About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Minggu, 22 Juli 2012

Persiapan ke Swiss: Tiket

Proses gue dapet tiket ke Swiss bisa dibilang gampang-gampang susah, en mendebarkan hahahah. Gue dapet tiket yang, lagi-lagi, termasuk “murah”. Naik Emirates seharga 913 US dollar, yang kalo di-kurs “hanya” Rp 8.68 juta koma sekian. Padahal biasanya harga tiket ke Europe kan rata-rata 10 jutaan ke atas, apalagi di bulan Juli-Agustus itu masa-masa high season dimana banyak orang bepergian, entah buat main, balik kampung, kerja, dll....
Thanks God gue bisa dapet tiket dengan harga yang tidak terlalu ganas di kantong (btw, pernah loh kakak kelas gue naik Qatar Cuma seharga 550 USD, en itupun pesennya mepet H-7 haha! Berkat Tuhan emang berbeda en selalu baik buat anak2Nya :) ). Well, harga 913 USD itu udah sama pajak 20 USD, jadi harga aslinya tuh 893 USD. Mungkin karena gue pesennya lewat agen kali ya. Kalo pesen langsung di websitenya mungkin bisa lebih murah lagi. pas itu gue udah coba pesen langsung, tapi ga bisa coz harus bayar langsung pake kartu kredit, sedangkan gue ga punya. Kartu kredit atas nama papa gue ditolak, berhubung nama pemilik kartu kredit harus sama dengan nama penumpangnya. So jadilah gue pesen lewat kantor Emirates langsung di Jakarta.



Di proses mendapatkan tiket ini, gue ngrasain banget kalo karakter gue yang suka bersungut-sungut bener-bener diteken-teken en diproses abis sama God. Jadi ceritanya gini….



Senin pagi, setelah dari kedutaan buat ngambil passport plus visa yang udah jadi, gue langsung pergi ke agen Emirates yang satu gedung sama Ritz-Carlton Hotel di One Pacific Place, Jakarta naik busway. Gue kesana buat nge-confirm pesenan gue sama sekalian bayar. Begitu sampe di kantor, ngambil nomer antrian, en dapet giliran, en pas mau bayar, petugasnya bilang kalo mereka cuma terima pembayaran dalam bentuk US dollar. Wah gue langsung gelagapan! Thanks God di bawah ada money changer. Terus gue ijin dulu, bilang mo narik duit di ATM (coz gue ga brani bawa uang tunai banyak2, apalagi di Jakarta….). Gue rencana mo ambil 9 juta. Tapi tapi tapi. Dengan kartu ATM yang gue punya, gue hanya bisa menarik maksimal 5 juta rupiah doank. That was the first time I want to draw money in a big amount, en gue baru tau fakta tersebut hahaha. Berhubung ATMnya itu gabung jadi satu dengan bank BCA (Yes I used BCA), gue dijelasin sama mas satpam en petugas bank-nya. Kalo mo narik lebih dari 5 juta, kudu pake kartu ATM yang gold. Sedangkan kartu gue bukan silver, apalagi gold :(  So, gue mo narik sisa 4 jutanya lewat teller, eh ga bisa lagi coz itu kudu perlihatkan buku tabungan, sedangkan buku tabungan gue dipegang bokap di kampung halaman hahaha. So, gue putusin buat bayar dengan cara transfer. Biar saldo buat men-transfer cukup, gue masukkin lagi tuh 5 juta yang udah gue ambil lewat teller (alias nabung lagi. kalo nabung kan ga perlu pake buku tabungan). Ternyata oh ternyata. Rekening bank-nya si Emirate ini pake City Bank, sedangkan BCA belon ada kerja sama dengan City Bank. So ga bisa transfer :p Asli, gue udah cobain sendiri kagak bisa transfer, tellernya juga bilang gitu. Kalo mau transfer ya kudu pake prosedur manual, yang lagi-lagi butuh buku tabungan =.=’  Gue sampe cobain pake ATM bank lain, seperti CIMB Niaga en BNI, tetep ga bisa loh (ya iyalah soalnya kartu ATM gue kan BCA bukan CIMB Niaga or BNI!).



