About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Sabtu, 02 April 2011

JAPAAAAAN ^^ part 10: the Yamato Museum

waaa ga nyangka gw nulis udah sampe part 10 hehee. tapi masih banyak yg pingin ditulis xixixi....kali ini gw akan ngulas ttg perjalanan main2 gw sebelum n sesudah seminar, ke tempat yg berbeda-beda.



kali ini, gw mau perlihatin kunjungan gw ke Yamato museum. setelah seminar itu gw ikut tur tambahan yg diadain pihak INU ke Kure, kota kecil yg ada di distrik Hiroshima. tur ini bukan kegiatan wajib, jadi ada temen2 yg ikut tur n ada pula yg tidak. sayangnya, kebanyakan pada ga ikut!! baik temen2 Jepang gw maupun temen2 bule...semua udah pada ada acara sendiri2. ada yg balik ke Kyoto, ada yg mau jalan2 sendiri ke kota2 lain di Jepang (kaya Osaka, Nagoya, Tokyo), ada yg mau kuliah lagi so ga bisa ikut jalan2, n ada jg yg balik ke negaranya masing2. jadi siswa yg ikut tur ke kure ini kira2 ada 10-15 orang, malahan ada turis bule yg bukan siswa tapi ikut berpartisipasi jg hehehe. namanya Sara, dari Nevada, USA. masih inget gak fotonya??? gw ada tuh jepret dia notes gw sebelumnya, tapi lupa note yg mana ya hehehe. biaya partisipasi kalo ikut tur ini 3000 yen ato sekitar Rp 300.000,00, tapi menurut gw bener2 worth it banget karena tempat2 yg kami kunjungi itu bener2 berkesaaaan!!

Kure itu pemandangannya indaaaah banget!! di KUre, kami mengunjungi 4 lokasi: the Yamato Museum, KUre Shinkin Bank, The Sake BRewery alias t4 pembuatan sake, n Disco Factory. belum lagi makan siang di Kamiyagari Island, indaaaaah banget pemandangannya. aaah kemanapun di jepang gw selalu melihat pemandangan yg indah2, tata kota yg tertib n teratur, sistim transportasi yg nyaman n aman, dll. betaaah kayanya tinggal disana wkwkwk.

nah, kali ini gw mau tunjukkin ttg Yamato Museum dulu.
so, Yamato Museum itu museum t4 penyimpanan kapal2 perang semasa PD II dulu. disini banyak dibuat replika kapal2 perang yg menyerupai aslinya. replika itu gede2 n masih dalam kondisi bagus n terawat baik coy....kalo replikanya aja udah gede banget, gimana yg aslinya yah hehehe. keren pokoknya. gw kagum sama kemampuan orang Jepang dulu. Kure itu salah satu pangkalan AL Jepang pas perang, makanya ada museum perang disini.

nah, ini ada keterangan singkat dari pihak INU tentang Yamato Museum, tapi dalam bahasa inggris hehehe ^^:

"Kure City, Hiroshima Prefecture, where Kure Credit Union has its headquarters, has developed as a town of Imperial Naval Force, and has built a numerous warships including the biggest battleship at the that time, Yamato(Yamato means old name of Japan). Because of those facts, Kure had received a large-scale air raid during the War and a lot of citizens died.

The technology cultivated in war industries became the basis of post-war industries in Kure. Kure has developed as a town of manufacturing in a wide field like shipbuilding, the car, the semiconductor manufacturing equipment, and the log processing, etc.
Kure City has opened in 2005 a maritime museum called "Yamato museum". This museum, as its name suggests, exhibits a 1/10 scale elaborate model of the battleship Yamato at the center of the pavilion.

However, this museum is not made for justifying the war and the warship. Yamato sailed towards end of the war to Okinawa in the Ryukyu Island chain. Okinawa was the largest amphibious invasion of the Pacific campaign and the last major campaign of the Pacific War. Battleship Yamato, the largest warship ever built, accompanied by a cruiser Yahagi and eight destroyers, was dispatched to Okinawa on 6 April 1945, with no protective air cover. Yamato was reported to carry only enough fuel for a one-way trip to Okinawa. Her mission: beach herself at Okinawa and fight until eliminated. Yamato took 12 bombs and seven torpedo hits within two hours before it sank. Of Yamato's crew of 2,747, all but 23 officers and 246 enlisted men were lost. Losses to the Americans were 10 planes and 12 men. This was the last Japanese naval action of the war.

There are letters to the family, photographs, and the memoir who had to sail to one way mission. People will be also surprised to see the size and the damage of the air raid in Kure.

On the other hand, the state-of-the-art technology installed in the warship was diverted to the camera and the communication industry of Japan after the war. The connection with the space industry such as rockets is also exhibited.
There is "Steal Whale pavilion" next to Yamato museum. This building houses a Japanese Maritime Self Defense submarine. The content of the exhibition is "Sea-mine sweeping" that the Maritime Self-Defense Force conducted under the peacekeeping operations in the Middle East."

