About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Selasa, 07 Februari 2012

Pekerjaan-pekerjaan nyleneh yang mewarnai hidup kita

Selama ini, mungkin terbayang di benak kita pekerjaan yang sukses adalah pekerjaan yang mendatangkan banyak uang. Dan pekerjaan itu pada umumnya berupa dokter, business man, professor, pilot, investor, arsitek, aktris, penyanyi, dll. Well, itu semua benar. Tapi akhir-akhir ini gue melihat (en jadi kepikiran) bahwa ada juga pekerjaan-pekerjaan unik, bahkan terkadang nyleneh yang ga kalah hebat dengan pekerjaan2 konvensional seperti yang disebut di atas. Dan banyak dari mereka itu juga kaya loh! Sukses! Mereka bisa sukses karena mereka mau mengikuti kata hati mereka, they are willing to reach out and catch up for their vision, their calling, a specific desire and purpose that God puts in each of them. (Hari-hari ini gue lagi "terobsesi" dengan yang berbau-bau visi sih, jadi tulisannya ya ga jauh2 dari situ hehehe.) Pekerjaan ini biasanya mendapatkan halangan besar untuk memulainya, seperti ditentang ortu lah, gak dapat restu lah, dikritik, dicemooh, dll. Hambatannya banyak. Tapi bila kita mau terus melangkah dan fokus pada apa yg mau kita capai, kita bisa kok sukses ^^


Mau tahu apa aja pekerjaan yang nyleneh2 itu? Here they are :)


1. Band's boy/band's girl
Entah kenapa, anak2 muda yang sekarang ini lagi demen en demam bikin boyband sangat menarik perhatian gue. Tahu acara BGBI (Boys Girls' Band Indonesia) di SCTV kan? Gue ga sengaja acara nonton itu pas pindah-pindah channel hehe. En karena tertarik, akhirnya ya jadi keterusan nonton deh. Saat nonton itulah gue berpikir, bahwa mereka itu kreatif abis. Mereka berani melakukan atraksi dance, koreografi, dll yang mengundang decak kagum penonton, termasuk gue haha. 



Kemudian gue berpikir. Jadi boy's band/girl's band?? Apa asyiknya sih... apa untungnya? Tapi ya kok ternyata mereka diminati orang banyak. Contoh paling nyata yang bisa kita lihat adalah keberadaan boy-girl's band di Korea yang pengaruhanya sudah sangat menjamur ke Indonesia.


Dibandingkan profesi menjadi dokter, guru, atau pilot, tampaknya profesi ini kelihatan ecek-ecek dan rendahan. Tampaknya jarang ada orang tua yang langsung 100% mendukung keinginan anaknya untuk jadi anggota band. Sebagian besar pasti ditentang, ditanyain macem2. Seperti "Mau jadi apa kamu nantinya?" "Jadi boy's band??? Mending kerja aja di perusahaan papa! Cari kerja mbok yang nggenah!" Gue rasa, tidak ada orang tua yang langsung 100% rela melepaskan anaknya untuk jadi boysband/girlsband. Mereka tutup mulutnya ya kalo anaknya udah berhasil kelak hehe.


Of course, ada band yang "gagal", ada yang berhasil dan naik daun. Tentu setiap prosesnya beda-beda. Dalam acara BGBI itu, setiap kelompok band pasti dikomentari para juri. Dan ga jarang komentar itu bikin pedes, bukan hanya di kuping tapi juga ngejleb di hati T___T gue aja yang denger kadang bisa merasa miris.... apalagi mereka ya. Mereka yang mau maju, pasti akan terus maju dan melangkah no matter what. Tapi mereka yang begitu dikritik sudah mengkeret dan memutuskan untuk mundur, ya akan berakhir disitu, dan tidak bisa menjadi boysband/girlsband seperti yang mereka impikan.