Akhirnya diputuskan kalo gue harus nginep semalem lagi di Jakarta biar bisa narik 4 juta sisanya pake kartu ATM. Sebenernya bisa juga kalo minta tolong bokap buat transferin duit ke rekening mereka (yang pake prosedur biasa). Tapi itupun kudu nunggu besok, karena pas itu udah jam 2 siang en Bank ga melayani transfer antar rekening lagi (?!?!?! @@@@), kudu nunggu mpe jam 8 pagi besok. Selain itu, biar bisa langsung dapet tiketnya, harus nunggu di-confirm dulu sama bagian finance-nya Emirates. Baru deh tiket bisa dikirim ke email. Ribet amat seh!! Mending gue nginep semalem lagi di Jakarta biar bisa bayar cash en pegang tiketnya, meskipun sebenarnya gue udah sungkan sekali sama Om dan Tante.



Gue udah bingung banget pas itu…. gatau harus gimana. Padahal kalo tiket ga dibayar, bisa hangus (padahal angusnya baru hari Jumat, sedangkan pas itu masih Senin tapi gue udah panic at the disco gitu deh). Gue telpon en diskusi sama bokap, enaknya gimana. Setelah berdebat sana-sini. Tapi tiba-tiba, gue inget satu hal…. Karena gue udah masukkin lagi uang 5 juta itu, gue berarti harus nunggu 2 hari lagi donk biar bisa bayar tunai?? Kan hari itu ga bisa narik duit lagi. Nah, hari Selasa gue baru bisa tarik 5 juta. En hari Rabu, tarik sisanya. So, gue kudu nginep 2 malem di Jakarta. What a waste!!! Padahal gue juga banyak yang harus dikerjain di Bandung: nyelesain les bahasa, packing, belajar, dll. Plus sungkan juga sama Om en Tante gue…. Kalo dibikin sequence urutannya, kira2 kaya gini:


1.  Pas mo bayar, harus dalam bentuk US dollar or transfer. Gue kudu tarik duit dulu di ATM.

2.   Ga bisa narik lebih dari 5 juta, decided to withdraw it manually through teller.

3.    Ga bisa narik manual, karena ga bawa buku tabungan :(

4.   Decided to transfer it to their bank account, en tabung lagi duit 5 jutanya. Ternyata BCA belum ada kerja sama dg City Bank :(

5.    Pas mau ngambil duit, baru nyadar kalo gue udah ga bisa narik lagi serupiah pun dari ATM!!


Disaat itulah, gue udah mulai mencak-mencak. Udah bersungut-sungut lagi. udah marah-marah ke Tuhan lagi T____T gue teriak dalam hati, “Tuhan sebenarnya Engkau ingin Nonik pergi gak sih?! Mau pergi aja kok repotnya setengah mati kaya gini! Apaan mau beli tiket aja kagak bisa….” En I cried. Gue sedih banget, udah abis jutaan rupiah buat beli baju winter en tiket. Udah abisin duit papah banyak…. Gue pas itu pingin banget rasanya mundur, pingin cari kerja :( gue ngerasa kalo Tuhan ga bisa kasih gue tiket. Jelek banged deh responnya.



Terus gue curhat lagi sama Mbak Dhieta, en ditegur lagi. Kali ini keras tegurannya. Mbak Dhieta bilang, prosesnya emang gak mudah. Terutama dalam menerima janji Tuhan. emangnya buat Nuh, gampang?? Buat Abraham, gampang?? Buat Yusuf, gampang?? En kata-kata yang paling mengena…. “Sikapmu itu seperti tidak mengenal Tuhanmu aja.” Gue terdiam en hanya mengiyakan perkatannya…. Yah bener2 deh pas itu lagi digoncang hahah. What a little faith…. Gue sebenernya tinggal nunggu sehari lagi, beres deh tapi sikap gue yang bersungut-sungut benar2 ruined my day. Gue kesel, ngambek-ngambek ke God. Ga ada sukacita, en rasanya ga enak.



