About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Minggu, 08 Januari 2012

2012

2012 sudah datang. Yeaaay!! Buat aku, 2011 kemarin berlalu dengan begitu cepat, ibarat angin. So many things happened, the sad ones, the happy ones, the nervous ones. Tak terbilang telah berapa banyak kali aku terjatuh dan merasa takut, tapi yang pasti pertolongan Tuhan begitu nyata dan terasa. HE IS SO FAITHFUL indeed….


Di gerejaku di Purworejo, GBI Kota, visi tahun 2011 adalah “Tahun Multiplikasi dan Promosi”. Aku menghidupi sekali visi itu (dan juga dengan visi gereja lokalku di Bandung tentunya) dan visi itu menjadi nyata, terwujud dalam hidupku. Aku banyak merasakan multiplikasi dan promosi dari Tuhan, kurang lebihnya adalah seperti ini:

·         Januari 2011: liburan ke Hongkong & Macau with the whole family.

·         Februari: ikutan NTU-MUN (Nanyang Technology University Model United Nations)  dan jalan-jalan ke Singapore bareng temen-temen.

·         Maret-April: kegiatan INTREX, in which I was entrusted to contact the embassies, especially Chinese Embassy. Dapat kepercayaan bersama para cici senior untuk membentuk majalah Pearl hehe.

·         Mei: Main ke ujung genteng with deary friends. Ketemu juga for the first time with Kezia and Ci Tepgun.

·         Juni-Juli: Semester pendek plus liburan

·         Agustus-September: masa-masa pembentukan selama Prakdip

·         Oktober: dapet The Best Delegate di IMUN (indonesia Model United Nations), UI en ketemu sama kak Welly dan Kezia.

·         Oktober-November: dua kali dipuji selama Prakdip 2011, dan di UAS dapet penghargaan sebagai Outstanding Delegate di gedung KAA. Tanggal 23 Oktober setelah prakdip, ketika aku ibadah, dapat nubutan disitu hihihi.

·         November: main ke rumah Kak Martha Oktavina en ketemu sama para bloggers: Kezia, Mbak Dhieta, Kak Welly, n Kak Anggit plus main sama Keiko juga. Dapat visi baru.

·         Desember: ketemu, main, en nginep di rumah Ani. Terus dapet acc skripsi!!! ^^

·         Januari 2012: 5 Januari, sidang skripsi selesai dengan kasih karunia. Visiku semakin dipertajam.


Multiplikasi dan promosi yang aku alami tidak hanya dalam prestasi akademis, tetapi juga hubungan dengan orang-orang lain…. Dengan sesama komunitas bloggers yang jumlahnya semakin ditambah, dengan teman-teman angkatan HI 2008 di kampus, dengan teman-teman gereja, dan juga dengan keluarga aku sendiri. Itu belum termasuk pembentukan dan penggemblengan karakter yang aku dapet. Mengingat itu semua, aku hanya bisa….. terdiam. Wow. Oh God, You are so amazing….


Tahun 2011 adalah juga tahun dimana aku banyak sekali mengalami dan merasakan ketakutan, kecemasan, kekhawatiran, juga penolakan. Berbagai aplikasi aku untuk ikut program ini itu ke luar negeri, ditolak. Aplikasi aku untuk nglamar jadi junior assistant dosen juga ditolak. Sedangkan kekhawatiran terutama berhubungan dengan masa depanku. Menjelang detik-detik kelulusan yang semakin mendekat, kecemasan ini juga semakin besar. Aku tentu saja memiliki rencana-rencana tersendiri, tetapi itu semua tetap aku bawa ke Tuhan. Aku sama sekali tidak tahu harus kemana melangkah dan berbuat apa, I just don’t want lean upon my own understanding. There were so many times when God seemed to stand still and do nothing. Tapi aku tetap tahu, Dia itu setia. Dalam perkara yang tidak berjalan sesuai keinginan aku, di saat itulah Dia bekerja membentuk karakter aku.


Contohnya adalah saat aku mengalami banyak penolakan itu, aku ga lagi nangis-nangis ga karuan seperti dulu wakakak. Aku tetap tenang dan percaya, bisa release them go. Kenapa? Karena di tahun sebelumnya Tuhan telah memulai pembentukan karakter itu, soal melepaskan ambisi aku. Aku itu orang yang punya begitu banyak mimpi dan sangat berambisi untuk mencapainya, dan dulu sangat sangat mengandalkan kepintaran dan kemampuan aku. Aku berhasil karena aku sendiri. So, if I do something, I expect it to be success. But now it doesn’t go like that anymore. I erased the word “expect” and replace it with “hope”, karena dalam pengharapan (hope) dan bukan ekspektasi-lah kita turut mengizinkan kuasa Allah bekerja. Penjelasan ini bisa dibaca di note-nya Bang Morris di sini.


