About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Sabtu, 02 April 2011

Singapore oh singapore part 2: The Conference, General Assembly

(WARNING: notes ini adalah bagian terpanjang drpd note2 yg lain, berhubung ini kan the main part gw ikutan NTU hohoho. so, buat kalian mungkin akan agak bosen bacanya mengenai jalannya sidang blablabla.....apa aja yg didebatin, apa itu draft resolution, moderated caucus, etc, especially you guys who are not studying International Relations hehehe :p but don't worry lah, i've uploaded a lot of pictures, 38!!! hahaha. so after read it, you can enjoy the photos, okay?? ;) )


 

So, hari kedua ini berjalan dg cukup rame. pagi2 dimulai dg breakfast, kenalan dg temen2 lain, n informal lobbying. sepanjang hari itu gw banyak ketemu orang India, Chinese, n Malay (yah wong itu orang2 di singapore hohoho....). breakfastnya lumayan enak, lauknya ada bihun goreng dg sayuran, n macem2 pastry (kue kering). pastynya bentuk macem2, tp umumnya semua isi fla kuning n ada beberapa yg ada kismisnya. yummy banget deh....n kita makannya bihun campur pastry itu, so kerasa agak aneh dikit. ibaratnya makan nasi sama kue bolu hahaha....n piring2 di Singapore itu pake piring plastik yg bisa didaur ulang lg. sendok n garpunya jg dari plastik.

kemudian dari pagi sampe sore mulai sidang. sidang ini dibagi dalam 3 sesi: pukul 9-12 AM, terus lunch, sidang lagi jam 13-15, break 15 menit, n sidang III mulai pukul 16.30-18.15 (break itu dipake buat bikin draft resolusi). intermesso dikit, lunch dari NTU ini uenaaak banget, bener2 gw banget deh......menunya tuh pasta berupa penne, n pennenya dimasak dg 2 rasa. yg satu white makaroni pake saus krim jamur (ya gw kira2 aja sih dari bentuknya hehehe) n yg satu lagi red makaroni, dimasak pake taburan lada, paprika, n ada rasa2 bolognaise gitu. rasanya juga sedikit pedas. selain itu ada chicken nugget dg irisan bawang bombay yg besar2 boow!! kaya onion ring gitu deh.....n you guys know how i love bawang2an, especially bawang bombay wakakak :D tapi chicken nugget ini rada beda dg Indo. kalo di Indo, chicken nugget kan ya yg kaya gitu, you know lah hehehe.....kalo di Sg itu bentuknya lebih mirip ayam goreng tepung yg dipotong kecil2. terus ada juga nasi ayam jamur, tapi atasnya nasi ini ditutup kaya ada lasagna gitu. n nasinya itu ga kaya nasi tapi lebih mirip bubur. terus ada salad buah juga. n you know what's THE BEST of all?? sausnya man!!! yah cuma ada saos tomat n mayonaise sih....2 macem.....Thousand Island sama mayonaise putih yg namanya gw lupa. terus, the 2nd BEST was the cheese crumps!!! woahahaha kesempatan lah gw taburin cheese itu banyak2 ke atas makanan gw wkwkwkw :P terus ada lagi bumbu2 lain kaya merica, bubuk cabe, n mungkin daun basil juga. tapi di pennenya sendiri sudah dimasak pake saus lumayan banyak, apalagi yang red penne hohoho....

