About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Selasa, 12 Juli 2011

why Harvest Moon is different from other game

Lagi seneng nulis tentang Harvest Moon (HM) neh....

Jadi, ada unsur lain kenapa HM itu beda sama game yg lain :)
 HM adalah game yang ada jalur ceritanya. En jalur cerita itu jelas banget, plus lucu dibanding game-game yang lain. selain itu, juga persis banget kan dengan kehidupan kita sehari-hariii.... Misalnya, mulai dari miskin banget sampe bisa jadi koaya roaya.

Selain itu, ada juga unsur "reward & punishment" di game ini. Misalnya, kalau kita gemar berbuat baik & bersosialisasi dg para tetangga, menolong orang yg kesusahan (kok kaya pelajaran anak SD sih -.-") kita bakal dapat banyak pujian dari orang-orang. Seluruh penduduk desa akan jadi bersahabat dg kita, en kita akan dapet banyak resep. En you know what, setiap 8 resep akan menambah 1 persen tambahan di status game kita ^^

Tapiii kalau kita kelakuannya ogah-ogahan, ya penduduk desa juga bakal ogah2an sama kita juga. En di taun ketiga kita bakal diusir. Yah, so far gue sih belum pernah ngalamin game yang diusir hehe. Terus, kalo kita ga ngurus ternak dengan baik, ternaknya bisa mati loh. En di mata Rick ato Barley, kita jadi buruk banget.... T.T 

Jadi menurut gue.... HM tuh secara ga langsung mengajarkan hukum tabur tuai loh. You will reap what you sow. Orang yang menabur baik, tidak mungkin menuai yang buruk. Demikian pula sebaliknya. HM juga ngajarin nilai-nilai kerja keras. Kalau kita mau bekerja giat, kita ya bakal kaya hohoho. Banyak menanam, rajin menyiram, terus panen raya deh. Kemudian juga sering-sering nyikat animal, ngobrol sama mereka, nambang di mine, dll. Dari situ hidup kita bisa makin layak, mulai dari upgrade tools, beli hewan baru, upgrade rumah, bangun hot house, sampe ngejer gadis hehehe. Nah, lagi-lagi dari sini kita belajar nilai lain: JANGAN MALAS! 

Orang malas tidak akan menangkap buruannya, tetapi orang rajin akan memperoleh harta yang berharga (Amsal 12:27).

Selain itu, ada juga peristiwa-peristiwa lucu & unik, entah dg penduduk desa, atau dg istri kita. Di setiap peristiwa, terkadang kita bisa memilih respon yang berbeda. En setiap jawaban yg beda bakal dapat respon yg berbeda pula. Yang menarik lagi, kalau kita menikah dengan gadis yang berbeda, peristiwa yang kita dapet juga beda! masakan yang dimasak tiap kali ada event penting berbeda, kata-katanya juga berbeda. 

Ada juga berbagai perlombaan di setiap musim. Yang dilombain itu entah orangnya, atau hewan ternak yang kita punya. Musim semi ada lomba pacuan kuda, musim panas lomba sabung ayam & kontes sapi, musim gugur kontes domba, en musim dingin lomba lari anjing. Hihihi lucu-lucu ya ^^ kalo untuk orangnya, ada lomba lempar tomat, lomba renang, en lomba masak. Ada juga berbagai perayaan di desa dimana kita bisa ngajak gadis buat nonton bareng. Misalnya, Spring Goddess Festival, Fireworks Festival, Moon Festival (nonton bulan bareng di puncak gunung, mesra banget bow....), Thanksgiving & Spring Thanksgivin Festival, dll. En di even-even itu bisa kita yang ngajak gadisnya, bisa juga mereka yang ngajak kita. Idiiih kaya pacaran beneran. Awesome!!

Peristiwa-peristiwa itulah yang membuat gue merasa, game ini mirip banget dengan kehidupan sehari-hari.

Nilai apa lagi yang bisa kita petik? Hmmm. Kita akan dipercayakan hal-hal yang besar setelah kita bisa mengelola hal-hal yang kecil dengan baik. Di HM, gimana kita bisa punya 10 ayam kalo ngurus 5 ayam aja ga becus? gimana kita bisa kaya kalo ga pernah kerja? En gimana kita bisa punya istri kalo ngurus sawah en ladang aja ga bisa? Emang ada ya istri yang mau hidup sama cowo yang ga bisa ngurus diri sendiri & pekerjaannya? 

Biar bisa punya 10 ayam, kita kudu upgrade kandang ayamnya. En biar bisa upgrade, kita harus punya kayu & uang yang cukup. Nah, makanya kita harus rajin-rajin bekerja: nebangin kayu & mengasah kapak yang kita punya. Ntar kalo dah bisa upgrade rumah ayam, kita bisa upgrade rumah kita (dua kali), upgrade kandang sapi, en upgrade rumah lagi. Upgrade'an rumah yang kedua itu diperlukan biar ada tempat tidur tambahan untuk gadis yg akan kita persunting. Cihuuuy ^^ 

Dalam kehidupan sehari-hari bisa kok kita terapkan.... gimana bisa kita ngarep jadi bos or manajer kalau jadi pegawai aja kerjanya ga becus? Kalau kita jadi bos, wah tambah ga bener ntar perusahaannya.... Kadang Tuhan tidak memberikan apa yang kita mitna, karena itu bisa "membunuh" kita!! Kalau kita ga bisa mengelola dg baik apa yg kita punya, gimana kita bisa mengelola lebih daripada itu?

Oh ya, HM juga punya lagu theme songs-nya lho...en lagu-lagunya cukup banyak. Ada lagu untuk tiap gadis, lagu kalo di pertanian, lagu di tengah kota, lagu di setiap perlombaan, lagu pernikahan, lagu kematian, wooo. Gue aja nulis ini sambil dengerin lagu-lagunya biar semangat nulis wkwkwk. So far lagu yang sangat gue sukain adalah theme songnya Elli & lagunya Music Festival di Gereja.

Sayangnya, game ini punya 2 kelemahan:
1. Game ini cuma game. jadi ga nyata. Coba yah nyata....

2. Game ini bisa bikin kita KECANDUAAAN!! >.< Gue aja kalo mau bisa loh seharian maen ini terus, brenti paling cuma buat mandi en makan. Waakss...parah banget kan T.T Untunglah selama di Bandung, joystick ga gue bawa. jadi tiap hari gue bisa fokus kerjain skripsi hehehe :P 

warning: Dibutuhkan pengendalian diri yang kuat untuk main game ini, jangan sampe kecanduan!!

0 komentar:

Posting Komentar

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^