About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Sabtu, 02 April 2011

JAPAAAAAN ^^ part 2: the Capsule Hotel & Hotels where we stayed in

so, kali ini gw mau tulis khusus ttg akomodasi selama gw stay di jepang hehehe.. soal cerita2 jepang yg lain ttg temen2 n simulasi sidang PBB yg gw ikutin, sabar yah. berhubung banyaaak sekali yg ingin gw tulis n bagiin, gw rasa lebih enak kalo nulisnya dipenggal2 n diberi topik khusus sendiri2 kaya gini.


gw n ko adi itu extend 2 hari sebelum seminar n 2 hari sesudah seminar. seminar itu mulai tgl 4 agustus, tapi tgl 1 agustus malem kami udah berangkat ke jepang. kenapa? karena kalo berangkatnya terlalu mepet seperti tgl 3, pasti kami akan bingung banget, gatau arah, n pasti repot buat menuju ke hiroshima dari arita airport (t4 seminarnya itu di hiroshima university). jangankan ke hiroshima, orang dari narita airport ke kota tokyonya aja makan waktu 45 menit naik subway. n baca peta subway di jepang itu cukup susah n ruwet, n bakalan bingung dikit buat yg pertama kali dateng. kalo ga percaya, coba deh googling peta subway di tokyo hehehe. but thanks God that we managed it well, dg tanya2 sama petugas di airport sana (bhs inggris mereka cukup bagus :)

selama extend, kami pilih tinggal di capsule hotel karena itu yg paling murah hehehe (biaya ditanggung sendiri n ga ditanggung sama jepangnya). info buat cari capsule hotel bisa dicari di situs www.thelonelyplanet.com n tinggal pilih2 aja negara n kota yg mau dikunjungi, plus mau datang kapan, tgl berapa, n berapa hari disana. kami pilih capsule hotel yg namanya Asakusa River Side, di kota asakusa.asakusa itu di tokyo, tokyo itu gedeeee banget n banyak kota2/daerah disana (ato disebut district area or apa yah?) kaya Shinjuku, Shibuya, Asakusa, Ikebukuro, Roppongi, n kota Tokyonya sendiri. kalo mau kemana-mana ya kudu naik subway.

asakusa itu kota yg indaaah di tokyo. itu sebenere kaya kota pinggiran sih, so ga terlalu rame. di foto2 ini gw sertakan pemandangan sebagian keciiiil dari kota asakusa yg keliatan dari jendela lantai 9 capsule hotel. di situ keliatan jembatan asakusa warna merah yg gede, n di bawahnya ada sungai yg cukup besar, airnya jg jernih. karena hotel t4 kami tinggal letaknya di dekat situ, ga heran namanya pun Asakusa river side hotel :)

capsule hotel yg kami tempati harganya 3000 yen permalem, alias Rp 300.000,00. yah,lumayanlah. sebelum brkt ke jepang gw tanya2 dulu n dapet info dari Ci Shinta, kalo capsule hotel itu ya hotel yg isinya cuma kasur doank n cuma cukup buat tidur 1 orang. bener2 kaya capsule deh! Perabotan di dalamnya ga banyak, cuma ada tv kecil, terus meja t4 meletakkan barang2 yg dibawahnya itu ada tombol lampu, tombol tv, radio, volume suara, plus alarm. n ada kaca kecil jg disana. pokoknya itu bener2 t4 buat tidur doank yg dibikin khusus buat turis2 yg cari t4 akomodasi yg murah hahaha.... karena selama extend kami cuma tinggal di Asakusa River Side n ga nyoba capsule hotel yg lain, jadi kami ga bisa mastiin kalo semua capsule hotel punya fasilitas yg sama. but anyway, gw sukaaa banget sama capsule hotel itu, karena walopun sempit, t4nya tuh nyaman banget! apalagi setelah habis pulang jalan2 sampe malem di kota tokyo terus bobo disitu, wuiiii enak n puless banget. terus juga gak panas karena AC selalu nyala. terus masing2 capsule itu ga ada pintunya loh, cuma ditutup sama tirai yg bisa ditarik turun ke bawah doank, kaya tatami hehehe.