Kemudian…. Kisah tentang bangsa Israel yang hampir selalu bersungut-sungut di padang gurun teringat di benak gue. Bersungut-sungut merupakan suatu dosa, en God hates this. dosa yang tampaknya kecil, ga seberapa lah dibandingin mencuri, berbohong, apalagi membunuh. But still, God takes this very seriously. Karena inilah, banyak orang Israel yang mati dan ga boleh masuk tanah terjanji, hanya anak2nya yang boleh masuk. Gue bergidik membayangkan, andaikan gue terus bersikap seperti ini en always doubt Him all the time, Dia bisa dengan gampangnya menarik semua kesempatan ini. “Okay Nonik. You don’t believe that I am more than able to provide everything you need?? Ya udah, ga usah pergi aja.” Huaaaakkss…… gue cepet2 bertobat en minta ampun…. Gue perbaiki sikap hati gue.



Setelah berhasil menenangkan diri, gue dengan menahan rasa malu yang amat sangat minta bantuan Om gue, buat pinjem duit cash 5 juta, en gue transfer 5 juta yang gue pinjem itu langsung ke rekeningnya (masih bisa transaksi kalo buat transfer doank). Jadi, kasarannya duit Om gue di rekeningnya kagak berkurang. Gue Cuma “pinjem” bentuk cash-nya aja, tapi ya tetep banget sih kerasa dodolnya T____T Soalnya kalo gue nginep 2 malem lagi, rasanya udah bener2 ga enak…. Sekalipun mereka ga keberatan en sangat welcome buat menerima gue di rumah mereka. Akhirnya, masalah ini pun dengan cepat beres. Really thank you to them!! They are indeed like my second parents to me. perhatian banget pokoknya….



Keesokan paginya, gue ke kantor Emirates lagi. Setelah narik sejumlah uang yang diperlukan en tuker ke money changer, gue dengan deg-degan naik ke kantor Emirates, sambil doa komat-kamit en gatau apa yang akan terjadi. Gue udah pasrah hahaha.



Thanks God!!! Everything went well and smoothly…. Setelah bayar, tiket diprint, en dikasih penjelasan. En tau gak tau gak tau gaaaak. God gave me a surprise :p What is that??? Simak percakapan gue dengan mbak-mbak petugas Emirates :p


Mbak petugas (M): Dik, ini transitnya di Dubai lama loh…. 10 jam lebih.

Gue (G) : Iya Mbak, saya tahu…. Tapi gimana lagi Mbak, saya mau pesen jadwal yang lain, yang transitnya cuma 3 jam, beda harganya jauh banget. Masa bisa sampe 500 US dollar…

M    : Iya Dik, soalnya emang lagi high season… penuh semua. (Diam sejenak). Btw, adik umur berapa?     

G     : (Sempet heran kok tiba2 ditanyain umur??) tahun ini saya 22 tahun Mbak.


M   : Ooooh gitu ya. Nah kalo gitu adik dapet voucher buat nginep di hotel Dubai…. (ngluarin selembar voucher). Tunjukkin aja vouchernya ke petugas imigrasi, nanti adik bakal ditunjukkin arahnya. Terus ada petugas yang nganter en jemput ke hotel. Besoknya, adik akan dijemput lagi ke bandara buat check in dll :)


G     : (melongo ga percaya. Tadinya gue pasrah aja, kalo harus nginep di airport ya udah. Soalnya sampe Dubai jam 10 malem, terbang lagi ke Geneva baru jam 8 pagi hahaah). Heee??!! Saya dapet voucher Mbak??? Beneran?? Bayar gak?


M            : Gak Dik, gratis… :)


G      : (masih melongo). Heee?? Hooo?? Oooh…. Gitu ya. Hmmm ya ya…. Butuh visa lagi gak Mbak?

M      : Gak dik, itu udah bagian dari service kami :)

G       : Saya harus keluarin bagasi lagi gak Mbak?

M     : Oh ga usah Dik. Yang dikeluarin koper yang di kabin aja. Ga usah kawatir soal bagasi hehe.


G        : ooooh….. eh, tapi besok harinya saya dijemput ke bandara lagi kan Mbak? Ga bakal telat ya?