*******
sehabis ini, gw mau ajak kalian berkunjung ke Sake Brewery n makan siang di Kamiyagari ISland. asli itu pemandangannya indah banget guys!! foto ya cuma foto, ga bisa nandingin aslinya. sooo gw bersyukur banget udah bisa melihat yg asli wkwkwwk ^o^ yg Kure Shinkin Bank n Disco Factory itu gw ga ada fotonya, adapun cuma satu or 2 biji n foto2 tsb sama sekali ga menunjukkan seperti apa t4nya. kenapa? yah karena disana ga boleh ambil foto. kalopun boleh, jujur gw rada ga tertarik coz pas di Kure Shinkin Bank itu kita cuma berkunjung ke sebuah bank kecil, ketemu n ngomong2 ama direktur banknya. gitu doank heheheh. tapi bank itu biarpun kecil, profesional sekali buat warga Kure, bahkan sudah buka cabang di negara2 lain.

sekarang, nikmatin foto2nya yuuuuk :)
ini bentuk luarnya "Steal Whale Pavilion" yg ada di sebelah Yamato Museum. tapi kita ga masuk kesana. gatau jg yah isinya apa... menurut gw bentuk luarnya keren banget, mirip ikan paus beneran hihihi....
 
ini pemandangan selama perjalanan menuju Museum Yamato. bagus loooh....
 
gedung luar Museum Yamato. asli guys, di luar negeri itu museum2 pada terawat dg baik!!! kok di Indo kayanya enggak yah? pada sepi pengunjung gitu...di Jepang, gw rasa hampir tiap hari museum2 yg ada disana itu pasti rame pengunjung. apalagi klo bertepatan dg hari peringatan apa gitu, waaah pasti museum udah penuh sesak!
 
di daerah Yamato Museum itu ada pelabuhan. seperti dijelasin di atas, Kure itu kota pelabuhannya Jepang.
 
ini salah satu contoh replika kapal perangnya.
 
yg cewek itu pemandu tur kami. bahasa inggrisnya bagus sekali!! logatnya ga kaya logat orang Jepang yg ngomong. namanya Mrs. Masako, n Masako means elegant :) sedangkan si bapak di sebelahnya itu pemandu tur museum disono.
 
gw berpose hihihi ^,^ cantik kan?? *narsis mode on*
 
ini foto2 Jenderal or kapten perang jaman dulu yg tewas pas perang.

benda2 yg ada di kapal jaman dulu. gaktau yah itu apa aja....
 
kaya orang beneran kan?? ini patung lilin lho.... ceritanya para pekerja kapal yg lagi masukkin batu bara buat bahan bakar. kapal2 perang yg ada itu benar guedeee guys!
 
ini salah satu atap ato langit2 kapal. gw lupa bagian mananya kapal. kalo ga salah sih masih berhubungan dg lokasi t4 pembakaran.
 
replika kapal perang.
 
replika kapal yg lain lagi hehehe.
 
ini nih peta/kondisi geografinya Kure.
 
benda2 di dalam kapal.
 
benda2 di dalam kapal juga :)
 
ternyata banyak banget jenis kapalnya!!
 
ini suasana orang yg berada di museum. museumnya bersih n lapang loh....
 
ini apa yah? helikopter?? gw ga terlalu merhatiin kata2 pemandu turnya.... asik liat2 sendiri hehehe :P
 
kapal selam Jepang. cewek yg jalan di depannya itu temen gw, namanya Ruiko.
 
kapal perang Jepang lagi hihihi.
 
museum ini ada 3 lantai. ini gw potret dari lantai 2. di sebelah kanan ada jendela kaca yg besar, luas, n bersih, so kita bisa liat pemandangan di luar. saat itu cuacanya sedikit mendung, so ga begitu panas.
 
kapal perang, yg gw jepret dari angle lain.
 
di lantai 2, ada ruangan khusus buat anak2 bermain. ini nih kapal perang jg, tapi bentuknya didesain untuk anak2, dicat warna-warni gitu...
 
ini ruang bermain anak2nya. berhubung ini museum kapal perang, jadi permainannya jg kapal2an gitu hehehe. tapi banyak anak2 pas itu! gw kagum sama tata kelola museumnya.
 
foto macam2 kapal.
 
hmm....pokoknya banyak bentuk n jenis permainan bagi anak2 disana. bagus jg untuk melatih imajinasi mereka!
 
a children playing. i don't know what was he playing???
 
ini kereeen nih!! jadi ceritanya si anak pura2 jadi kapten kapal yg mengendalikan arah laju kapal. hehehe. bagus yaaa ^^
 
there are still more...
 
and many more! kalo gw tinggal n hidup di jepang, gw pasti akan sering2 mengajak anak2 gw untuk pergi main n belajar di museum hehehe. selain menghargai sejarah, peristiwa n benda2 masa lampau, jg bagus untuk mengasah ketrampilan n imajinasi mereka :)
 
pemandangan di luar museum.

n dari dekat kelihatannya seperti ini :)
 
the Kure's port.
 
dari kejauhan ada kapal kargo....seperti kontainer2 berat....

0 komentar:

Posting Komentar

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^