About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Jumat, 23 September 2011

Orang-orang Cacat

Waktu Yesus sedang lewat, Ia melihat seorang yang buta sejak lahirnya. Murid-muridNya bertanya kepadaNya: "Rabi, siapakah yang berbuat dosa, orang ini sendiri atau orang tuanya, sehingga ia dilahirkan buta?" Jawab Yesus: "Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah harus dinyatakan di dalam Dia." (Yoh 9:1-3)


Ayat di atas, mungkin sudah sering kita dengar. Tetapi, kita sebenernya ngerti gak???

Dulu, saya gak ngerti. Bener2 gak ngerti. Maksudnya Allah bekerja di orang-orang cacat itu gimana??? Saya baru ngerti dan ngeh itu MALAM INI sambil nonton Kick Andy. Saya baru ngerti setelah nge-post tulisan yang judulnya "Marah-marah", en update status di fb, bilang "kalo mau belajar bersyukur guys, nonton Kick Andy malam ini adalah salah satu pilihan tepat!!!!" Eeeeh pas nonton Kick Andy, tiba-tiba dapet rhema ini.

Dan saya nulis ini sambil dengerin Kick Andy wehehe.

Kick Andy memang tayangannya soooo inspiring banget. Kali ini Bung Andy mengundang beberapa orang cacat, tapi orang2 cacat itu justru tidak patah semangat. Yah you know lah what i mean. Inspiratif gitu loh. So inspiring banget. En yang sangat menampar-nampar gue, mereka tidak bersungut-sungut. Tidak menyalahkan Tuhan. 

Tamu-tamu Kick Andy malam ini, ada Pak Alberta Dany Setiawan (Aceng) yang ga punya tangan dari lengan ke bawah. Tapi dia bisa main gitar bagus loh...tadi dia bawain lagu Pelangi di Matamu, pake kaki main gitarnya. Terus ada Ibu Rosidah, yang lengannya itu cuma separo, ga punya jari. Tapi pekerjaannya tukang potret, padahal tukang foto itu kan harus punya 10 jari. Tapi toh hasil fotonya bagus2, dan dia sering diminta jadi tukang foto sama Bupati. Dia juga sering diminta jadi tukang potret di acara hajatan dan kawinan.

Btw, dia dari Purworejo loh. PURWOREJOO!!! Kota asal gue!! Hahaha bangga :D (soalnya sering diejek dari ndeso sih, en ga banyak yg ngerti purworejo itu ada dimana). Terus Ibu Rosidah ini, juga gak nyerah.... Dia juga berusaha. Beliau keliling2 di desa-desa, motoin anak-anak. Beliau juga bawa kostum polisi en tentara untuk dipakein ke anak2, soalnya anak2 tuh kan pada seneng kalo pake kostum/seragam begituan. Keliatan gagah gitu. Kok gue bisa tahu??? Yah soalnya kan gue dari Purworejoooo geto loh en tiap hari biasa liat ibu-ibu di Jawa yang bangga sekaliiii kalo anaknya bisa berpose gagah dg seragam polwan, polisi, atau tentara atau dokter. Jadi guys, jika kalian nonton Kick Andy tgl 23 September 2011 ini, semuuua yang dikatakan Ibu Rosidah itu benar.

Ada Bapak Sabar Gorky yg hanya punya satu kaki, tapi dia punya prestasi besar. Dia mendaki puncak gunung Elbrus, Rusia, yg merupakan gunung tertinggi di Eropa cuma dg satu kaki, en itu lewat jalan yg paling sulit pula. Itu bukan sekadar asal ndaki, dia mengharumkan nama Indonesia dengan mendaki gunung Elbrus. Soalnya sama ndaki, dia bawa bendera Indonesia juga. 

Kemudian diputerin kisah-kisah inspiratif tentang orang2 cacat, seperti He Ah Lee, gadis Korea yg down syndrome, dan hanya punya 4 jari di 2 tangannya yg seperti capit kepiting. Tapi dia bisa main piano bagus sekali!! Ada juga Nick Vujivic (tulisnya gimana yah, sorry for any mispelling....) yang bahkan ga punya lengan dan kaki, tapi dia bisa begitu inspiratif. Dan masih buanyak lagi orang2 cacat tapi yg bisa berkarya dan menyentuh hati kita.

.....

Dari mereka, saya bisa melihat dan mengerti, apa arti dari Firman yang berbunyi, 

"Bukan dia dan bukan juga orang tuanya, tetapi karena pekerjaan-pekerjaan Allah HARUS DINYATAKAN DI DALAM DIA."

Kita tidak pernah tahu mengapa mereka dilahirkan cacat. Tadi Pak Aceng bahkan mau dibunuh oleh orangtuanya sejak lahir, gak diakui, karena mana ada ortu yg mau punya anak cacat???! Pak Aceng juga sempet jadi preman en mau bunuh diri. Caranya, kalo gak minum racun ya gantung diri. Tapi gak jadi, coz kalo minum racun, ada tetangganya yg minum racun tapi gak mati (semua penonton, termasuk gue, ketawa ngakak pas liat ini). Sedangkan mau gantung diri, siapa yg siapin talinya?? Tetangganya jelas gak mau dimintai tolong, takut dituduh membunuh. Jadinya, Bapak Aceng tetap hidup sampe sekarang. Tuhan bener2 menjagai dia. Belum waktunya Pak Aceng mati. Kalo pas itu jadi bunuh diri, ya kita ga bisa liat kisahnya di Kick Andy. 

