About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Minggu, 22 Januari 2012

Tuhan dan Cowok

Pagi ini gue main ke blognya Mbak Dhieta en baca cerita-ceritanya, terutama yang bernada-nada cinta. Aiiiih aiiiiih.... ^______^ Kisah yang ditulis Mbak Dhieta kurang lebih sama dengan perasaanku hari-hari ini, apalagi soal menantikan pasangan hidup wahaha. Ya 11-12 lah. Aku ikut campur aduk membacanya.

3,5 tahun yang lalu, gue benar2 terima Tuhan Yesus (sebelumnya cuma tahu Yesus itu orang baik & tokoh agama, tapi ga pernah benar-benar mengalami Dia). Selama itu gue banyak diajar soal cara bersikap dan menjadi wanita yang tepat dan seharusnya, termasuk soal BGR (Boy-girl's relationship). Proses itu banyak jatuh bangunnya. Kira-kira bulan Juli-September 2011 kemarin, gue bertanya-tanya, "Tuhaan, Nonik kan sudah ikut Kamu 3 tahun. Tapi kok masih aja sering kecewa soal cowok ya... Kok masih aja jatuh bangun, patah hati, dll. Padahal buku-buku yang membahas gituan sudah Nonik baca habis, sampe hapal nglothok di luar kepala! Apa yah yang salah?" :( 

Then i looked upon myself, introspeksi. Selama ini, pelajaran apa yang gue dpt dari BGR? Apa yang gue harapkan?
Dan setelah gue temukan jawabannya.

Ternyata gue masih menaruh harapan pada cowok. Maksudnya, selama ini gue membaca habis buku2 ttg relationship, how to be a good woman etc etc, tapi tujuan akhirnya adalah untuk mendapatkan cowok. Mudeng kan? hehehe. Fokus gue adalah pada cowoknya, pada manusianya, dan bukan ke Tuhan. Ya pantaslah gue sering kecewa en masih jatuh bangun. Gue percaya buku-buku tersebut ditulis bukan sebagai pedoman, kiat, atau tips and tricks to find out who is our soulmate. Tapi buku itu ditulis, selain agar kita memiliki perspektif yang benar soal percintaan, juga agar kita tahu siapa yang seharusnya didahulukan dalam setiap aspek kehidupan kita termasuk percintaan: Tuhan Yesus. I think the most important aspect in those kind of books is how we can get ourselves closer and closer to Jesus, the Author and Perfector of our faith, rather than simply picking trips and tricks to attract our opposite sex.

Terus habis sadar soal itu, ya gue bertobat deh. Mulai cepat-cepat perbaiki fokus, fokus ke Tuhannya dan bukan ke manusianya lagi hehe. Lagian.... aku baru-baru ini disadarkan lagi: sekalipun kita punya cowok Godly tapi hubungan kita sama Tuhan makin lama makin menurun, apa gunanya?? Apa gunanya kita punya cowok en suami kalo ga intim lagi sama Tuhan? En saat terbaik, masa-masa emas untuk membangun keintiman dengan Tuhan adalah.... SAAT SINGLE!! 

Pendeta gue pernah ngomong seperti itu. Saat kita sudah berkeluarga nanti, kemungkinan besar saat teduh kita akan berkurang banyak, tidak seperti pas saat single lagi. Kita jelas akan sibuk dengan ngurus kebutuhan suami kita (untuk para istri) dan bekerja pagi-sore untuk menafkahi kebutuhan keluarga (untuk para pria). Belum lagi kalo si kecil datang, weleh weleh. Malem bisa bangun 4-5 kali tuh buat nyusuin anak, buat nimang-nimang.... Terus pagi-siang urus-urus rumah: masak, ngepel, nyapu, nyuci baju, nyetrika, dll. Gue belum pernah mengalaminya, tapi gue menyaksikan hal ini dari cici-cici di gereja gue yang sudah married dan punya anak. Gue juga baca dari blognya Ci Lia Stoltfuz soal kesibukannya sbg IRT. It doesn't mean that we leave God once we have settled and getting married, tapi yang jelas waktu untuk bersaat teduh & bersekutu tidak akan sebebas saat kita masih single. Ya harus pinter2 atur waktu lah hehe. Ga mungkin kan saat kita sate pagi-pagi, terus baby kita nangis oek oek, kita diemin aja? Pasti kita angkat si baby en tepuk-tepuk biar diem en bobo lagi. Ato kalo pas kita lagi enak2 sate, tiba-tiba anak kita jatoh dari kasur/box bayi. Ga mungkin toh kita terus sate en biarin anak nangis terus? hehe. 