Tahun 2011 adalah tahun dimana semua egoku dikikis habis sama Tuhan. en mungkin proses itu masih berlanjut sampe sekarang, kalo-kalo aja masih ada ego yang tersisa hehe :p aku ga lagi ngoyo untuk bisa mendapatkan sesuatu. Kalo dapat, itu lebih karena anugrah-Nya. Sedangkan kalo enggak, yah aku tetep fine-fine aja. Aku bener-bener diajar sampai sekarang, bahkan dalam kegagalan pun, kuasa Allah tetap bekerja. 


Tahun 2011…. Tahun dimana aku lebih banyak belajar untuk mengenal siapa itu Tuhan yang aku sembah. Tahun dimana kasih dan berkat2Nya dicurahkan untuk aku. Tahun dimana AKHIRNYA bow, aku dapat visi!! Wahaha seneng banget pas dapat ini. Visi individual itu penting, karena without vision, a man doesn’t know where he has to go, what he has to do, what is he destined for. Hellen Keller pernah menjawab begini ketika ia ditanya, “What could be worse than being blind?” dia menjawab, “Having a sight without vision.”


I found it true. Kira-kira ada setahun lebih aku menjerit-jerit dan menggedor-gedor pintu surga untuk mencari tahu apa visi aku. What does God want me to do? What am I created for? Selama proses pencarian itu aku tetap melakukan hal-hal terbaik yang bisa aku lakukan : ) dan ketika Allah berikan visi itu, gambaran itu, bukan main senangnya…. Seperti menemukan harta karun yang tak ternilai harganya. Apalagi ketika visi itu dipertajam. Wow! Aku dapet visi itu-pun juga akhir-akhir 2011, di pertengahan November. The mission to achieve the vision is in progress now : )


I don’t know what will happen in 2012. Some people may think that this is gonna be the end of the world. I myself choose to not focus on the vision of 2012 in my church: “Tahun Multiplikasi dan Promosi Karena Tuhan Berkenan”. Mbak Dhieta pernah nulis ini di blognya. Mengetahui visi tersebut aku merasa campur aduk: mrinding, senang, excited, kagum semua jadi satu. Bila 2011 aja aku udah mengalami banyak hal, hal2 apalagi yang akan aku alami di tahun ini?? Akan dibawa kemana ya aku nanti? What will God do in me and through me? Dengan visi yang kudapat, itu semakin meneguhkanku bahwa Tuhan memang benar2 akan berbuat sesuatu di tahun ini melalui anak-anakNya, asalkan kita mempunyai respon yang benar. Pendeta saya bilang, tahun 2011 anak2 Tuhan telah ditampi. Tetapi proses penyaringan dan penampian di tahun 2012 akan lebih kencang lagi. Ibaratnya, kalo tahun 2011 itu baru digoyang-goyang sedikit. Tapi di tahun 2012 ini tampiannya akan lebih keras, kaya oyang mengayak beras yang sudah dilempar-lempar ke atas. Aku mendengarnya dengan takjub tetapi juga agak-agak takut…. Apakah aku akan tetap tersaring dan didapati berkenan di mata-Nya? Apakah aku akan terlempar keluar? Aku sama sekali tidak mau terlempar keluar!

Aku sendiri tidak mendapat ayat tahunan seperti 2 tahun lalu, tapi ayat yang sangat merhema di hatiku adalah Yesaya 41: 10,13-15. Ayat2 ini kudapat 2 malam sebelum sidang skripsi, tapi aku memegang teguh ayat-ayat itu hingga masa-masa mendatang. Aku merasa itu adalah jaminan Tuhan untukku di tahun ini. Versi The Messaege memberikan pesan yang begitu kuat:


“Don’t panic. I am with you. There’s no need to fear for I am your God. I’ll give you strength. I’ll help you. I’ll hold you steady, keep a firm grip on you….. That’s right. Because I, your God, have a firm grip on you and I’m not letting go. I’m telling you, ‘don’t panic. I’m right here to help you.’ Do you feel like a lowly worm, Nonik? Don’t be afraid. Feel like a fragile insect, Nonik? I’ll help you. I, God, want to reassure you. The God who buys you back, the precious Nonik. I’m transforming you from worm to harrow, from insect to iron. As a sharp-toothed harrow you’ll smooth out the mountains, turn those tough old hills into loamy soil.”

(kata-kata “Jacob” dan “Israel” telah aku ganti and refers it to myself).


