About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Sabtu, 02 April 2011

JAPAAAAAN ^^ part 3: Hiroshima Peace Memorial Museum

so, let's get to the substancse of my trip in Japan :)



gw ke Jepang itu untuk mengikuti seminar dg tema humanitarian intervention(HI) alias interveni kemanusiaan. itu kaya mengikuti kuliah biasa, dengerinkulah tamu, ada workshop, diskusi, research, n hari terakhirnya ada simulasisidang PBB dg model UNGA (united nations general assembly ato majelis umumPBB). semuanya itu seruuuu banget. bener2 kuliah yg sangat interaktif, beda dehdg kuliah ala indo hehe. but i'll write about it next time. now, i'll tell youabout the Peace memorial Museum ato Museum Perdamaian yg ada di Hiroshima.

jadi ceritanya, museum ini dibangun untuk mengenang & menghormatiperistiwa jatuhnya bom atom di hiroshima tgl 6 agustus 1945. setiap tahunnya,selalu diadakan upacara di museum itu. kemarin pas gw kesana, museum itu penuh sesak dg jutaan orang yg berdatangan untuk mengenang kembali peristiwa jatuhnya bom atom itu. banyak mahasiswa, murid2 SD-SMP-SMA, n banyak orang bule jg loh....tapi mereka pada tertib2, masuknya jg ga berdesak-desakkan. gw kesana tgl 5 agusutus, n besok tgl 6nya akan diadakan upacara untuk mengenang jatuhnya 65 thun bom atom, yg dihadiri juga oleh sekjen PBB Ban Ki Moon!! :)

yuk kita liat2 isi museum ini plus sedikit kisahnya....

ketika kita mendengar cerita jatuhnya bom atom di hiroshima, apa yg ada di benak kita? ya cuma biasa2 aja kan? gak ada yg begitu berarti or mengena di hati gitu...paling kita cuma bilang dalam hati, "oooh bom atom ya." terus ya udah gitu aja. kita ga punya ide seberapa mengerikannya bom atom itu, karena (mungkin) indonesia belum pernah kejatuhan bom atom hehehe. klopun kita mendengar jumlah korban yg berjatuhan gara2 bom itu, semisal 150.000 orang meninggal blablabla....ya itu hanyalah sekumpulan angka ato data statistik yg ada di otak kita. gak lebih. kita ga akan pernah tahu seberapa besar or banyak angka2 itu sampe kita melihat kenyataannya di lapangan... semua info or "cerita" sejarah itu hanyalah kita hapalkan ketika duduk di bangku sekolah. gw dulu jg begitu. gw anggap bom atom yg jatuh di hiroshima n nagasaki itu ga lebih dari sekadar info or "cerita" sejarah belaka yg harus gw hapalkan untuk menjawab soal2 ujian. sampe akhirnya ketika gw berkunjung ke museum perdamaian inilah gw sadar....

di bagian awal/depan museum itu dipampang dokumen-dokumen yg top secret or sangatrahasia dari pihak sekutu, alasan2 kenapa kota Hiroshima yg dipilihuntuk dijatuhi bom atom (salah satunya karena tidak ada tentara sekutuyg tertawan disitu, makanya hiroshima adalah pilihan "oke" untuk dibom.gila kan??!), hasil dari setiap rapat n perundingan pihak Sekutu, dll.dokumennya banyak banget, n itu masih dalam keadaan utuh n bagus *hebatyah cara ngrawatnya...* gw banyak belajar di museum itu tentang politikluar negerinya AS, apa dasar2 kebijakannya, dll. sebenarnya salah satu alasan Sekutu menjatuhkan bom atom di Jepang adalah untuk MENGHENTIKAN PERANG. ya, perang dihentikan dg BOM. kadang dunia ini terasa begitu ironi, untuk menciptakan perdamaian kadang kita harus mencapainya dg perang. untuk menyelamatkan 20 nyawa, kadang kita harus membunuh 10 nyawa. saat itu ekspansi Jepang yg ke berbagai negara Asia, berikut kekejamannya, membuat Sekutu merasa terjustifikasi untuk menjatuhkan bom atom demi mengakhiri perang (yg dimotori AS n kawan2nya!). perang memang berhenti n Jepang kalah. tapi efek dari bom itu bener2 luar biasa....

