About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Sabtu, 02 April 2011

JAPAAAAAN ^^ part 7: my Germany team, friends, & other knick knacks

(sebenarnya notes ini editan dari messageku sebelumnya, yg sudah pernahkukirimkan ke bbrp teman dekat n my family. but i think it's worth to be postedonce again, and for you to read it!! ^^ foto2 yg gw post disini kebanyakantemen2 jepang gw, karena gw ya paling deket dg mereka. sebenarnya kepikiran sihbuat foto semua temen gw satu persatu secara close up gitu, tapi kamera gw gacukup memorinya n lagian there's no time to dot that hahaa....)

so, kali ini aku akan cerita khusus ttg teman2 segrupku & kuliah selamadi jepang. mau baca? mau tau? mau? mau? mau? mauuuu??? hehehehe. udah ah gakusah banyak cingcong. yuuk kita baca :)



aku dapet negara Jerman. disini ada 1 orang Equador, 1 org Inggris, 1 orgIndo (aku!! hahaha) n sisanya wong Jepang :P. total ada 8 orang. nah, karenadapet jerman, ya kami harus berpikir seperti orang jerman, bertindak, berbuat,berkata, n bertingkah laku seperti orang jerman. keputusan yg diambil passidang nanti, cara melobi negara lain dll jg harus disesuaikan dg kepentingan negaraJerman, jadi ga bisa ngasal! pokoknya harus bener2 kaya orang Jermanhahaha.there are a lot of things which i learn from here: the funny one, kind& sad ones, the happy one, and also the obnoxious one!yuk kita kenalan amamereka 1 per 1 :)

1. si Equador, Pericles Alejandro Bayas Mora. dipanggilnya Pericles. wah,dia orangnya lucuuuu banget. rupane khas amerika latin, pake kacamata. tapibiasa2 aja kok, ga kaya aktor2 telenovela ala Fernando Altamirano del Castillohahahaha ^o^ but i love the way he talks!! aksennya kental dg logat AMLatin,terus selalu bikin ketawa orang. kalo ngomong, dia selalu bikin cair suasana norang gampang banget ketawa terbahak2. n dia jg pinter loh!! pengetahuannyaluaaass banget. aku banyak belajar dari dia. dia kuliah di Jepang jg, jadi bisasedikit jepang n bantu translatein inggris ke jepang buat teman2 jepang. terusjg bisa ngomong prancis, inggris, n Spanish tentunya ^^ dia kuajari sedikit2bahasa indo hahahaa...n ga kesulitan ngomong itu :P pokoke orange asyik n kocakbanget! dia sering menggodaku dg sebutan "My dear Louisa" ^____^kadang2 manggil aku, "hey hey you Louisa Suharto (selalu kleru dghartono!!), come here!" wakakak.

2. si cewek england, Alexandra IGnaciuk. panggilannya Alex. dia kecil,kurus, pirang, n lumayan cantik. tapi cantiknya itu cantik yg tipe rada2"angkuh" gitu hehehe. selama research, dialah yg paling aktif,kpaling ngerti, & menurutku "a little bossy." waduh, cara diangomong itu loh, mendominasiiii banget. seolah2 she knows everything!! well, sebenareaku ga ada masalah apa2 dg hal ini. menurutku bagus bila ada seseorang ygtampil menjadi pemimpin. tapi, dia kurang ramah dikit gitu....dari pertama,sudah ada atmosfir2 kalo kami ga cocok. gatau yah, mungkin dia menganggapkubodoooh or gatau apa2. ah tapi aku sih masa bodo dg itu. i still do my job, mypart. n karena yg bisa ngomong inggris lancar di kelompok kami cuma kamibertiga (Alex, Pericles, n aku), mau gamau dia jg sedikit"mengandalkanku" hehehe :P makanya logatku jadi sedikit British :) technically,i don't hate her. yah, tapi ga bisa sedeket temen2 yg lain lah. aku ga ambilpusing dg hal itu. menurutku kehadirannya sangat membantu di kelompok kami,karena dia yg tahu & pegang kendali 80% soal informasi ttg Jerman, apaposisinya thd HI, hub Jerman dg negara2 lain (terutama dg sobat kentalnya:AS!), jadi masalah bikin paper itu lumayan beres :)

