About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Jumat, 19 Agustus 2011

Apa yang Harus Dilakukan Waktu Single?

guys, note ini sepenuhnya Ci Grace yang nulis di fb Tuhan Masih Menulis Cerita Cinta (TMMCC). Karena bagus banget, sooo saya copas di blog hehe :pTulisan yang warna pink adalah komentar gue :)

Gals, lebih bae gue jawab pertanyaan ini dulu baru jawab pertanyaan “How Do I KNOW?”. Coz kalo apa yang kita lakukan sewaktu masih single itu bener, akan lebih mudah buat kita untuk ‘know’ when the time comes …         Udeh ada buanyaaakk buku yang bahas soal ini. Ntar di bagian bawah gue kasih beberapa compulsory reading (alias daftar bacaan WAJIB) buat yang pengen tahu lebih banyak hehehe.

  1. STOP LOOKING  alias Berhenti Mencari-cari
 begitu saya baca tulisan di atas, saya langsung seneng ^^ Hati saya berkata, "Yeeaaahh!!! Inilah nasihat yg benar!! Inilah saran yang tepat!!! dan tepat banget ketika bbrp hari sebelumnya saya lagi diajar Tuhan lagi untuk menaruhkan semuuua keinginan memiliki pasangan itu di hadapan takhta & altarNya. 


Beda banget dengan semua saran yang pernah saya baca atau dengar. Jujur saja sih, saya udah muak dg semua nasihat yang bilang, "Wah, berarti ada yang salah dengan loe kalo belum punya cowo..." "Coba gaul lebih luas lagi. Main lebih banyak lagi." Atau "Loe kudu dandan gini-gini-gini. Kalo pake baju coba yg modelnya gitu-gitu-gitu. Cobain pake make up dikit", dll. Well, itu semua ga sepenuhnya salah sih. Penampilan fisik ya emang penting (masa jadi cewek awut2an haha -.-"), tapi itu BUKANLAH SEGALANYA!!! En jujur semua saran2 itu sama sekali enggak menentramkan hati saya. Malahan bikin saya tambah cemas, tambah kelimpungan, harus berbuat begini dan begitu. 


So, kata-kata pertama dari Ci Grace di atas itu udah te-o-pe be-ge-te alias TOP BGT!!! Seperti kata Firman, "Nantikanlah Tuhan. Berdiam dirilah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah! Nantikanlah Tuhan dan tetap ikutilah jalan-Nya." (dari berbagai macam ayat. Cari sendiri ya hehe :p) Tapi ingat, menantikan Tuhan bukan berarti kita cuma duduk diam ongkang2 kaki en nunggu jodoh jatuh dari langit!!!


Well, mari kita simak lagi tulisannya Ci Grace hehee :p


:O Well, sebelon jelasin lebih lanjut, gue mau elu orang liat beberapa bagian Alkitab ini dulu.

TUHAN Allah berfirman: "Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia." (Kejadian 2 : 18)

Berkatalah Abraham kepada hambanya yang paling tua dalam rumahnya, yang menjadi kuasa atas segala kepunyaannya, katanya: "Baiklah letakkan tanganmu di bawah pangkal pahaku, … Tetapi engkau harus pergi ke negeriku dan kepada sanak saudaraku untuk mengambil seorang isteri bagi Ishak, anakku. Kejadian 24 : 2,4

Lalu Naomi, mertuanya itu, berkata kepadanya: "Anakku, apakah tidak ada baiknya jika aku mencari tempat perlindungan bagimu supaya engkau berbahagia? Rut 3 : 1

3 bagian Alkitab di atas, itu adalah awal mula dari 3 kisah cinta. Kisah Cinta Adam – Hawa, Ishak – Ribka, Boas – Ruth. Nah sekarang pertanyaannya, apa kesamaan dari 3 ayat di atas?? :P

Ayo dicari … Hehehe.

Kesamaan dari 3 ayat di atas adalah, ketiga kisah cinta di atas, di mulai dari inisiatif orang yang berotoritas atas Adam (Tuhan), Ishak (Abraham – ayahnya), Ruth (Naomi – mertuanya). Bukan Adam yang mencari-cari Hawa. Bukan Ishak yang gelisah karena masih single. Bukan pula Ruth yang jelalatan cari the potential husband. Semua kisah itu diawali dari Tuhan dan orang yang berotoritas atas mereka yang melihat bahwa mereka MEMBUTUHKAN pasangan!

