About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Sabtu, 02 April 2011

JAPAAAAAN ^^ part 4: the 65th memorial ceremony of atomic bomb in Hiroshima

aaaihhh gw lagi demen banget nulis hehehe. apalagi setelah laptop gw balik, gw makin bersemangat karena ukurannya lebih gede n layarnya lebih lebar hahaha. gw tukeran laptop ama cc kelas gw karena software gw masih blm asli... (pas itu pernah kena virus n sama temen gw diinstal tapi bukan sama yg asli).gw takut banget kan klo di jepang itu bakalan dipriksa & dicekal, eeeh nyatanya kagak dipriksa ape2!! tapi ya udah gpp, toh laptop cc kelas gw itu lebih kecil n enteng bgt dibawanya, jd enak di backpack gw.

yuk, kita lanjutkan serial kisah gw di negeri Sakura hihihi....



kali ini gw akan nulis ttg upacara peringatan 65 thn jatuhnya bom atom di hiroshima. di bawah ini, gw sertakan foto2 bagian depan dari Hiroshima Peace Memorial Museum. asli, sepanjang jalan menuju museum itu pemandangannya indaaaah banget. ada jembatan lengkung yg indah, sungai yg jernih, terus halaman depan museum jg begitu terawat, hijau, n asri. halamannya luaaaas banget tapi tetap terjaga kebersihannya, beda sama museum2 di indo. kok kesannya gw selalu menjelek2kan indo yah?? la wong kenyatannya gitu.... yah mungkin ga adil untuk membandingkan jepang dg indonesia hahaha.

pas itu tgl 6 agustus, jepang lagi musim panas. n itu bener2 puanaaasss guys, puanaaasss banget. matahari terik banget n kelembabannya sgt tinggi. kita harus banyak2 minum di jepang, kalo gak akan dehidrasi. gw aja tiap 15-20 menit pasti minum,kalo ga akan lemes. makanya gw boros banget buat beli minum di jepang, di vending machine. di jepang memang ada air2 di keran publik yg free buat diminum sepuasnya, tapi itu ga selalu ada di jalan2 kota jepang (yg sering gw liat sih air ledeng di subway station). n kalo gw minum, itu udah kaya orang yg 7 hari ga pernah liat air seperti orang yg kaya kedampar di padang gurun hahaha.... buat lebih hemat, gw n ko adi selalu beli botol aqua 2liter seharga 180 yen (Rp 18.000) n itu dibawa kemana-mana. terus kalo ada air ledeng, ya diisi ulang tuh botol hehehe. habis kalo gak, boros banget. 1 kaleng seukuran kaleng coca cola di vending machine itu harganya paling murah 100 yen alias (Rp 10.000). n itu buat minum bbrp teguk jg udah habis!!

eeh kok malah jadi ngomongin cuaca hehehe. tapii pas upacara itu matahari benar2 terang benderang, ga ada awan di langit yg sangat biru. keadaannya persis seperti 65 tahun yg lalu. gw jadi mbayangin gimana kalo tiba2 jam 8.15 nanti ada bom yg jatuh di bawah kami n kabuuuummm......hihihihi.

di sepanjang jalan masuk, banyaaak anak2 n orang dewasa yg membagi-bagikan semacam pamflet n karangan bunga. pamflet itu isinya keterangan singkat bagaimana bom dijatuhkan, terutama detik2 menjelang kejatuhannya n peristiwa sesudah itu. kadang2 dibagikan jg buku berisi kesaksian hidup orang yg selamat. buku2 or pamflet itu dibagikan secara gratis, tujuannya agar orang mau mengenang, menghargai, n belajar sesuatu dari tragedi kemanusiaan yg pernah menimpa kota mereka. waaaah karuan aja gw yg cinta buku seneng banget dapet begituan, gw suka baca2 n belajar hal2 yg kaya gitu hehe. apalagi banyak yg udah ditranslate ke inggris :) yg bikin gw seneng, anak2 n orang2 dewasa itu membagikan semuanya dg senyum lebar di muka mereka. wajah mereka keliatan berseri-seri n mereka selalu menebar senyum ceria ke para pengunjung yg dateng ^o^

pas peringatan itu, halaman depan museum udah dipersiapkan sedemikian rupa untuk ratusan ribu orang yg akan hadir. n hari itu memang rame n padaaaattt sekali. ga cuma penuh dg orang jepang, tapi kemana mata kita memandang pasti tampak orang asing yg turut hadir untuk bersama-sama mengenang 65 thn jatuhnya bom di hiroshima. tenda2 raksasa dg atap2 putih udah didirikan. di bagian depan biasanya dipasangi tulisan: mana yg untuk warga lokal, untuk orang asing, untuk murid n mahasiswa, n yg paling berkesan adalah tenda khusus untuk orang2 yg selamat dari ledakan bom (the A-bomb survivor)!! yg duduk disitu tentu saja emak2 n engkong2 yg udah tua....dg wajah sendu & syahdu tapi jg hepi krn merekalah saksi hidup dari peristiwa naas 65 thun yg lalu. sayangnya, kami kebagian t4 duduk yg ga ada atapnya!! walhasil di hari yg terik itu kami makin kepanasan guys....semua kaos gw n temen2 gw jadi basah kuyup oleh keringat. itu masih jam 8 pagi, tp matahari itu tuh udah seterik jam 12 siang. puji Tuhan di depan tadi jg udah dibagiin handuk kecil yg beku. jadi handuk itu udah digulung sedemikian rupa, disimpen di kotak es, n dingiiin banget. beku. tujuannya buat ngelap keringat, buat ngompres kepala n badan kita untuk menjaga suhu tubuh biar ga kepanasan. hebat yah, segala sesuatu itu udah diantisipasi sebelumnya.

