About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Rabu, 22 Februari 2012

East Java's Holiday (Part 4): Museum Hewan

I must say that ngupload foto buat bagian yang ini was not as tiring as the previous chapter. Soalnya, gue upload foto-foto ini dari kamera Hong-hong, yang semua fotonya sudah di-resize buat ukuran website jadi cepet banget nguploadnya hihihi. Selain itu, sejak naik kapal di river adventure itu BB gue udah habis baterai gara-gara jepret sono jepret sini. So, sejak itu gue bergantung kepada hati teman-teman gue buat foto :p 
Museum Hewan itu dalemnya besaaaaar sekali. Harga tiketnya sudah termasuk harga tiket saat masuk ke Batu Secret Zoo. Kalo gak salah, harga tiket waktu itu tuh sekitar 50-75.000.... i am not sure which one it is. Tapi itu harga di musim liburan. Harga sebelumnya, terutama di weekdays bisa lebih murah. Tapi menurut gue worth it banget laaah.... soalnya bener2 bisa keliling-keliling, sehari gak puas deh. En kaki juga ga terasa pegel karena kita sering brenti-brenti buat liat binatang-binatang yang ada. 


Bagian depan dari Museum Hewan juga keren, kaya gedungnya MA (Mahkamah Agung) en seperti beranda Capitol Hill di AS. Kaya gini nih:




Begitu masuk, langsung disambut sama kerangka dinosaurus yang gedeeeee banget.


Isinya museum hewan itu, ternyata berupa kerangka hewan maupun bentuk hewan yang sudah diawetkan. I was so awed seeing how could they do this. Gimana caranya yaaa.... Beberapa hewan sudah punah, ada yang masih kelihatan bentuk aslinya, ada yang tinggal kerangka doank. Tapi dari museum itu, gue jadi ngerti lebih banyak soal hewan. En makin terkagum-kagum lagi knowing that The One and Only Creator of those animals are the Lord Himself. Waaah....so creative banget. Selain itu, di setiap hewan yang kami lewati, pasti tertulis keterangannya. Hewan ini namanya apa, makan apa, hidupnya kapan, sudah punah ato belum, apa kebiasaan dan cara hidupnya, dll. Bener-bener sehari itu sangat ga cukup buat muter2 di Museum hewan en Batu Secret Zoo.


Foto-foto di bawah ini BELUM SEMUANYA loh, ini hanya sebagian kecil aja, to let you get the insight of it. Semuanya adalah binatang yang diawetkan. Amazing, isn't it??? Saking bagusnya museum ini, pasti selalu ramai. Museum Hewan di Malang ini juga jadi tempat pembelajaran yang baik en tempat wisata yang mendidik buat anak-anak.








Karibu.


Bison




Puma


There are so many kinds of deer I cannot tell which is which. Mulai dari jenis umum seperti rusa dan kijang, sampai ke antelope, karibu, dll. Ya elah gue cuma tahu 4 nama itu doank haha.








Gue bingung apakah ini ant eater atokah trenggiling :p Ato malah keduanya sama?


Selain hewan-hewan mamalia, juga ada berbagai jenis serangga beserta nama, nama Latin, dan kelasnya masing-masing.


























Kerangka ini hanyalah salah satu dari ratusan---or mungkin ribuan---- kerangka ikan-ikan lain yang ada.


I don't know what bird is that.


Kerangka dari Karibu


















Tau gak itu kira-kira kerangka apa hayo?? itu kerangkanya ikan paus biru..... 


Nah, ternyata di jam-jam tertentu, Museum Hewan itu juga punya pertunjukkannya sendiri. Dibandingin dengan museum di Jepang or negara-negara lain yang lebih maju, pertunjukkan ini masih tergolong sederhana. Tapi menurut gue, itu sudah bagus banget. Gue bener2 apresiasi en angkat jempol deh sama pemerintah kota Malang, karena udah mau investasi gede banget buat bangun museum ini berikut maintenance-nya. Pertunjukkan ini ngangkat tokoh-tokoh film Ice Age. Isinya menceritakan betapa pentingnya bagi manusia untuk menjaga dan melestarikan alam, serta bersahabat dg alam. Kalo enggak, bakal timbul bencana besar. Waah, anak-anak suka banget loh liatnya. 







Begitu show-nya selesai, tiba-tiba kluar hujan salju git. Hahaa. Bukan salju beneran sih, lebih tepatnya itu gelembung sabun yang kecil-kecil tapi begitu banyak jadi menyerupai salju.


Perjalanan masih panjang. Kami masih menuju ke bagian kerangka/fosil ikan.









2 foto ini salah tempat hehe :3 Harusnya di bagian serangga tadi.... tapi kalo harus upload ulang, lama banget bow nunggunya. jadinya ya sudahlah tak apa-apa taruh disini :p

0 komentar:

Posting Komentar

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^