Seringkali, hal pertama yang kita lakukan ketika kita single adalah CARI SENDIRI. Tanya kanan kiri. Doain si anu sampe si ono. Padahal kita sendiri belum tau, sebenernya kita SUDAH SIAP MENIKAH atau belum? Ohhh di mata kita mungkin sudah, tapi apakah di mata Tuhan, di mata orang tua, kita sudah cukup dewasa untuk menikah? Apakah  kita sudah cukup matang, punya kesediaan rela berkorban, punya kedewasaan untuk memaafkan?  

Jangan-jangan, kita masih terlalu manja, egois, moody, pendendam, sulit mengampuni, sulit beradaptasi, semaunya sendiri (semua daftar di atas adalah daftar sifat yang HARUS ADA kalo kalian pengen punya pernikahan seperti di neraka). Coba kalian pikir, Tuhan itu sayang sama anak-anak-Nya. En Tuhan juga sayang sama calon pasangan kalian. Nah, kalo Tuhan liat, kita masih keras kepala, ngga bisa diatur, sok tahu, sombong, Tuhan tahu kalo dibiarin ketemu sekarang, kesian calon pasangan kita. Bukannya kita jadi berkat buat mereka, yang ada malah jadi kutuk!! Bukannya bikin mereka jadi org yg lebih bae, lebih dekat dengan Tuhan, yang ada mereka justru stress dengerin rengekan dan keluhan kita yang tiada henti.

So, gals. STOP MENCARI, sebaliknya, datanglah kepada Tuhan dan bertanya sama Tuhan, “Tuhan, apakah menurut-Mu saya sudah siap menikah? Apakah saya sudah siap membahagiakan calon pasangan saya? Bentuklah aku dulu, Tuhan.”

Ketika Tuhan melihat kita sudah SIAP, maka Tuhan sendiri yang akan mempertemukan pada waktu-Nya.

2。 Cari dahulu Kerajaan Allah dan Kebenaran-Nya
Nah, trus apa yang perlu dicari pas lagi single? Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya! Apa itu Kerajaan Allah? Ada banyak definisi guys.Kalo buat gue secara sederhana, kerajaan Allah itu tempat di mana Allah jadi RAJA. Makanya namanya Kerajaan Allah, bukan kerajaan gue.

Sekarang, kita perlu check, hidup kita itu udeh dalam  Kerajaan Allah belon? Tuhan udeh bener-bener jadi RAJA belon atas hidup kita? Atau Tuhan cuman kita anggap jadi sinterklas buat ngabulin permohonan, atau Tuhan jadiin tukang mak comblang cuman ditanyain, “Dia bukan orgnya, Tuhaaann?!?!” 

Hal pertama yang harus jadi prioritas para single dan semua orang percaya adalah mencari DAHULU Kerajaan Allah. Jadilan Allah itu RAJA dalam hidup kita (betul betul betul!!! Lagi asyik-asyiknya di tahap ini neh hehehe. Guys, kalo Tuhan yg jadi FOKUS dalam hidup kita, kita ga akan pusing2 mikirin siapa yg bakal jadi pacar en calon suami kita. Hmmm ikut Tuhan emang ga gampang, setan pasti berusaha buat balikin biar fokus kita melenceng hehe. Baca deh posting2 saya sebelumnya :) )

Salah satu cara konkritnya adalah, cari tau apa PANGGILAN mu. Jadi guru kah? Jadi penulis kah? Jadi chief kah? Gumulkan, tanya sungguh2, kalo perlu doa puasa. Jangan berhenti sampe Tuhan bukakan apa panggilanmu. It may takes few days, few months or even few years .. but yang pasti kalo kita mencari PASTI menemukan, kalo kita bertanya PASTI mendapat jawaban. : )

Kenapa itu penting? Karena salah satu cara nanti kita bisa tahu, apakah orang ini cocok atau ngga buat kita yah dari apakah dia bisa mendukung panggilan kita atau tidak??

Gue tau panggilan gue thn 2005. Jadi tukang ceritanya Tuhan. cerita apa yang Tuhan lakukan dalam hidup gue. Itu panggilan gue.  Trus jadilah tiap gue deket sama cowok, or mereka mulai pdkt, gue pasti tanya, “Eh loe kan temenan ama gue neh. Kalo loe deket sama gue, ada resikonya loh. Loe bisa masuk ke dalam tulisan-tulisan gue. Loe keberatan kagak?”

Mungkin kalian mikir, ah masak iya ada yang keberatan. Tapi beneran ADA loh yang keberatan. :p  Ada beberapa godly man yang sempet deket sama gue trus bilang, “Loe berani yah cerita-cerita kehidupan pribadi loe di muka umum. Kalo gue sih ngga nyaman.” Begitu dia bilang begitu, gue langsung AHA!! He’s not the one. Hahaha. COREEETTTT … :p

Tepen sebaliknya, dia malah getol suruh gue nulis. Hahaha.