ya udah deh let's go to the point, malah ngomongin makanan wkwkwk :P sidang tadi lumayan seru di awal2, tapi semakin sore semakin bosen. sidangnya bahas ttg The Situation in Gaza, ya ttg konflik israel-palestina gitulah..... jujur aja sih gw dari semula jg ga terlalu serius buat persiapan sidang. bener2 cuma cari fakta seadanya, ttg negara gw sendiri, Prancis, juga ttg kondisi di palestina n israel. jadi pengetahuan gw jg terbatas n ga bisa ngomong banyak di sidang. yah kira2 performance gw cuma 60% dari yang biasa lah....gw ga bisa berimprovisasi, i didn't propose any unmoderated caucus, and i didn't sponsor for the working paper coalition. gw cuma ikut2an negara lain aja. 3 delegasi paling aktif itu dari Belgium, India, n Suriah (Syria). bener2 berdebat mereka mah.....mulai dari isu, moderated caucus, lobbying, sampe draft resolusi pun dibahas satu2. padahal bbrp dari mereka masih ada yg siswa SMA (delegasi Suriah) n bener2 wow banget. kalopun mereka ga belajar n cuma pake logical link, tapi gw bener2 salut sama kemampuan berbahasa, berbicara, n berargumen mereka. in some point, i even think that their english are better than mine. bahasa inggris mereka lucu banget, bener2 beraksen India kaya film 3 Idiots. tapi bagi gw, jauh lebih mudah dimengerti daripada inggrisnya orang chinese or jepang.

sidang ini seharusnya berlangsung 2 hari, hari ini n besok. tapi council gw (General Assembly) termasuk cepet, dalam 2x sesi aja udah dapet draft resolusi. n memasuki sidang ke-3 dari 2 resolusi yg didebatin tadi sudah tercapai kesepakatan antara main submitter/sponsor countries (China & Suriah) buat gabungin 2 resolusi mereka dg menghilangkan masing2 poin yg ga disetujui. dan dari situ ternyata masih aja ada pihak yg ga setuju dg resolusi gabungan itu (terutama UK, USA, n Switzerland) n they even made another their own resolution. so, di sidang ke-3 sebenarnya udah berlangsung cepet, karena tinggal bahas resolusi aja. but apparently the committee decided to play "game" on us....they created a fake case, and it was been made as extreme and as emergencey as possible by inserting a breaking news in the middle of the debate. dg kata lain, sekarang ada kasus mendadak yg harus dibahas n masalah Israel-Palestina ditinggal begitu aja. every state was expected to make their general statements, asking questions, & proposing another resolutions about the fake case, yg dibuat senyata mungkin. pertamanya gw bingung banget n gatau ini ada apaan, but from my delegate Indonesian friends i've got known that it was actually a drama, a kind of tradition in NTU MUN. Pertamanya gw sampe takut ini ada kasus breaking news beneran, tapi after i've known the truth, i was relax. but i've gotta say that in this event i didn't participate AT ALL!! gw cukup kaget sih dg "kasus palsu" beginian, jadinya ya ga kepikir apa2 buat ngomong, ga bisa improvisasi sama sekali, karena kasusnya diintroduksi secara kilat n sedikit sekali fakta yg dikasih (ya iyalah orang itu kasus dadakan buatan mereka!). beda sama delegasi lain yg pada bisa aktif tanya or ngomong tiap kali ditanya kaya US, UK, Belgium, n India. thx God gw ga ditanya apa2, tapi ya sama aja sih karena gw ga bisa partisipasi sama sekali.....meskipun gw bukan satu2nya delegasi yg ga ngomong apa2.

menurut gw, kasus palsu ini geje banget, gak jelas tujuannya apa (sejauh yg gw tau sih buat nunda jalannya sidang sehingga besok masih ada yg didebatin). tapi yah ga peduli kasus ini geje ato gak, kalo kita serius, ya harusnya kita tetep bisa follow this debate. n i couldn't. n some delegates thought that the fake case was pretty lame also.

di sepanjang sidang, gw liat ada macam2 delegasi: yg aktif buanget (Suriah, India, Belgium, China), yg sedeng ato lumayan aktif (Israel, Pakistan, USA, UK, Singapore, France alias gw, Japan, Russia, n Swiss), n ada jg yg ga aktif ato hampir ga ngomong sama sekali (Germany, Indonesia, Irak, Nigeria, Qatar, Malaysia).

