About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Jumat, 16 Maret 2012

East Java's Holiday (Part 7): House of Sampoerna

Ini posting ketujuh tentang jalan-jalan kami waktu di Jatim. Setelah asyik berpetualang di Malang, Batu, en Bromo, kami pun putar2 di kota Surabayanya hehe. Di sini, the five of us became six, karena ada cowoknya Devi yang orang Surabaya. So dia bertugas nganter2in kami plus jadi sopir en guide selama jalan2. Lumayan, bisa hemat uang transport en sopir xixixixi >.<
Gue suka kota Surabaya. Kotanya rame, besar, tapi ga semrawut kaya Jakarta. En ga begitu macet. Selama dua hari main di Surabaya, I already fell in love with the city. I can live in this city! And I think I want to stay here, if I had to. 

Malam harinya, kami mengunjungi Universitas Ciputra. Tau kan? Univ yg terkenal mendidik para entrepreneur muda itu loh, yang didiriin oleh Pak Ciputra en the grup. Kompleksnya mak..... wuaaah LUAAAAAAAASSSS SEKALEEEEEEEEEEEE....... It's a city inside a city!! Kami naik mobil pun selama kurang lebih 1 jam pun belum menjelajahi seluruh daerahnya. Selain univ, ada pula asrama dan kost-kost'an buat mahasiswa. Kemudian ada mall, food court, lapangan golf, toko-toko dan perkantoran lainnya. Bener2 elite deh. Saking komplitnya, kita ga perlu keluar dari kompleks lagi kalo mau beli barang. Pokoknya semua ada di situ. Sayangnya karena kami mengunjungi Ciputra di malam hari, jadi ga bisa foto-foto. Lagian karena obyeknya terlalu luas, jadi males foto juga sih. Kami hanya sibuk mengagumi serta ber-aaah dan ber-oooh selama mengelilingi kompleks itu naik mobilnya Aven, pacar Devi. 

Nah, posting kali ini mau kasi liat foto2 selama kami mengunjungi House of Sampoerna. Gue sendiri sudah 2x kesini. Yang pertama di tahun 2009 waktu ada lomba debat se-Jawa di Surabaya. Yang kedua ya pas kemarin ini. Sudah adakah yg pernah mengunjungi Sampoerna? Jika belum, jangan dikira ini pabrik seperti pabrik2 pada umumnya yang bising, kotor, dan panas. Sampoerna ini pabrik yang eksklusif, kaya hotel malah kalo gue bilang haha. Ada ACnya bow.... terus ada museum kecil, yang berisi foto-foto pendirinya, sejarahnya, dll. Benar2 tur sejarah banget deh. Ada kafe dan galeri seninya juga. Selain itu, ada bus juga yang menyediakan layanan tur sejarah keliling kota tua Surabaya setiap harinya sebanyak 2x, yaitu pukul 09.00 dan pukul 14.00 WIB. GRATIS bow.... Cuma sayang, kami ga sempat ikut tur bus kotanya karena kami telat sampai disana, sudah jam 9 lewat. Sedangkan tur yang jam 2 siang ternyata juga sudah fully booked.... Bahkan fully booked sampai 2 hari ke depan!! Oh my... so ya.... kami cuma jalan-jalan di dalam pabriknya aja. Padahal turnya tuh menarik sekali loh, mengunjungin tempat-tempat wisata sejarah yg keren deh. (Gue lupa rute mana saja yg dikunjungi. kalo kalian kesana, akan dapat peta dan brosur kok.)

Nah, sekarang liat foto2nya yuuuuk ^^

Ini adalah foto pendiri Sampoerna. Yang namanya gue lupaaaa.....
"Ruang Tamu"nya. Ruangan itu ber-AC loh. En ACnya dingiiin. Enak ^^
We took a picture together there on that chair dengan gaya hitam putih ala jaman dulu wekekek.
Bagian depan ruangannya.
Kami masuk ke dalam, en here what we saw:



Timbangan jadul dan alat-alat kimia yang kayanya dipake buat bikin rokok.


Ada drum. Entah untuk apa....