Jangankan mereka, gue aja yang bentar lagi akan memasuki dunia kerja, sudah merasa kewalahan & ketakutan kalo jauh dari Tuhan gara2 ga punya waktu untuk sate. Gue takut kecapean en sibuk kerja en lama2 Tuhan terlupakan, seperti yang gue tulis di post sebelumnya. Huaaa...

Selain itu gue juga salut dengan para cici di gereja gue yang walopun masih single, tapi juga content with their life, mencukupkan diri dengan apa yang mereka punya & ga sibuk ngejar2 cowo (walopun soal itu pasti terpikir juga heheh). Lewat kehidupan mereka, gue juga belajar banyak, dan itu menjadi teladan. Benar apa yang dikatakan Rasul Paulus bahwa kehidupan itu bagaikan surat terbuka yang dibaca alias keliatan banyak orang. Gimana cara kita bersikap, bertingkah laku, bertutur kata, termasuk menyikapi soal PH, itu pasti keliatan sama orang lain en mau gamau dinilai. Pernah kan denger omongan yang bilang, "Si A lagi desperate cari-cari pacar tuh", "Si B tu terkenal suka gonta-ganti pacar...." dll.

Saat single, gunakan masa ini sepuas-puasnya dan semaksimal mungkin untuk mendekatkan diri dg Dia. Setelah gue perbaikin fokus, asli gue mengalamin banget yang namanya kelimpahan, kepenuhan, dan kepuasan di dalam Yesus. Ga pusing or khawatir lagi dengan cari-cari cowok hanya untuk membuat diri gue merasa hepi hihihi.

Errr.... sebenernya sudah nemu pria yang potensial hehe. Ada perbedaan besar dalam menyukai seorang cowo dalam diri gue sebelum en sesudah kenal Yesus. Sebelum lahir baru, gue suka sama cowo karena fisiknya. Bener2 murni fisiknya tok alias tampang :p Tapi sekarang, gue suka sama cowo itu karena his vision. Bukan berarti gue suka dg setiap cowo loh haha. Tapi lagi, habis baca postnya Mbak Dhieta yang berjudul (Sepertinya) Tuhan bilang, "Dia Orangnya....." gue jadi diingetin deh buat bersabar, berserah, en menanti waktu Tuhan. Udah capeeee bow rasanya rarasaeun sendiri. Beberapa waktu kemarin sempet galau sih hihihi.

En ada lagu bagus nih, judulnya Andai Ku Harus Memilih by Dewi Guna. Gue yakin kalian pasti udah pernah denger. Tapi baru-baru ini, lagu ini begitu hmmmmm banget deh buat gue hahaha. Merinding dengernya!! Memiliki Tuhan Yesus, jauh lebih berarti daripada segalanya.... dibandingin Yesus, cowo potensial itu sama sekali ga ada apa-apanya :D

Andai Ku Harus Memilih

Kasih setia-Mu Tuhan
lebih dari hidupku
Jalan-jalan Mu ya Tuhan
Terbaik bagiku

Dari smua yang Kau katakan
Tiada dusta kutemui
Dari smua yang Kau janjikan
Tiada yang tak terpenuhi....

Reff: Andaikan ku harus memilih
Tetap hatiku padaMu
Tak satupun dapat menggantikanMu
Hanya Kau yang berarti bagiku

Lebih dari smua yang ada
Kaulah sgalanya bagiku
Tak ingin ku berpaling dariMu
Slamanya, ku akan menyembahMu, Tuhan....




13 komentar:

  1. Nonik...FIGHTING!!!! Pergumulan masa single tu sangat menyenangkan jika kita sudah berada dlm track yg benar. Bagian kita trust and obey. Banyak hal yg akan disingkapkan Tuhan untuk buat kita paham kenapa diminta stay single dulu. Tetap setia doakan Mr Right mu juga. Kalo ada yg potential, mulai doakan,nik. Tapi tetap jaga fokus hati dan emosi. Jia you!!!