2. MC dan D.J.
Baru kali ini kepikiran di benak gue kalo MC adalah suatu pekerjaan yang nyleneh lainnya, tapi unik dan asyik! Again, this type of job is the kind which doesn't make other people oo-ing or aaah-ing about it. Pekerjaan ini juga tidak tetap, tergantung season-nya. Kalo lagi high season, ya banyak order. Kalo enggak, ya nunggu sambil cari kerjaan sambilan lain daripada nganggur. Gue rasa, kalo misalnya dapet cowo yang profesinya MC or D.J., pasti akan mendapat komentar yang lebih "sepi" daripada bila pacar gue adalah seorang business man atau kuliah di kedokteran :P


Tapi.... bagi mereka yang memang tahu bahwa dirinya dilahirkan untuk menjadi seorang MC atau D.J., will go for it no matter what. They perfectly know and aware that they were born to do something which others can't do. It's them, and only them, who can do it. 
Dan lihatlah orang-orang yang berhasil di bidang ini, seperti Choky Sitohang. Siapa lagi sih contohnya? soalnya gue cuma tahu dia doank yang udah terkenal =.= Oh ya, mungkin juga Olga Syahputra, Tantowi Yahya, dll. Hahaha ga tau banyak gue! Orang-orang yang sukses di bidang tersebut umumnya mempunyai kemampuan komunikasi dan interpesona yang sangat baik. Mereka cakap membawa suasana, bisa kasih humor (tanpa memperhitungkan kalo terkadang humornya bisa sarkastis hehe), dan lihai dalam berkata-kata. Tanpa mereka, acara hajatan orang-orang berduit pasti sepi bow.... 



3. Novelis
Again.... Kalo ditanya ortu, "Cita-citamu apa Nak?" dan gue jawab, "mau jadi novelis pah." Pasti dicerca dulu di awal-awalnya hehe. Terutama dari kalangan Tionghoa. Hoaaah, pokoknya pekerjaan yang dipandang baik adalah pekerjaan yang bonafit, yang kantoran, en menghasilkan uang banyak :( 



Tapi lihatlah novelis-novelis seperti J.K. Rowling, Jodi Picoult, Paulo Coelho, dan Stephenie Meyer! There are still many to mention: Jane Austen, Emily Bronte, Lucy M. Montgomery, to name others few. Mereka bisa menulis novel yang benar-benar sangat bagus en worth reading, bahkan sampai difilmkan. Bukankah pendapatan J.K. Rowling pun dikabarkan melebihi pendapatan Ratu Inggris?? Busyeeet. I always love reading their novels. Cerita-ceritanya benar-benar so wow....gue banget deh hihihi. 


Di Indonesia sendiri, banyak novelis yang top seperti Marah Rusli, Pramoedya Ananta Toer, dan Mira W. Saat ini juga banyak novelis2 muda Indonesia yang tulisannya juga mulai dibukukan. Ga semua buku mereka gue baca, soalnya gue ga terlalu suka novel yang genre-nya teenlit-teenlit gitu sih. Tapi gue salut dengan kebangkitan angkatan mereka :)



Btw, karena gue juga suka nulis dan baru-baru ini habis baca novelnya Jodi Picoult yang berjudul Handle With Care, ada pernyataan di bawah ini dari Jodi tentang penulis. Pernyataan ini gue baca dari websitenya, www.jodipicoult.com di bagian frequently asked question. Ini pas banget nih buat kalian-kalian yang lagi mikir-mikir, gue juga seneng nulis! Kayaknya bakat gue disini deh! 



I think I'm a writer… how do I know for sure?

Oh, you'd know it. Real writers can't sleep because there are stories batting around inside their heads. Real writers create characters they weep over, because they are so real. Real writers can't NOT write. I think you can make a person a better writer technically by having him/her attend workshops and creative writing programs… but I think that at the basal level, writers are born, not made.


Do you have any advice for someone who wants to be a writer?

