About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Selasa, 20 Desember 2011

Kegiatanku pasca-acc

First of all, once again thank you for all my blogger's friends yang udah kasih semangat selama masa perjuanganku menunggu acc!! dukungan kalian benar2 sangat berarti.... thank you banget buat Mbak Mega, Mbak Dhieta, Kezia, Viryani, Ko Xang Thio, Ci Shinta, Sylvia, en many others!! :D Nah sekarang gue mau cerita2 dikit apa kegiatan gue setelah acc hehe.
1. Proses turunnya acc ga hanya brenti sampe disitu aja alias persetujuan lisan. Saya masih harus mengingatkan dosen pembimbing gue untuk mengirimkan tanda tangan digitalnya plus surat pemberitahuan ke fakultas, karena beliau itu memang benar2 sibuk dan bisa lupa. 



2. Acc lisan diberikan sabtu pagi, sedangkan tanda tangan baru sampe Selasa pagi tadi haha. Sebenernya dari sabtu kemarin saya sudah ngingetin beliau buat kirim. Tapi emang saya ini perlu sekali untuk belajar sabar sih.... Sabaaar. Karena saya ini terbiasa untuk melakukan segala sesuatunya dengan cepat, maka otomatis saya mengharapkan orang lain untuk bertindak cepat juga. Dan ini tidak selalu baik :( Sampe-sampe waktu saya sms beliau buat ngingetin kirim tanda tangan digitalnya (kira-kira 3 jam setelah telepon), beliau baru bales malemnya, dan balesannya itu ga biasanya banget, terkesan lebih tegas dan mungkin jg sedikit terganggu. Smsnya begini:
"Iya, sabar aja. Toh kalo saya kirim sekarang kamu baru bisa kasih ke fakultas hari Seninnya kan? Saya tahu kok kalo saya harus kirim surat itu. Sabar aja!!!!!" 


Waaah!! Sampe ada lima tanda seru!! padahal pembimbing saya ini terkenal sebagai dosen yang luar biasa sabar dan baik (sampe2 saya sungkan sendiri buat sms ngingetin). Ya udah, saya sabar aja. Saya mempercayai beliau. Again, belajar percaya percaya percayaaaaa.... 


3. Senin pagi, dan belum ada kiriman tanda tangan (ttd) digital dosen saya. Padahal saya sudah harus pulang kampung hari kamis pagi jam 8 naik kereta, which means saya harus ngumpulin draft skripsi itu paling telat hari Rabu. Sedangkan saya masih harus menjilid 4 draft skripsi yang masing2 tebalnya 177 halaman -.- (3 untuk dosen penguji dan 1 untuk dipegang saya dan diwariskan ke anak cucu :p). Proses penjilidan itu biasanya berlangsung sehari, dititipkan ke tempat fotocopyan. Harganya Rp 50.000,00 termasuk murah untuk 4 draft yang tuebel-tuebel. Plus, saking sudah sering jilid skripsi mahasiswa, tukang fotocopynya ini sudah tahu persis letak dan formatnya, dibagian mana saja harus kasih pembatas kertas minyak. Tapi itu harga kalo pas sepi. Kalo pas lagi riweuh alias hectic, semua mahasiswa pada mau jilid skripsi, waaah harganya mungkin bisa lebih mahal lagi.


Dan kemarin itu, saya mikir, haduuuh gimana ini tanda tangan digital belum dikirim juga!!! Sempet khawatir lagi @.@ Tapi saya berusaha buat P.E.R.C.A.Y.A, waktu Tuhan selalu tepat!! Dia udah tolong saya sejauh ini, ga mungkin lah pertolonganNya setengah2. Ga mungkin saya dibiarkan tergeletak begitu saja. Saya udah sungkaaaaaaan banget buat sms beliau lagi ngingetin kirim tanda tangan, tapi akhirnya saya beraniin juga sms siangnya. Saya bilang aja, mohon agar ttd-nya dikirim hari ini, karena kamis pagi saya sudah mau mudik en kampus mau tutup. Jawaban beliau: "Iya!" Fiuuuh, lega.



4. Senin malam. Masih belum ada tanda tangan digital!! Huaaaa T____T  >o<  Saya masih harap-harap cemas, tapi sudah ga khawatir kaya minggu lalu. Saya melewatkan malam itu dengan chatting sama Mbak Dhieta en temen lain. Again, Mbak Dhieta menenangkanku lagi. Belajar sabar Nik, sabar.... Siapa tahu beliau lagi sibuk, en baru dikirim malam ini. Kalo belum dikirim juga, besok pagi kamu sms beliau.