oh ya, gw mau cerita dikit.....gw rada kasian liat delegasi Jerman, yg duduk di sebelah gw. dia cowo chinese-thailand, namanya Sam (kalo gw ga salah inget) n he barely spoke at all. entah dia kurang ngerti flow sidang or isi debat, or karena dia sama sekali ga punya kepentingan untuk disampekan. kalo Nigeria & Qatar sih wajar karena negara mereka cukup jauh dari Israel-Palestina n scr umum bisa dikatakan mereka ga punya kepentingan apa2 di timteng. tapi negara besar kaya Jerman n Prancis, juga UK, USA, China n Rusia diharapkan lebih besar partisipasinya berhubung mereka negara maju n punya peran yg besar dalam mensponsori perdamaian, kerja sama, dll. gw sih ya berusaha aktif gitu, tapi setau gw Jerman cuma ngomong 1 ato 2x pas general statement doank. delegasi Indonesia jg ga ngomong sama sekali (kalopun gw jadi Indonesia, gw jg gatau sih harus ngomong apa.....). jadinya cowo "Jerman" ya bareng terus dg cewe "Indo" ini (yg dari rupanya gw perkirakan orang Singapore, Malaysia, ato Thai). tampangnya Sam ini kaya Tae Yang banget, rambutnya rada jabrik, kepala lonjong, n bibir tebel tapi sexy hohoho :P terus dia pake kacamata bingkai item juga. sebenarnya gw pingin ngajak dia ngobrol2 gitu sih.....tapi yah gwnya aktif sendiri (i tried to be involved actively during the whole session), n Sam jg diem mulu malah chatting pas sidang jadi ya gw diemin gitu. lagian gw jg bingung mau ngajak ngomong apa yah.....ya udah deh gw diemin aja :( tapi beneran gw pingin kenal dia, pingin jadi temennya gitu.

kalo sama orang2 India, gw lumayan bisa membaur. but i have to say that there are some Indians who are enak didekati, & some who don't. yg enak didekati itu dari delegasi Suriah (gw dukung working papernya dia) & Iran. yg kurang "enak" didekati misalnya dari delegasi India sendiri, USA, UK, n chair (ketua sidang)nya. gw bahkan ngobrol2 masalah Kashmir sama Collins (Suriah) n Hishamun (Iran).

untuk etnis Chinese, hmmm....sama juga. ada yg enak diajak ngobrol, ada yg nggak. kalo yg nggak ini bukan berarti mereka jahat or ga ramah, tapi karena memang belum kenal aja, n rata2 kita juga bingung apa yg mau diomongin lebih lanjut (kaya nggantung gitu conversationnya) so we just move on away from each other.

both the chinese & indian are handsome & good looking!!! yah, rata2 semuane sih enak diliat hohoo.... Chinese yg ganteng tuh misale dari delegasi Saudi Arabia n Belgium ^^ yg dari Arab, namanya Isaiah (orang Singapore), n yg dari Belgium namanya Quek Khai Zhi Rusell. cukup susah emang. menurut gw, mereka ganteng. but apparently i don't have any crush on anybody right now, no matter how handsome they are. di tengah2 sidang, dibagiin kaya kertas quesioner. isinya kira2 kaya gini:

1. between scale 0-100, what do you think of the whole session? 0=very interested, 100=bored to death.
   (gw jawabnya 60 lah).

2. between scale 0-100, menurut loe Google berguna ato gak selama sidang?
   (gw jawab apa ya? hmmm lupa.....kalo gak salah sih sekitar 40-50an hohoho).

3. do you have a crush on someone here? please be honest :)
    (gw gatau deh maksud pertanyaan ini apa.....n berhubung gw emang ga lagi ngebet siapa2, gw isi aja NO. beneran, meskipun cowo disini cakep2....hati gw biasa aja, ga ada yg sampe waaah atau gimana. coz basically i've to known a guy first, from his personality & character what is he like, baru gw bisa tahu gw seneng sama dia ato gak).

