About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Rabu, 17 Agustus 2011

4 Cara Kerja Iblis

Akhir-akhir ini, saya lagi sering dipanahin iblis. Haueheueahohohaho. *loh, kok malah seneng seh. Aneh -.-"* Enggak ya, saya kagak seneng sama sekali. Saya sudah benci dan muak sekali dengan tipuan setan tua itu. Berbagai panah-panah api yang berisi pikiran kotor, jorok, kemudian juga suasana iri hati, sirik, dengki, en sombong, itu sering banget masuk di benak dan pikiran saya.

Saya jadi ingat kotbah pendeta saya waktu saya masih SMP dulu. Nah, itu yang mau saya tulis disini. Mari kita telanjangin cara kerja iblis rame-rame!! 

Pertama-tama, sebelum meluncur ke post utama, mari kita pegang 2 prinsip berikut tentang cara kerja iblis. 2 prinsip ini adalah kebenaran, dan hendaknya terus diingat baik-baik di otak kita selama dan sesudah baca postingan ini.
1. Pertama: semua, semuuuua, yang dikatakan dan diomongin iblis itu bohong. Bohong besaaaar. Yesus sendiri berkata, 
 
"Iblislah yang menjadi bapamu dan kamu ingin melakukan keinginan-keinginan bapamu. Ia adalah pembunuh manusia sejak semula dan tidak hidup dalam kebenaran, sebab di dalam dia tidak ada kebenaran. Apabila ia berkata dusta, ia berkata atas kehendaknya sendiri, sebab ia adalah pendusta dan bapa segala dusta." (Yoh 8:44). 
 
Iblis itu boong, karena pingin hancurin dan bunuh kita. Caranya adalah dengan menjauhkan kita dari kebenaran Firman Allah, yaitu dengan ngapusi alias boong tadi. Ga peduli tawarannya mau sememikat apa, itu adalah kebohongan, dan hanya kebohongan belaka. So, jangan percaya.... akhirnya toh maut juga, en bikin kita ngrasa berdosa, terpisah/terjauh dari Allah. Habis itu iblis nyerang terus, by saying, "Nah lhoo.... loe udah dosa. Loe udah liat film bokep/nggosip/nyuri/bohong/nipu dll. Loe gak layak lagi di hadapan Tuhan. Apaan katanya anak Tuhan. Loe jatuh lagi jatuh lagi. Mana mau Tuhan terima elu?"
 
2. Prinsip kedua, Iblis itu selalu cari-cari kesempatan. Tuhan emang gak pernah tidur guys, Ia melek sepanjang waktu jagain kita anak-anakNya. tapi jangan salah juga, kalo Iblis itu juga melek terus. Dia ga bisa tidur kalo anak2 Tuhan belum diseret ikutan masuk ke neraka. 
 
"Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya." (1 Petrus 5:8)

iblis selalu mencari kesempatan yang baik. Makanya, kita jangan sekali-kali merasa diri ini udah kuat, karena begitu kita kuat, sebenernya kita rentan jatuh dalam dosa kesombongan. bahkan saat kita kuat pun, kita tetep butuh Yesus bener-bener. 
 
"Sesudah itu Iblis mengakhiri semua pencobaan itu, ia mundur dari padaNya (Yesus) dan MENUNGGU WAKTU YANG BAIK." (Lukas 4:13)
 
Ayat di atas ngomongin tentang cerita iblis yg godain TY di padang gurun. Wah, ternyata setelah Yesus menang atas 3 godaan itu, iblis masih tetap menunggu waktu yg baik loh! Dengan kata lain, iblis tuh masih aja cari-cari kesempatan buat jatuhin Yesus. Nah, kalo iblis aja selalu nyari2 kesempatan untuk menjatuhkan Tuhan, apalagi dg kita anak2Nya! Kita boleh bersukacita dan berbangga hati kalo misalnya hari ini menang dari godaan. Tapi bangganya jangan keterusan... jangan jadi lengah. Karena begitu kita lengah, bleeenng... panah-panah api dari si iblis langsung masuk ke otak dan pikiran kita.
 
Nah, itu 2 prinsip utama yg hendaknya dipegang kita. Sekarang, mari kita telanjangin 4 cara kerja iblis!
 
1. Tahap pertama iblis bekerja, adalah langkah Kudekat. iblis ga langsung ujug-ujug buat kita berdosa, tapi ia harus pedekate dulu ke kita, terutama kalo kita ini orang2 yg sudah terima TY sebagai Tuhan & Juruselamat. Kalo orang yg sehari-harinya sudah "bergaul" dengan iblis mah kagak perlu pdkt lagi atuh.... sok iblis tinggal ngomong "wasweswos" di kupingnya jalan dah.
 