3. temen2 jepang: Maiko (FA), Aiko, Eri, Kanna, Yugi, & Taichi (2terakhir itu cowok). bhs inggris maiko & aiko cukup lancar, jd mereka bisabantu terjemahin ke jepang di tiap tengah2 diskusi. selama kerja kelompok, ygmembuatku ga nyaman adalah "sikap" Alex thd teman2 Jepang. dianyerocoosss terus pake inggris, n tentu saja teman2 Jepang ini ga ngertibanyak.... yah, aku ga nyalahin Alex jg sih, dia baik kok. n kalo dia gangomong, yg "mimpin" kelompok siapa?? karena dia yg hidup di England,tahu banyak ttg Jerman, jadi ga heran she is the boss hahaha. aku cuma kasiaann terenyuuuh banget liat teman2 Jepang berusaha sangat keras untuk memahamiomongan Alex. orang2 Jepang itu sangat menghargai orang lain guys, merekaselalu MENDENGARKAN tiap kali orla ngomong. begitu jg tiap kali Alex ngomong,mereka selalu dengerin sungguh2. bbrp kali di tengah2 diskusi, Aiko & maikoakan bantu terjemahin. sebenarnya aku yakin mereka akn banyak tanya ke Alex klosaja dia sedikit lebih ramah ke mereka....tapi kayanya mereka takut2 gitu.jangankan mereka, gw aja tiap tanya udah dianggap goblok & bodo."That's a stupid question" gitu deh. tapi aku sih masa bodo, udahbelajar dari pengalaman masa lalu soalnya wkwkwk.

yg bikin aku sangat teramat kagum itu semangat belajar teman2 jepang luarbiasa tinggi. kendala bahasa ga jadi halangan bagi mereka buat belajar. merekabenar2 berusaha keraaasss sekali buat mengerti kuliah itu, jg berusaha buatngomong n komunikasi pake english (ini keliatan dari ekspresi muka mereka ygsungguh2 mencoba!). kalo omong2an sehari2 sih ga masalah, lha tapi pas seminarn workshop, mereka jarang ngomong krn gatau gimana ngungkapinnya. jadi mereka gabisa tanya or ungkapin pendapat....kasian banget hix3. krn itu kebanyakan ygaktif setiap sesi tnya jawab ya temen2 dari negara selain Jepang, termasuk aku hahahaa :P

aku bener2 terharu liat temen2 Jepang berusaha keras. mereka sangat tahusedikiiit sekali ttg Zimbabwe, n tentu saja bahan yg mereka cari di internetitu dlm bahasa jepang. jadi mereka kerja 2x buat terjemahin ke inggris....

thx God untuk kelompok Workshop, aku terpisah dg Alex n bareng samaPericles (lucu ya namanya?? hahaha. dia mengingatkanku sama tokoh si lemur difilm Madagaskar wkwkwk). diskusi selalu seru n hidup kalo ada periclespokoknya!! entah kenapa, tiap kali aku ga ngerti kuliah n tanya sama dia, semuajadi lebih jelas wkwkwk...

pas hari Jumat kemarin, ada seminar ttg kekerasan era rezim Suharto di Indo, nkami ngomongin ttg kekerasan yg menimpa etnis Chinese. Pericles tanya gini,"so so so, you as chinese indonesian were being discreminated bySuharto??? ckckckck....poor you!!" itu omongan yg normal, tapi cara dia mengatakannya,membuatku terbahak2!!

setelah selesai sidang, ada kesempatan dimana kami diajak untukmengungkapkan kesan n pesan masing2. hampir setiap teman2 dari jepang ygngomong mengatakan hal2 ini:
  • bahwa mereka sangat senang bisa ikut sidang
  • bahwa waktu terasa sangat singkat
  • bahwa mereka mendapat banyak pelajaran n hal2 baru selama sidan
  • bahwa mereka sangat berterima kasih kepada kami semua yg ada disini, n yg paling mengharukan....:
  • mereka minta maaf berkali-kali karena bahasa inggris mereka yg jelek

duh, itu semua bikin gw terharuuu banget. apalagi setelah temen setim gw,Taishi ngomong. gw nangis, n nangiiis terus. rasanya udah ga tahan lagi kaloharus denger temen2 jepang yg berdiri, say thank you n sorry about everythingduring this seminar. melihat kerja keras mereka selama sidang itu sudah cukup!banyak dari mereka yg ga berasal dari jurusan HI, n tentu aja mereka agak2kesulitan buat ngerti apa itu topik humanitarian intervention. mereka bisadengan mudah memilih untuk "keluar" dari sidang yg membosankan ini,dimana mereka harus berusaha buat mengerti apa yg disampaikan, n bekerja kerasdalam mencari standing position mereka di tiap2 negara. gw terharu setiap kaliliat mereka membuka kamus elektronik mereka di setiap seminar yg diberikan.betapa semangat orang2 jepang itu ga pernah menyerah!! gw merasa tertempelak,mengingat gw kalo di indo tuh gampang banget nyerah dg keadaan. kalo dikit2 gabisa melakukan sesuatu, gw nyerah. kalo nemu tantangan or kesulitan dikiiitaja, gw nyerah. ya apa2 pingin nyerah deh! tapi nggak begitu dg orang2 jepang.padahal kerja mereka 3x lebih keras drpd kami2 semua yg ada disini.