5. Selasa pagi. Cek inbox, masih belum ada tanda tangan juga. Aiiih.... akhirnya, saya sms beliau, ingetin lagi untuk kirim tanda tangannya dengan nada yang tetap sopan & hormat :) Satu jam kemudian, belum ada balesan. Saya udah gatel banget pingin cepat2 ngeprint lembar pengesahan itu!! Soale kalo saya serahin draftnya setelah tanggal 3 Januari, saya harus bayar uang kuliah lagi, which is ga sedikit buat papa saya. Makanya saya mau kirim sebelum saya mudik. Kalo ttd-nya ga dikirim-kirim, saya akan pulang dengan keadaan tidak tenang dan harus balik Bandung tanggal 2 Januari ato mungkin 1 Januari malem T.T capek loh bolak-balik Bandung-Purworejo naik kereta selama 7-8 jam.... 


6. Akhirnya, saya putusin buat ngeprint aja lembar persetujuan skripsi walopun belum dapet tanda tangan *keputusan bodoh, you'll know it SOON!!*. Asumsi saya, aaah pihak jurusan pasti mengerti, soalnya saya sudah jelaskan kondisi saya ke mereka. Lagian, beliau kan juga berjanji untuk mengirimkan surat pemberitahuan ke fakultas bahwa skripsi saya sudah acc. Maka, saya pun ngeprint 4 lembar persetujuan itu....
.....
Dan ketika sudah di-print....

SMS Berbunyi.
Yang ternyata dari dosen pembimbing saya.
Bunyinya, "Louisa, coba cek email kamu!"
Yang artinya: saya sudah kirim ttd digital saya, coba cek ada ato gak.
......
SPEECHLESS.

......

HAHAHAHAHAA!!! ^O^


SMS itu dateng ga nyampe 5 menit setelah saya ngeprint T.T Ooooh, andai saya lebih sabar!!! Sungguh pengalaman yang menggelikan. Jadi inget ceritanya mbak Dhieta juga nih waktu ada acara Kemlu, yang mereka ga sabar untuk memindahkan meja, padahal meja yang disiapkan pihak hotel untuk menerima tamu jauh lebih bagus daripada meja yang mereka pindahkan sendiri. Dan itu juga cuma beda 5 menit -.-


Of course saya langsung cek email, dan bener, ttd digitalnya udah nyampe. Horeeee ^^ langsung saya copas ttd beliau di lembar persetujuan skripsi saya. Tenang, beliau sudah memberi saya wewenang dan hak untuk menggunakan ttdnya, dengan syarat TIDAK BOLEH DISALAHGUNAKAN. Dan saya ngeprint lagi 4x. Hanya 1 yang saya sayangkan: saya ini gak sabar!!! dan fyi, kertas yang saya print yang salah-salah itu, kalo dikumpulkan bisa kira2 ada 40 lembar. Soale pas print skripsi itu, entah kenapa posisi kertasnya miring terus. Saya coba puluhan kali, masih miring. Dari 10x percobaan, yang lurus paling cuma 4. Setelah tanya sama teman, saya pindahin-lah printer dari kolong meja ke atas meja, dan saya pegangi kertasnya saat nge-print haha. Dan hasilnya, tegak lurus semua!! :D Tapi apa daya, puluhan kertas yang salah sudah terlanjur di-print. Oh oh, kasihan lingkungan.... berapa banyak pohon yg dihabiskan buat mbikin kertas? Bayangin aja ada berapa juta mahasiswa di Indonesia yang tiap tahun cetak skripsi ratusan halaman :'( 


saya bergurau dg seorang teman. Proses nungguin ttd yang tak kunjung datang ini ibaratnya kaya ibu2 yang mau melahirkan, udah pembukaan 9 tapi babynya gak mau keluar2 haha ^o^ Lebay sih, tapi yaaah gitu deh :p soale selain saya, banyak juga yang dilema nungguin dosen pembimbing kasih tanda tangan. Malah ada yang dosennya lagi di Aussie, en harus tunggu kiriman ttd digitalnya juga. Akhirnya.... "baby" saya ini sudah keluar dan sedang dirawat intensif dalam ruang perawatan, eeeh maksudnya ruang penjilidan :)