Pdkt iblis itu masuknya lewat pikiran (kadang bisa lewat hal-hal yang menggodaaaa banget). Soo.... jaga pikiran kita baik-baik! Tiap pagi, awali hari bersama TY dg baca Firman. Minta RK buat jagain hati dan pikiran kita, karena dari situlah timbul segala macam hal2 buruk: sirik, dengki, iri hati, hawa nafsu, pikiran2 jorok dan kotor, pingin nggosip, dll. Di langkah pertama ini aja, kalo iblis udah masuk, harus kita tengking langsung dg Firman. Itulah pentingnya baca Firman guys ehehehe :p kalo kita sering baca Firman, otak kita ya akan dipenuhi dg Firman, bukan dg adegan2 syur di pilem bokep or pergunjingan orang lain. Kan dikatakan juga, kalo FirTu itu adalah pedang Roh :) Kalo kita ga pernah baca Firman, yaaah serangnya mo pake apa coba....
 
2. Langkah kedua adalah kupikat. Naaaah. kalo panah2 api dari si setan tua nan bau itu kita ladenin terus, lama-lama kita akan tergoda. Dari tergoda, terus makin lama jadi makin kepengin. Dan keinginan itu makin lama makin membesar, makin susah untuk dikendalikan, en menguasai kita. Keinginan itu bisa berubah jadi hawa nafsu. Kita jadi terobsesiiii banget pingin nglakuin itu. Kita pingiiiin banget, rasanya gak bisa ngontrol lagi. 
 
3. Langkah ketiga, adalah kujerat. Waah si iblis udah masuk makin jauh nee.... di tahap ini biasanya keinginan itu udah menjelma menjadi perbuatan atau kelakuan.
 
Contoh: Si Tini lagi jalan-jalan sama temen2nya. Tiba-tiba dia liat Ani, sahabatnya. Tapi kondisi Tini en Ani lagi ga baek, lagi musuhan en diem2an. Soalnya Ani jadian sama Tono, pacarnya Tini dulu/ngilangin buku kesayangan Tini/telat janjian 2 jam sama Tini/ngejek bajunya Tini jelek/yah anything lah you can mention it or change it into your condition. Nah, si iblis kan ngintai terus. Dia tahu noh itu kesempatan yang baik. Panah api pun mulai ditembakkan, syuuuut.... CESSS!! Nancep di pikiran Tini (kita semua mah pasti bisa masuk dalam tahap ini). 
 
Iblis mulai berbisik, "Eh eh Tin, liat tuh si Ani.... dia kan udah gini gini gini sama kamu. Ayo geura bilangin sama temen2 kamu yg laen. Biar mereka juga pada tau Ani tuh orangnya kayak gimana." Mulanya Tini masih enggan en nolak. Yah iblis bablas aja terus, "Lah tapi kan kalo ingat kelakuan Ani kamu sebel Tin. Bayangin aja masak dia gitu gitu sama kamu?! Ayo, ga baik dipendem terus. You should share it with someone! (ini salah satu tipuan yg tokcer biasanya)." Tini mulai bimbang. Cerita gak ya...cerita gak ya.... kalo cerita kan sama aja gosip. "Halaaah gapapa. Ayoo cerita aja!"
 
Nah, di tahap ini, kita bisa memilih. Mau cerita ato enggak. Keputusan ada di tangan kita guys :) Biasanya sih ya, kalo cerita nanti omongan itu bakalan melebar keman-mana en bisa-bisa kita jadi backstabber temen sendiri. 
 
4. Tahap terakhir, adalah kusikat hehehe. Kalo kita gampang masuk tipu daya iblis, yaaa lama-lama jiwa kita bakal "disikat" iblis deh. Mao itu dunia akherat yaaa kagak ada yg enak kalo ngikut iblis. Mungkin pertamanya kerasa enak en gampang, tapi ujung2nya maut. Inget, ngikut iblis itu ada HARGA BAYARNYA juga loh. mungkin dia minta tumbalnya nanti, ga langsung sekarang. Prinsipnya iblis kan beli/nikmati dulu bayar kemudian. En ga tanggung2 iblis pingin jiwa kita di neraka.

