About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Sabtu, 02 April 2011

JAPAAAAAN ^^ part 1: Tokyo, its subway system, & Japan in general

tulisan tentang Jepang ini udah pernah gw publish di note fb bulan agustus-september 2010 yang lalu. Tapi gw copy paste lagi di blog gw, biar melengkapi & juga buat menuh2in doank hehehe....so, segala tulisan yang ada di tulisan ini & tulisan2 berikutnya mengenai Jepang, masih berupa bentuk format tulisan ketika ditulis di tanggal aslinya. yuk baca-baca. ada foto2nya juga loh....^^

hi hi hi guys ^^ tampaknya kalian sudah rindu menanti2kan tulisan & foto2ku mengenai jepang ya? hehehe. okay, berhubung aku cuma 2 minggu disana tapi buanyaaaak bgt yg harus ditulis, i guess i'll write A LOT about it tapi dipenggal2 ya.

so now, for the 1st time i'll write about tokyo & its subway system also Japan in general. basicnya semua hal yg membuat gw sangat impresif soal jepang ketika pertama kali dateng kesana.

jadi gini, ketika gw n Ko Adi (koko kelas gw yg berangkat bareng ke jepang buat mewakilin Unpar) landing di narita airport, kita agak2 bingung gimana menuju ke Asakusa, bagian dari kota Tokyo t4 kami extend. thx God banget krn Ko Adi yg pinter baca peta, kami tahu bahwa buat kesana kami harus naik subway. Setelah baca peta yg ruweet n membingungkan buanget itu (antara lain jalur/line apa yg harus dinaiki, berapa fare/biayanya, turun di stasiun mana, cara beli tiket dll) kami pun naik subway ke Asakusa (transit dulu di oshiage kalo gak salah).

gw sangat terkagum2 dg sistem transportasi di Jepang sono. bener2 terorganisasi n tertata dg sangat rapih guys!! buaguuus banget. subway disana itu buanyak, yh mungkin ribuan kali ya. n semuanya, alias setiap kereta itu, ada ACnya n bersih banget. ada kursi t4 duduknya yg panjang2, jg ada t4 gelantungan buat orang berdiri. subway kadang2 sepi, kadang2 bisa rame banget n penuh sesak. tapi penuh sesaknya itu ga kaya di indo yg orang dijejelin ke dalam angkot or kereta sampe2 kudu naik di atas mobil angkot or kereta...edan mah itu. di jepang kepadatan orang yg bisa naik, alias jumlah maksimal orang yg diperbolehkan untuk naik kereta udah sangat diperhitungkan dg matang & seksama, n warga Jepang itu pada patuh2 n taat2 semua lo....

terus, subway di jepang itu SELALU tepat waktu. kalo di jadwal ditulis bahwa kereta akan datang jam 09:37, ya datangnya pukul 09:37 TEPAT, ga telat 1 menitpun or lebih cepat 1 menit. demikian jg kalo kereta datang pukul 10:41, 11:32, dll. semua selalu TEPAT. gw tau ini karena di setiap platform/stasiun, selalu ada jam gedeee yg dipajang disana. jadi gw bisa liat jam setiap kali kereta datang hehehe. n kereta disana jg cukup banyak n sering berdatangan, sesering kita melihat angkot berseliweran datang n pergi di bandung or jakarta...cuma bedanya, di jepang itu kedatangan subway itu lebih teratur n sudah dijadwal. misale, untuk jurusan ke kota X, kereta akan datang pukul 09:00, 09:07, 09:15, 09:21, 09:36, 09:44, 09:58, dst. n mereka selalu tepat waktu!!