..... (what a lot of things i learn from here!)

sekarang, mari kita nikmati foto2nya, seperti biasaaaa ^^


this is Germany team!! barisan atas dari kiri ke kanan: Yuki Tajima, Pericles, Taishi.

barisan bawah: gw, Eri, Maiko, Alex, Aiko, Kanna, n Prof Hawk.
 
Eri & Alex
 
Eri, gw, Maiko, Aiko, Alex, n Kanna.
 
gw n Yukiii!
 
cewek cantik dikelilingi cowok2 ganteng hahahaa!! tp sayang gw lupa nama cowok yg pake baju putih itu...! duh maap T_T
 
Urara, Pericles, Alex, gw, n seseorang yg gw lupa namanya hehehe.
 
ini foto pas farewell party. kami foto2 lagi seperti biasa wakakak. pas di farewell party itu, makanannya uenak2 banget. pesta bow!! kapan2 yh gw upload fotonya. pada seneng2 pokoknya. seruuuu ^^
 
Yuki, Pericles, gw, Kanna, n Mr. X (sorry i forgot your name!! T____T)
 
ini salah 1 temen deket gw, namanya Yuri. dia baiiik n ramah banget, dia yg bantuin gw beli adaptor di salah satu swalayan Jepang hehe. tanpa adaptor itu, gw ga akan bisa ngecharge hape n laptop gw karena colokan di jepang kan beda sama indo.
 
2 Korean boys!!! yg berdiri itu namanya Young Il Baek (USA), yg duduk Myoung Su Lee (delegasi Timor Leste). bahasa inggris mereka bagus loh ^^
 
gw n Yuki Ogino. yg namanya Yuki ada 2, satu cwok n satu cewek hehe. ada sedikit perbedaan sih pas ngucapin nama mereka. Yuki yg cowok itu pengucapan "Yuuu" nya lebih panjang hehe. btw, Yuki yg ini pinter bhs inggris lo...
 
gw n Seigo Maruyama (delegasi China). kami udah main bareng2 dari sebelum mulai seminar smpe di akhir acara hahaa. baru2 ini dia mendaki GUnung Fuji loh!! sayang gw ga sempet kesana hix hix....
 
ini orang Bangladesh yg kuliah di HIroshima University. namanya Sohidul Islam. tapi berhubung org jepang ga bisa ngomong huruf L, jadi dia dipanggil Isram hahaha....ini foto pas makan di Kamiyagari island, sehari sesudah seminar. nanti gw akan post tersendiri ttg tour tambahan yg gw ikutin okeeey :)
 
foto bersama di Kamiyagari!! pemandangannya soooo fabulous!

dari kiri ke kanan: gw, Islam, Ruiko, Sara, Mayumi, n Paris.

Sara itu sebenarnya turis USA yg ikutan tur kami, jadi dia bukan peserta seminar. asalnya dari Nevada.

terus Paris itu anaknya salah seorang peserta gw!! hahaa...mama Paris namanya Heather, delegasi Bosnia. Heather kuliah or research gitu di Jepang, gw agak2 lupa....mereka aslinya dari Aussie but skrg tinggal di Nagoya. heather n Paris ini betaaah banget di Jepang, lebih betah drpd di Aussie katanya hehehe.
 
ini makanan pas opening ceremony, tgl 5 Agustus malem. lezaaaat kan??? itu masih makanan pembuka loh!! belum menu utama!!

lihat sushinya yg warna-warni n sooo pretty ^^ sushi Tei di bandung?? kalaaah!!
 
ini semacam salad. saladnya ala Jepang. gw lupa apa aja yg ada di dalamnya tuh...
 
spagetti ^^ yummy.... ini baru 3 makanan loh. habis itu masih ada beef steak n menu2 lain yg gak gw foto. drpd foto, mendingan makan! ya gak? ya gak? hehehe :)

dessertnya ada banana cake!! yummy :P
 
sambutan pembukaan dari rektor Hiroshima University. kalo gak salah sih hehe....
 
suasana orang2 yg perhatiin pidato. habis makan malem, ada perkenalan dari universitas masing2.
 
salah 1 temen gw, namanya Manami. dia persiiiis banget sama salah seorang cici rohani gw di Bandung hahaa. sampe kaget liatnya! hampir aja gw bilang, "Loh Cici X (nama sensor hehe) kok ada disini??" wkwkwkwk. dia jadi asistant fasilitator buat delegasi Malawi.

0 komentar:

Posting Komentar

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^