang bisa mengikuti perkembangan dan perubahan Nonik lewat blog..God bless you

    BalasHapus
  10. wah senang baca blogmu, salam kenal ya
    kita bisa saling mendoakan kok,

    semangat,
    http://yuniardwisetiawati.blogspot.com/

    BalasHapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^