stasiun bawah tanah di jepang jg sngat dilengkapi dg informasi yg sangat lengkap. hampir tiap kita jalan 10 meter selalu ada papan informasi gede yg menunjukkan pintu keluar/exit gate yg terdekat dg tujuan tempat yg kita datangi. jadi misalnya nih, aku pingin ke asakusa. nah, sesudah sampe di stasiun Asakusanya itu, ternayta masih ada banyak pintu keluar, seperti A1, A2, A3, n biasane sih sampe A8. tiap2 exit gate itu ya letaknya di asakusa, cuma menuju tempat yg beda2. misale kalo mau menuju ke t4 capsule hotel t4 aku n ko adi nginep, paling deket keluar lewat pintu A4. begitu jg pas mau kami berangkat ke kedutaan Indonesia yg ada di daerah Gotanda, kami keluar lewat pintu G3 (kalo gak salah hehe). demikian seterusnya. pokoknya di setiap papan informasi itu selalu ditulis lengkap semua infromasinya....n ada english translationnya jg. so, kalo kalian mau ke jepang or pernah liat peta subway di tokyo yg ruwetnya kaya benang jindet, jangan keburu kawatir dulu karena disana, semuanya ditulis lengkap! jadi ga akan buta2 arah amat kok :) n karena kemana-mana kami selalu pake subway n mengandalkan peta, so skrg udah ga begitu susah buatku dlam memahami peta jepang. well, most of all ko adi yg baca peta. aku cuma memperhatikan dia, tapi sambil belajar jg tentunya!!

hal lain yg membuatku kagum tentang jepang adalah mentalitas orang2 di sana. mereka itu rajin2, sangat2 tepat waktu, juga sangat2 hormat ke orangtua, n kalo membantu orang itu ga tanggung2 ato ga setengah2. kaitannya dg subway, kalo kami ada kesulitan or masih bingung, bisa tanya petugas di sana. memang sih bhs inggris orang jepang ga begitu bagus, tapi seperti yg udah gw katakan, mereka itu sangat willing to help. mereka akan berusaha keraaasss buat mengerti bahasa inggris n jg memahami pertanyaan kita, & they will make sure that we understand what they mean about: which direction we should take, which line, on which platform, how much the ticket fare is, etc. yah dibantu gerak tubuh dikit lah kita pasti akan ngerti. kuncinya cuma satu, pastikan tiap kali kita ngomong itu sebut kota tujuan yg akan kita tuju dg JELAS.

oya, subway ini ga hanya ada di tokyo, tapi di seluruuh jepang (gw rasa sih gitu hehee). n subway di tokyo itu bisa sebanyak 3 tingkat. disana ada liftnya, eskalator, jg banyak vending machine, toilet2 jg sangat bersih n mudah ditemui. canggih banget pokoknya! nah, karena kami berdua itu bawa2 koper yg beratnya segede gaban plus gendong tas ransel yg besar, jadi kami sangat mengandalkan lift n eskalator itu. tapi ada saatnya kami harus pake tangga biasa, terutama di pintu masuk or pintu keluar karena lift n eskalator itu cuma ada di tengah2. i really thanked Ko adi yg udah mau repot2 bawain koperku pas itu hehee ^^

di sepanjang jalan, pemandangan di jepang itu indah indaaaaah banget. keretanya memang super duper cepet guys, bisa nyampe 200 km/h ato lebih. ya pokoke ga lelet kaya kereta di indo hehehe. tapi pemandangan di sana masih bisa keliatan dg cukup jelas kok, jadi tidak sperti sekelebat bayangan ga jelas yg kita bayangkan ketika kita naik bullet train. jepang itu banyak gunung2 n bukit2 yg masih terpelihara dg baik. jarang banget kita liat ada bukit yg ijo terus tengah2nya coklat krna sengaja digunduli gitu.... n gunung2 disana itu warnanya bagus sekali, terutama di siang hari n menjelang senja. yg paling deket keliatan biru tua, terus makin ke belakang makin muda, muda, tua lagi, muda, muda....membuat siluet yg sangat indah!!

di bawah ini ada foto2 tentang stasion subwaynya, jg bbrp pemandangan yg sempat kufoto. sebenere ada 9 foto yg masuk ke kategori tulisan ini, tapi sayang kok ga bisa diupload semuanya (kayanya foto di dalam notes itu terbatas ya hehehe).

oke, segitu dulu. next time i'll write about another thing in japan, maybe about its people....and for sure, about the seminar that i attended!! see yaaaa ^o^

 
salah satu pemandangan yg gw foto.
 
 
ini situasi ttg orang2 yg ada di dalam subway. ya kira2 begitulah hehe...
 

0 komentar:

Posting Komentar

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^