DO IT. Many people have a novel inside them, but most don't bother to get it out. Writing is grunt work - you need to have self-motivation, perseverance, and faith… talent is the smallest part of it (one need only read some of the titles on the NYT Bestseller list to see that… :) If you don't believe in yourself, and you don't have the fortitude to make that dream happen, why should the hotshots in the publishing world take a chance on you? I don't believe that you need an MFA to be a writer, but I do think you need to take some good workshops. These are often offered through writer's groups or community colleges. You need to learn to write on demand, and to get critiqued without flinching. When someone can rip your work to shreds without it feeling as though your arm has been hacked off, you're ready to send your novel off to an agent. There's no magic way to get one of those - it took me longer to find my wonderful agent than it did to get published! I suggest the Literary Marketplace, or another library reference material. Keep sending out your work and don't get discouraged when it comes back from an agent - just send it out to a different one. Attend signings/lectures by authors, and in your free time, read read read. All of this will make you a better writer. And – here’s a critical part – when you finally start to write something, do not let yourself stop…even when you are convinced it’s the worst garbage ever. This is the biggest caveat for beginning writers. Instead, force yourself to finish what you began, and THEN go back and edit it. If you keep scrapping your beginnings, however, you’ll never know if you can reach an end.




4. Pekerja seni: pelukis, pemahat, pematung, penyanyi, musisi, aktris
Kalo penyanyi dan aktris mah kayanya ga usah disebut, mereka juga udah tenar yaaa.... tanpa mereka, dunia kita akan sepi, tanpa nada, tanpa warna. Ceileee ^^ Tanpa penyanyi, kita ga bakal denger musik. Tanpa aktor dan artis, kita ga bisa liat film. 


Gue tertarik untuk mendalami pekerja seni yang lain, yang kayanya masih dianggap kelas dua. Misalnya: komikus, pelukis, pemahat, dan pematung. Hmmm, mungkin ga kelas dua juga sih, buktinya banyak kok lukisan-lukisan dan pahatan-pahatan yang sampe bernilai jutaan dollar. Maksud gue, profesi mereka itu jarang sekali, dan tampaknya masih sering "dipikirkan dua kali" bila ada yang ingin berprofesi seperti itu. 


Here to name a few: Leonardo da Vinci, Michaelangelo Bounarotti, Raffael, Picasso, Affandy, Raden Slamet, Van Gogh.


Pekerjaan seni yang lebih rendah dari itu misalnya pelestari kesenian daerah, seperti pemain ketoprak, ndolalak, gambang kromong, penari ludrug, ronggeng, dll. Hari ini gue baca di koran Kompas; salah satu artikel yang menjadi headline adalah keberadaan musik gambang kromong di Jakarta yang bila tidak dilestarikan, dikhawatirkan bisa punah. Huhuhu sedih.... Selain itu ada juga dalang, sinden, pemain gamelan, dan pemerhati kebudayaan lainnya.


5. Motivator
Asalkan lu bisa ngomong en bisa memotivasi orang lain: menyegarkan yang patah semangat, menghibur yang sedih, menguatkan yang lemah, memberi semangat kepada yang putus asa, membakar passion orang, lu bisa jadi motivator hahaa. Hmmm tentu ada unsur-unsur lain sih hehe. Orang-orang macam Mario Teguh, Tung Desem Waringin, Bong Chandra, adalah tipe orang dengan pekerjaan seperti ini. 


6. Pekerjaan atau hobi nyleneh lainnya. Misalnya: petualang/orang yang suka main ke tempat-tempat baru, pecinta hewan seperti almarhum Steve Irwin (aaah i miss him suddenly....), dll.


7. Arkeolog dan Historian


8. Misionaris
Waaaah yang ini benar2 panggilan banget hehe. A really noble job! ^^ Ga sembarang orang bisa jadi misionaris, menurut gue hanya yang benar2 terpanggil saja sih. Dulu gue pikir, jadi misionaris tuh gampang sekaliii. Kayaknya enak, bisa pergi ke daerah2 gitu, bahkan ke luar negeri. Selain itu kan juga tinggal beritahu Injil toh? Hahaha =.= Ternyata syarat untuk menjadi misionaris itu berat sekali. Selain masalah finansial, juga butuh hati yang sangat kuat untuk menghadapi berbagai masalah, tapi juga cukup lembut untuk mendengarkan masalah orang lain. Tangan yang rela turun tangan untuk membantu, kaki dan fisik yang kuat untuk bisa pergi ke pelosok2, dan sikap yang tahan baja!! Ga boleh rewel. Kalo dikit2 ngeluh pas ditempatin di tempat yg ga enak, berabe deh.... Selain harus bisa beradaptasi dengan kultur dan budaya setempat, juga harus bisa mempertahankan sikap & nilai2 Kerajaan Allah yang dianut en menjadi terang bagi masyarakat yang dilayani.


