About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Kamis, 30 Agustus 2012

Days in Geneva

So, here's a little update about my daily life in Geneva hehe. I love the city so much, and selalu ada hal-hal kecil yang membuat gue takjub and makin awesome sama God hehe. Penyertaan-Nya, nyata banget bow.... i learn a loooot of things too. So here we go :)


1. Hari-hari ini masih les bahasa prancis, dari senin-jumat, jam 9-12 siang. It exactly reminds me of the french course I had in Bandung, yang dimulai hari senin-jumat juga, jam 9-12 siang :p And you know what, yang sangat bikin gue takjub itu, level bahasa prancis gue disini ternyata masuk kelas/level yang merupakan kelanjutan dari level les gue di Bandung o____0 di Bandung, gue sudah les sampe level A-2, dan disini gue masuk level B-1 (level terendah untuk bahasa Prancis adalah A1 dan tertinggi B-2). AMAZING, ISN'T IT??!!

Padahal yah, sebelum ke Geneva itu, murid2 dikirimi email, disuruh ngikutin online tes bahasa prancis yang diselenggarain oleh Bel Language Institute. Itu semacam lembaga les yang untuk ngukur seberapa baik kemampuan bahasa prancis mahasiswa, karena Geneva itu kan dueket banget alias tetanggan sama Prancis (banyak orang prancis yang nglaju Geneva PP haha), so bahasanya ya pake Prancis, n bbrp kursus juga disampekan pake bahasa ini (altough kalopun gak bisa juga gpp, ada kok banyak orang disini yang udah 1-2 taon di Geneva tetep ga bisa bahasa Prancis haha). Nah, gue itu pas ngisi kuisnya rada asal2an.... ngacak jawaban gitu deh ~.~  Jadi, beneran gak nyangka banget gue bisa masuk di kelas B1. En kelasnya?? Wow, it's such a living class :D I love it!! and i love my classmates itu. Il y a deux personnes du Philippine, Africa du Sud, deux personnes d'Allemande, deux personnes des Etats-Uni, Canada, Kenya, Slovakia, Colombia, et moi qui arrive d'Indonesie (artinya tau kaaan hehehe).

2. 2 hari ini, kerjaan gue setelah les Prancis adalah muter2 kota Geneva. Asiiiik en enaaaaak banget. Dibandingin Jakarta or Bandung yah, gue sampe ngrasa Geneva itu kotanya sepi buanget. Padahal disini banyak pendatang, maklum kota internasional, kan tempatnya PBB berada hehe. Ada berbagai macam orang dari berbagai negara, so bahasa Inggris selain Prancis juga tetap digunakan. Gue pikir Geneva bakalan rame banget, hiruk pikuk kaya Hongkong, or maybe even Paris or New York. tapi setelah 4 hari disini..... halaah. Kok rasanya sepi ya hahaha.

But i really love the city!!! udara bersih dimana-mana.... masih summer, tapi cuaca udah mulai dingin, kayak di Lembang :p selama summer, matahari terbenam sekitar jam setengah 9 malem en terbit jam setengah 7 pagi hehe. So sehabis kelas Prancis, gue muter2 deh naik bis. Transportasi disini asli uenak banget. Tinggal beli kartu prabayar seharga 45 CHF sebulan (1 CHF= Rp 9800), kita bisa puter2 kota GRATIS. Bus dan tram disini juga sangat efisien.... gak kalah sama shinkanshen or metro-nya Singapore (walopun gak secepet itu, kan bukan di bawah tanah). Tapi ini kota jarang macet, malah hampir gak pernah. Ada banyak sepeda lalu lalang di jalan, bareng sama bus, tram, dan mobil. Selama 2 hari ini gue "menyesatkan diri sendiri" di kota Geneva, mloncat dari satu bus ke bus yang lain wkwkwk. Kalo kesasar, ya tanya orang di jalan sekalian praktik bahasa prancis. Pernah sekali waktu, gue tanya jalan sama om-om... udah tua dia, orang Swiss, pekerjaannya dosen politik di universitas di Hungaria. Tapi istrinya dari Shanghai en masih muda. Mereka baik banget, ngajak gue ngobrol en kasih petunjuk arah ke tempat yang gue tuju. Satu perkataan dari istrinya yang sangat sangat ngena di hati gue adalah, ketika mereka tahu bahwa gue belajar disini en dapet beasiswa penuh. Mereka bilang, "Wow, you have a very bright future, young lady.... And Indonesia is another country after China, which is going to be very prosperous. So, after this you will come back and build your country, heh?" Gue ngrasa perkataan itu seperti dari Tuhan lagi, yang neguhin en nguatin gue why i am here. 

