About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Minggu, 11 September 2011

sibuk sibuk sibuk

Baru pertama di bulan September, dan begitu saya balik ke Bandung setelah bermanja-manja di kampung halaman, saya langsung diserang kesibukan. Semester ini cuma ada 1 kuliah yang 1 minggu hanya 1x, tapi kegiatan saya juga cukup menyita waktu, menguras energi dan pikiran, serta menuntut tanggung jawab yang besar. Gosh... --.-- Kegiatan saya hingga November nanti adalah:
1. Lomba IMUN (indonesia model united nations) di UI, tanggal 2-5 Oktober nanti.

2. Praktik diplomasi (Prakdip), ini adalah mata kuliah terberat dg bobot sks terbanyak kedua setelah skripsi untuk anak2 HI. Pendek kata, ini makul dimana kita dituntut untuk mempraktikkan semuua yg sudah kita pelajari tentang HI, teori2, cara lobbying & negosiasi, isu-isu HI, dll. Ada 2 kali ujian, UTS (tanggal 23 Oktober) dan UAS (diperkirakan 20 November). Tugas ini adalah tugas kelompok, dimana tantangannya besar juga! Saya punya banyak cerita soal ini tapi belon bisa saya share sekarang hehe.... Coz masih in process, belon ada akhirnya :p Which is i am sure the ending would be an HAPPY ENDING because The Lord is working within it.


3. Kerjain Skripsi. Cuma dibanding 2 kegiatan di atas, sifatnya belum mendesak untuk dikerjakan, coz saya rencana sidangnya masih Desember or maybe even Januari or Februari tahun depan. En thank God banget, skripsi saya berjalan lancar. Udah mau masuk bab 4 :) mudah2an ke depannya boleh terus lancar....


4. Ngelesin sekaligus les. Dalam seminggu saya ada 5 hari les dari Senin-Jumat di sore-malam hari, sedangkan di waktu siang-sore saya ada latihan untuk IMUN, pagi-siang saya pakai untuk rapat2 prakdip bersama temen2 sekelompok saya. Waktu senggang yang ada saya manfaatkan sebaik-baiknya untuk research matter, research-research-research.... hah sampai eneg deh rasanya --.-- T.T huaaaaa. 


Nah, di masa-masa ini.... saya juga masih bergumul dengan masa depan gue setelah lulus seperti di post saya yang berjudul Learning to Surrender. Tapi setelah dinasihati untuk fokus dulu dg apa yg di depan saya en untuk ga mikir yg kejauhan, akhirnya saya bisa tenang sedikit. Saya juga banyak diajar untuk BERDIAM DIRI. Maklum saya orangnya kalo nganggur pasti jadi aneh-aneh en suka stress sendiri. 

Tapi ga bisa dipungkiri juga sih, saya merasakan bahwa ini adalah masa dimana Tuhan seolah-olah diam. Tidak menjawab apapun dari sekian buanyak pertanyaan saya. Dan karena Dia rasanya seolah-olah diam, maka saya merasa ingin sekali untuk bertindak. Bukan sekali dua kali saya merasa jemu menunggu dan menanti, meragukan Tuhan, bahkan pingin lari atau mundur dari pada-Nya. Kalau semata-mata gue bisa bertahan, itu karena Roh Kudus semata yg memampukan :) 


Nah, pas kotbah hari ini, ada 1 bagian kotbah dan ayat yang sangat sangat mengena di hati saya. Judul kotbahnya itu Perjalanan Menuju Tanah Terjanji yang diambil dari kitab Keluaran, tapi secuil bagian yang ingin saya share disini adalah ayat saat orang-orang Israel membuat patung lembu emas (Kel 32 dan Ulangan 9:7-29).

Bila kita melihat konteks suasana saat itu dari ayat-ayat sebelumnya, selama di padang gurun orang Israel banyak sekali bersungut-sungut dan mencobai Yahweh. Mulai dari minta roti, minta daging, minta air, peperangan dengan bangsa-bangsa lain, dll. Dan kasih yang ditunjukkan Tuhan kepada mereka itu besar sekali. Tuhan beri mereka manna, kasih mereka daging burung puyuh (buat Tuhan tuh gampang sekali datengin ratusan burung puyuh dalam sekejap en bluk bluk bluk....jatoh ke tanah haha), kasih mereka air, beri mereka kemenangan juga saat melawan bangsa-bangsa di sepanjang perjalanan menuju tanah terjanji. 

Tapi bangsa Israel sering sekali bersungut-sungut dan meragukan Tuhan, mereka bertanya-tanya kenapa Tuhan bawa mereka keluar dari Mesir cuma buat mati bergelimpangan di padang gurun doank.

Nah, puncaknya.... ketika mereka membuat patung lembu emas... Musa sedang berada di gunung Sinai, berbincang-bincang dengan Allah. Waah hebat ya, mana ada sih orang yg bisa ngomong2 dengan Allah muka demi muka?? ckckck. Tuhan sedang ngasih banyak hal ke Musa untuk bangsa Israel, hukum ini hukum itu, aturan ini aturan itu, terutamanya adalah 10 perintah Allah yang tertulis dalam 2 loh batu. Ketika Musa sedang di atas gunung itu, bangsa Israel mulai ga sabaran. mereka bersungut-sungut en ngeluh2 lagi.