4. gw lupa pertanyaannya hehehehe :P

terus malamnya, kita ada acara "Social Night". ini cuma kaya party2 biasa gitu deh, clubbing, dugem, drinking, n playing pull/billiard. pokoke ya kita beneran bersosialisasi. but i'm not really fond of that, even tough gw cukup menikmati sih pas pergi ke clubbingnya (ga jauh dari NEC, di gedung sebelahnya persis). di depan mintu masuk, kita ditanyai whether we drink or not. kalo ga minum, dikasih kupon buat minuman non beralkohol, kaya jus apel, jeruk, leci, pir, or minuman soda. nah, kalo lu minum, baru deh bisa pesen macem2 kaya vodka, gin, bir, whisky, dll. 1 orang dapet 3 kupon gratis buat minum. gw sama Nicea, Monich, n Tata sih ga minum (meskipun pada akhirnya Tata minum juga!!). Tere ga ikut, she slept :p gw sih pergi ke klub karena tujuannya mau cari Mr. Aditya Srivat or siapapun yg berwenang di bagian administrasi keuangan, berhubung gw mau ambil kelebihan S$23 pas daftar NTU wahahaha.


Hari kedua konferensi, kurang lebih masih sama. setelah sarapan, kami langsung masuk ke ruang sidang n di t4 gw (General Assembly) langsung bahas draft resolution (DR). ada 2 DR yg dibahas, yg dipropose oleh delegasi Suriah yg gw dukung, n dari China. DR Suriah gw dukung karena isinya lebih ekstrim, lebih keras, n menurut gw itu sesuai dg kepentingan yg gw wakili, Prancis (ya gaktau yah sebenere gimana hohoho *dasar ga niat!*), sedangkan usulan China lebih lunak, tapi menurut gw DR itu lebih ngebahas soal the long term that will happen in Palestine such as building school, hospitals & medical treatment, giving education, etc etc. they even propose to have semacam komite bersama antara Yahudi & Palestina untuk mempromosikan nilai2 kebudayaan, politik, n kerjasama gitu untuk membentuk saling pengertian antarkeduanya, which is menurut gw itu engga mungkin banget bisa terjadi, wong secara sejarah, budaya, agama, kepentingan nasional, n paham politiknya udah bueda bangeeeettts....susah untuk dipertemukan! jadinya ya gw nolak....

sidang hari kedua ini lebih seru daripada yg pertama. rame banget, terutama dari Delegasi India yg banyak ngomong n sering nyerang Israel; Delegasi Swiss yg sangat kritis terhadap setiap poin resolusi; Delegasi Belgium yg berusaha membujuk setiap negara buat menerima DRnya (karena dia berkoalisi dg China sebagai the main-submitter DR tersebut). selain rame, sidang ini jg lebih lucu. Delegasi Libya misalnya, dia usul gimana kalo dibentuk "one state solution" antara Israel-Palestina, yg jelas ditolak n ditentang habis2an sama semua delegasi lain. yaaah gimana mungkin gitu looh..... pas istirahat buat lunch, gw hampirin tuh si Delegasi Libya (lupa namanya) n minta penjelasan kenapa dia bisa punya ide spti itu. pertama2 dia kaya bingung, "How come everybody disagree on my idea?" ya gw jawab, "Because that was not possible! even the 2-state solution doesn't seem to be working at all nor have any good result now....it's much more impossible to reunite them as a single state!" terus dia manggut2, tapi argumennya berikut ini yg bikin gw rada mikir: "Then how about Singapore? it can be a good example like? you see, the country was formed up with 3 main different ethnics: Chinese, Indians, and the Malayan. if Singapore can, then why can't Palestine & Israel unite?" tapi kemudian dia bilang lagi, "but that's not a good example, though...." and i agreed on that. gw bilang ke dia, coba dia sampein argumen itu pas sidang, pasti seru n rame tuh hahaha....apalagi dia jelasin lebih lanjut, bahwa sekarang ini ada perkembangan bahwa rakyat Palestine & Israel terbuka/welcome on those idea (though not yet formally accept it).

