About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Sabtu, 08 Oktober 2011

Crazy Little Thing Called IMUN (Part 4): God's time is always perfect!! IMUN and beyond.

Like you all might have known, Dimas and I got the award as the BEST DELEGATE of this year IMUN. I have to say that it never ever came to my mind that we would get the award. God's hands in the event was so true indeed. I myself never thought that I would get the award, since I was busying myself to think about the substansial matters during the whole conference. You can imagine how busy my mind was from my previous notes. Gue sendiri tahu sih ada award-award macam gituan, tapi beneran gue ga pernah mikir bahwa gue bakal mendapat salah satu gelar itu, meskipun partner gw, Dimas, adalah salah satu anak HI 2009 yg paling pintar and the most brilliant student ever. His thoughts, his ideas, his so factual and up to date information really amaze me. The way he explained things are so good with fluent English and sophisticated words :D Dimas also has a deep passion and big interest talking about Israel-Palestina issue as well. Kalo gue ada yg ga ngerti soal isu Israel-Palestina, Dimas is one way to go, since he is a very reliable source to obtain the data and infos that i need :p But it's truuuueee loh guys...



Jadi.... in the closing ceremony, when it was the time to announce every committee's winner, I didn't expect anything special. The announcement was for the 3rd winner first, and then to the 2nd winner, and last is for the 1st winner. And when our name was displayed on a gigantic screen in the hall......
........

Dimas and I jumped so so happily, with so many claps and cheers around us. Our Unpar's fellow friends surrounded us, hug us, patted our backs, and said hundreds of congratulations word. Sampe-sampe head del-nya (head delegation, anak unpar yg ditunjuk untuk mengetuai rombongan tim unpar ini) menangis tersedu-sedu saking terharunya hahaa. 

Terus kami maju ke depan buat dipotret sana sini, and we were given awards. We got a certificate and a gold placard stating that we are the best delegate of IMUN 2011, a poster and a book of Millenium Development Goals from UNIC (United nations information center). Pas acara closing ceremony-nya itu ada juga orang US yg kerja di UNIC, Mr. Michaelly/Mikhaeeli (gue gatau cara nulisnya, tapi his name is pronounced like "mai-kei-lliii"). Gue juga kurang ngerti jabatannya dia apa di UNIC. Duh, so sorry.... 

....

....

Gue sendiri sampe sekarang masih ternganga dan tercengang-cengang atas penghargaan yg gue dapatkan. And i think it's worth to mention that, in my opinion, my partner Dimas worths the credit more. He is the one who deserve more to get the award. I basically did not do anything as much as Dimas. Jadi kita kaya bagi tugas, Dimas lebih banyak ngomong di depan panggung and bikin WP and DR, sedangkan gue lebih berperan di balik layar, seperti melobi delegasi2 yg susah diajak kerja sama en yg mana Dimas sendiri sudah males berurusan dengan mereka ahaha. But still, I don't think that i played crucial role just from behind the screen. It was Dimas who know the matter better,and he is the one who spoke better with more fluent accent in front of the stage. He even got the title as the most expressive delegate in the ARF ^o^ I am so proud to work with Him, to know him as my junior, to discuss everything with him. I learn  A LOOOOOTTTT from him!! Jika gue juga boleh turut menikmati gelar the best delegate bersama Dimas, gue benar2 merasakan itu kasih karunia dan anugrah Tuhan semata, bukan hasil usaha ato kepintaran gue (that's the thing that I said to Dimas, but since he's also a very very humble person, he convinced me that I am also worth to get the praise as well. It's team work, not individual work!)

.....

..... 

Guys, ada pelajaran berharga yg gue dapatkan disini.  

