About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Rabu, 18 Mei 2011

Nehemia: Hati Seorang Pemimpin (part 6)

Nehemia: Hati Seorang Pemimpin (Part 6)
Pemimpin yang Tidak Haus akan Kekuasaan

Waaaah, aspek yang ini, asliii deh susah banget untuk dilakukan & dipraktikkan T___T Orang yg sudah punya jabatan tinggi, gaji besar, terkenal, en semua2 dapet fasilitas, siapa sih yang tidak tergoda untuk menyalahgunakan/memakai kekuasaan itu untuk dirinya sendiri? 
Dasar sifat manusia yang ga pernah puas..... Gue sendiri bisa menulis kaya gini, tapi kalo gw nanti jadi Presiden (misalnya looh!!) kemungkinan besar gw akan sangat sangat tergoda untuk menambah kekayaan gw en memikirkan kepentingan gw :'( 

Tanggung jawab memang lebih banyak. Tuntutan lebih banyak. Ekspektasi masyarakat akan sangat besaaarrr di pundak kita. Tapiii... di samping semua itu hidup kita juga akan sangat terjamin bow. Gaji bulanan aja udah gede. Kalo pake fasilitas juga ditanggung negara. Bisa jalan2 ke luar negeri. Lah gampang, hari ini mo ke Paris... besok ke London.... lusa meeting di Shanghai... bulan depan ajak keluarga main ke Jiu Zhaigou en Gui Lin....tinggal rogoh kanton, ada deh duit!! hehe. Pendek kata, walaupun tugas & tanggung jawab itu lebih besar, tetapi kita juga dapat privilege yg lebih dibanding orang2 biasa. Itu adalah hak kita. Atau lebih tepatnya, itu adalah HAK setelah kita melaksanakan kewajiban kita. Naaaah lo....ini bagian yg sulit buanget T___T Bisakah kita melakukan tugas n kewajiban2 kita tanpa tenggelam dalam harta, takhta, dan wanita/pria?? (biasanya para pemimpin2 besar tuh gampang jatuh dalam skandal seks. Mau Contoh?? liatlah PM Italia Silvio Berlusconni dan Direktur IMF Dominique Strauss-Kahn yg kesandung skandal seks baru2 ini!!) 

Itu semua memang susah, tetapi TIDAK MUSTAHIL. Kita masih belajar dari Nehemia hehe. Jangan bosen2 yah :p....

Ayuk deh kita langsung baca saja Nehemia 5:14-18.

Pula sejak aku diangkat sebagai bupati di tanah Yehuda....aku dan saudara2ku tidak pernah mengambil pembagian yang menjadi hak bupati. [Naaah lho, itu HAKnya Nehemia lo...tapi dia gak mengambil hak itu!! mengapa? Well, nobody knows except he himself....udah karakternya kali ya -.-"]

Tetapi para bupati yang sebelumnya, yang mendahului aku, sangat memberatkan beban rakyat. Bupati2 itu mengambil dari mereka 40 syikal perak sehari untuk bahan makanan & anggur. Bahkan anak buah mereka merajalela atas rakyat. Tetapi aku tidak berbuat demikian karena takut akan Allah. .... 

Yang disediakan sehari atas tanggunganku ialah: seekor lembu, enam ekor kambing domba yg terpilih dan bbrp ekor unggas, dan ber-macam2 anggur dg berlimpah-limpah setiap 10 hari. Namun dengan semuanya itu, aku tidak menuntut pembagian yang menjadi hak bupati, karena pekerjaan itu sangat menekan rakyat."

Gileeee man!! Mari kita lebih perinci lagi:
1. Sejak jadi bupati Yehuda, Nehemia ga pernah mengambil sedikit pun apa yg menjadi haknya. Kok bisa sih??? gw jg gak tau -.-" zaman sekarang orang2 kan pada nuntut hak... hak... hak... Hak inilah, hak itulah. Malah kadang2 kewajibannya sampe lupa dilakuin. Istilahnya aja "Hak dan Kewajiban", bukan "kewajiban dan hak" hehehe. Kata hak lebih didahulukan daripada kewajiban. 

2. Gajinya Nehemia itu guede buanget, apalagi untuk ukuran di zaman tersebut. Dia mah udah jadi orang kaya kaleee.... lihat aja:
 a. seekor lembu.
 b. enam ekor kambing domba YANG TERPILIH. artinya kambing domba itu gak cacat, sehat2, gemuk2, tambun2, suaranya bagus, subur/fertil, waaah oke banget deh. Udah kaya kalo mo kasih persembahan aja ke Tuhan....
  c.bbrp ekor unggas
  d. bermacam-macam anggur yang berlimpah-limpah setiap 10 hari. 

