About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Selasa, 12 April 2011

Tuhan berkata: "MASIH ADA" :)

Sebagai mahasiswi Hubungan Internasional (HI), membaca & mengikuti berita adalah "makanan" gw sehari-hari. Entah itu berita domestik ato internasional, entah itu dari koran ato tv, entah itu media Indonesia ato negara lain, gw pasti lalap habis hehe. Menjadi mahasiswi HI memang banyaaak sekali belajar
ilmu-ilmu politik, hukum, dan ekonomi serta sosial budaya ttg fenomena internasional. Tapi, gw juga gak melupakan tentang isu2 domestik ato dalam negeri Indonesia sendiri. Itu juga gak kalah pentingnya, mengingat gw juga seorang WNI n punya rasa cinta akan negeri ini.

Tapi.... membaca berita akhir2 ini membuat hati gw miris, sedih, n teriris-iris. N gw yakin, bukan hanya gw saja, tapi jutaan rakyat Indonesia pun merasakan hal yang sama, termasuk kalian2 yg pada mampir n baca blog gw ini hehe :p Rasanya kita semua sudah kebal, mati rasa, n apatis dg kondisi bangsa ini. Apa sih yang membuat gw sedih?


Karena berita ini....hampir selalu, malah tiap hari rasanya, selalu memberitakan hal2 yg jelek-jelek tentang kondisi bangsa & negara kita. Apa yg diberitakan memang ga sepenuhnya salah guys. Itu semua boleh dikatakan benar. Sejuta masalah sedang dihadapi negeri ini, n semuuuua itu serasa ga ada ujung pangkalnya. Masalah mengenai kelakuan mental wakil rakyat kita yang bobrok, seperti kengototan DPR buat bangun gedung baru, kelakuan anggota dewan yang nonton video porno saat sidang, membuat hati rakyat ini terasa makin pedih & perih. Ibaratnya tuh kaya daging dg luka menganga, terus lukanya ditaburi cuka n garam. duuuh!! T____T

keprihatinan kita akan kelakuan anggota dewan ga usah dibahas disini, karena itu semua sudah diulas secara panjang lebaaarrr sekale di berbagai media massa dg sangat kritis dan tajam. 

Kalo mengingat & mengetahui itu semua, gw jadi bertanya-tanya di dalam Tuhan. Gw menangis di dalam hati.....gw bertanya, mengeluh, n bilang gini ke Tuhan, "Loooorrrrd. Saya sedih....bangsa ini kelakuannya udah kaya gini. Ya Tuhan, masih adakah orang yang peduli sama Indonesia? Masih adakah orang yang cinta sama Indonesia?" keluhan gw yang terkadang tak terucapkan itu seringkali dibuntuti dg bayangan akan bangsa & negeri ini, akan berbagai masalahnya n juga generasi muda yg sudah rusak dikoyak-koyak oleh iblis!!! Ini juga masalah yg ga kalah pentingnya guys....Iblis akan memakai segala, semuuua cara untuk merusak generasi muda penerus bangsa. Entah itu lewat media, kelakuan para wakil rakyatnya, gaya hidup hedonisme n konsumerisme, uang, penyembahan berhala, konflik SARA, ya pokoke macem2 lah. 

Tapi sudah bbrp lama waktu yang lalu, Tuhan menjawab kesesakan n teriakan hati gw. Dia ingatkan gw akan sebuah ayat ,dari 1 Raja-raja 19:18,
"Tetapi Aku akan meninggalkan tujuh ribu orang Israel, yakni semua orang YANG TIDAK SUJUD MENYEMBAH BAAL dan yang mulutnya tidak mencium dia."