9. Detektif dan Intel 

Seru ya pekerjaan ini ^^ Menantang, risikonya gede, tapi gaji juga gede wahahahaaa.


Well, itu dulu sih hehe. Ada yang kepikiran gak pekerjaan yang unik-unik lainnya?


Tulisan ini tidak ini hanya ditujukan atau berbicara mengenai orang Kristen saja, tetapi juga berlaku & bisa kita temui di orang-orang yang non-Kristen. Dari pekerjaan dan kisah hidup mereka, gue semakin mengerti esensi dari Matius 6:33, "Carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka itu semua akan ditambahkan kepadamu." Kerajaan Allah berarti suasana dimana Kerajaan, yang Allah bertahta dan memerintah di dalamnya, dibangun. Cara ini yang paling simpel dilakukan dengan melakukan dan mengejar setiap visi yang sudah Tuhan taruh dalam hati kita. Bila visi itu terwujud, bukan saja kita sudah mengeluarkan & mengembangkan potensi kita, tapi karya Allah melalui kita juga boleh dinyatakan. Kita juga bisa memberkati orang2 lain. Kejar visi, maka kekayaan akan mengejarmu. Jangan kejar duit mulu.


Selain itu, selama ini yang ada di benak orang, sukses berarti kaya, banyak duit. Padahal tidak demikian juga. Dari profesi yang gue sebutkan di atas, tidak semuanya bergelimang harta. Tapi mereka mendapatkan kekayaan lain, misalnya kepuasan, kesenangan karena bisa mengembangkan diri sendiri, dan terutama karena apa yang mereka lakukan itu bisa berdampak positif bagi masyarakat. 



Dari pekerjaan yang macam-macam ini.... gue juga melihat betapa kreatifnya Allah kita itu. Allah jauuuh lebih kreatif daripada manusia yang paling kreatif sekalipun. Karya dan cara-caranya tak terbatas. Manusia yang Dia ciptakan, kok ya bisa beda-beda rupanya gitu lo. Beda kan sama hewan. Rupa anjing, kucing, kuda, monyet, ya gitu-gitu aja hahaha. Paling yang beda cuma warna bulunya dan spesiesnya doank. Tapi rupa setiap manusia, berbeda! Dan ajaibnya lagi, Tuhan taruhkan potensi dan karunia yang berbeda-beda dlm diri setiap manusia. Macam-macam bakat & potensi itulah yang membuat kita begitu berwarna. Ga seru kan kalo semua orang dikasih visi buat jadi dokter atau guru di pedalaman, misalnya. Berbedanya visi masing-masing orang membuat semua visi itu berharga. Tidak ada visi yang lebih baik daripada visi yang lain (selama tujuannya masih baik, bukan visi gila kaya Hitler. Duh...).



****


Kalo kita lihat di sekeliling kita, kebanyakan orang kan kerjanya gitu-gitu aja. Ga salah loh ya. Gue pikir, itu mungkin karena orang yang kerjaannya nyleneh-nyleneh juga lebih sedikit jumlahnya. Bagaimanapun, para pekerjaan yang sudah dianggap umum itulah yang juga berperan besar menopang & mendorong perekonomian suatu negara. Meskipun tidak termasuk dalam kategori nyleneh, profesi sbg buruh, petani, dan karyawan perusahaan juga tidak boleh dihina dan dipandang sebelah mata. Tanpa mereka, roda ekonomi kita mana bisa jalan??? 