Oh wooow…. Feel like crying T.T  Tuhan telah memberiku gambaran apa yang ingin Ia kerjakan melaluiku. Dan bagianku adalah meresponinya dengan baik. Ayat peneguhan di atas terasa pas dan sangat menyejukkan buatku, Ia selalu tahu bahwa aku orang yang mudah terintimidasi dan sering khawatir. Gini-gini meskipun banyak orang bilang aku ini pinter en pede, tapi di dalam aku sering khawatir hehe. Gak keliatan dari tampangnya emang :p


Seminggu yang lalu, pendeta di gerejaku memberi kotbah mengenai 7 hal yg harus diperhatikan sungguh2 di tahun 2012. Ya, ini adalah tahun multiplikasi & promosi lagi, TETAPI kita juga harus melakukan bagian kita. Ga bisa seenaknya sendiri dan menunggu semuanya dijatuhkan begitu saja ke atas kita. 7 hal itu adalah:

1. Banyak berada dalam menara doa. Doa itu kompor kehidupan kita. Doa adalah penyambung ato koneksi kita dengan Tuhan, yang bebas biaya, gratis 24/7, tanpa ada halangan or hambatan sinyal, en dijamin langsung connect. Aku merasa petuah nomer 1 ini tepat sekali. Aku begitu menyukai perasaan rindu di dalam hati yang selalu ingin bersekutu dengan Tuhan…. hmmmm indahnya tak terlukiskan ^^ hanya sayangnya aku masih suka menunda-nunda panggilan untuk berdoa :’(  Well, this is another story for another time hehe.


2.Tanggap terhadap perubahan paradigma dalam pelayanan.

3. Pengurapan mujizat dicurahkan dengan cara yang baru. Mujizat tidak hanya orang buta melihat, orang tuli mendengar dan orang lumpuh berjalan. Mujizat tidak hanya sembuh dari sakit penyakit berat, tetapi hal-hal kecil dan ajaib dalam kehidupan kita bisa dikatakan mujizat juga. Keluarga yang dipulihkan, kebutuhan yang dicukupkan dengan cara-cara ajaib, bahkan perubahan karakter seseorang seperti yang kualami. Pendeta saya ngasih kesaksian bagaimana dia bisa dapat parabola baru, padahal tadinya ia mau beli kaca baru untuk mimbar mezbah!

4. Tahun peperangan rohani yang dahsyat. Umat Tuhan harus memahami bahwa peperangan antara Tuhan melawan Si Jahat juga semakin hebat. Peperangan rohani ini akan terwujud/termanifestasikan dalam kehidupan jasmaniah dan fisik kita. Ngenes iiih liatnya…. Umat Tuhan akan ditampi lebih dahsyat lagi, yang murni akan terlihat semakin murni. Akan ada pembedaan antara orang-orang yang beribadah dengan yang tidak kepada Tuhan.



Once more you will see the difference it makes between being a person who does the right thing and one who doesn’t, between serving God and not serving Him.” (Maleakhi 3:18, The Message).

 5. Akan ada suatu gelombang yang baru, besar, dan dahsyat.


6. Berlari-lari melayani Tuhan. anak-anak Allah harus semakin giat lagi di dalam Dia, apinya harus terus menyala-nyala. Karena sekarang pun iblis juga makin gencar dan sudah berlari-lari untuk menyeret orang-orang masuk ke neraka, bahkan berusaha menjatuhkan mereka yang telah hidup dalam Dia. Iblis juga makin gencar berlari dalam menyerang umat Allah. Kalo iblis aja giat, masak kita kalah giat sih hehe.

7. Berjalanlah dalam Roh, jangan dalam kedagingan (Roma 8:13). Somehow I found this is very difficult to me! Soalnya aku sendiri masih berjuang terus untuk tidak tunduk kepada keinginan dagingku hixhix… T.T katakanlah misalnya di soal makanan. Lebih gampang mana? Makan enak terus tiap hari atau berkomitmen untuk puasa sedikitnya sekali seminggu? Tentu yang pertama! Apalagi kalo bisa makan enak, banyak, plus gratis haha.


Tahun 2012 akan menjadi tahun kemenangan, another year of multiplication and promotion untuk anak-anak Tuhan ASAL KITA MAU MERESPON DENGAN BENAR. Mbak Dhieta pernah menulis ini di blognya, bahwa apapun yang kita lakukan, tanah manapun yang kita pijak, bidang apapun yang kita kerjakan, semua akan diberikan kepada kita, akan kita ambil alih, as long as we are walking with God.


Tahun 2012 adalah tahun multiplikasi dan promosi dengan perkenanan Tuhan. Wow! Penekanannya ada di dengan perkenanan Tuhan. Kalau Tuhan telah berkenan, siapa yang bisa menghalanginya?? Amiiin Lord Jesus! Let Your Kingdom be done in Heaven and in earth!

diambil dari kotbah Minggu, 2 Januari 2012
GBI Kota Purworejo


1 komentar:

  1. Huaaaa...jadi tambah semangat nih menjalani 2012 ^^/ Tengkyu for writing this Non ^^

    BalasHapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^