About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Selasa, 17 Mei 2011

Nehemia: Hati Seorang Pemimpin (part 5)

Nehemia: Hati Seorang Pemimpin (part 5)
Pemimpin yang Punya Hati & Telinga untuk Rakyatnya

Semakin gw belajar tentang Nehemia, semakin gw belajar bahwa menjadi seorang pemimpin itu benar2 gak gampang!! Apalagi menjadi pemimpin dg kriteria yg dimaui Tuhan. Standar-Nya benar2 tinggi bow....


Selama ini, kita mikir kalo jadi pemimpin itu enak. Tinggal perintah sana, printah sini, semua beres dah. Pokoknya cuma tau beres, cuma tau jadi! Semua anak buah yg kerjain. Dan kita yg mungkin masih bekerja dg status sbg karyawan, atau buruh, atau mahasiswa, sering banget ngomel2 en ngedumel gak jelas kalo dapet perintah dari atasan. Di benak kita, jadi bawahan tu udah jenuuuuh buanget. kapan sih gw naik pangkat?? kapan gw dapet promosi?? dsb dsb. Di benak kita, jadi bawahan itu ga enak. Jadi atasan baru enak. Jadi dosen, jadi bos, manager, direktur, CEO, naaah itu baru enak. Well, itu emang benar :D tapi pemimpin jg ga gampang coy. Semakin tinggi jabatan kita, tanggung jawab juga semakin besar. Semakin banyak kita diberi, maka sebanyak itu pulalah kita akan dituntut. Kalau pemimpin yang bisa perintah2 seenak udel'e dewek, itu pemimpin yg ga punya karakter. Itu prinsip dunia yang sudah diputar-balikkan oleh iblis. Sebenarnya selain pemimpin, Firman Tuhan jg banyak berkata soal menjadi anak buah atau pengikut yg baik. Nah, this will be in another post ;)

Pemimpin yg benar, sudah "ditraining" dulu. Ia tahu apa yg namanya hidup ga enak. Ia tahu segala pergumulan yg dihadapi para karyawannya. Pemimpin baik juga merasa bahwa dirinya ikut andil & bertanggung jawab sama semua kehidupan karyawannya. Misalnya, soal gaji. Gaji mah ga sekadar kasih gaji. Tapi gaji itu juga menghidupi anak istri/suami karyawan tersebut. Pemimpin yg punya hati & peduli berarti ia mau untuk repot2 memikirkan, apa yg harus saya lakukan biar usaha saya ini maju. Majunya usaha tidak hanya memberikan keuntungan yg besar, ga cuma kasih duit banyak. It's not only about the money. But it also talks about my employees who work with me, it's about their wives & children! Kalo pabrik or perusahaan gw tutup.... berapa banyak buruh yg harus gw pecat? berapa banyak anak yg akan putus sekolah? dll. Susah kan? hehe.

Hal ini sudah dihadapi semenjak masa Nehemia. Saat itu semasa pembangunan tembok, banyak sekali rakyat yg mengeluh karena kelaparan. Rumah dan ladang gandum harus mereka gadaikan agar tetap hidup. Mereka jg terbelit utang, bahkan anak2 mereka terpaksa mereka biarkan untuk menjadi budak. Gw sendiri ga ngerti jelas mereka itu sebenarnya ditindas oleh siapa & mengapa (dari yg gw baca sih dari sesama orang2 Yahudi juga, karena ada kata2 "sedarah sedaging dengan saudara2 sebangsa kami".), tetapi Nabi Nehemia mau berrepot-repot untuk mengurusi masalah ini & mendengarkan keluh kesah mereka, dan ia bertindak.

Maka sangat marahlah aku, ketika kudengar keluhan mereka dan berita-berita itu. Setelah berpikir masak2, aku menggugat para pemuka dan para penguasa. ... Lalu kuadakan terhadap mereka suatu sidang jemaah yang besar. ... Kataku: "Tidak patut apa yang kamu lakukan itu! Bukankah kamu harus berlaku dengan takut akan Allah kita untuk menghindarkan diri dari cercaan bangsa2 lain, musuh2 kita?"

(Neh 5: 6,7, 9).

Pemimpin yang baik juga mau & peduli untuk memikirkan apa yg menjadi kesusahan rakyatnya. Huufftt.... bener2 gak gampang yah!! Jangankan pikirin keluarga or kesusahan orang lain.... keluarga kita aja kadang masih ada masalah kok.... tapi ternyata Nehemia bisa. Setelah menegur & menghardik para penguasa agar mengembalikan apa yg menjadi hak rakyat, Nehemia bahkan menyuruh mereka bersumpah untuk menaati janji mereka itu.

Lalu aka memanggil para imam dan menyuruh mereka bersumpah, bahwa mereka akan menepati janji mereka. Juga kukebas lipatan bajuku sambil berkata: "Demikianlah setiap orang yang tidak menepati janji ini akan dikebas Allah dari rumahnya dan hasil jerih payahnya. Demikianlah ia dikebas dan menjadi hampa!"
(Neh 5:12-13a).

You know what? at the end of the verse, all people glorified & shouted to the Lord. Being a good leader who cares to others also one of the many many ways to show people how great our God is! 

"....Dan seluruh jemaah berkata: "Amin," lalu memuji-muji TUHAN. Maka rakyat berbuat sesuai dengan janji itu."
(Neh 5:13b).

Dalam post sebelumnya kita telah belajar kualitas2 apa saja yang dimiliki Nehemia. Nehemia tidak hanya peduli pada tembok yg sedang dibangun (yg ditunjukkan dg sikap punya visi, pantang menyerah, & menindak musuh), tetapi ia juga peduli pada orang2 yg membangun tembok itu. Tanpa seluruh rakyat, mustahil tembok itu bisa bangun & berdiri. Dan itu ditunjukkan Nehemia dg mau peduli & mendengar keluhan mereka :)

Bagi dunia, pemimpin adalah orang yang cuma tahu enaknya aja. Kalo nasib bawahan or pegawai gw susah, yaaah sudahlah. itu sudah suratan takdir. Yang penting gw kasih mereka gaji! Upah UMR sudah gw penuhin sesuai aturan Pemda or Pemkot... Urusan anak istri, nanti aja deh.... Tapi tidak demikian bagi Allah. Pemimpin adalah orang yang mengasihi anak buahnya juga, yang bisa memberikan teladan buat mereka. Pemimpin disegani & dihormati bukan karena ia bisa seenaknya perintah2 orang, tetapi ia disegani & dihormati karena ia punya kasih yang terpancar dari sikap & kelakuannya terhadap anak buahnya. Ia tidak sombong, tapi tetap rendah hati. 

Benar2 gak gampang yah jadi pemimpin itu.... Tuhan Yesus sudah berikan teladan yang begitu wow tentang bagaimana menjadi pemimpin itu. Yesus bukan hanya pemimpin, tapi Ia juga Allah Putra yg mau2nya turun ke dunia untuk menebus kita. Duh duh.... Bunda Teresa, Mahatma Gandhi, Bung Hatta, adalah contoh pemimpin2 lain yg juga peduli sama orang banyak (tentu saja sebagai manusia mereka tetap punya kelemahan).

Let us all learning to be a good leader...

0 komentar:

Posting Komentar

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^