Selan itu guys, BIASANYA Tuhan baru kasih jodoh setelah kita ADA di dalam panggilan Tuhan. Karena fungsi utama penolong itu yang untuk menolong kita MENGGENAPI rencana Tuhan atas hidup kita!! Fungsi pasangan itu tuh itu. Bukan cuman mesra-mesra ngga jelas. So, kalo kalian belon tau apa panggilan kalian, GUMULI dulu itu!!

Setelah itu, cari kebenaran Tuhan! Baca Alkitab!! Baca buku-buku rohani! Baca buku2 pernikahan, parenting. Cari kebenaran Tuhan sebanyak-banyaknya. Tanamkan itu semua dalam hati kalian. Percaya deh, once kalian punya pacar, kalo kalian dah tau banyak kebenaran Tuhan, pacaran itu LEBIH GAMPANG :p bukan karena ngga ada masalah, tapi karena kalian lebih tau gmana cara ngatasin masalah itu.

3。 Ada di Tempat yang Benar!          
Maksudnyeee?? Maksud gue begini … Siapa diantara kalian yang pengen punya suami yang Godly Man?!!? Bukan GT-Man loh ya tapi Godly Man hehehe.

Pasti banyak yang ngacung tangan sambil bilang, “GUEEEE”

Nah, gue tuh ye, kadang ketemu ce-ce yang bertanya, “Duhh zaman sekarang susah yaa cari co yang sungguh-sungguh sama Tuhan!” ternyata setelah gue ngobrol sama mereka, selidik punya selidik, ternyataaaa mereka itu org2 kristen. Tapi … cuman ke gereja SEMINGGU SEKALE, kagak ikut pelayanan, ngga gaul sama anak-anak yang cinta Tuhan . >.

Kalo kayak gitu caranya gals, sampe maranatha Tuhan Yesus datang yang kedua kali, KAGAK BAKAL KETEMU!! Gubraks duenk duenk duenkk deh!!

: O LOH emank kenape cik?!

Neh, loe orang pikir ye … co yang Godly, cinta Tuhan, rajin bekerja, bae, kagak kasar, kagak suka mukul, cinta keluarga, kira-kira cari ce yang kayak apa?? Yang kayak mereka lah!! Yang Godly juga. Yang punya hati berkobar-kobar buat Yesus en jiwa-jiwa, yang rajin bekerja juga, yang cinta ama keluarganya juga!!

Nah sekarang, kalo kita ke gereja cuman kebaktian abis itu langsung pulang, kagak pernah ikut persekutuan, kagak pernah ikut pelayanan, diajakkin besuk menolak, temen-temennya semua kagak ada yang cinta Tuhan, sehari-hari kagak pernah tuh bawa-bawa Tuhan dalam pembicaraan, nulis status FB isinya semuanya keluhan, “Jalan macet laahh”, “boss bawel lah”, klien ngga tau diuntung laahh”, “doseen killerrr tugas segunung laahh”,  

Kira-kira klo ada Godly man ngeliat ce kayak gitu, tertarik ngga ya dia??  Kalo dia bener-bener co Godly, trus ngeliat kita dateng gereja pake rok mini, tank top en tali BH keliatan kemana-mana, yakin gals, kalian dilirik pun kagak!! Kenape? Kalo dia bener-bener Godly, dia berarti mo jaga kekudusannya dia, mana mau dia sama cewek yang ngumbar body kemane-mane!!! Dia juga pengen cewek yang sama-sama serius jaga kekudusan!

Gue ngga bicara co godly = co pelayanan loh ya. Tapi co yang bener-bener cinta Tuhan en serius sama Tuhan.

                Kalo kalian pengen punya suami yang cinta Tuhan kalian juga kudu cinta Tuhan! Kalian pengen punya suami yang suka membaca Firman, kalian juga harus suka baca Firman. Kalo ngga, kagak nyambung bowww!! 

                So pastikan kalian juga ada di lingkungan yang tepat. Aktif di gereja. Aktif di persekutuan kampus. Cari komsel! Bertumbuh di situ. Ikut dalam group-group pelayanan yang sesuai minat dan panggilan kalian. Anak jalanan kek, kelas menulis kek, kelompok memasak kek.