This post is merely my two cents ;) Jadi, kalo Anda yang baca post ini punya bakat dan potensi yang unik, jangan takut untuk melangkah & merealisasikan mimpi/visi tersebut. Siapa tahu, dengan keberadaan Anda, dunia ini menjadi lebih berwarna?? Justru dunia bisa semaju sekarang ini karena pemikiran2 yang nyleneh2 bukan? Contoh paling dahsyatnya adalah pemikiran Wright Bersaudara yang berambisi untuk menjadikan manusia bisa terbang. Saat itu, pemikiran mereka benar2 dianggap gila oleh orang-orang!! Mereka diejek dan dicemooh. Tapi.... tanpa mereka, kita tidak akan tahu yang namanya pesawat terbang seperti sekarang ini :p 


Ayo kita sama-sama belajar berani untuk menggapai impian kita ^^ Gue juga masih belajar kok :)



7 komentar:

  1. Astagaaa, apa pula tuh BGBI?? Kayak Indonesian Idol tp buat boybands & girlbands gt? Ckckck, baru tau di Indo skrg ada begituan, hahaha..

    Kangen jg ama Steve Irwin, suka nontonin dia ama papa.. Dedikasinya gilaa bgtt..

    Setuju banget, Nik. Justru pekerjaan2 nyleneh itu yg susah lho.. Ga semua orang bisa. Pekerjaan2 dimana orang bener2 bisa menggunakan & mengembangkan talenta2 mereka, ngasilin duit & menghibur orang lain pula! Senangnya, ketika pekerjaan kita adalah hobi kita, hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. entahlah Syl. itu tuh semacam acara buat mengakomodasi demam band yg lagi marak banget di Indo. Maklumlah soale kita ni lagi gandrung sama boysband-girlsband yg dari Korea itu lo.. huhuhu.

      Setujuuuu bangeeet. Alangkah seneng & bahagianya kalo pekerjaan kita itu hobi kita juga... kita bekerja jadinya tidak dg bersungut-sungut or menggerutu, tapi dg hati, dengan cinta. Ceileee hahaha. Bukan buat ngejar duit semata, tapi untuk dedikasi ke sesama :)

      Hapus
  2. Jadi inget, dulu punya cita-cita jadi novelis (sampe sekarang sih)...Bokap bilang, novelis itu kan tukang bohong..bla-bla...Lagi berangkat sekolah tuh. Begitu sampe di sekloah, sambil nahan nangis karena merasa terhina (Halaahhh...hahhaha..tapi beneran)..langsung banting pintu mobil (ga sadar tuh).

    Siangnya di rumah di sidang. Tapi ditanya kenapa nangis n banting pintu cuma diem aja. Ga mau dibahas..:p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, cerita yg mengesankan hahaha.

      Lha buktinya, para pendongeng seperti Hans Christian Andersen tuh bisa laku loh...n tetep digemari sampe sekarang kan :) padahal mungkin cerita buatan mereka bisa dibilang unsur boongnya lebih banyak drpd novelis yang lebih berdasarkan pada kenyataan sehari-hari hihihi.

      Hapus
  3. I am Illustrator and I proud of it *nepuk dada*

    DUlu, zamannya awal2 masuk kuliah, kerjaa desainer ato illustrator dianggap kerjaan sampingn yg bakal melarat TT^TT kontan ortu mencak2 waktu aku pingin masuk DKV mintanya aku amsuk dokter, tapi Puji Tuhan, Tuhan buka jalan XD hahahahah~

    Sekarnag aku bisa bilang kerjaan desainer dan illustrator mulai naek daun XD hahaha~ I'm doing my hobby and get money for that wakakak~ next target, novelis :3 hahahahah~

    Btw, nice posting :) menyadarkan banyak kerjaan 'aneh' selain ngantor dan menghadapi angka2 di monitor :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh iya?? gitu toh? waaah sekarang jurusan DKV itu ngetop banget loh Cii.... en aku kagum dg orang2 yg bisa/hobbi/jago ngedesain. Lah aku, ga bisa desain babar blas blas. wahahaha. tapi ya mungkin Tuhan ga kasih aku bakat itu kali ya >.< gapapa sih, aku sudah diberi passion yg lain yg aku suka kerjakan hehee.

      Hapus
    2. Hahah~ aku juga kagum dengan kamu yg ambil HI :D hahahah~ aku malah ga jago ngomong sama orang, klo diutus jadi diplomat isa perang dunia wakakaka~ XD lebih suka duduk dibelakang komputer :D

      Everybody have their part I guess hehehe~ :D

      Hapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^