About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Kamis, 22 Maret 2012

East Java's Holiday (Part 8): the food and the boarding house we stayed in --- TAMAT

Warning: Yang baca postingan ini dilarang ngiler or ngences :D

Kali ini mau posting tentang tempat makan apa aja yang kami kunjungi selama di main2 ke Jatim (tapi gak semuanya hehe). Sekarang (ceritanya) kami udah ada di Surabaya, en spent 2 nights there.
Pertama, ada kwetiau yang katanya uenak tuenan. Namanya Kwetiau Apeng en langsung dari Medan haha. Kami pergi kesana siang hari sebelum balik ke Purworejo naik bis. Kwetiau ini jaraknya dekat dengan tempat kost kami menginap. Sampai disana, alamak ngantrinya. Mau masuk aja harus ada nomor antrian dulu en nunggu dipanggilin satu-satu haha. Tapi tempatnya bersih dan cukup luas, sudah ber-AC pula.

Daftar menunya. Sorri agak blur.... harga kwetiau per-porsinya tuh Rp 25.000,00. Ckckck!! Dan rasanya, yaaah menurut gue sih biasa2 aja hehe. Tapi buat orang2 lain mungkin enak banget kali ya, soalnya tiap hari penuh en laris terus.
Ini rupa bakminya. Gue pesen bakmi manis :p
Tampang kwetiaunya. Biasa aja kan?
Suasana rumah makannya. Ber-AC kok, jadi ga usah takut panas or sumpek.
Para pengunjung yang datang.


Malam sebelumnya, kami pergi mengunjungi Food Festival di Surabaya (sebelum puter-puter ke kompleks Universitas Ciputra). Ini semacam kayak food court gitu, tapi dibikinin tempat luas sendiri. Bagus tempatnya, berbagai macam makanan dijual disini. Tapi bagi yang demen western food ga di-recommend kesini sih, soalnya banyakan tuh masakan Indo, terutama yang khas Jawa Timur-an, en Chinese Food. Kalo ga salah inget, food festival ini tempatnya di daerah Pakuwon City. Yang bikin menarik, ini ga hanya tempat makan aja, tapi juga tempat rekreasi keluarga. Karena arenanya luas, jadi ada tempat penyewaan sepeda-becak (nggenjot sendiri hehe), helicak (kaya delman tapi geraknya kita kudu genjot sendiri 4 orang), sepeda yang buat 2 orang, en delman. Biayanya sekitar Rp 5.000-Rp 10.000, tergantung mau naik wahana apa. Tapi biaya itu hanya untuk 2x putaran. Kami ga sempat naik semua permainannya karena banyak orang yg ngantre.






Contoh stand-stand makanannya seperti di bawah ini....





Wajib pesen!!!! Es campur yang suegerrrr pol rek!! Enak tenan dah.......




Ini namanya Mie Kwantong heheheh. Dinamakan demikian karena asalnya dari Kwantong alias Guang Dong di China sono. bentuk mi-nya kering, kriuk-kriuk en disiram kuah kaya i fu mie gitu.
Nasi dengan babi dan sup kacang merah. Isi supnya itu sosis, kacang merah, en tomat. Hangat....
Kaya gini nih sepeda becaknya.

Delman becak. Liat orang yg duduk di depan? Dia nanti bertugas mengarahkan arah delman becaknya. 4 penumpang yg duduk di belakang juga harus ikutan nggenjot biar jalannya cepet hehe. Jadi ga cuma duduk2 doank. Lumayan lah buat bakar kalori setelah makan banyak :p

Sebelumnya juga, kami mengunjungi Bon Cafe. Nah, kalo disini masakannya western food semua. Bon Cafe ini lumayan terkenal di Surabaya dan ada cabang-cabangnya (setau gue sih cabangnya jg di Surabaya semua). Tempatnya bagus booo.... Nuansa catnya juga warna-warna pastel en kesannya warm banget, en rada2 girly classic gitu deh.






Dalamnya seperti ini:



Pas itu lagi suasana Natal (karena gue kesana tgl 26-30 Desember) jadi masih ada pohon natal yg dipasang.
Ini kamar mandinya!! Kayak rumah boneka haha.


Makanan pembuka: roti isi krim mentega :D
Di bawah ini gambar makanan utama yang kami pesen. Lupa nama-namanya coz susah-susah.... harganya berkisar Rp 20.000-Rp 50.000. Tapi yang Rp 50.000 itu yang udah mewah banget lah, yang disiram or pakai saus arak/wine gitu. Kalo cuma appetizer doank sih antara Rp 10.000-Rp 20.000.








Nah, cukup sekian posting soal makan2nya hehehe (pada laper gak ya??). Sekarang, mari kita lihat kost2an seperti apa tempat gue en teman2 menginap. Nama kost'an ini adalah Java kost, di daerah Kedung Doro. Kost2an ini khusus buat disewakan per-hari, jadi ya semacam losmen or motel gitulah. Tapi tempatnya bagus, bersih, en enak, meksipun rada nyempil di gang gitu en dekat dengan rumah2 penduduk. Karena kami pergi pas musim liburan, harganya juga lebih mahal.... per-malamnya Rp 225.000,00 bisa untuk 2 orang. We rent 2 rooms: 1 for me and Devi, the other one for the boys. Untuk kos ini, kami masing-masing hanya bayar Rp 180.000,00 untuk 2 malam karena dibagi berlima hehe. Untuk lebih lengkapnya, silakan google "Java kost" atau klik di SINI.


Seperti ini nih:
Ruang masuknya. Di depan ada meja resepsionis dan ruang makan, biasanya buat sarapan para tamu gitu. Bisa bikin kopi, teh, atau susu sendiri.


Bagian dalam kamar. Ranjangnya queen size, bisa untuk 2 orang.
ada ACnya looo ^^ so gak usah takut kepanasan di Surabaya yg emang panaaas :p
TV, meja rias, en kulkas kecil. Jangan ambil cemilan yang ada di dalam kulkas coz bakal kena recharge!! Benar2 kaya di hotel dah....
ini kamar mandinya huehehe. Rada gimana yah soalnya pintu en dindingnya tuh kaca semua alias tembus pandang gitu. Jadi kalo mau mandi, gorden di sampingnya ditutup, terus meja rias yang ada di depan ditutupin handuk. Soalnya kalo gak, bayangannya bisa mantul lewat meja rias yang letaknya di depan pintu kamar mandi ini. Ato kalo gak, ya setiap salah satunya mandi, yang lain keluar kamar hehe.

 ***
Demikianlah jurnal tentang liburan ke Jawa Timur tahun lalu :) Semoga bisa menjadi referensi yang berguna en bermanfaat bagi para pembaca. Sori kalo harus dibagi per-part, karena ya emang panjang sih.... kalo dijadiin satu post tersendiri bisa teler en mabok bacanya haha :D

Happy holiday ^^

3 komentar:

  1. Duileee ... daku lagi kangen makanan Indonesia, ngeliat post ini jadi tambah ngiler HIKSSSSSSS T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha :p loh kan cc bisa masak masakan Indo en Chinese Food sendiri disana kan?

      Hapus
  2. Ea...ternyata penginapanmu dekat banget dengan rumahku LOL, rumahku juga daerah kedungdoro situ XD hahaha~ Apeng yg enak itu kwetiau siram seafoodnya..mmm...nyummy :p sempat ngincip? kapan2 kalo ke surabaya lagi bis amampir Resto Dewa Ndaru, itu resto yg asik punya ;) heheheh~harga terjangkau tapi tempatnya yahud! makanannya enak juga XD hahahaa~ *duh ngiler*

    BalasHapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^