About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Kamis, 22 September 2011

Thanksgiving Thursday!! :D

Okeeee. Saya lama ga nulis, karena sibuk hueheheh. Tapi selama 2 minggu ini, a lot of thing happened. A lot of thing I learned. Salah satunya adalah belajar untuk BERSYUKUUUR!!! En pas mau nulis ini, tiba-tiba buka blognya Ci Shinta yang ngajak kita buat sama-sama counting our blessings alias bersyukur.

hoaaah temen-temen, berapa banyak sih dari kita yang bersyukur tiap hari secara otomatis?? Otomatis loh ya, bukan karena diingetin orang or baca buku or denger kotbah. Tapi secara otomatis, alias itu muncul dari kesadaran kita sendiri. Asli deh kalo ini konperensi, saya bisa merasakan kepala-kepala yang saling menoleh satu sama lain en bilang, "Wah gue ga pernah.... lu pernah gak?"  AHAUAHEUAHEUAHUAE :p 
Saya juga sedang diingetin oleh Tuhan untuk belajar bersyukur setiap hari. Soalnya kenapa??? Soalnya saya ini orang yang mengidap "penyakit" parah. Namanya penyakit IRI HATI. Emang apa hubungannya bersyukur sama iri hati? Oooh banyak. Erat sekali malah. 
Iri hati membuat kita tidak bersyukur :p 
Iri hati membuat kita membanding-bandingkan kita dengan keadaan orang lain yang lebih baik. Padahal yang kita liat baik di orang lain itu belon tentu baik buat kita. 
Iri hati membuat kita mengasihani diri sendiri. This is totally different with mengasihi diri loh ya.
Iri hati merupakan ladang subur dimana setan bisa menaruh pikiran2 yg buruk ke otak dan hati kita. Dari iri hati muncullah pikiran2 jahat tentang orang, kemudian pikiran2 ini berkembang jadi rencana2 jahat. En kalo ga cepet2 distop, rencana2 ini bisa langsung berbuah matang. Yah ngerti kan maksud saya? ;)
Iri hati hanya menyedot energi kita, dari yang tadinya untuk memperbaiki karakter kita, menjadi hanya fokus untuk jadi sirik ke orang lain. 
Iri hati itu KAGAK ENAK BANGET T____T

En percayalah, saya ini sudah bergumul dengan yang namanya iri hati lamaaaaa sekali. Dari sejak SD sampe umur 21, saya masih rentan iri hati. Saya iri sama temen yang nilainya lebih bagus. Saya iri sama temen yg kepilih ikut lomba, tapi kok saya enggak. Saya iri sama temen yg dari keluarga lebih berpunya or berorangtua-kan pejabat. Saya iri sama temen yg bisa ke luar negeri. Saya iri sama temen yang sudah pacaran. Saya iri sama temen yang sudah punya kerjaan bagus. Saya iri karena ga bisa ngedesain grafis di komputer kaya sesama blogger laen :p Iri iri iri iri..... 

Apa kata Alkitab soal iri hati?? 

"Hati yang tenang menyegarkan tubuh, tetapi IRI HATI MEMBUSUKKAN TULANG." 
(Amsal 14: 10)  

"Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat." (Yakobus 3:16) 

Buset masa saya iri mulu kerjaannya. Edan. Kalo hati iri, asli deh itu merambat sampe ke muka. Muka saya jadi jutek banget. En kecut, kaya jeruk purut. Kagak enak dipandang orang. 

Saya mo share dikit. Temen2 sudah pernah denger nama Maria Audrey Lukito belum? Dia adalah salah satu generasi muda yg puinterrrr banget. Oke banget deh. Otaknya cemerlang. Udah sarjana di usia 16 taon. Jago melukis, menulis, menguasai bahasa2 asing dalam waktu yg super duper cepat. Di usia 10 tahun memecahkan rekor TOEFL di MURI sebesar 537. Kemudian di usia 16 tahun ia memecahkan rekor TOEFLnya sendiri sebesar 650. Masih ikutan anggota phi beta capa ato apaaa gitu di Amrik yg terkenal banget. kuliahnya aja di Mary Baldwin College... weleh. En udah menulis bbrp buku pula!!

Dulu, sebelum saya kenal Audrey lebih lanjut (gimana kok sampe bisa kenal, saya ceritain kapan2 oke ;) Pokoknya TOP BGT kok bisa kenal hehe), saya ngiriii banget. Terutama saya ngiri sekali dg kemampuan berbahasanya. Bisa bahasa Rusia hanya dalam waktu 1 or 2 bulan??! Lah saya belajar bahasa Mandarin aja nyicil sejak umur 8 taon :( Saya beneran ngiri, kok bisa ya Ci Audrey punya otak yg begitu encer. Saya bahkan pernah protes ke Tuhan, "Tuhan masa Kamu ciptain Ci Audrey dg perfect banget, tapi saya en orang2 lain biasa2 aja???" Akhirnya, saya antipati terhadap dia. Dan bukan sama dia saja, teman2 lain yg notabene punya prestasi lebih hebat daripada saya, cenderung saya jauhin. Soalnya saya males ngrasa iri lagi ke orang itu. daripada hati saya ga enak, mending saya jauh en batesin pergaulan dg orang itu. (Itu doeloeeee ya).