nah, di capsule hotel kami itu, kamar cewek n cowok dipisah (ada yg dipisah ada yg digabung). jadi lantai 1 itu buat lobi, lantai 2 tuh t4 wifi gratis n penitipan koper. di lt 2 ini ada locker2 besar buat naruh backpack, tapi kudu bayar. kalo gak salah 12 jam itu 300 yen. locker2 itu aman n sllu terkunci. tapi ternyata ada jg ruangan khusus buat naruh koper yg GRATIS, cuma aja ruangan itu ga pernah dikunci so pihak hotel ga menjamin kalo ada kehilangan apa2. walhasil, koper kita ya harus selalu digembok. gw n ko adi sepakat buat naruh koper disitu aja karena gratis, toh kami jg percaya sama keamanan di negara sakura ini (di jepang itu aman banget guys, sampe2 temen gw yg bule bilang, "You can just put your passport here and the next day you come back, it is still there!"). lagian jg harus hemat, asli di jepang itu gampaaang banget buang duit kaya buang daun hehehe. di lt 2 ini kalo malem jg turis2 dari mancanegara pada ngumpul buat kongkow2 n ngobrol2 sambil internetan. n selama extend itulah gw kirim kabar ke papa gw lewat email n facebook disitu hehehe....

terus lt 3-6 itu lantai buat kamar cowo, lantai 7 n 8 buat cewek, terus lantai 9 itu shower room alias kamar mandi bersama!! tapi shower room buat cewek n cowok dipisah kok *ya iya laaah* hehe. disana, ruang mandinya (yg cewek lho yaaa) itu ada 4 shower, tapi ga ada sekat2nya. pas malam pertama, gw mandi sendiri (asyiiik) tapi malam berikutnya ternyata gw harus share bathroom sama cewek2 lain. walhasil gw pernah ngrasain mandi bareng sama cewe2 bule, asian, n latin hahahaha. terus di ruangan itu ada jg bak besaaar yg isinya air puanas....kayanya itu buat jacuzi ato apa gitu...tapi gw ga nyoba berendam or mandi disana karena asli arinya puanas banget!! tapi air panas itu efektif buat ngilangin capek. hari kedua, gw n ko adi jalan2 sampe maleeem banget ke tokyo tower. n mostly we just walked, walked, n walked. asli deh tuh kaki gw sampe mau melepuh, telapak kaki gw udah melempung2 itu loh hehehe. mungkin ada kali ya jalan sampe 10-15 kilo, n gw belum pernah jalan sampe sejauh itu. terus pas mandi malemnya suegeerr banget....gw ambil baskom, isi air panas, n rendem kaki gw disitu. rasa bengkak n pegel kaki gw jadi berkurang :)

di hotel itu jg ada diberi locker yg isinya kimono loh guys...kimono buat cewek cowok sama aja, warnanya ijo kalem n ada garis kuningnya. waaah enak banget tuh. terus di kamar mandi jg disediain sabun n shampoo,jg anduk besar n anduk kecil, so gw ga usah repot2 buka koper buat ambil alat2 mandi wkakaakkaks. kalo gw mau pergi ke luar negeri, terutama yg nginep di hotel itu, papa gw selalu bilang buat ga usah bawa anduk n alat2 mandi karena pasti dikasih n disediain di hotel *biar ga menuh2in koper juga! wkwkwk* mulanya gw ga percaya, tapi ternyata bener!! cuma pas mau ke jepang ini papa gw "menyetujui" buat bawa alat2 mandi karena siapa tau di capsule hotel ga ada anduk n alat2 mandi. eeeeh ternyata ada :) begitu jg di hotel pas gw seminar. walhasil alat2 mandi gw jadi ga kepake hahahaa (kecuali Ponds pembersih muka doank plus sikat gigi).

itu sekilas ttg capsule hotel gw. nah, selama seminar, kami nginep di hotel yg bener2 hotel, kira2 bintang 3 ato 4, n semua dibiayai jepang tuh....bersyukur banget gw ^^ selama 6 hari seminar, kami nginep di 2 hotel yg berbeda. tgl 4 n 5 agustus, kami nginep di Mielparque Hotel, itu harganya kurang lebih 7760 yen per malem. terus buat tgl 6-10 agustus, kami nginep di Green Hotel Morris Hiroshima, dg harga 5460 yen permalem. bisa dikira-kira sendiri kan kalo dikonversi ke rupiah?? hehehe. itu 2 hotel bener2 enaaaak banget...kerennya yah, di setiap hotel itu disediain piama buat dipake hohoho....haduh, tau gitu gw ga usah bawa2 piama 2 setel!! lha wong selalu ada piama bersih yg diganti tiap malem, bahkan di capsule hotel itu disediain kimono tidur kok...tapi gw tetep pake piama gw sih, sambil gw dobelin piama itu. bentuk piamanya itu lebih mirip gaun tidur, lengannya panjang n motifnya garis2 *kaya baju pasien di RS hehehe*. kamar yg kami tempati itu semua single room, jadi 1kamar diisi 1 orang yg bagi gw enaaak banget ^^ privasi selalu ada hihihi... di setiap hotel jg ada layanan wifi gratis di kamar, n ada kabel LANnya.gw selalu kirim kabar buat temen2 n keluarga di rumah lewat facebook lewat internet di kamar itu, yg cuepeeet banget. kalo mau liat video di youtube, ga ada proses loadingnya!! hahahaha... gw sampe sempet bingung, loh kok langsung nonton ya? biasanya kan loading dulu? terus gw nepuk jidat karena baru inget, ini di jepang man!! bukan di indo!! hahaha...makanya pas balik indo gw jadi gampang kesel kalo inet gw sedikit lambat.