7. Akhirnya, saya habiskan siang ini buat ngejar-ngejar ketua jurusan minta tanda tangan di lembar persetujuan skripsi (jadi ada 2 ttd: satu dari dosen pembimbing, satu dari kajur). It was a nice day, i spent a lot of time with my friends.... Sekalian kumpul2 *hope it was not the last time* sebelum kita lulus. Sudah ada 2 orang temen saya yang mau sidang BESOK. Buset maaaan. Nah, kali ini saya ga khawatir lagi soal sidang.
Saya ga mau cepet2 sidang.
Saya mau istirahat.
Saya mau relax, take a break.
Otak saya sudah jenuh dengan ngurus2 skripsi ini.
Jadi, saya mau pake liburan ini buat spend quality time with my fam, en ga mau mikirin skripsi sekale pun saat di rumah!! 
Masalah sidang, nanti sajalah...... Thank God dosen pembimbing saya itu ada di Jakarta hehe. Saya gak mau asal lulus. Saya mau siapin diri secara MAXIMAL saat sidang nanti. 


8. Naaah. Sore en malem harinya, saya geje. Gabut alias gaji buta. I am officially pengangguran now!! hoaaaah. Saya lebih senang sibuk daripada nganggur gini. Harusnya ini waktu yang tepat buat saya dalamin lagi bahasa asing yang saya pelajari atau buat nulis2 blog. Tapi entah kenapa, kok ada rasa males yaaaa. Grrr. benar2 gatau mau ngapain. Jadinya? saya banyak ngemil, banyak makan, en leha-leha ga jelas. Membengkaklah badan saya T.T 



Btw, saya sakit sekarang... sakit pilek & sedikit demam :( akibatnya saya jadi ga bisa banyak gerak, ga bisa pecicilan haha. Soale saya ini paling ga betah diem, apalagi kalo ga ada kegiatan apa2. Tapi anehnya.......saya merasa bersyukur saya sakit. Lho kok?? Iya. Soalnya dengan sakit ini, saya bisa diajar untuk berdiam diri di kamar kos hehe :) Entah itu dengan nulis blog, atau baca buku, en yg paling penting: untuk berduaan dg Allah!! Oh ya, Bandung sepi banget sekarang, apalagi di daerah saya. Soalnya mahasiswanya pada balik kampung semua. Yang tinggal disini pada berusaha kelarin skripsi sebelum libur Natal, malah sampe ada temen yg bela2in ga pulang ke Jawa Timur demi skripsinya. *I know your hard work mate!! Keep going!" Saya jadi geje banget nih :(



Kerjaan saya yang lain? Menyemangati teman2 yang masih berjuang dan berkutat dalam skripsinya hehehe. Kadang-kadang, kalo jahil saya lagi kumat, saya gangguin mereka deh :p saya ajak ngobrol ngalor ngidul yang ga jelas haha. Tapi saya tahu betul apa yang mereka rasakan, karena "baby" dalam perut (baca: otak) mereka lagi berkontraksi sekuat-kuatnya. Ingin rasanya mereka mendorong "baby" itu segera keluar, tapi apa daya ada saja perkataan dosen yang belum puas, masih pingin revisi ini dan itu. Saya mengerti. Ooooh, sungguh saya mengerti!! Ayo teman2ku, kalian bisaaaa.... 


Aaaaah. masa-masa kuliah yang indah.... 3,5 tahun saya dibentuk dan ditempa di Bandung. Banyak mengalami suka duka. Tapi saya tahu, perjalanan idup saya masih puanjaaang. Nah, itu cerita kapan2 hehe. Besok kamis, saya mau pulang kampung, en tanggal 26nya liburan ke Jawa Timur bareng sama teman2 SD ^^


Sekali lagi...... makasih banyak yaaaah teman2 buat dukungannya. You don't know how much it means to me :)


Nonik.



4 komentar:

  1. cieee..cieee...cieee...yang sudah dapat tanda tangan senangnyooooo....hohohoho

    sama non, aku juga kayak kamu. kalo ngerasa udah maksimal ngerjain sesuatu dan orang lain gak ngelakuin itu juga, rasanya juengkel pol2an dah.

    BalasHapus
  2. hahahahah perjuanganmu nikk..emank ga gampang yah tp akhirnya kan happy ending ^^ congratz yahh...
    dan lu bisa nikmati liburan Natal deh..senengnya..
    Happy for u ^^

    BalasHapus
  3. ihiiiiiiiiy, akhirnya..

    selamat berlibur yah nik :) Aku juga dulu ga liburan Natal (pulang kampung) demi menyelesaikan skripsi dan menunggu sidang

    BalasHapus
  4. Oalaaaaahhh, trnyt kamu sama ma akuu, anaknya ga bisa diem, uda kebiasaan sibuk jd kl nganggur jd uring2an, wakakakkaka.. treasure it, though.. take a break while you can ;)

    BalasHapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^