Suatu malam, saya berdoa. Di tengah2 doa itu... saya bilang ke Tuhan.... "Tuhan, Tuhan mau pake Nonik nih gimana seh? Di bidang apa? Tuhan mau bawa Nonik ke mana? Nonik itu nda punya apa-apa.... banyak yang lebih pinter dari Nonik. Nonik juga ga bisa apa-apa Lord."

Tuhan (TY) bilang: "Kamu punya potensi besar Nik" :)
Saya (N): "Ah potensi opo. Saya gak pinter kaya si A. Saya ga bisa begini begitu seperti si B, si C, si D. Saya bahkan ibarat seekor kutu dibanding sama Ci Audrey Lukito!!"
TY bilang sesuatu yang bikin hati saya langsung adeeeem.....

 "Nik, sekalipun ada seribu orang Audrey, ia tidak bisa menggantikan dirimu di hadapan-KU." 

 Ceeeennng. Langsung deh saya diem hehehehehe. Terus saya bisa senyum2 lagi.... bisa tenang lagi, dan merasa diri saya ini berharga. Saya merasa dikasihi. saya merasa dicintai oleh Pencipta saya, dengan cinta yg ga bisa diberikan orang lain bahkan oleh cowok saya sekalipun.

Guys, iri hati itu dosa yang super duper licin. Berhati-hatilah!! satu2nya cara untuk mengalahkan iri hati adalah dengan BERSYUKUR. Kalo kita punya hati yang BERSYUKUR, kita ga lagi merasa iri hati atau membanding2kan diri kita dg orang lain. Kita akan merasakan TENANG, DAMAI, TENTERAM. Ga peduli orang lain mau sehebat apa, setenar apa, sekaya apa, kita tetap tenang di dalam Dia. Saya bisa bilang gitu soalnya saya udah ngalamin :D Dan rasanya.... jauh sangat berbeda daripada iri hati yang rasanya membusukkan tulang-tulang --.--"

Karena itulah, saya mau belajar bersyukur tiap hari. Pasti adaaaaa, sekalipun itu hanya 1 hal, yg layak untuk disyukuri. Di postingan pertama ini, ini contoh daftar syukur saya:

1. Saya bersyukur karena hari ini saya SEHAT!!! SEHAAAT. tidak sakit. Tidak demam dan batuk pilek, atau meriang, atau diare. Bayangkan kalo saya sakit, saya bisa beli obat seharga lebih dari 100ribu. Malah mungkin bisa opname.

2. Saya bersyukur, bisa makan 3x sehari. Bahkan lebih. Saya selalu punya uang sisa untuk jajan-jajan, bahkan jajan yang manis2, even junkfood :p (ati-ati kencing manis.....)

3. Saya bersyukur, punya uang untuk beli baju-baju yg bagus. Saya orang yg jaraaaang buanget beli baju, tapi sekali beli bisa habis lebih dari 300ribu hahaha. Kan modelnya juga yg bagus.... Hal itu membuat saya bisa lebih bersimpati kepada mereka yg tidak punya uang untuk beli baju. Boro-boro beli baju, punya uang untuk makan hari ini aja udah untung.

4. Saya bersyukur, karena walopun hujan, saya tetep bisa berangkat les jepang naik motor dengan tidak kecelakaan. Gak kesrempet kendaraan lain, gak jatuh, ban tidak bocor. Juga gak kehujanan karena saya punya jas hujan.

5. Saya bersyukur, karena papa membiayai saya untuk berbagai macam les yg saya ikuti. Juga uang kuliah, uang buku, uang kos.... Thank you Dad  T.T

6. Saya bersyukur, bisa kuliaaah!!! Dan nilai-nilai saya bagus. Guys, IPK saya semester terakhir dapat 4,00 lagi. Wihiiii ^^ Aaah makasih Tuhan Yesus....

7. Saya bersyukur, bisa terus sehat walopun semester ini rebek banget. Ikut lomba IMUN di UI, ujian praktik diplomasi, belon skripsi yg direvisi dari bab 1. HUaaaa. Ini ceritanya kapan2 ya hehehehe. Tapi saya sehat!! Saya tidak sakit. itu benar2 anugrah.