Berkat info dari temen, gue jadi belajar banyak hal. Termasuk cara nemuin tempat penyewaan sepeda yang GRATIS. Yup, gratis!! Tapi, sistimnya pake deposit. So we go to the counter, we pay 20 CHF, and we get a FREE bike for 4 hours. Ntar uangnya dibalikin lagi ke kita :) Tapi kalo mau lebih dari 4 jam, nah itu kudu bayar.... kalo gak salah inget sih sekitar 2 CHF per-jamnya. Murah yak (jangan dikurs!!)


Hari ini (29 Agustus 2012) gue jalan2 ke kantor PBB en danau Geneva ^^ Sori belum bisa upload foto..... i was so careless not to bring my card reader, so i can't move the photos from my camera to my computer :'(

3. Sore ini gue untuk pertama kalinya ngalamin pengalaman yang ga enak, en very very shocking to me T____T I left my key inside, and could not enter the room!!!! aaarrrgggh. Gue dengan terbata2 manggil the janitor (bapak pembersih)-nya en jelasin ke dia pake bahasa prancis yang masih patah2 juga (bahasa prancis gue masih oke kalo disuruh bertahan idup, kaya di restoran, stasiun, tanya jalan, tapi gak buat urusan penting seperti ene!!). Too bad he doesn't have kunci cadangan (apa sih bahasa inggrisnya??) to open the door. Gue langsung panik, mati dah. Gue sampe kepikiran buat ketok2 kamar sebelah, en masuk lewat jendela. Sayang kamar2 di sebelah gue lagi gak ada orang. Kepikiran buat ke lantai di bawah lantai gue en masuk dari sana, padahal studio gue itu di lantai 7.... =.="

Setelah dengan panik tanya dg beberapa orang di tempat itu, gue akhirnya dapet nomer SOS.... i called them, in english, and they came in 20 minutes, and less than 5 min the guy helped me to open the door. But it costed me........ jeng jeng jeng.... 120 CHF!!! hoaarrrghh. Well, it's expensive, but not as expensive like i crazily tought.... gue pikir itu bakal sampe 200-300 CHF. And i don't bring tons of cash, gue cuma bawa uang buat nunjang idup gue sebulan sampe gue dapet beasiswa tengah September nanti.

4. Talking about money, disini semua serba mahal. Kalo gak salah, udah masuk dilabel kota termahal ke-3 di dunia, setelah Zurich & Tokyo (gatau update sekarang gimana). Banyak orang2 yg lebih suka pergi ke perbatasan prancis buat belanja daripada beli barang disini. Cuma ya sisi positifnya itu tadi, semua serba teratur, efisien, en cepet hahaha. N because food is also expensive.... gue jadi hampir gak pernah makan di resto. 2 hari berturut2, i'm really really thankful diajak makan di rumah temen. Dia yang masak, so gue ga usah kluar duit hehe. En untuk hari2 berikutnya gue beli roti gandum yang besar, cereal 2 kotak, sama susu buat sarapan en lunch. Malem gue gak pernah makan :p Selain itu karena suasana kotanya emang mendukung banget buat jalan kaki, gue jadi banyak jalan juga. And i'm happy to lose some weight ^^ yah, ngirit2 dulu lah.... ntar kalo duit beasiswa dah masuk, gue mungkin bisa jajan sekali-sekali di luar. Perkiraan untuk sekali makan disini sekitar 8-20 CHF..... gila ya.

Ya udah, that's all update from me. Gonna catch up later with something else :)

Nonik


2 komentar:

  1. wahhh nonik bisa kurus nihhh balik dari Geneva :p

    BalasHapus
  2. iya Kes, bener banget balik dari Geneva gue bisa kurus hahahaha ^o^ Hope so!! Soalnya ntar kalo duit beasiswa dah cair, gue takut "kalap" belanja makanan :p Hopefully sih not ya, soalnya makanan disini mahal. Jauh lebih murah kalo kita masak2 sndiri. Kalo masak, 1x harga makanan di luar itu bisa dimakan 3-4x di rumah kita :)

    BalasHapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^