Wow, oooh wow T___T *feels like crying everytime i remember it.....* Kalian tentu tahu ayat itu kan? Ayat itu, adalah jawaban yang diberikan Tuhan atas jeritan & kesesakan hati Elia, saat ia lagi bingung2nya, lagi frustrasi2nya, n lagi marah2nya serta sedih2nya akan bangsa Israel yang saat itu hidupnya udah ga karu2an lagi. Ingat guys.....saat itu Israel diperintah oleh Raja Ahab & istrinya, Izebel, yg menyembah Baal. Kelakuan mereka benar2 memedihkan hati Tuhan. Jelas saja Nabi Elia merasa ga berdaya n putus asa menghadapi bangsa itu. Bangsa Israel saat itu banyak melakukan penyembahan & pemujaan berhala, bahkan mereka masih melakukan pelacuran bakti & mempersembahkan anak2 mereka sbg korban sesembahan buat dewa-dewa yg mereka sembah. Padahal, dewa2 itu terbuat dari kayu, batu, atau hanya leburan emas & tembaga manusia!! Dewa-dewa itu hanyalah allah ato ilah-ilah belaka yang mati, yang punya mata, tapi tidak bisa melihat; yang punya telinga, tapi tidak mendengar; yang punya mulut, tapi tidak berbicara. Dewa-dewa itu adalah patung yg harus selalu dibawa-bawa manusia untuk diselamatkan tiap kali ada bencana alam or peperangan. Padahal, Allah kita sendiri ga butuh diselamatkan, karena Ia sendiri yang menyelamatkan kita!! allah macam apakah yang butuh diselamatkan oleh sesembahannya? pantaskah ia disebut allah? 

Tetapi Allah kita TIDAK demikian, teman2. Allah kita adalah Allah yang hidup, dg kasih yang begitu besar.

Gw merasa, kondisi bangsa kita pun demikian. Ga beda jauh dg kondisi bangsa Israel saat itu. Orang2 seakan lupa akan Tuhan.....mereka punya tuhan-tuhan lain: uang, hape, blackberry, pacar, baju2 modis, model rambut terbaru, game, dll. Jangan salah paham, itu semua tidak salah. Itu semua baik2 saja, tapi sudah jadi salah kalo disalahgunakan & diperlakukan sebagai nomer satu dalam hidupmu. Pemerintah kita juga rasanya tidak lagi memberikan contoh n teladan yang baik bagi rakyat.....bahkan mereka bersikap "membenarkan"nya dg memihak yang salah. mereka lebih sibuk untuk cari uang n popuralitas diri. Sekarang ini, yang salah kelihatan benar, n yang benar jadi salah. dunia benar2 udah kebalik.

Orang-orang yg benar pun ga heran merasa terhimpit & terjepit. Orang2 pinter banyak yg keluar negeri, ada banyak brain drain karena mereka ga dihargai lagi di negeri sendiri. Those are the things that make me cried out loud to God, "Gooooodddd....what can i do?! How can this happen to my country?? You said that You love this country....You love its nation, You love its people. But now everything seems so uncertain for me!!" 

And that was the time when God answered me by reminding me with the verse from 1 Kings 19:18......

Waktu terus berlalu, n gw juga terus mengikuti berita ttg negara ini. Di tengah2 melihat n membaca berita itulah.....gw menemukan sesuatu. Gw menemukan sesuatu, yg mungkin terasa keciiiil sekali n dilewatkan begitu saja oleh orang banyak, n terasa udah ga berarti lagi. Gw menemukan bahwa memang masih ada orang2 yg mencintai bangsa & negeri ini. Orang2 yg hatinya terpanggil untuk stay & menetap di Indonesia, to serve its people and bring them closer to God at the same time. People who are willing to serve & dedicate their lives in so so so many fields: health, education, cultures, politics, economics, children, and even to the young generations (hey, the youth are the messenger of every changes!! ^^)

1. Gw melihat.....ada MASIH ADA politikus n wakil rakyat yang benar2 TAKUT AKAN TUHAN  n mau melayani rakyat Indonesia dg hati yang tertuju pada Tuhan. Masih ada politikus yang masih mau menyuarakan kebenaran, sekalipun posisi, jabatan, bahkan nyawa mereka terancam. Masih ada dari mereka yang berani untuk mengkritik pemerintah & mengatakan ada sesuatu yang salah dalam kebijakan yang diambil.

2. Gw melihat......ada BANYAK orang2 terpanggil untuk melayani menjadi guru di daerah terpencil, di suku-suku pedalaman. To teach their students & children to become fear-of-God kids from the very beginning of their life's journey.

3. Gw menemukan.....bahwa MASIH ADA orang yang tergerak hatinya untuk menjadi tenaga kesehatan juga di daerah2 terpencil, seperti misalnya suster apung dari acara Kick Andy. Blessed are the doctors!!