Maaan!!! Dari dulu mpe sekarang, anggur itu minuman kerajaan. Perlambang kekayaan or status sosial seseorang. Lah iya to, coba aja liat siapa yg bisa beli minuman alkohol bermerk. Gin, Vodka, Bourbon, Tequilla.... Red Whine, White Whine, Tuak, Arak, Sake, dll. Bejibun lah. Kan pasti orang2 menengah ke atas?? kan pasti cuma pejabat2 or orang penting yg bisa beli? Anggur juga ga sembarangan dijual. Itu cuma ada di tempat2 mentereng, tempat2 berduit. En biasanya hanya disajikan di acara jamuan kenegaraan or pesta2 mewah, seperti pernikahan kelas atas (kaya Royal Wedding misalnya) en pesta2 borju lainnya hehe. Beda lho yaaa sama orang yang bikin minum oplosan dari alkohol murahan.... :p wah itu mah dijamin membawa maut. Yang dimaksud adalah minuman berkelas disini!! En itu disediain setiap 10 hari untuk Nehemia bow.... lah.... boro2 10 hari.... setahun 2x minum anggur aja udah bersyukur buanget. Ini tiap 10 hari!! mabok gak tuh hahahaaha. 

Tapi kok ya Nehemia tahu diri. Itu yang membuat gw kagum banget gitu loh. Dia berkata, "Namun dengan semuanya itu, aku tidak menuntut pembagian yang menjadi hak bupati, karena pekerjaan itu menekan rakyat." See??! buat Nehemia, mengambil semua hak2 itu sudah pasti memberatkan rakyat. Loe pikir.... ternak-ternak itu diambil dari siapa kalo bukan dari rakyat? Rakyat punya banyak ternak.... bbrp dkasih buat kerajaan or imam2. Soal anggur, yang menanam n memanen jg pasti rakyat donk. Lah kalo tiap 10 hari kudu disumbangin ke para bupati....terus jatah mereka gimana?? belum kalo buat musim dingin. Kan pasti butuh anggur buat angetin badan. Bayangkan kalo semuuua bupati menuntut agar mereka selalu disupplai anggur setiap 10 hari. En gw percaya, itu anggur harus kualitas terbaik. Ga boleh busuk or ada cacatnya sedikitpun! Lah kasian amat ya.... Kayanya rakyat kudu kerja rodi tuh -.-"

Tapi Nehemia memilih untuk tidak menuntut semua itu karena dia tahu pekerjaan upeti2an kaya gitu bakal menekan rakyat. Aduh, betapa baik hatinya dia!! Nah nah, sekarang, pertanyaan kita: kok bisa ya dia berbuat seperti itu? jawabannya ada di ayat 15c:

Tetapi aku tidak berbuat demikian KARENA TAKUT AKAN ALLAH.

......

makin ketampar ga bacanya hahahaha.... gw aja sampe terbengong-bengong en terenyak sendiri. Makin takjub gw sama nih satu orang. Itu yg membuat Nehemia makin dicintai rakyat! karena ketakutan akan Tuhan benar2 terpancar dalam sikapnya.

So, kesimpulannya apa??

Jadi pemimpin itu, ternyata BISA untuk tidak tergoda & tenggelam dalam harta & takhta. BISA, kalo kita memutuskan untuk berbuat demikian. BISA, kalo kita mau untuk mendekatkan diri kepada Allah. Orang yg mau dekat dg Tuhannya setiap hari, dia akan berusaha untuk cari tahu apa isi hati Allahnya. En dia pasti akan berbuat hal2 yg menyenangkan hati Allahnya. Takut disini artinya bukan takut negatif karena terpaksa, tapi karena dia memang mencintai Tuhannya. Wow, alangkah bagusnya kalo orang yg begini ini nih yg jadi pemimpin. Dia bener2 bisa jadi garam & terang buat orang2 di sekelilingnya, bisa bawa impact yg besar :) 

Kalo dulu Nehemia aja bisa demikian.... padahal Yesus belum mati di salib.... Roh Kudus belum dicurahkan.... tapi Nehemia BISA untuk berbuat demikian, ia MEMILIH untuk taat pada Allahnya, maka kita pun juga pasti BISA!! ^^ Kita pasti BISA, kalau kita memilih untuk menundukkan diri pada pimpinan Roh Allah :) Gampang gak? enggak hehe. Banyak tantangannya. Tapi yakinlah, pasti dimampukan :) Tuhan pasti bela, kalo kita mau melakukan apa yg menjadi kerinduan hatiNya. 

Be blessed....:)

2 komentar:

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^