1. Bahwa penyertaan Tuhan itu TAK PERNAH TERLAMBAT SEDETIK PUN, tapi juga tak pernah datang TERLALU CEPAT. Apakah gue pernah kebayang bakal dapat title as the best delegate?? not even for one sec! Apakah gue berdoa untuk mendapat title itu? Enggak juga. I just did the best that I could in my part. I tried my best to be a good partner to Dimas. I helped him search matters, I accompanied him typing the working paper in the night, I helped him trying to convince other delegate (meskipun ga selihai Dimas sih haha). I did that with full responsibility as his teammate, not to get any award. Dan upah yg gue dapet itu bener2 melebihi perkiraan gue :) 

2. Masih ingat tulisan gue yg sebelum2nya bahwa saya khawatir akan masa depan?? I'm sure you all do :) Dan masih ingatkah ayat di 1 Korintus 2:9? 

Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul dalam hati manusia; semua yang disediakan Allah bagi mereka yang mengasihi Dia.

Pas IMUN kemarin ayat ini serasa mengenaaaa banget buat gue. Tuhan seolah-olah berkata, "Lihat, tanpa kamu memikirkan atau memintanya pun, AKU sanggup menjadikanmu the best delegate. AKU sanggup memberimu sesuatu more than you can imagine. I am GOD, I am more than able to do something that my children need. Masihkah kamu khawatir akan hari depan?? There is no reason for that, my child. Stick close to Me. I will lead you in every path that you take, step by step, day by day. Do not worry yourself, do not be in constant fear about your future. I am able, I am able." 

Selama gue maju ke depan untuk menerima penghargaan, gue hanya bisa tertunduk syukur dan penuh keharuan yang sangat. ALL CREDITS GO TO THE LORD JESUS HIMSELF. Bener banget, keinginan untuk menjadi best delegate sama sekali tidak pernah terpikir di benak gue. Kenapa gue tiba-tiba bisa dapet ya?? Kalo Dimas sih jelas layak.... tapi kalo gue?? Oh God, andaikan di ARF ini bukan tim, tapi individual, I am more than happy to know that it is Dimas who got the title. Tapi dari peristiwa ini, Tuhan benar2 menunjukkan bahwa kasih setia & penyertaanNya itu sungguh2 nyata, bahwa Dia memelihara dan menjaga gue. 


3. Ada peristiwa penting lain yg menunjukkan betapa penyertaan dan pertolongan Tuhan itu SELALU TEPAT PADA WAKTUNYA, tak pernah terlambat ataupun terlalu cepat. Everything is beautiful in His time. Itungan waktunya Tuhan tuh beda sama itungan waktunya kita hahahaa.

Ini terjadi setelah IMUN, ketika gw dg teman2 kelompok praktik diplomasi (praktik diplomasi) gue melakukan wawancara di Kedubes Afsel.

So, setelah IMUN, kamis pagi jam 9 anak2 unpar pada balik ke Bandung naik travel. Hanya temen2 yg rumahnya di Jakarta balik ke rumahnya masing2 di Jakarta. Gue sendiri juga tetep stay, karena ada janji wawancara dg kedubes Afsel untuk tugas prakdip gue. Fyi, tema prakdip nanti adalah Reformasi DK-PBB (United Nations Security Council Reform, dimana gw dan 4 orang teman mewakili delegasi South Africa. Seru deh! Kapan2 yah gw ceritain ;)). 

Proses untuk bisa buat janji temu dg kedubes Afsel sendiri cukup susah dan memakan waktu kira2 1 bulan. Kenapa harus ke kedubes?? Karena kami merasa bahwa info yg kami dapat ttg Afsel is not enough to be brought into the session. We also need primary information from reliable source, those from the embassy itself. And since our university is very helpful in facilitating us by giving covering letter, we made our way to go to the embassy. 

Bikin janjinya agak2 ribet, harus telpon bbrp kali dulu untuk bikin janji temu dg diplomatnya. Kemudian juga harus atur waktu dg jadwal gue en temen2 gue: sama-sama cari tanggal dan hari dimana kita semua pada kosong. Since I am the head delegate, so the responsibility to contact the embassy falls upon my shoulder :p Dan gue bbrp kali mengubah janji ketemuan karena sibuk.... entah guenya yg ikut IMUN, teman2 gue yg ga bisa, ato diplomatnya sendiri yg ga bisa. Sampe gak enak banget lah rasanya. Ini bikin janji sama kedutaan gitu loh, ga bisa main-main. Apalagi pas itu kedubesnya pernah nelpon universitas gue gara2 nomer hape gue ga bisa dihubungi, padahal hape gue tuh aktif terus. Selidik punya selidik, ternyata gue salah mencantumkan nomer!!! Harusnya kan +62819......tapi gue kurang angka 8, jadinya ya cuma +6219.... payah payah.