guys, bom atom itu bener2 sangat mengerikan!! kita yg hidup di indo tampaknya adem ayem n gatau seberapa besar ngeri dampak dari hal tsb. tapi tidak buat orang2 jepang, buat masyarakat jepang, yg sudah merasakan betapa ngenes, ngeri, n kejinya dampak bom atom itu. saat itu tgl 6 agustus 1945, langit benar2 ceraaah...ceraaah banget. lagi musim panas di jepang, langit bener2 biru, ga ada awan, n matahari bersinar terik. orang2 pada beraktivitas seperti biasa, n pukul 08.00 orang2 udah pada sibuk kerja n sekolah. menjelang pukul 08.15, melintaslah pesawat sekutu di atas langit...n tiba2, pukul 08.15, kabuuuummm.........jatuhlah bom atom itu.
............
wuih, kota hiroshima yg tadinya damai, tenang, n hijau, mendadak jadi kota yg hangus n gersang, merah membara seperti nyala api. gedung2 pada hancur. orang2 mati, mayat ada dimana-mana. jalanan jadi bau amis n anyir darah. tapi derita yg sesungguhnya itu dialami oleh orang2 yg selamat alias masih hidup dari bom tersebut. mereka pada mengalami luka bakar yg super duper zuper puaraaah. hampir sebagian kulit di tubuh mereka terbakar. n di museum itu ada replika orang2an dari lilin yg berjalan kaya zombie, mereka bener2 kaya mayat hidup. patung orang2 dari lilin itu diwarnai merah menyala n orange, dg pakaian n kulit mereka yg meleleh-leleh karena terbakar. wajah mereka kuyu, lesu, ga ada harapan buat hidup, rambut juga acak2an. aduh ngeri banget. gw gak foto replika itu karena terlalu ngeri guys. banyak juga foto2 n cerita mengenaskan yg dipajang di etalase kaca sepanjang museum itu, yg bercerita ttg kisah perjuangan orang2 yg selamat dari bom atom itu. n semua cerita itu sangat menyedihkan! banyak orang yg di tubuhnya ada bekas garis2 or kotak2 dari baju kimono yg mereka pakai. di museum itu dipajang juga bekas2 pepohonan n bambu yg hitam hangus karena terbakar, baju2 bekas pakai seperti seragam sekolah anak2, celana, sepatu, seragam prajurit, dll. ada kartu nama or tanda pengenal bertuliskan nama orang2 seperti Sadako, Yuko, dll. melihat kartu2 tsb setidaknya memberikan penghargaan kepada mereka, n menunjukkan bahwa duluuu sekali mereka pernah hidup di bumi ini n mengalami kejadian yg begitu mengenaskan.

ternyata kengerian yg gw liat belum habis sampe disitu. masih banyak dipajang video n audio-audio beserta gambar yg menjelaskan efek lanjutan dari bom atom itu. terutama efek radiasinya yg paraaah sekali. banyak orang2 yg menderita perlahan-lahan dg kesakitan luar biasa sampe meninggal gara2 terkena radiasi dari bom itu. cerita2 ttg anak2 adalah yg paling mengenaskan. banyak anak2 ketika mereka disisiri oleh ibunya, rambut mereka jatuh bergumpal-gumpal. akibatnya mereka jadi gundul, kepala mereka bener2 polos n licin. terutama untuk anak2 perempuan....wiii menyedihkan sekali! belum lagi, mereka muntah2 dg amat sangat hebatnya, smpe organ2 di dalam tubuh mereka keluar T____T lidah mereka membengkak sedemikian hebatnya kaya lidah sapi, muka mereka muncul bercak2 ungu yg sangat parah n menyakitkan, sekujur lengan & kaki mereka sakiiiit n ga bisa digerakkan. mereka ga punya nafsu makan, kena leukimia, bahkan ga jarang yg mandul gara2 efek radiasi itu. wow, bener2 ngeri. apa yg gw tulis disini ini bener2 ga ada apa2nya sama semua yg gw liat di museum tsb. salah seorang temen Jepang gw, Yuki, neneknya adalah satu korban selamat dari bom itu. hanya sayangnya neneknya ga mau bercerita apa2 ttg peristiwa itu, karena sangat mengenaskan n menyakitkan untuk dikenang....iya lah, gw aja yg liat udah bergidik ngeri, apalagi mereka yg mengalaminya!! mungkin karena para generasi tua pada bnyk yg gamau cerita itulah jadi banyak generasi muda sekarang yg kurang mengerti betapa parah n mengenaskannya bom atom itu.