4. Gw melihat.....masih BANYAK orang2 di negara ini dg ide2 dan karya2nya yang inovatif to create or find something new, something valuable & contributable & applicable to the society. Tau darimana? dari Kick Andy hehehe :3 you can be skeptical on this point, tapi saat gw melihat acara2 Kick Andy tersebut i can feel as if God wants to show me, that somewhere out there, indeed there are people through which God want to use them to bless this country :)

5. Gw melihat......masih BANYAK juga orang2 yg peduli akan nasib generasi muda ini. Generasi muda yg di masa2 mendatang akan memerintah n mengurus negeri ini, menjadi teladan n juga saksi Kristus di tengah2 arus dunia yg aduuh udah makin ga jelas gini :C mereka berani melawan arus, ya di atas ya dan tidak di atas tidak.

Gw melihat & belajar bahwa Tuhan sungguh peduli akan bangsa Indonesia, bangsa yang tidak bisa membedakan tangan kanan & tangan kirinya sendiri seperti yang dikatakan Ci Grace Suryani di salah satu emailnya untuk gw. Untuk sesaat, gw lagi-lagi merasa sinis dg jawaban itu. Oh God, do You really care? do You really understand? do You really listen? do You, God? do You? gw tahu, Jawaban dari kesinisan gw di atas tentu saja IYA. TUHAN MENDENGAR, & IA PEDULI. Tapi ada sekali masa2 dimana gw meragukan Dia. 

Hari ini, gw kembali merasakan jawaban Tuhan bahwa Ia memang sedang berbuat sesuatu untuk Indonesia. Guys, kita tidak bisa yakin untuk apa setiap yg kita hadapi. Kita boleh tidak punya jawaban untuk setiap masalah dalam hidup. Tapi satu hal kita boleh yakin: yaitu untuk PERCAYA dalam tanganNya. Perkataan Amy Carmichael sangat sangat menguatkan & menghibur hati gw: 
"If you want God's life and power to well up from the depths of your being, then you must REFUSE to be dominated by THE SEEN & THE FELT."

kita hidup berdasarkan iman....bukan berdasarkan apa yang kita lihat or rasakan. Jangan fokus pada apa yang kelihatan, sekalipun Tuhan seperti tidak berbuat apa2, sebenarnya Dia sedang berbuat sesuatu. He is always create something beautiful! 

Dan kemarin.....here is the good news :) :) :) Akan terbit sebuah majalah online yang dibuat bersama oleh Ci Shinta, Ci Grace, Ci Lia, Ci Fani, n juga gw. gatau terbit kapan, tapi kayanya sih dalam waktu dekat.... Isi majalah itu berawal dari majalah online-nya Leslie Ludy ttg Set Apart Girls, yaitu tentang gadis2 yg dipisahkan (set apart) untuk hidup cemar dari dunia ini n untuk fokus pada mengejar kekudusan seperti yang Allah mau :) secara yah kita kan udah pada tahu gimana kehidupan cewe2 jaman sekarang.... 

Tapi majalah online ini akan lebih difokuskan & disesuaikan pada suasana di Indonesia, dg adat istiadatnya, budaya Indo, n keadaan sekarang :) Visi majalah ini mengacu pada Titus 2:3-5 dan juga Amsal 31 tentang how to be a godly women, baik pas single, udah married, sampe udah punya anak hehehe. Menjadi a godly woman tidak berarti kita langsung menjadi martir, santa, atau orang suci. Seperti yang sudah gw bilang berkali-kali....selama kita masih idup n masih menghirup udara....yg namanya manusia itu rentan akan dosa. Tapi selama kita mau untuk terus bangkit n belajar kembali, Allah pasti mampukan. 

Gw seneng banget majalah online ini akan terbit, n sungguh suatu kehormatan buat gw untuk turut berpartisipasi dg menjadi team majalah tersebut :) Satu alasannya, adalah gw melihat bahwa sekarang ini banyak majalah2 dunia yang menawarkan sudut pandang dunia yang salah buat cewek-cewek.... buat temen2 kita yang masih muda. Misalnya yah, tentang tips n trick ngejar cowo....nembak cowo....pakaian seksi....model rambut....dll. Pendeknya, itu semua terlihat bagus di luar tapi kalo dipikir-pikir kok ngajarin kita tentang gaya hidup hedonisme & konsumerisme :'( n ada loh cewe yang ngrasa "hidup gw ga komplit kalo ga punya pacar". Ada yang ga bisa jomblo. Banyak di antaranya yang merupakan korban/atau terpengaruh oleh bombastisme media massa, biak cetak maupun elektronik (Yah sekarang kan kehidupan artis pada kawin cerai gitu sudah biasaaa). Ada juga majalah yang secara tidak langsung menampilkan standar bentuk tubuh yang indah & seksi itu seperti apa. This, i think, can lead to the wrong image and perception of every young girl about their body.

