About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Senin, 30 Januari 2012

Afriyani Susanti

Beberapa hari ini, berita tentang wanita bernama Afriyani Susanti sungguh marak menyita perhatian kita & mengisi setiap lembar media massa, terutama koran & televisi. 

Buat yg belum tahu, Afriyani Susanti (Afri) itu adalah pelaku korban tabrakan massal/beruntun yg menyebabkan 9 orang tewas dan 3 lainnya luka parah. Ia melakukan hal2 berikut yg sudah pasti mengundang hujatan banyak orang:
1. mengkonsumsi miras
2. mengkonsumsi narkoba jenis ekstasi
3. mengemudikan mobil dalam keadaan mabuk karena miras & narkoba
4. mengemudikan mobil dg kecepatan lebih dari 100km/jam
5. menabrak 12 orang yang sedang berada di halte bus.
6. tidak membawa SIM & STNK
7. mengemudikan mobil yg bukan miliknya.

Gilaaa. Untuk sesaat, gue pribadi merasa, sudah layak bahwa Afri ini dikecam. Dari berita2 yg gue liat di tv, dia memang sungguh dikecam habis2an, terutama oleh para orang tua korban. Segala macam sumpah serapah dilontarkan ke dia. Untuk sesaat, gue merasa itu hal yang wajar. Tapi lama-lama gue merasa itu sudah keterlaluan....

 Yang menghujat bukan saja keluarga korban, tapi juga masyarakat banyak. Memang benar, Afri bersalah karena dia dugem di beberapa klub malam yg berbeda (kalo ga salah ada 3), mengkonsumsi miras & narkoba, dan mengemudi dalam keadaan mabuk. Terlebih, mobil yang akhirnya ringsek itu bukan miliknya. Ia telah mendapat hukuman dan dijerat dengan pasal berlapis.

Yang membuat gue merasa geregetan adalah, ketika hujatan2 itu terus dilontarkan. Ada yang membuat lelucon sarkastis dengan membuat jasa layanan tabrak lari dengan foto Afriyani, disertai tulisan "Telah terbukti!" Ada keluarga korban yang turut mengata-ngatai keluarga Afri juga, seperti: "Duh kok bisa sih ibunya nglairin anak setan kayak gitu?" Bahkan permintaan maaf Afri, rasanya disepelekan orang banyak. Dari permintaan maaf yg ditampilkan di tv, Afri benar2 menunjukkan bahwa dia sungguh menyesal & bersalah, dan meminta maaf berkali-kali. Sampai-sampai perlu ditampilkan seorang grafolog (ahli tulisan tangan) untuk menganalisis bagaimanakah kepribadian Afri! Wow. 

Untuk sesaat, I felt how Jesus loves Afri so much. In my opinion, she has showed us an undescribable and deep remorse. But still, a lot of people condemn and judge her, asking her to be given a death penalty. And tiba-tiba, guue jadi terpikir.... apa yang akan gue lakukan ketika gue adalah keluarga korban? Apakah gue akan terus menerus mencaci maki Afri? Can i forgive her? Can i love her like Christ asks me to do? Fair buat gue untuk mengatakan, "Cukup sudah semua cacian ini" karena gue adalah orang luar yang tidak terlibat dalam kasus tersebut. Tapi, bila gue adalah anggota keluarga korban.... gimana reaksi gue terhadap orang yang sudah menyebabkan kecelakaan beruntun itu hingga nyawa 9 orang tewas? 

What will you do, friends? Kira-kira, gimana respon kita yah?

Last but not least, let us pray for her. Pray that if Afri hasn't known about Christ, she might know Him, know that God loves her so much, and that SHE IS FORGIVEN. Pengampunan yang Afri terima dari Tuhan, akan memampukan dia juga untuk mengampuni dirinya sendiri. Sekalipun hampir semua masyarakat Indonesia menghujatnya, let us pray that someday, she will be able to love and forgive herself. Mari kita doakan juga untuk keluarga korban, agar mereka boleh dikuatkan. Dan agar pengampunan yang dari Tuhan, memampukan mereka untuk mengampuni & mengasihi Afriyani, serta melepaskan orang2 terkasih mereka ke pangkuan Bapa.


.....

6 komentar:

  1. Aaaah, even sampe sekarang halte itu masih rame sama orang2 yang penasaran. Klo buat aku, pengampunan harus ada, tapi keadilan juga tetap harus ditegakkan. Biar hukum yang melakukan prosesnya. One thing yang selama ini aku pikirin, orang yang memakai narkoba seharusny diREHAB bukan diPENJARA, mereka itu sakit... Kalopun dipenjara, harusnya dibikin penjara khusus yang bisa mereka sembuh dari ketergantungan. Just my two cents :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mbak, orang yg pake narkoba itu harusnya di panti rehabilitasi bukan dipenjara.... Dalam hal ini memang hukum harus ditegakkan, tapi menurutku humanity must stand before the law.

      Iya yah sampe sekarang halte itu jadi tempat menarik buat foto2, tempat tragedi yang naas. Duh duh...

      Hapus
  2. Kalo yang meninggal itu anggota keluarga gua, ga tau deh berapa lama gua baru bisa mengampuni. Tapi balik2 keputusan sih... :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. I know. Memang susah rasanya :( Jadi, kalo kita bisa mengampuni, itu benar2 bukan dg kekuatan kita sendiri...tapi karena Roh Kudus yg memampukan hixhix.

      Hapus
  3. I would be angry for sure. For how long, I don't know. But, sooner or later, I would have to come to terms with it, and I am SURE the Holy Spirit wouldn't let bitterness and anger creep into my heart and stay. If I love Christ as I have so many times claim, I would need to listen to Him, and forgive, especially when realizing I am not much better than Afri anyways. How many times have I let pass a chance to witness to people about Christ? Justru .. malah lebih parah gw dibanding Afri deh. Kalo dia mah "ngebunuh" tubuh orang. Kalo gw refuse to share my faith, gw membiarkan iblis claim that person's soul. EUGH!

    BalasHapus
    Balasan
    1. True Ci!!

      Soal yang terakhir...itu betul juga. Tapi sedihnya, yah orang2 kan masih jauh lebih concern dg apa yang di luar daripada di dalam :(
      maksudku, orang yg mati secara jasmani terlihat lebih penting drpd sekadar mati rohani. Mungkin yah, sekalipun Afri sudah terima Tuhan Yesus (AMEEEENNN!!! Semoga!!), ada kemungkinan besar orang2 akan tetap menghujat & memandangnya sbg pelaku peristiwa tabrak lari, dan kejadian itu akan diingat bertahun-tahun.

      Aaiiih, benar2 kasih Tuhan itu luar biasa... Bagi manusia, mungkin kesalahan orang akan dibawa sampe mati. Tapi Tuhan mau menutup lembar kelam kehidupan kita & give us a new life...

      Hapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^