sepanjang tur museum itu (jalannya puanjaaang guys. karena begitu banyak detail n yg ditampilin disana) hati gw serasa miris n tertusuk-tusuk banget. pelajaran sejarah yg gw dapatkan selama ini tampak begitu NYATA, seolah-olah diputar ulang di depan mata gw sendiri. seperti yg gw bilang tadi, gw ga punya ide sama sekali seberap ngenes efek bom atom ini sampe gw melihatnya dg mata kepala
sendiri ketika berkunjung di museum itu. n gw serasa mau nangis liatnya....saat itu, orang2 yg selamat pada menangis secara memilukan hati buat MINTA AIR. yg bener2 mereka butuhkan saat itu adalah AIR, AIR, & AIR. itu ada lukisannya di museum itu n,....duh, sangat menyedihkan liatnya liat gambaran orang2 yg merangkak-rangkak minta AIR tapi tidak bisa mereka dapatkan. lha siapa yg mau kasih air?? semua jg butuh air!! semua sekolah hancur, n hanya ada 1 RS yg buka. itupun tidak semua korban terselamatkan, n banyak dari mereka yg meninggal selama perjalanan menuju RS dlm kondisi mengenaskan.  itu jg belum efek bom atom yg jatuh di Nagasaki loh.

puji Tuhan, tak lama setelah peristwa bom atom itu, mulai gencarlah diadain pertemuan damai n dibentuk kesepakatan2 or perjanjian2 untuk tidak lagi menggunakan bom atom sebagai senjata karena efeknya yg sebegitu mengenaskan n tidak mendiskriminasi (artinya bom itu ga pilih2 siapa korbannya, mau anak2 kek, ibu2, wanita, tua muda, dll). salah satu perjanjian yg terbentuk adalah NPT (non-proliferation treaty) yg mungkin pernah kalian denger. karena pengalaman buruk pasca perang dunia II lah, smpe skrg Jepang ga punya militer aktif (punya sih, tapi tidak seperti militer yg ada di negara2 lain). di dunia modern ini Jepang adalah salah satu negara yg sangat komit dalam menjaga perdamaian dunia dan aktif dlm menyumbang organisasi2 yg bergerak di bidang kemanusiaan.

soo...akhir kata....demikianlah perjalanan gw di museum perdamaian, Hiroshima. benar2 perjalanan yg tak terlupakan! itulah sebabnya sangat penting bagi suatu bangsa untuk belajar dari sejarah masa lalunya, untuk mencegah hal2 yg buruk terulang lagi. (kapan yah indo bener2 mau belajar dari sejarahnya....)
n akhir kata, museum di Jepang itu terawat dg sangaat baik sekali. pokoknya selalu bersih n terawat, toilet2 juga nyaman dipake. byk audio2 dalam berbagai bahasa, ada bahasa inggris, perancis, jerman, swedia, thailand, filipina, arab, jepang, korea, mandarin, n indo sendiri. semua foto, film, dokumen, n barang2 yg ada disana jg selalu terawat dg baik. walhasil, museum di Jepang itu selalu laris manis n rame dg pengunjung, beda dg di indo hahaha....

silakan dinikmati foto2nya, n have a deep reflection in it....

taman di luar museum. bagus n sejuk sekali kan? besok gw upload lagi foto2nya.
 
ini bagian depan museum. saat itu rame buanget!!
 
kota hiroshima sebelum dibom.
 
jam 08.15 yg diabadikan, tepat jatuhnya bom di atas kota hiroshima.
 
ini dokumen rahasia Sekutu, berisi keputusan untuk menjatuhkan bom di hiroshima.
 
gambar kartun orang2 yg nggendong anaknya cari t4 berlindung setelah dibom. wlpun cuma kartun, tapi terasa begitu nyata!!
 
kota hiroshima sebelum dibom. kalo ga salah itu ada gedung2 sekolah n RS.
 
hiroshima yg hijau n asri sebelum dibom.
 
 
bola merah di atas itu gambaran bom atom yg jatuh di atas hiroshima. sperti matahari merah...
 
 
luka bakar puaraaah di punggung seseorang.
 
 
bekas celana.
 
 
baju2 n seragam sekolah....
 
 
ini pohon2 yg gersang n hangus.
 
 
bambu hangus.
 
 
liat pola kotak2 di tubuh gadis itu?? itu bekas kimononya yg terbakar!!
 
 
audio visual dg berbagai bahasa. audio itu menjelaskan banyak hal...terutama ttg dampak bom. ada bahasa indonesia juga loh...
 
 
ini nih gambaran tulisannya dalam bhs indo.
 

0 komentar:

Posting Komentar

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^