Gue sempet hopeless apakah we could make it or not. Kalo ga bisa wwcr, ya wis. Tapi ternyata jadi.... en itu hari Kamis kemarin, tgl 6 Oktober 2011 :) Teman2 gue pada berangkat dari Bandung jam 11 siang (one of my friend had his mid-test at 10 o'clock in the morning), en we met right on the spot. So gue pulang dari IMUN itu ga bareng adik2 kelas, tapi bareng teman2 kelompok prakdip gue. 

Yg unik diceritakan disini adalah perjalanan menuju embassy-nya. MUACET BANGET!!! Macet paraaaah. Entah perjalanan teman2 gue maupun perjalanan gue di dalem taxi. Gue berangkat dari Cilandak jam 12.30 dan baru sampe di kedubes jam 15.00 --.-- Itupun taxi gue sempet kebablasan, en kita sama2 tahu kalo kita kebablasan di Jakarta, hampir ga bisa muter balik. Harus jalan panjaaang dulu, belok-belok lagi, en kudu ati2 banget biar ga kebablasan lagi. Itupun ditambah macetnya yg luar biasa panjang. I don't think I want to live and work in Jakarta deh. Selama perjalanan itu, gue sangat sangat khawatir dan cemas, can we make it on time??? How if after we got there, the embassy is closed? What else we could make this appointment?? Gue udah beneran bingung gatau kapan harus ngatur jadwal buat ketemuan lagi, since gw udah gonta ganti janji ketemu sebanyak 4 kali. 

But again, God is faithful indeed. 

a. We arrived at 3 pm sharp, both me and my friends. Isn't that amazing??
b. The procedure when we went in was quite easy. Cuma titipin KTP, udah deh. terus kita dianter masuk ke Embassynya.
c. the local staff was very nice to us!! 
d. and the diplomat himself.... was also very very nice. He answered our questions, through not all. There are some diplomatic answer :p 

After the interview session ended, we took some pictures together. Ga nyangka diplomatnya bisa helpful gitu kasih kita bbrp info yg penting.... Terus teman2 gw juga bawain hadiah dari Bandung buat bapaknya berupa boneka wayang. Diplomatnya juga bantu tawarin kita buat kasih bbrp info yg nantinya diperlukan, jadi dia minta biar kita keep in touch with him through email. I also plan to send him the position paper of our country, and also the draft resolution issued in the conference.  Benar-benar bersyokooooor bisa wawancara di Embassy dg sukses!! 

Habis itu, kita jalan-jalan ke GI deh hihihi.

God said again to me in my heart: "See? Everything is under MY control. Just relax. Do your best that you can do, but leave everything to Me. Don't be in a rush. Do not be hectic, do not panic." Gue hanya bisa terdiam sambil manggut-manggut, and amazed, agaaaiin by the work done by my Lord. God indeed works in His mysterious and miraculous way :) 

***

Kalo ditanya, ke depannya, gw mau kerja apa? Habis lulus, mau kemana? jujur aja sampe sekarang gw masih belum begitu ngerti. Rencana2 gw sendiri sih pasti ada. tapi 2 peristiwa yg gw alamin kemarin, benar2 membuktikkan dan menunjukkan bahwa Tuhan ingin gw berjalan bersamaNya selangkah demi selangkah. Tuhan mampu berikan gw predikat the best delegate yang tidak pernah gw minta atau terpikir sekalipun di benak gw. Dia juga mampu membuat gw melakukan wwcr di Kedubes Afsel. Pastinya Dia juga mampu memberikan gw pekerjaan yg layak, to glorify His name. Intinya mah percaya sama Dia :) Dibandingkan 2 bulan yg lalu, gw sekarang bisa menjadi orang yg lebih tenang. Tidak lagi iri hati akan segala sesuatu. I can trust Him more, lean on Him more. 