M       : Iya, dijemput lagi. en gak telat kok hehe. 

G        : Eh, ini gratis Mbak?? 

M        : Iya Dik, gratis :)

G   : Oh oke Mbak…. Makasih banyak loh ya!! Makasih bangeeet….


Gue melangkah keluar dari kantor Emitates dengan perasaan takjub, haru, bersyukur, en ga percaya…. Gue??? Dapet voucher gratis nginep di hotel?? Di Dubai pula???! AAARRRGGHHH. En I cried again. I cried, saying many thanks to the Lord. He is more than able indeed…. Gue ga tau en ga peduli apakah voucher ini emang prosedur mereka ato bukan. Mungkin semua orang lain juga dapet voucher nginep yang sama. Gue bahkan gatau apakah gue dapet voucher sehubungan dengan umur gue??? Tapi apa hubungannya umur dengan voucher?? Aaaah I don’t care…. Ini benar2 di luar dugaan en ekspektasi gue. Gue blas ga mikir soal hotel…. Gue benar2 melangkah en berjalan dengan riang, dengan senang…. Wahahaha.


Terus pas cerita lagi sama Mbak Dhieta, diledek gini. “Gak ngambek lagi karena ga sekalian dapet voucher belanja gratis Nik??” I just smiled shyly and clumsily…. Bahkan mau itu hotel bintang tiga kek, empat kek, lima, or hotel yang tertinggi en terbagus sedunia yang ada di Dubai gue udah gak urusan. Bener-bener bersyukur bisa dapet hotel buat melepas penat setelah terbang 8 jam di dalam pesawat. 


En gue bener-bener malu sama Tuhan, karena Dia emang sanggup, jauh lebih dari sanggup menyediakan apa yang gue perlukan….

6 komentar:

  1. wah puji Tuhan dpt hotel yah nik. btw km swiss dimananya? aku ada kenalan, org indo yg merid sm org sana. mrk punya 2 anak en lg expecting yg ketiga, nanti aku konekin yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Ciiiik mau banget dikonekin hahaha... thx a lot before....

      Hapus
  2. Huehehehe, kok aku kesanny jadi kaya kakak tiri yang kejump sih? :p

    Semangat nik yaa, di dunia ini emang banyak hal yang mengecewakan, tapi itu ga boleh bikin kita kecewa sama Tuhan :) Justru disitu yang namanya penyembahan, saat kita sama sekali ga punya alasan buat ngucap syukur dan nyembah, saat itu kita tetap memilih buat bilang, "Thank you, Lord. You are good!"

    Swiss menantiiiiii, ayo siapkan hatiiiiii!!! Huehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga kejam kok Mbak. menurutku itu tanda sayang. Thanks for rebuking with love hehehe ^^

      Kalo ga dikerasi kaya gitu, mungkin aku selamanya bisa nglunjak or terus berskiap manja en cengeng :( Sekarang jadi ngerti maksudnya ayat di Ibrani 12 yang tentang didikan Tuhan itu... Benar bahwa didikan saat diberikan itu tidak memberikan sukacita, melainkan dukacita. Tetapi kemudian ia memberikan buah kesabaran bagi mereka yang dilatih olehnya.

      Wow :o

      Hapus
  3. Susah sih ya gak bersungut2 tuh Non, aku juga kalo apa yang kurencanakan tau2 gak terjadi, jadi pengen ngomel2 gt. Sekarang ma bener2 belajar buat tenang, hehehehe...

    Suka dengan kata2 Dhieta:Sikapmu itu seperti tidak mengenal Tuhanmu aja.
    Phewwww......kuncinya pengenalan akan Tuhan ya Non, kita bisa menghadapi apapun bukan karena kita kuat ato hebat, tapi karena kita mengenal siapa Allah kita. KEREEEENNN.....

    Surprise Tuhan luar biasa yaaaa....GOD is good d^^b

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak. betul-betul.... kita sama sekali tidak punya dasar untuk bermegah. Bukan karena kita kaya, or pintar, or punya koneksi disana sini. But only because of Him.

      Hapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^