About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Selasa, 17 Mei 2011

Nehemia: Hati Seorang Pemimpin (part 4)

Nehemia: Hati Seorang Pemimpin (Part 4)
Pemimpin yg Tegas dan Berani Bertindak terhadap Musuh

akhirnyaaaaa!! setelah terbengkalai oleh UAS & final paper, akhirnya gw bisa juga nulis sepuas hati di blog hahaha ^o^

Posting ini merupakan kelanjutan dari rhema tentang Nehemia sebelumnya. Bener2 deh, Nehemia itu, walaupun tidak se-wow & se-wah Nabi Musa, Abraham, atau Raja Daud & Salomo, atau Rasul Paulus, tapi dia bener2 contoh seorang pemimpin yg baik!! Apalagi... di zaman sekarang ini...kita lagi mengalami yg namanya krisis pemimpin. Sebelum tulis ini, gw baru aja publish ttg isu Orde Baru & Orde Reformasi.   Di situ gw menulis permasalahan bangsa ini yg begitu banyak & bejibun. Nah, untuk menangani semua itu, dibutuhkan pemimpin yang kuat... yg punya karakter. And it's not just about character, but a strong character! Pemimpin itu bukan hanya berbicara ttg Presiden, tetapi juga para staf & bawahannya. So if you're not a prestigious leader, you are still a leader! You are, at least, responsible to lead yourself well. Tuhan Yesus jg berkata, bahwa kalau kita ga bisa dipercaya dalam hal2 kecil, kita jg ga mungkin bisa dipercaya dalam hal2 besar!! boro2 mimpin negara.... atau mimpin provinsi.... atau mimpin kabupaten....kecamatan.... kalo mimpin diri sendiri aja masih ga becus. Kalo ga bisa ngatur keuangan, ga bisa ngatur waktu.... dll. Jadi pemimpin itu benar2 ga gampang. Pemimpin=pelayan, bukan orang yg cari kedudukan, status, or kekayaan.... kalo sekadar penerimaan sosial, itu semua bisa didapat tanpa harus menjadi pemimpin!

Nah, sekarang kualitas apalagi yg harus kita ketahui untuk menjadi pemimpin yg baik, sesuai dg standar Kerajaan Allah?

Pemimpin yg baik, adalah pemimpin yg tidak hanya lemah lembut & rendah hati. Bukan hanya orang yg asal nurut melakukan kehendak rakyat. (ya itu semua penting seeeh....jangan langsung ditinggalin juga).

Pemimpin yg baik, adalah pemimpin yg juga tegas & berani bertindak terhadap musuh, terutama terhadap mereka yg menghalang2i pelaksanaan pembangunan ato proyek yg sedang mereka pimpin. Pemimpin yg baik, tidak akan segan-segan untuk "menendang" mereka yg mengganggu pembangunan untuk keluar dari proyek itu, ga peduli sekalipun mereka ada hubungan darah, pertemanan, persahabatan, atau bahkan kekeluargaan sekalipun. Intinya mah ga ada unsur nepotisme.... 

Kalau dibawa dalam konteks kekinian, pemimpin harus berani berkata TIDAK kepada mereka yg jelas2 sudah menyimpang dari program kerja, yg ingin bekerja tetapi untuk kepentingan & keuntungannya sendiri dan bukan untuk kepentingan rakyat. Politik bukan berarti kita harus 'loyal' kepada para pendukung. Politik adalah suatu cara/sistim untuk memerintah dan bertindak demi kepentingan bersama menuju arah yg lebih baik. Nah, agar kita bisa memerintah, kita harus punya KUASA. Dan kekuasaan itu akan semakin kuat en makin punya power kalau mendapat dukungan & legitimasi di mata rakyat & sah secara hukum. Kuasa itulah yg dipakai untuk mengatur & menata hidup bersama, bukan untuk diselewengkan atau disalahgunakan!!

Mari kita lihat Nehemia 4 dan 6. 

Nehemia sudah punya visi apa yg hendak dia kerjakan. Dia orang yg ga gampang menyerah. Dia juga orang yg dekat & takut akan Tuhan. Tapi ternyata di tengah2 pembangunan tembok Yerusalem pun.... masiiiih ada aja orang2 yg mau menyerang dia. Orang2 yg mau menggagalkan usaha pembangunan tembok. Bahkan Nehemia pun mau dibunuh!! Dalam bagian ini, kita akan membahas sikap Nehemia terhadap mereka yg mau menggagalkan usaha pembangunan tembok :)

"...maka aku tempatkan rakyat menurut kaum keluarganya dg pedang, tombak dan panah di bagian2 yang paling rendah dari tempat itu, di belakang tembok, di tempat2 yg terbuka. .... Sejak hari itu sebagian daripada anak buahku melakukan pekerjaan, dan sebagian yg lain memegang tombak, perisai dan panah dan mengenakan baju zirah, sedang para pemimpin berdiri di belakang segenap kaum Yehuda. .... Setiap orang yg membangun bekerja dengan berikatkan pedang pada pinggangnya, dan di sampingku berdiri peniup sangkakala. .... Demikianlah kami melakukan pekerjaan itu, sedang sebagian dari pada orang2 memegang tombak dari merekahnya fajar sampai terbitnya bintang2 [dari pagi-pagi buta sampai malam bow!!]