kalo Libya propose 1 state solution, India malah propose 3-state solution!! hahahaha.....jadi negara yg dibentuk itu Israel, Palestina, n Gaza (yg misah jadi negara sendiri). how can it possible also? gw lupa argumennya, tapi yg jelas itu seru banget :p

hal lucu lainnya, Delegasi Israel cenderung setuju & mengiyakan aja terhadap resolusi yg di-propose oleh Suriah. salah satu poinnya, adalah mengharuskan Israel untuk menghentikan sebagian blokade yg dilakukannya atas Gaza, demi mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan buat rakyat di Gaza kaya makanan n obat2an. kami sampe bertanya-tanya satu sama lain, "How come Israel be so compliance on us? would it be a miracle if the real Israel is like this on the real General Assembly? the middle east region would have peace then!" tapi yah belakangan, Israel mulai keras kepala lagi deh.....

setelah lunch, di sesi kedua sidang, hal menarik lainnya yg terjadi adalah Suriah & China sepakat buat nggabungin DR mereka jadi satu DR baru melalui lobbying n negosiasi yg cukup alot. poin2 yg ga disetujui diilangin. DR yg baru ini dirasa lebih mencakup lebih banyak hal, mulai dari short term sampe long term, n lebih banyak didukung/mendapat signatories dari delegasi2 lain. wlpun begitu ternyata masih aja ada delegasi yg ga mau tanda tangan n mereka keukeuh bikin DR tandingan, seperti Swiss, AS, n Singapore. tapi ujung2nya ga jadi sih, n kita jadinya cuma bahas DR gabungan dari Suriah n China ini. bahkan setelah dibahas pun, masih banyak perdebatan alot di masing2 poin. ada yg ga setuju dg kata2 inilah, itulah, ada yg harus ditambahin-lah, dihilangin-lah, diubah-lah, dihapus-lah, dll. wow bener2 perdebatan yg alot! tapi gw enjoy banget hehehe..... n finally, setelah kurang lebih 2-3 jam berdebat ngebahas setiap poinnya satu persatu, jadilah DR itu....dari yg mulanya 13 poin berkurang drastis jadi 5 poin aja, dg berbagai perubahan disana-sini! n ketika pengambilan suara/voting, perbedaan antara yg mendukung n menentang itu tipis banget, walaupun menang yg mendukung sih (termasuk gw!) hehehe.....:D

dan akhirnya, selesailah sidang.....sayangnya di sidang itu banyak tokoh kunci yg ga hadir, sperti misalnya delegasi Mesir (perannya kan pasti penting banget tuh sbg mediator antara Israel-Palestina, apalagi dg perjanjian Camp Davidnya). bahkan delegasi Palestina sendiri ga dateng! duh...-.-' kalo dia ada, pasti debatnya bakalan tambah seru tuh....masa cuma Israel doang yg dateng? gak seru. bahkan Delegasi Inggris/UK pun ga nongol di sidang hari kedua. andaikan ke-3 delegasi tersebut dateng, betapa riuhnya sidang itu! hwahahaha.

setelah itu mulailah ngobrol2 ringan....ga ada lagi saling tegang2an, ngotot2an, lobbying, negotiating, dll. yg ada malah saling foto2 n sesi informal seperti ditanya2:
  • delegasi mana yg bajunya paling bagus? (yg menang Belgium buat cowo, n Lesotho buat cewek)
  • delegasi mana yg paling lucu/entertain? India!! hohoho ^o^
  • delegasi mana yg paling kritis? Swiss.
  • siapa the bestspeaker? Swiss also!
  • who got the bestpaper? Syria! nah, pas denger Suriah disebut ya gw gapapa donk, eeeeh tiba2 chair-nya (pemimpin sidang) ngomong gini, "We kind of compared the paper between France & Syria....France was really good, but unfortunately it's Syria which is the better. so we decide to give the bestpaper to delegate of Syria." aaaahhhh!!! gw hampir menang....hix hix hix T___T kalo gitu ngapain disebut seh.... tapi ya however, i thank God for being the 2nd best. gw akuin persiapan gw juga ga matang2 amat, coba aja kalo gw put a little more effort on this, pasti jadi bestpaper deh! hohoho :P