ada 1 kejadian lucu di hotel Mielparque, mungkin bbrp dari kalian udah pernah baca. jadi gini, di malem pertama, inet gw itu ga bisa nyala. padahal inet temen2 lain tuh bisa, cuma gw aja yg ga bisa. gw butuh banget pake inet buat kirim kabar biar keluarga gw ga kawatir, karena hape n simcard XL gw ga bisa aktif di jepang (mana pas mau pulang, hape gw ilang lagi!). akhirnya gw turun ke lobi n complain sama Manager hotel (kalo orang2 yg kerja di hotel kebanyakan bisa bahasa inggris, meskipun ya ga perfect2 amat) kalo inet gw ga bisa jalan. terus si manager tuh ikut gw ke kamar buat benerin *ini yg bikin gw saluuuttt banget sama orang2 jepang!! mereka kalo bantu GA PERNAH SETENGAH2. pokoknya sampe keinginan si tamu itu terpenuhi*. laptop gw diotak-atik, tapi tetep ga nyala juga. kabel LAN gw sampe diganti 3x tapi tetep ga mau nyala. si manager keliatan bingung n resaaaah banget, sampe kringetan bow!! gw mbatin, gile nih orang2 jepang...serius amat bantuin customer. kalo di indo kan kesannya mbantu tamu tuh asal2an ya...kalo di jepang enggak. si manager tuh sampe bolak-balik turun lobi ke kamar gw buat benerin inet. gw pikir, berabe jg kalo semaleman si manager nongkrong di kamar gw cuma buat benerin inet. bisa2 ga tidur gw! gw berencana buat boongin aja si manager kalo inet gw dah jalan padahal belum haha... akhirnya pas manager turun, gw coba utak-atik sendiri tuh laptop, eeeh puji Tuhan banget inetnya bisa jalaaan ^^ tak lama kemudian, manager ketok2 pintu kamar gw sambil bawa kotak peralatan perkakas cuma buat benerin inet gw. Hiiiksss....terharu banget gw....gw bilangin ke dia kalo inet udah beres sambil bungkuk berkali-kali n bilang terima kasih.

hahaha...oke, segitu dulu yaaa...that's my 2nd writing. i'll keep writing about my experience in Japan!! there are still many more to write ^^ so terus nantikan n update my story ya hehehe ^^

silakan nikmati foto2nyaa.....

 
tuh bentuknya capsule hotel. sederet kira2 ada 20 capsules atas bawah, jadi 10 di atas n 10 di bawah.
 
 
seperti ini lebih jelasnya ^^
 
 
ini capsule t4 gw tidur hehehe....n itu barang2 gw. cukup sesak sebetulnya. tapi nyaman buat ditiduri! hehe.
 
 
itu meja yg gw jelasin sebelumnya. di atas meja kita bisa taruh barang2 pribadi kita (asal ga gede2 yah). terus di bawah meja ada tombol2 buat ngatur volume tv, nyalain tv, tombol lampu, alarm, dll).
 
 
ini lobi depan Mielparque Hotel :)
 
 
bagian lain dari hotel. bagus kan, beda bgt sama capsule hotel. ya iyalaaah :)
 
 
ini Green hotel Morris di hiroshima.
 
 
ini bagian lobi depannya hehe.
 
 
nih pemandangan kota asakusa diliat dari jendela lantai 9 di capsule hotel gw. bagus kan? :)
 
 
sisi lain dari asakusa....
 
 
and this is another side :)

0 komentar:

Posting Komentar

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^