    BalasHapus
  2. Makasiiih Ci Ermy!! hehehe. i like your sentence:
    "Pergumulan masa single itu sangat menyenangkan jika kita sudah berada dalam track yg benar."

    Naaaah....soal mendoakan pasangan itu aku sempet bingung juga sih Ci, sebenernya apakah harus kita doakan terus ato lepasin & serahin semuanya ke God? bbrp ada yg bilang terus didoakan (sambil tetap jaga hati tentunya, bbrp bilang lepasin aja. Menurut cc gimana? hehe.

    BalasHapus
  3. lagi kebalik ya sa sama gw? gw pgn sih punya loving bf yg ntar will be my loving husband.. tapi at the moment, i cant imagine my self in relationship.. even i dont think i can fall in love.. again.. HOH mungkin ga dalam waktu deket x ye.. tp single life beneran enak bgttt :D

    BalasHapus
  4. ha? apanya sih Ni yang kebalik?

    waaaah bagus deh kalo lu lagi menikmati masa2 single hehehe ^^ CANT AGREE MORE THAT SINGLE LIFE is uneaaaaaaaaak banget. Kasiaaaan deh mereka yg ga bisa menikmati masa2 single... huhuhu. Nah kalo si soal cowo potensial ini ya gue kan cuma merasa dia potensial Ni. kalo boleh sama Tuhan ya asyik, kalo ga ya gapapa hehehe. Yg jelas, gue tetep jaga hati, en Tuhan juga jagain hati gue ^^

    BalasHapus
  5. kebalik kan soalnya u bilang gini.

    Kisah yang ditulis Mbak Dhieta kurang lebih sama dengan perasaanku hari-hari ini, apalagi soal menantikan pasangan hidup wahaha. Ya 11-12 lah

    kebalik sama apa yg gw rasakan saat ini gtu.. as i said earlier, lgi ga ngebayangin punya co dlm waktu deket.. uda too comfort sama keadaan skrg huaa

    btw, baca blog ci erlyn.. http://ringofblessing.blogspot.com/2012/01/god-does-write-my-love-story.html

    BalasHapus
  6. didoakan sambil dilepaskan...haiyaahhh...

    Blog yang memberkati. Emang rata-rata kita cewe kalo baca buku GBR, malah jadi membangun mimpi 'sempurna' yang fokusnya sama cowo dan PH.

    Padahal buku2 itu lebih banyak ngebahas tentang karakter daripada hubungan itu sendiri. Kadang-kadang gua liat malah buku2 BGR sebenarnya bisa diaplikasikan ke hubungan orang tua -anak atau antar sahabat...masalah kepercayaan, keterbukaan...blabla...intinya sama walaupun orientasinya beda.

    Kalo tuh ilmu dan pengajaran semuanya diaplikasiin buat nyenengin hati Babe...kayaknya kita juga jadi ga terlalu pusing soal PH, karena fokusnya puas-puasin melayani saudara seiman.

    BalasHapus
  7. @ani: oooh begitu hehe. Ayo Ni tulis pengalaman lu yg menyenangkan saat single ^^

    @kak Lasma: betul betul. Andai manusia itu berfokus pada cara menyenangkan Tuhan & bukan orang lain, pasti dunia ini akan jauh lebih indah ya hehehe.

    BalasHapus
  8. Nice postingannya. sungguh menyentuh. Thaks

    BalasHapus
  9. @Uli: thank you yaaah Uli ^^

    BalasHapus
  10. Samaaa, Nik! Hayuuk kita TOSS!! Huahahaha..
    Thanks for reminding, bahwa fokusnya adalah Tuhan, and always will be only Him :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. TOOOOSSS Syl!! Wahahaha.
      iya bener, fokusnya itu Tuhan, dan bukan ke manusianya ya :)

      Hapus
  11. Ci.. nampol abis tulisannya T_T
    tapi yg dibilang di sini beneeeerr.. bngt! akhir2 ini galaunya tingkat dewa.. kudu TOBAT saya.. only look upon HIM then He will give anything we need timely =)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nampol abis?? hehehe ya syukurlah kalo gitu. LHooo? wakakakak :p

      Hapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^