habis itu, kita ada closing ceremony. disana isinya pemutaran video n gambar2 selama sidang, n pengumuman siapa aja yg jadi best delegate di setiap sidang (General Assembly/GA, Security Council/SC, Historic Security Council/HSC, European Union/EU, G-20, and Ecoffin). n gak ada orang2 dari Indonesia, entah dari UI, Unpar, Unpad, UGM yg menang hohoho....semuanya dari Singapore/Malay, n umumnya they are Chinese & Indians. bener2 hebat uy usaha mereka! walaupun ini cuma sidang main2an, tapi suasananya kerasa serius banget, seolah beneran sidang di PBB aslinya. n they really put a hard effort on that!

habis itu, kita foto2 bareng....bahkan sesama orang2 Indo saling foto sndiri2 hahaha (sayang gw ga punya fotonya! T__T). n habis itu, kita balik deh....ada yg langsung pulang, ada yg main2 dulu.

pagi hari, masih fresh setelah bangun bobok hahaha....n kita foto2 dulu deh :p that's my friends: Keoni, Bagus, & Tere.
 
that's the room when we had the breakfast!
 
ketemu delegasi dari Indonesia lainnya hohoho....ada yg dari Unpad, UI, UGM....seperti biasa, foto2 lagi wkwkwkwk.
 
itu langit2 lobbynya gw foto. edaaan bener2 gak ada gawean.... btw itu cuma sampe lantai 4 aja guys. yg lantai 5,6,7 ga keliatan, di bagian/sisi lain.
 
breakfast breakfast breakfast.....dah laper banget neh, jadi sorry aja gw ga sempet foto2 makanannya apa aja hohoho :D
 
itu ruang sidangnya. setiap deret udah diberi placard untuk tiap negara2 berdasarkan alfabet, duduknya dimana aja gitu.
 
some people had entered the room....
 
that's our chair (pemimpin/ketua sidang). 1 chinese & 2 indians. for those who haven't known yet, Singapore itu terdiri dari 3 etnis besar: Chinese, Indians, & Malays. btw, India disono byk yg cakep2 loh hahahaha..... tanpa bermaksud rasis, karena umumnya mereka masih hidup berdasarkan kasta, biasanya yg berhidung mancung, kulit terang, n bersih itu dari kasta "atas"...sedangkan yg lain, yah you know lah hehehe.
 
lobbying dimulai!!! hahahaha. langsung heboh gitu suasananya.... mereka bener2 serius ngikutin sidang, gw malah asik jepret sana jepret sini....
 
lobbying negara2 berkembang hohoho.... dari kiri ke kanan: Tere (delegasi Nigeria), Vina (Singapore), Day (delegasi Malaysia), Isaiah (Arab Saudi), n Victor Tan (China). Vina & Day itu dari INdo jg, mereka dari UI. Isaiah org Singapore & masih high school lohh....sedangkan Victor, dari Malaysia :)
 
entah ini pas pembacaan general statement ato pas sesi List of Speaker (LoS), dimana tiap2 negara mengeluarkan pendapatnya soal isu yg sedang dibahas hohoho.
 
itu delegasi India, yg super duper kritis banget. sebelahnya delegasi Indonesia, tapi gw gatau nama2 mereka....ga sempet kenalan :P cewe yg mewakili INdonesia entah orang Thailand, ato Korea atau Singapore atau Malaysia (gw cuma nebak2 doank hahaha). she barely spoke at all during the session!!
 