Tuhan tahu, Dia masih bisa bekerja dengan kecacatan yang ada dalam diri Pak Aceng, Bu Rosidah, He Ah-Lee, Nick Vujivic, dan orang-orang cacat lainnya. 

Menjadi cacat, tidak berarti mereka jadi kurang dikasihi Tuhan. Kita saja yang seringkali meremehkan mereka. Bahkan orang2 cacat malah jauh lebih luar biasa daripada prestasi orang2 biasa!! See, God indeed works in disabled people. He indeed has a good, awesome plan in those people's life. God is more than able to lift up those people. 
 
Kita sering mengeluh, bersungut-sungut, dan menggerutu, kenapa hal yg buruk terjadi di diri kita. Kenapa begini, kenapa begitu. Ada 1000 perkara yg selalu kita tanyakan setiap hari, why why why why. Tidak semua perkara kita tahu jawabannya. 

Saya tidak habis pikir, gimana yah rasanya tidak punya tangan atau kaki. Bagaimana cara untuk makan? Minum? Mandi? Bagaimana rasanya tidak bisa berjalan?? Bagaimana kalo gue gak nikah gara-gara ga ada cowok yg mau sama gue?!??!?! Dan sejuta kekhawatiran lainnya. Tapi melihat orang2 cacat itu yg sukses dan sangat berprestasi, bahkan menikah dan punya anak, itu sangat menampar-nampar gue lagi. God indeed does work in their life!! Not even for one second God forsake them. So see, God is still working. He is making miracles until this very moment. Beberapa orang2 yang tuna daksa tadi juga ada yg bukan orang percaya. Tapi toh Tuhan tetap bekerja dalam diri mereka. He is again, ABLE to work through non-believers people, to wake us up, His often complaints-sons and daughters!! 


Yah intinya nonton Kick Andy malam ini menyegarkan & membangunkan gue lagi. Dan lewat Kick Andy, Tuhan berbicara. Dibandingkan hal yg sangat menjengkelkan gue malam ini, itu benar-benar sangat tidak ada apa-apanya dibandingkan keadaan mereka. Mereka bahkan kehilangan TANGAN DAN KAKI Nonik, tapi merekat tetap bersyukur. Mereka tetap bisa berprestasi. Masa kamu yg hampir mempunyai semuanya, tidak bisa bersyukur?? Gue malu sekali, teman-teman. Maluuu sekali.

I am really nothing. Gue bisa melihat Tuhan bekerja dalam diri mereka. Pekerjaan-pekerjaan Tuhan, bisa begitu nyata & terlihat dalam diri mereka. Dan itulah arti yang sebenarnya ketika Yesus berkata di Yoh 9:3, bahwa dalam diri orang cacat pun, Allah tetap dan akan terus bekerja. Itu bukan salah dirinya. Bukan salah orang tuanya. Ekstrimnya gini: mungkin kalo mereka ga cacat alias terlahir normal, pekerjaan yg luar biasa mungkin tidak bisa nyata dalam diri mereka. Dan dari kecacatan mereka, orang-orang lain bisa dibangun, bisa dikuatkan imannya. termasuk gue!!!! 

Jangan selalu bertanya, "Saya salah apa God??!?!! Hah??!!? Saya dosa apa sehingga mengalami ini dan itu???" Tidak semua hal perlu kita ketahui jawabannya. Satu hal yg kita tahu dg pasti, Tuhan itu terus bekerja. Bekerja demi kebaikan kita, dan demi kebaikan orang-orang lain juga.

IT IS ALWAYS ABOUT GOD, NOT ABOUT US. 

Pemahaman dan cara kerja Dia sangat tidak terbatas, sedangkan otak kita itu cuma selebar daun kelor doank. Yah mana bisa lah memahami jalan2Nya. 

Mari bersyukur.... mari bersyukur. Saya juga terus belajar untuk terus bersyukur. Benar-benar memalukan kalo mereka yg hambatannya lebih besar dari kita, malah lebih bisa bersyukur dari kita yang anggota tubuhnya lengkap.

Terima kasih Kick Andy, untuk program2nya yg sangat inspiratif. Daripada nonton sinetron yg kagak ade unsur mendidiknya sama sekali, yang bikin kita ngiri hati melulu, mending nonton Kick Andy guys hehe.  
 
Terima kasih juga Lord Jesus, untuk pewahyuan yg Engkau berikan malam ini. Engkau selalu bisa menyadarkan putri-Mu yg satu ini.

2 komentar:

  1. Nik, kamu nonton Kick Andy juga yah..Aku juga nonton lho dan dihari yang sama aku juga lihat 2 video di Youtube juga ttg nick vujicic n Tae ho yang ga pnya tangan, kaki yang tidak sempurna tapi tetap bersukacita menjalani hidup.

    Kita harus banyak2 bersyukur yah Nik :)

    BalasHapus
  2. bener kita ini dibandingin mereka jauh lebih punya banyak hal yg layak untuk disyukuriii.... :)

    BalasHapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^