I pray that this note can help you to trust His way, especially for those who are in a waiting without a clear way out. Just trust the Lord. He will not abandon you. Satu-satunya pribadi yg paling tidak layak kita curigai adalah Tuhan sendiri! :) His time is alwasy perfect and beautiful ^^  


5 komentar:

  1. aihhh..aihhh.. takjubb dehh baca inii... selamattt ya nikkk.... mao kasih tepok tangan, tepuk kaki pokoke semua yg bs ditepuklahh utk Tuhan, nonik n dimas... MANTAF!!
    Ngena bgt deh sama kata2 "Tuhan tak pernah lama tp g juga terlalu cepat.. semua indah pd waktunya" ini sama persis dgn khotbah dgrj aku minggu lalu.. dan ak sdg dlm prosess jg utk ngalamin ini.. Thx 4 share, nik:D

    BalasHapus
  2. Huaaaa, sukaaa banget deh sama pewahyuan yg didapat, apalagi yg bagian akhir. Iya, bener banget, apa coba yg harus kita kuatirkan? Dia, Allah, yang adalah jaminan kita, sanggup melakukan lebih dari yang kita doakan dan pikirkan.

    He's awesome!!!

    Felicitation, once again ya, Nik. You deserve it kok. AnakNya siapa dulu dong. Hehehehehe.

    Oia, Paperku waktu pendidikan juga soal DK PBB. Rumit euy, ngeliat resolusinya aja sampe lieur, haha. Model reformasinya mulai dari jumlah, representasi regional, jenis (DK Tetap or Ga tetap) bikin bingung. Belom lagi ngebahas hak veto. Wkwkwk. Even ada yg bilang reformasi DK hanyalah mimpi :p Ya sudahlah, yang penting sukses ya prakdipnya. Ga sabar nunggu ceritanya... :)

    ^^

    BalasHapus
  3. Aaah terharu saya baca semua komen yg masuk hahaha. Makasih yaaa!! ^^

    @Mbak Dhieta: emaaaang ngomongin reformasi DK PBB tuh njlimet banget @.@ dan itu tema praktik diplomasiku tahun ini. Huaah!! di kampus sudah ada kubu-kubu, yg pro dan kontra, juga kubu2 dari berbagai blok en sub regional kaya BRICS, G4, S-5, P-5, African Union, dll. Kayanya emang reformasi DK PBB itu hanyalah mimpi semata ya Dhiet :(

    BalasHapus
  4. congratz2!!!
    hehe, btw, IMUN ini rada mirip sm debate yah? kayak kalo di Indo yang terkenal itu seperti IVED ( Indonesian Varsities English Debating Championship) ato JOVED (Java Overland Varsities English Debating Championship)?

    BalasHapus
  5. Yup, kurang lebih sama :) Dulu aku juga ikut IVED & JOVED loh hehe. Cuma bedanya itu, kalo di kompetisi debat, tiap speaker kan dapet giliran 6 ato 7 menit ngomong. Nah kalo di MUN-MUN beginian, waktu ngomongnya cuma 1-2 menit, dan kadang malah cuma 30 seconds kalo mau deliver comments or question. Dan waktu 2 menit itu jarang banget, biasanya cuma dapet 1,5 menit. Jadi ngomongnya selain harus langsung TO THE POINT, juga ga boleh terburu-buru kaya dikejar setan wahahaha. Aku si udah biasa liat orang2 debat yg kalo ngomong buru2 banget kaya dikejar setan, en pemakaian kata "ladies & gentlemen" yang lumayan sering wekekeke :D Jadi pas di IMUN kemarin, bisa keliatan siapa orang yg debaters en siapa yg bukan.

    Tapi sekarang i've quited from debating world... bener2 fokus doank untuk kegiatan kampus ;)

    BalasHapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^