lobbying mulai memanas....
 
masing2 pihak berusaha keras meyakinkan pihak lain bahwa "draft resolusi gw adalah yg terbaik, so you've gotta vote for me!!"
 
itu delegasi Suriah (his name is Collin, dari India tapi sekolah di Singapore). sebelahnya delegasi Iran, namanya Hishamun, dari India juga. gw lumayan deket sama Collin, habis dia asyik banget diajak ngobrol. inggrisnya enak pula didenger!!
 
sorry ya guys agak blur hehehe.... dari kiri ke kanan: delegasi Kazakhstan, Pakistan, Arab Saudi, Israel (yg baju putih), n India.
 
mejeng mejeng mejeng!!! bener2 ni orang pada sadar kamera hohoho....
 
me & delegate of Japan ^^ namanya gw lupa juga....T___T dia orang Malaysia.
 
Tere, Collin, n Irfan (Delegasi Rusia, dari Indonesia juga---UI).
 
weleh ada yg ngantuk hohoho....ini pas istirahat. maklum, cape banget sidang dari pagi sampe sore, n isinya debat melulu, lobbying, negotiating, persuading....
 
garuk2 kepala mikirin sidang hohoho....
 
lobbying lagi....lagi...lagi....
 
cewe yg lagi duduk itu Delegasi Swiss, panggilannya Bibi (ditulis "BB"). bener loh itu panggilannya!! dia asli Sudan, n lagi study di Malaysia. inggrisnya bagus banget, n i like talking to her!!
 
Tere berpose. sok imut deh....>.<
 
naaaaah ini neh delegasi Jerman (namanya Sam, orang Thailand, duduk di sebelah gw) lagi pacaran sama si delegasi Indonesia.
 
delegate of Indonesia.... selama sidang mereka berdua sibuk chatting/fban di laptop mereka hohoho. geli gw liatnya. selama sidang kan semua bawa laptop, n believe me guys, internetnya super duper cepet. no loading!! hahaha. itu inet is supposed to be searching the materials & supporting facts, tapi jg dimanfaatin buat fban hohoho :P
 
mejeng lagi....Haza (dari UGM ,delegasi Italia) with Irfan :)
 
yg baris atas: Tere & Nasuha (mbahnya dari Jawa, so dia bisa bahasa Melayu dikit2).
baris bawah: delegasi South Korea (gw lupa namanya....maaf hix hix T__T), Haza, n Irfan.
 
pas baris mau makan.... edan laper banget!
 
ngantrinya puanjang man. coz t4 lunchnya itu kan buat bareng2 semua council.
 
remember i've told you that the food was so so delicious?? it was!!! look at them hahahaha.
 
tuh tuh liat....pastanya...sausnya....ngiler gak loe? hahahaha.
 
kalo ga ada kerjaan yah gini ini nih.
 
berpose.
 
bahkan di dalam lift pun berpose hwahahahaha.....
 
this is the photo at the end of the session. everybody took a picture together ^^ dua cowo yg duduk di depan itu delegasi Belgium & Australia (dua2nya sama2 kritis bow....) terus di antara mereka adalah our chair. isn't he cute? ;)
 
foto lagi hahaha....kali ini 2 yg terdepan itu the other 2 chairs, the right one is Agrim.
 
naaah ini foto social nigt'nya....tapi di sesi ini ga wajib ikut, isinya cuma minum, main bilyard, main kartu, dancing, etc. ada DJnya loh hahaha..... karena gw ga lama2 disitu, i didn't take a lot picture. mending istirahat di kamar coz udah cape. besoknya, ada yg sampe ga ikut sidang gara2 bangun kesiangan....
 
i heart this picture soooo much....calon2 diplomat uy hahahaha.... amin amiiin ^^

nama-nama disensor yaaaah :)

0 komentar:

Posting Komentar

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^