yang namanya anak muda, tentu bakal dg mudah terpengaruh. Mereka juga pangsa pasar yang potensial banget dimana pikirannya bisa dipengaruhi dg mudah. Karena itu, gw senang majalah ini terbit untuk mengajarkan & menyuarakan kebenaran kepada mereka, n juga buat kita semua ^^

Selain itu.....karena Ci Shinta, Ci Grace, n Ci Lia udah pada married, pasti akan banyak ditulis juga ttg how to be a good wife fears of Lord, submit to the husband, dll. n berhubung Ci Lia & ci Grace akan punya baby ^^ pasti soal pengasuhan anak n cara menddik anak akan ditulis juga. but i think that is a very GREAT IDEA, because you know what?? kita2 semua yg masih single bisa belajar dari mereka, sebagai orang yg lebih tua, lebih berpengalaman, n lebih dewasa rohani untuk mengajari kita!! hal ini sesuai banget dg Titus 2:3-5
"Demikian juga perempuan2 yang [lebih] tua, hendaklah mereka hidup sebagai orang2 beribadah.....dan dengan demikian MENDIDIK PEREMPUAN-PEREMPUAN MUDA [alias kita2 yang masih single] mengasihi suami & anak2nya, hidup bijaksana dan suci, rajin mengatur rumah tangganya, baik hati dan taat kepada suaminya, agar Firma Allah JANGAN DIHUJAT ORANG."

Gw rasa ga ada salahnya kita mulai belajar teorinya dari sekarang, karena teori adalah landasan fundamental dari segala sesuatu hahaha..... Ada saat untuk belajar teori, ada saat untuk mempraktikkan teori2 tersebut :)

UNtuk pemilihan judul majalah tersebut, pembaca tentu saja dilibatkan. Naaah itu silakan buka & vote langsung di fb-nya Ci Grace, Tuhan Masih Menulis Cerita Cinta (TMCC) yah ^^ vote ditutup pada hari RABU JAM 12 MALEM waktu Singapore hahaha.....jangan vote di blog gw, blog Ci Shinta, or blog Ci Lia karena nanti akan bingung ngitungnya/bisa ada double suara.

Sejauh ini ada 5 pilihan judul, gw copas aja dari fbnya Ci Grace:

1. Far Above Rubies -> diambil dari Amsal 31 "Who can find a virtuous woman? For her worth is  far above rubies"

2. Above Rubies -> dari Amsal 31 juga 

3. Becoming -> salah satu tujuan dari majalah ini adalah untuk menginspirasi, memotivasi dan MEMBANTU para wanita untuk menjadi wanita di amsal 31 

4. Transforming -> transform your mind, berubahlah mnurut pembaharuan budimu yang terus diterangi oleh Firman Tuhan... mjadi wanita yg cantik ( inner en outer ) itu proses, gak ada yg bs fast or instant, butuh hati yg mau belajar dan diajar dan juga RELA BERUBAH buat ikutin standartnya Tuhan bukan hal2 duniawi.  

5. Pearl -> pasir berubah jd mutiara. Pasir=keturunan abraham. Pearl=the most precious stone made through pains. Jadi wanita dibentuk lewat berbagai tantangan n kesulitan hidup,utk jd sesuatu yg indah.

Ketentuan vote:
1 orang 1 JUDUL! 
1 orang cuman boleh vote 1 KALI! 

walaupun majalah ini memang untuk wanita, tapi pria tentu saja sangat sangat boleh baca, n boleh ikutan vote juga!! ^^ Majalah ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk menggurui atau mengubah kepribadian or karakter seseorang. Majalah ini murni berupa kerinduan kami untuk membagikan apa yang kami alami bersama Tuhan, & to spread the love of Christ :) Tentunya, majalah ini pasti ga luput dari kesalahan n kekurangan, secara editor & team-nya masih manusia gitu loh hahaha......

Nah....mari kita lakukan sesuatu untuk bangsa ini. Untuk negara ini. Untuk generasi ini. Lakukan apa yang kita bisa :D Thank You Lord.....for showing me that indeed You are really care!

psstt....Diem2, gw juga menantikan majalah buat cowok loh hehehe :p

0 komentar:

Posting Komentar

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^