4。Perbaiki Hubungan dengan ORTU!! 

betol betol betooooooooooool!!! can't agree more hehe. Yaaah sedih lah kalo liat masih banyak orang2 yg membenci or kepaitan dg orang tuanya. Saya pernah dalam tahap itu, en hadeeuuh rasanya engga enak banget T.T Puji Tuhan, hub yg retak itu sudah dipulihkan... walaupun penuh deraian air mata :p
 
Gals ... sekali lagi ortu tuh punya peran pentinnnggg banget dalam hal pasangan hidup. So mumpng masih single, DEKATKAN hubungan kalian dengan ortu. Sering2 ngobrol dengan mereka. Kalo dulu pernah ada masalah, bereskaannn ... En gue bener-bener menyarankan untuk kalian bikin perjanjian Ayah Anak dengan Papa kalian. 

cerita lengkap di http://www.facebook.com/note.php?note_id=10150275292047962 

5. Prepare Yourself To Be  A Good Wife
Belajar masak. Belajar kerjaain kerjaan rumah tangga. Ngosek WC, nyetrika kemeja cowok, ngelipat baju cowok (mulai deh dgn latihan setrikain baju en celana bokap!!), belajar bikin laporan keuangan. En satu lagi BELAJAR JAHIT! Itu penting bangeeettt gue nyesel sel sel kagak bisa jahit   >.<     (waaaks saya juga ga bisa jahit gimana donk T____T paling kagak tahan belajar sesuatu yg berbau-bau keterampilan tangan. Itu bukan saya banget.... saya cuma bisa masak, nyuci, nyapu, ngepel, en setrika. Kalo urusan merangkai bunga, menjahit, merajut, menyulam, aduuuh jangan ditanya.... di sekolah dulu dapet nilai 7 aja udah bagus banget hahaha. Bener2 kudu belajar nih -.-")

So daripada meratapi masa single kagak jelas, masuk ke dapur noh! Belajar sama si iyem! Belajar milih sayur, milih papaya yang manis, milih daging yang bagus!

Belajar menenangkan cowok lagi marah, lagi sedih. En juga … BERESKAN LUKA-LUKA HATI! Ibaratnya loe mau pergi naek pesawat, loe kudu check bagasi loe over kagak! Nah kita semua itu punya banyak yang namanya emotional baggage. Entah itu luka hati karena ortu, mantan pacar, guru dll. Beresin itu semua selama masih single!! Cari konselor Kristen yang bisa dipercaya, konseling sama dia. Itu tuh penting bgt. Coz kalo kalian ngga beresin itu semua ketika masih single, heeemmm  kalian harus beresin itu setelah married en itu lebih sulittt …

6.Siap Setiap Saat!
Kalian harus belajar en prepare dari sekarang karena kalian ngga akan pernah TAU kapan kalian ketemu dengan calon pasangan kalian.  

Buat Ribka, hari itu mungkin just another day. Hari biasa dimana dia biasa ambil air. Siapa yang tau pertemuan dengan 1 org itu mengubah hidupnya!! En demikian juga dengan kalian guys! We’ll never know!! Kita ngga pernah tau, siapa tau tante-tante yang lagi kerepotan bawa belanjaan di depan kita itu calon mertua kita … we’ll never know.

But jangan trus tiap kali pergi, pergi dengan pikiran, “Wah jangan-jangan today is the day!” -.- bisa stress kalian hahahaha. Santai aja, take it easy, tapi selalulah siap sedia untuk dipakai Tuhan kapanpun Tuhan mau memakai kalian. En lakukan itu tanpa pamrih ya hehehe.

Oke sebagai penutup gue kasih beberapa buku buat referensi 

1.Lady In Waiting
2. Boys Meets Girls 
3. When God Writes Your Love Story 
4. So, You’re Getting Married

kalo saya boleh tambahin, saya juga sarankan buku-buku ini:

5. Sex is not the problem, lust is (Joshua Harris).
6. Passion & Purity (Elisabeth Elliot)

7. The Lost Art of Beauty (Leslie Ludy) --> tapi gue sendiri belon baca bukunya sih. En setau gue, belum diterjemahin. Ada di Gramedia tapi di bagian buku impor. Soo...harganya lumayan mahal.

8. Banyak cowok masuk dalam hidupku, mana yang harus kupilih? (Michele McKinney Hammond)

9. Sexy Girls (cewek2 Seksi): Seseksi apa yang terlalu seksi? 
   oleh Hayley DiMarco. Ini ceritanya bahas soal cara berpakaian yg bener. Waaah MANY MANY THUMBS UP deh buat Hayley yg tulis ini!!! dia orang bule loh guys.... en kita kan tahu kalo di anggapan Asia, orang bule itu gaya pakaiannya (termasuk yg cewek) itu seronok semua. Ternyata masih banyak orang2 barat yg mau ikut Tuhan Yesus dg standar kebenaran yg sejati :)

10. The Puzzle of Jomblo Life, karangan Ci Grace Suryani sendiri!!! hahahahaaha ^o^ asli buku itu buagus banget. Saya kalo ga salah, dalam waktu 3 jam habis bacanya :p

1 komentar:

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^