*** 

Guys, saya nulis ini bukan dalam keadaan bersih. Saya juga sering jatuh bangun. Baru-baru ini, siang tadiii aja saya kepikiran lagi hal2 yg jorok di otak. Keinginan buat liat situs2 terlarang menguat banget, hadeeeuh rasanya saya hampir gak kuat buat ga liat itu. saya tau gak itu salah?? Tau!! Tapi godaannya itu hampir2 ga tertahankan. Cuman saya udah tahu iblis kan sukanya boong. Boong lah. awalnya doank enak2, tapi kemudian saya bakal diliputi perasaan kotor, bersalah, dosa, hina dina, dll. Kemudian saya bakal menjauh dari Tuhan karena ngrasa ga layak di hadapan Bapa. En lama-lama, dari yg semula merasa gapapa buat dilakukan itu bisa jadi ketergantungan. Saya udah kenal banget dengan perasaan seperti itu, en saya juga udah muak sekali dg perasaan itu-itu lagi.

Nah, karena saya udah tahu iblis itu boong, saya cepet2 inget Firman en lemparin itu ke iblis. Saya cabut koneksi internet sebentar, kerjain skripsi, sambil denger lagu rohani. Biasanya kalo udah gitu, keinginan itu lenyap or hilang sendiri hehe. Yah, intinya, begitu pikiran itu dateng, langsung usir cepat-cepat! 

Contoh lainnya, saya ini kadang suka ngrasa sedih, iri, or terintimidasi sendiri (untuk hal apa, saya belon bisa share hehe). Nah, terjebak dalam perasaan mengasihani diri itu juga ga baik. Karena itu akan bikin kita ga bersyukur. Kalo udah gitu, biasanya saya cepet2 ngomong ke Tuhan dalam hati, "Tuhan, Tuhan, tolong, nonik ngrasa blablablabla...." atau pray in spirit. Saya ga pingin biarin semua pikiran itu mengendap berlarut-larut di benak saya. Cara yang paling ampuh, adalah dg praise en worship!! Haha.


Saya ga bilang saya dalam keadaan bersih setiap saat. Tiap hari saya kudu baca Firman, umpamanya itu amunisi buat ngadepin sepanjang hari itu gitu deh hehe. Jadi kalo iblis dateng, kita punya "peluru" yang banyak buat balik tembakin dia hihihi.

Oke guys, so tetep ingat 2 prinsip di atas en 4 cara kerja iblis ya hehe: kudekat, kupikat, kujerat, dan kusikat. Jangan sampe kejebak :)

P.S Bagi kalian para pembaca setia majalah Pearl (yang belon pernah baca, baca yaaaa ^^ silakan kunjungin www.majalahpearl.com dan baca majalahnya. Kami udah terbit 4 edisi loh), edisi berikutnya akan membahas tentang kekudusan atau "The Beauty of Holiness". Apa aja yang dibahas?? Pokoknya oke-oke deh... Hehe :)

6 komentar:

  1. hadeeeehh, pas banget tulisanny, kaya obat pait yg dibutuhkan pas demam wkwkwk... nice writing, nonik...

    BalasHapus
  2. hancurkan si iblis dengan kebohongannya!!! mareeee......^^/

    BalasHapus
  3. @dhieta: hoo ya?? wah makasih loh :) senang kalo bisa memberkati.

    @mbak mega: ayooooooooooo!!! benar mbak si iblis ini bener2 jago banget kalo soal bohong en dusta. caranya juga makin lihai aja dari hari ke hari...

    BalasHapus
  4. Nonik:wah, cara-cara iblis mau jatuhin manusia digambarin bagus banget lo sama CS Lewis dalama bukunya The Screwtape Letters. Bagus banget tu Non, pernah baca gak? Itu tentang si setan senior yang mengirimkan surat-surat buat keponakannya yang isinya strategi ngancurin manusia. Ide2nya simple dan gak terpikirkan, tapi 'menelanjangi' cara-caranya iblis.

    BalasHapus
  5. iya udah pernah mbak. aku punya bukune kok hehe. Pas mbaca buku itu ternganga juga sih, kaget beneraaaan ya ampun ternyata cara godanya tuh begini toh. Buset licik banget...en itu tuh ditulis sama CS Lewis di masa tahun PD I ato II gitu...ckckck. cara kerja iblis dari dulu tetep sama, paling cuma beda taktik doank en jadi lebih canggih. tapi intinya sih tetep sama ya: KEBOHONGAN!!

    oh ya. yg kurang aku sukai dari buku itu bahasanya itu loh...ada banyak kata2 sulit yg kurang aku pahami T.T jadi ada bbrp yg aku gak ngerti maksudnya...

    BalasHapus
  6. iyo sih, buku-bukunya CS Lewis agak berat dibanding bukunya Max Lucado, yang sekali baca kita langsung ngeh, hehehehehe

    BalasHapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^