Pada waktu itu juga aku berikan perintah kepada rakyat: "Setiap orang dengan anak buahnya harus bermalam di Yerusalem, supaya mereka mengadakan penjagaan bagi kami pada malam hari, dan melakukan pekerjaannya pada siang hari." 

Demikianlah aku sendiri, saudara2ku, anak buahku dan para penjaga yang mengikut aku, kami semua tidak sempat meninggalkan pakaian kami. Setiap orang memegang senjata dengan tangan kanan."

(Neh 4: 13, 16, 18,21-22)

Waaah.... dari ayat2 itu saja, kita bisa meneladani banyaaak sekali sikap Nehemia. Tapi yg satu jelas... Nehemia tahu apa yg harus dilakukan dalam menghadapi musuh yg hendak mengganggu pembangunan tembok. Mereka itu harus diperangi! 

Kemudian, di Nehemia 6, kita membaca bahwa Nehemianya sendiri mau dibunuh biar pembangunan itu gagal sekalian. Nehemia berusaha ditipu untuk digiring ke tempat musuh untuk dibunuh, tapi Nehemia sendiri tidak bergeming. Ia tetap kokoh, dan berkata:

"Aku tengah melakukan suatu pekerjaan yang besar. Aku tidak bisa datang! Untuk apa pekerjaan ini terhenti oleh sebab aku meninggalkannya dan pergi kepada kamu!" Sampai empat kali mereka mengirim pesan semacam itu kepadaku dan setiap kali aku berikan jawaban yang sama kepada mereka.
(Nehemia 6:3-4).
Usaha itu ga berhenti sampai disitu. Nehemia masih difitnah yg macem2 (ayat 5-9). Tetapi sikap Nehemia membuktikan bahwa dia benar2 mempunyai karakter & kualitas seorang pemimpin, yaitu bahwa dia: 
1. tidak lari dari tanggung jawabnya
2. tahu bagaimana bersikap tegas & menindak musuh2nya
3. tidak kompromi

Jaman sekarang, susah memang mencari pemimpin seperti itu. Kompromi politik, koalisi, bagi-bagi jatah kursi, itu sering sekali ditemukan, terutama di bangsa kita. Benar2 susah memang kalau mau bertindak benar, pasti ada aja yg gak suka. Mau menyingkirkan mereka juga susah, karena takut dibunuh. Takut dikucilkan. Takut tidak dipilih lagi dalam periode berikutnya. jadi lebih baik kompromi saja.... diberi iming2 dsb. Hal ini tidak spesifik membicarakan satu orang, tetapi juga siapa pun yg menjadi pemimpin. Entah itu ketua OSIS atau manajer perusahaan. Hmmph, kalau karakter pemimpinnya saja seperti itu, bagaimana dg anak buah yg dipimpinnya? 

Lowongan kerja di Kerajaan Sorga masih banyak. Ci Lia di blognya menulis, dicari: Wanita2 tua & muda yg bijaksana.... yang lebih tua mau mengajari wanita2 muda untuk taat dan hidup sesuai FirTu. Yang lebih muda dicari yang mau belajar untuk taat & rendah hati. Nah, selain itu, masih juga ada lowongan lain:

DICARI:
Seorang dg kualitas & karakter pemimpin. Seorang yg mau Ku-bentuk, Kuajar, dan Ku-didik untuk memimpin umatKu menjadi umat yang takut akan Aku dan mengerti siapa Allahnya. Terbuka untuk segala bidang: art & media, bisnis, church planting, kebudayaan, pendidikan, pemerintahan, seni, olahraga, musik, pemulihan keluarga dan generasi muda, dan bidang-bidang lain.

KRITERIA:
1. Tidak harus kaya, atau terkenal, atau pintar, atau punya banyak kenalan or koneksi. Ia hanya harus punya hati yang lemah lembut dan mau belajar.

2. Bersedia untuk taat dan percaya kepada-Ku dalam setiap langkah yang Ku-pimpin. 

FASILITAS:
Aku tidak menjanjikan jalan yang serba mudah & mulus, tetapi Aku akan menyertainya dalam setiap kesesakan dan kesulitan. Aku akan mengangkat dia menjadi terang dan garam bagi sesamanya, menjadi orang yang membawa dampak bagi sesamanya dimana namaKu bisa dimuliakan sehingga orang2 bisa melihat & mengetahui bahwa Akulah ALLAH yang membuat segala jalannya berhasil. 

Aku menjanjikan suatu pengalaman hidup yang tidak akan terlupakan, suatu masa dimana ia akan menyaksikan sendiri penyertaan dan perlindunganKU, serta perbuatanKu yang hebat dan ajaib.

0 komentar:

Posting Komentar

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^