Lalu mereka pun melebur semua emas yang dipunyainya, dan membuat patung lembu emas untuk disembah dan dipuja-puja. Ada 2 hal penting yang saya petik dari kisah itu:
1. Bangsa Israel tidak sabar menunggu Musa, pemimpin mereka. Dari ketidaksabaran ini mereka memutuskan untuk membuat sesuatu yang mereka pandang baik. Penantian mereka rasanya lamaaa sekali.


2. Ketika Allah terasa jauh, tidak bertindak apa-apa, tidak menjawab apa-apa, dan hanya menyuruh kita menanti, menanti, menanti.... (bosen banget bow rasanya!) kita akan sangat tergoda untuk membuat "patung-patung lembu emas juga", instead of waiting upon Him.


Pastor saya bilang, lembu itu lambang dari kemakmuran. Symbol of prosperity. Artinya, ketika orang sedang berada di masa pengujian/padang gurunnya, atau masa-masa dimana Allah terasa begituuu jauh, mereka sangat mudah untuk tergoda berpaling kepada ilah-ilah lain. Mereka tergoda untuk berpaling dan menyandarkan rasa amannya pada hal-hal lain yang lebih nyata. Zaman sekarang, hal itu terlihat dalam uang. Money, money, money. Zaman dulu, terlihat dari banyaknya pembuatan patung-patung berhala. Mereka tidak sabar menantikan Allah untuk bertindak dan memilih sendiri untuk membuat 'allah' lain bagi diri mereka. 


Kalo ga begitu, ya kita jadi berpaling kepada diri sendiri. Kita memandang diri kita lebih mampu untuk bertindak, lebih bisa, dsb. Kita merasa kalo rancangan kita jauh lebih indah daripada Tuhan.
 
Saya lagi mengalami masa-masa itu sekarang, bosen lah suruh nunggu terus. Saya lebih percaya akan diri saya sendiri, dan membatasi cara kerja Allah. Saya tanya mulu, "Aaaah mana katanya rancangan Tuhan itu indah. Tapi kok saya ga liat-liat itu terjadi." Baru saya pelajari akhir-akhir ini bahwa rancangan yang terbaik di mata Tuhan itu bukanlah rencana yang menyenangkan daging kita. It's all about God, always about God!! Bukan tentang diri kita. Yaah dipikir-pikir manusia itu menggelikan, seringkali tanpa kita sadari, kita menempatkan Allah yang tak terbatas ke dalam pikiran kita yang sangat terbatas. Ibaratnya mau make-in baju baby ke badan seseorang yang tinggi besar, misalnya ke badan papa saya yang gendut hahaa :p Dan godaan untuk lari dari Tuhan, bukan sekali dua kali saya alami hehe. Makanya kalo saya masih terus bertahan, itu kasih karunia. Ini adalah masa dimana saya belajar untuk mempraktikkan iman yang saya punya, masa untuk sepenuhnya total dan berserah pada Allah. 


Tulisan kali ini ga panjang-panjang heheh :) Bagi saudara-saudara yang membaca dan sama-sama berada dalam masa penantian, tetap nantikanlah Tuhan bertindak!! beri Dia waktu. Saya tahu banget, ngomongnya tuh guampang tapi pas kita ngalamin sendiri, aduuh susahnya T__T tidak apa-apa. Soalnya saya lagi berada di masa ini sih hehe. But it's all worth to wait. And we are learning together that God is never late :) Jangan jatuh berguguran seperti bangsa Israel. Jangan lari ke hal-hal atau jalan-jalan yang kita anggap baik menurut pandangan kita. Tetap berdiam diri & nantikan Dia. Masa pengujian karakter yang harusnya berlangsung beberapa tahun, malah jadi 40 tahun untuk bangsa Israel. Semua tergantung respon kita.


Saya yakin, setelah lomba IMUN dan Prakdip nanti (aduh dua kegiatan ini rasanya bikin saya pusing & stress banget), iman saya pasti lebih besaaar. En akan ada cerita yang bisa saya share di blog ini lagi huehehe =p


So stay tune yaaah :) Dan untuk Anda-Anda yang juga merasa kok Tuhan ga jawab-jawab, sampai kapan gue harus menanti dll, don't give uuuuppp :)

4 komentar:

  1. semangattttt!!! nonik.... Jesus Within You \\^o^//

    BalasHapus
  2. nik pas lomba di depok kaya-na gue bsia temenin tuhh.. kebetulan di kampus ada job expo enn itu libur.. nanti kita atur waktu yaaa nik :D semoga gue bisa tmenin loe okaaay??:D

    BalasHapus
  3. @Bunga: makasiiih ya untuk semangatnya!! ^^ love it!! eh bener kan kamu dipanggil Bunga? hehe.

    @Kezia: Depoknya di UI bukan Kes? di margonda kan? oke ntar kita smsan yaaa ^^ asiiik ada yg mau nemenin. mudah2an kita bisa ketemu disono...emang lu ada exo apaan di UI?

    BalasHapus
  4. hahahahahhhaa... boleh3x, tp siapin tumpeng bwt slametan gnt nama ya.. ;p.
    ku tunggu kabar kmenanganmu... selamat berjuang^^v

    BalasHapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^