Semuanya serba berabu jadul kan hehe :P


Foto di tangga menuju lantai 2. Di lantai 2 itu, isinya ada souvenir yg dijual. Souvenir-nya juga khas Jawa. Seperti baju dan dress batik, sarung, peci, alat-tulis, dll. Selain itu, ada bagian dg dinding kaca dimana kita bisa melihat seperti apa pabrik benerannya. LUAAAAAAAAAAS BANGEEET. Pas gue kesana kemarin, pabriknya sepi ga ada orang coz kami kesana pas musim liburan (tanggal 29 Desember). Tapi di hari2 biasa, pabrik itu penuh dg ratusan, bahkan mungkin ribuan buruh yg sibuk melinting dan membungkus rokok. Tangan2 mereka bukan main trampil & cekatan membungkusi batang2 rokok satu persatu. Hanya sayang, mulai di lantai 2, segala aktivitas potret memotret dilarang. So ga bisa kasih liat gambarnya deh :(
Setelah keluar ruangan.
Di sebelah pabrik yang plus museum itu, ada cafe. Seperti ini tampak depannya.
Bagian dalamnya. Bagus looo...
Makanan di dalam cafenya lezat2 (ala Western). Berikut adalah foto makanan yg kami jepret (sekadar untuk kenang2an saja :p). Jangan ngiler yeeee....









Nah, kemudian kami menuju ke galeri seninya. Galeri ini kecil, ada 2 lantai. I forget who is the artist's name. Entah kenapa ya kalo masuk ke galeri seni yang isinya lukisan or ukiran or pahatan2 gitu, gue kagak pernah ngerti tuh maksudnya apa =.=" semuanya bener2 abstrak deh.... Seperti ini nih:

Ini artinya apa coba??? Orang yg ditusukin ribuan jarum??
patung kuda2 kecil yg lagi berantem :(


Kalo yg ini gue agak ngerti hehe. Kata bapak penjaganya, ini melukiskan berbagai macam ekspresi dan watak manusia. Ada wajah yang tersenyum, tertawa, wajah jahat, licik, sedih, sendu, munafik, dll.


Akhirnya, kami keluar dari galeri.



Ini nih foto di depan bisnya. Namanya "Surabaya Heritage Tour."
Di depan pabriknya itu ternyata ada mobil Mercedes kuno. Ini jelas obyek yang tidak boleh dilewatkan untuk berfoto!! ^^







Foto gue di mobil juga ada sih, tapi setelah gue liat2.... pose gue kayak model cewek2 tahun 1990an yang ada di kalender itu lo. So malu ah buat diupload disini wahaha =.="





cantik kaaan :p

Sekian tentang posting liburan di Surabaya ini. Masih ada 2 part lagi, yang kayaknya kagak penting2 amat, tapi lumayan buat menambah referensi Anda bila ingin liburan ala backpacker'an hehe. Soalnya posting berikutnya bakal kasih liat foto tempat kost2an dimana kami menginap selama di Surabaya. Selain itu juga posting tentang tempat makan yg layak dikunjungi selama disana!! Yipeeee.


5 komentar:

  1. Di Surabaya kudu nyobain ayam goreng Bu Kris lo
    Itu bus Surabaya Heritage Track milik pemerintah kotanya ya? :O

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku malah belum pernah. itu dimana ya alamate? hehe. Aku gatau bisnya itu punya siapa... entah punya Pemkot Surabaya or punya House of Sampoerna-nya hehe.

      btw ini siapa ya? kok anonim?

      Hapus
  2. Waaah~ sekali lagi rasanya pingin ngumpet di bawah bantal hahahah~ saya orang surabaya malah ga pernah ke HoS =3= hahahaha~ belum ada kesempatan ke sana =3=

    Dalemnya bagus yaaa O_O

    Ditunggu postingan berikutnya XD XD XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. masak to Nit??? hehehehe. ya wis to ayo ndang Dolan ke HoS.... kan yo cedhak sama tempatmu wkwkwk. lha nek aku jarang2 isa kesana >.<

      Hapus
  3. Welee... gak bilang kalo ke Surabaya......
    Kalo ke Suroboyo, WAJIB JIB JIB..... KULINER!!
    hahahaa..

    BalasHapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^