selama upacara berlangsung, banyak dari kami yg kipas2, nempelin anduk dingin di muka or kepala, n pake payung hehe. kami dapat t4 duduk di bagian belakang, so ga begitu keliatan proses upacaranya. di tengah2 upacara, ada sekjen Ban Ki Moon yg dateng looh :) tapi sayang he looked sooo small so i could not take a clear picture of him.

setelah upacara selesai, kami jalan2 di sekitar museum. gw pikir orang2 jepang itu akan keliatan murung n berduka mengenang hari naas itu, tapi ternyata banyak dari mereka yg berseri-seri wajahnya. di halaman depan museum, banyak ibu2 n bapak2 yg nyanyi bareng2. gw gatau mereka nyanyi apa krn pake bhs jepang. tapi dari nadanya itu lagu ceria, n bbrp temen gw ikut bergabung n bernyanyi bersama mereka. mereka memang pernah mengalami masa2 yg berat n kelam, tapi mereka memilih untuk tidak berkubang or terjebak di dalamnya. mereka senang krn sekarang banyak perjanjian damai yg telah dibuat, bhkn kota hiroshima sendiri kini menjadi salah 1 kota yg aktif dalam hal2 perdamaian n dlm menggencarkan hak2 asasi manusia, serta banyak konferensi2 internasional yg diadain disana. salah satunya ya program yg gw ikutin ini hehehe.

terus, salah 1 lambang perdamaian yg dipake untuk mengenang peristiwa bom itu adalah burung bangau dari kertas. kenapa burung bangau yg dipake? hal ini bermula dari kisah seorang anak cewek yg namanya Sadako. pas kena bom, dia ga bisa ngapa2in n cuma berbaring di RS aja. kondisi tubuhnya udah paraaah n mengenaskan sekali. kepalanya gundul, dia muntah2 hebat, kena leukimia, n harapan hidupnya tipis. tapi dia memilih untuk ga pesimis, n dia bikin burung2an bangau dari kertas (origami) untuk melupakan sakitnya. ada ratusan --- or maybe ribuan --- burung bangau kertas yg dibuatnya. melihat burung2 yg warna-warni itu, harapan Sadako untuk sembuh menjadi tinggi kembali n dia jd semangat untuk melanjutkan hidupnya. so, di museum ini ada patung seorang anak dg kerangka burung bangau di atasnya, yg melambangkan simbol perdamaian bagi semua umat manusia.

pas itu, temen gw yg dari Australia, Brad, membawa sejumlah besar burung bangau kertas warna-warni yg sudah dipersiapkan sebelumnya dari Aussie. burung2 itu dibuat bareng2 oleh dia n temen2nya, n akan disumbangkan di museum itu (digantungin di bawah patung anak dg burung bangau). baguusss banget!! all of us gathered around & cheered him, & of course we took pictures about it!

nah, di bawah ini banyak foto2 yg gw upload. silakan dinikmati....^^

sperti inilah pemandangan di bagian depan museum.
 
isn't that lovely??!
 
ini pemandangan kota hiroshima dari jembatan.
 
salah satu gedung yg masih utuh setelah dibom. ya gak utuh2 amat sih, cuma kerangkanya doang yg tetep dirawat...keren yaaah ^^
 
ada air mancurnya...:)
 
coooll!! apalagi pas senja. keren banget guys ^^
 
itu situasi orang2 yg pada bergerombol. keliatan gak patung anaknya?
 
ini orang2 yg pada bawa spanduk, bertuliskan peringatan 65th jatuhnya bomb di kota mereka.
 
anak2 kecil yg pada bagiin booklet, pamflet, n bunga sepanjang jalan. they are sooo cute >o<
 
ini nih penuhnya orang pas upacara!! asli puanass banget.
 
haaah panas....banyak muka2 bule yg kepanasan hahaha.
 
ibu2 n bapak2 yg pada nyanyi dg riang gembira.
 
temen gw, Brad, dg serangkaian burung2an bangau dari kertas warna-warni yg akan dikasih ke museum itu.
 
ini ada ibu2 yg nyanyi dg riang gembira hehehe.
 
ini nih gambar patung anaknya yg lebih jelas. mungkin itu patungnya Sadako kali ya hehehe.
 
this is me & my beloved friend!!! tapi arah fotonya kebalik hehehe...aku kenalin yah ^^ di barisan atas dari kiri ke kanan: Eri Wakaizumi (japan), Aiko (japan), Maiko, Kanna Kodan, Alexandra Ignaciuk (England), Taishi Touchi, n Yuki Kajima. n di barisan bawah ada gw (Indonesia) n Pericles Alejandro Bayas Mora (Equador). I MISS THEM ALL SOOOO MUCH!!!
 
ini teman2 gw yg lain!! dari kiri ke kanan: Manami (japan), Cassie Kelly (USA), Kanami, Kenta, Tsumura (gw rada lupa namanya hehehe) n Yuri Ogino, salah satu temen baik gw....^^

0 komentar:

Posting Komentar

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^