8. Saya punya tempat kos yang enak sbg tempat tinggal.

9. Saya punya teman2 yg oke.... teman2 kampus, sodara-i rohani di gereja, komunitas untuk bertumbuh, dll.

10. Saya bersyukur saya punya uang untuk bayar internet bulanan.

11. Saya bersyukur saya kenal bloggers yang okey doskey. Ci Shinta, Ci Grace, Ci Lia, Ci Fani, Kezia, Viryani, Mbak Mega, Mbak Dhieta, Ci Nelly, dll. Kaga bisa disebutin satu-satu hehe. Dukungan mereka, doa mereka, update status mereka, itu selalu bisa menyegarkan saya :) Saya belajar banyak dari mereka.

12. Saya bersyukur booow jadi tim redaksi majalah Pearl!!! ahahaha. Tough there are still so many things to learn about.... 

13. Saya bersyukur punya hati yg mau mencintai bangsa Indonesia. Hrrrh kagak mudah punya hati yg begini. Saya kudu dididik Tuhan cukup keras dulu hehehe. Memang sulit untuk mencintai bangsa ini sih, so mari kita tak putus2nya berdoa untuk Indonesia dan para pemimpinnya :)

14. Saya bersyukur untuk boleh kenal Tuhan hari demi hari. Untuk terus mempercayaiNya, terutama dalam keadaan yg susah en gak menentu seperti sekarang ini. tapi justru dalam hal2 begitulah penyertaanNya justru sangat terasa :)

Nah, itu adalah daftar hal yg saya syukuri. And still so many more!! Ada donk hal2 lain yg lebih spesifik, cuma sori belon bisa di-share wekekekek :p Tapi kalo kita bersyukur.... iri hati pun musnah!! Hilang!! Dan kita pun akan tenang, ga grusa-grusu mikirin hal-hal yg ga perlu. Saya tidak bilang bahwa saya sudah ga iri hati lagi. Saya masih bisa untuk merasakan iri hati. Tapi saya tidak mau membiarkan iri hati menguasai saya. Karenanya, penting buat saya untuk belajar bersyukur tiap hari, dalam segala keadaan (which is so much easier said than be done!).

So guys... milikilah hati yang bersyukur :)  

buat temen2 yg mau lihat gerakan Thanksgiving Thursday ini, silakan meluncur ke blognya Ci Shinta yah :) Mari kita budayakan gerakan bersyukur, en bukan iri hati ato bersungut-sungut melulu hehehe. Iri hati cuma bikin kita tambah keriput en keliatan tua doank :p 

Louisa. 
 
  

5 komentar:

  1. Huaaaaa....SUKAAAA.....
    Aku bersyukur mengenal seorang Louisa Veronica Hartono, saudariku yang sempurna dalam segala kekurangannya (iyelah Non, nobody's perfect, gkgkgkgk ^^'), seorang wanita Allah yang juga rindu untuk hidup menyenangkan BAPAku di sorga, dia yang tulisannya blak-blakan dan ekpresif, dan tiap harinya kamin bertumbuh ke arah Kristus yang adalah kepala. Senang mengenalmu Non....Tuhan memberkatimu sayaangggg...Muachhhh

    BalasHapus
  2. huhuhu, aku ribet banget kmaren kamis, minggu depan deh baru ikutan thanksgiving thursday nyaa, hehe... WHAT?? WHAT?? WHAT??? IP nya 4??? Huadoooohh, you dont have reasons to envy, noniiikkkk... wakakaka, diplomasi n HI itu kan syusyaaahhh (curhat anak non-HI yg di'paksa' belajar HI :p)

    BalasHapus
  3. @Mbak Mega & Dhieta: makasiiih kakak2 buat dukungannya... :D

    @Mbak Mega: hahaha iya aku justru sempurna dalam ketidaksempurnaanku yeah :D bertumbuh ke arah Kristusnya ga cuma hari Kamis Mbak, tapi berusaha tiap hari. Mbak Mega piye kabare??!

    @Dhieta: emang dipaksa belajarnya gimana sih Dhiet? lu disuruh ngapain aja di kemlu? hehehe. Iya emang susah diplomasi tu. Tapi dinikmati ae lah... gara2 belajar HI aku jadi ngerti kenapa menghasilkan kesepakatan internasional itu susaaah sekali. Ini kudapat tiap kali ikutan lomba MUN (Model united nations). Buset saling ngotot2an..ga mau ngalah..masing2 pingin kepentingan nasionalnya terpenuhi. Cape deh --.-- kapan mau damainya ya dunia ini??

    BalasHapus
  4. Sooo many things to be thankful of, right? God is faithful indeed. Ayukkkss sama2 terus bersyukur and bersyukur =) Btw background blogmu lucuuu =D Me likey! =D

    BalasHapus
  5. @Ci Shinta: haa...background yg mana yah C? hahaha. gubraks deh. apa gambar daun2 ijo-ijo tiap kali buka blogku? ato background yg di halaman ini (kalo blognya udah kebuka)?

    BalasHapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^