About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Minggu, 03 April 2011

Apology's Language

Tadi kita udah ngomongin soal love's language, ttg gimana kita ngerti dg cara apa kita ngrasa paling disayang, n dg sikap/cara yg gimana kita bisa nunjukkin to the beloved/special one if we care about him/her. Nah, ternyata ada juga apology's language (AL) alias bahasa permintaan maaf....

"bahasa" maaf yang dimaksud itu juga untuk menunjukkan sikap/ucapan permintaan apa yg kita paling kita apresiasi saat orang lain berbuat salah or menyakiti kita. selain itu kita dg mengetahui bahasa maaf orang lain, kita jg akan lebih ngerti cara apa yg paling tepat or paling disukai sama orang tsb saat kita berbuat salah ke mereka. If you are interested to take the test, you can check it HERE.

Perlu diingat bahwa bahasa maaf tiap orang juga BEDA-BEDA, sama halnya kaya bahasa cinta. Jadi sama sekali ga berarti bahwa bahasa maaf yg satu lebih baik or lebih wah daripada bahasa yang lain. Tujuan tes ini cuma murni to know ourselves n our spouses/friends better. Yang paling penting tentu aja to ask God's forgiveness and ga melakukan kesalahan/dosa yang sama. He is The Only Healer, and He's the One who can mend the broken-hearted :)

Oh ya, cara yg baik untuk meminta maaf jg pernah disinggun Ci Grace di fb-nya, Tuhan Masih Menulis Cerita Cinta. sayangnya gw lupa judul tulisannya apa, you can mengobrak-abrik fbnya n cari2 disitu hehehe.
gw udah tes, n ini hasilnyaaaa :D

1. 8 Expressing Regret
2. 5 Accepting Responsibility
3. 4 Making Restitution
4. 2 Genuinely Repenting
5. 1 Requesting Apology
  • Expressing Regret---> ini adalah bahasa maaf gw yang paling dominan. Artinya, kalo ada seorang yg berbuat salah ke gw, or doing something wrong or painful to me, gw pingin denger bukan hanya permintaan maaf yg berulang-ulang ato asal ngomong maaf doank, tapi juga benar2 menunjukkan penyesalan yang murni n sungguh2. 
Gimana gw ngerti orang itu bener2 nyesel ato gak? Gw bisa tau dari tatapan mata n sikapnya saat minta maaf ke gw. Orang yg bener2 nyesel, dia biasanya akan berani untuk menatap mata kita (walaupun he/she has done something wrong), atau menundukkan wajahnya. Yah buat gw dua2nya udah nunjukkin kalo dia bener2 menyesal. Buat bbrp orang, orang yg menatap matanya saat minta maaf bisa dikira kurang ajar yah hehe :p I'm not the type of a person who says, "It's all too late. What has done, has done. It's useless for you to apologize." 

Sebaliknya kalau gw berbuat salah ke orang, gw juga akan minta maaf dg penyesalan yg sungguh2, n mengakui bahwa gw salah n in some cases, tell him/her in what point i have done wrong.

  • Accepting Responsibility ---> untuk bbrp kasus dimana kesalahan yg dibuat orang itu bener2 fatal n menyangkut sesuatu yg penting dalam hidup gw, misalnya karir gw, nilai tugas kuliah, kehilangan duit, or membuat gw kehilangan kepercayaan terhadap orang itu, gw dengan senang hati akan menerima (malah kadang2 gw akan meminta/menuntut) pertanggungjawaban dari orang itu. 
tapi secara umum, gw bukan tipe orang yg suka nuntut2 orang lain buat bertanggung jawab, kaya misalnya "Heh ayo tanggung jawab loe! loe udah buat kaya gini gini gini...." Buat gw, permintaan maaf yg benar2 menyesal (menyesal murni, bukan palsu or dibuat-buat) itu sudah cukup.

  • making Restitution ---> menurut kamus bahasa inggris, restitution artinya giving back; paying back/compensation for a loss, damage, or injury; juga restoration/the return of something to the condition it was in before it was changed. Hmmm. Kok agak2 sama dg responsibility yah? Menurut gw bedanya tipis: kalo restitution itu berarti ingin memulihkan keadaan yg sebelumnya rusak jadi pulih kembali. 
Misalnya, gw udah bikin reputasi/nama baik seseorang jadi jelek. Kalo bahasa maaf orang itu adalah Accepting Responsibility, mungkin bagi dia sudah cukup agar gw bertanggung jawab, misalnya dg minta maaf ke dia di depan umum atau mengatakan kepada orang2 lain dimana gw sudah menggosipkan dia yg tidak benar. Tapi itu ga berarti bahwa hubungan gw dengan dia bisa baik kembali seperti sedia kala.

Sedangkan kalau bahasa maaf dia itu Making Restitution, gw akan bertanya ke dia, "What can i do to make our friendship/relationship back as usual?" atau, "What do you want me to do to restore this/to make this right?" bahasa premannya, "lu pingin gw ngapain biar semuanya bisa balik kaya semula? biar gw bisa dapet kepercayaan lu lagi, biar kita bisa temenan kaya dulu lagi?" N dia akan jelasin/memaparkan apa-apa saja yg harus kita kerjakan sesuai dengan keinginannya dia agar hubungan kita itu bisa pulih. Yah memang beda-beda tipis sama Accepting Responsibility hehe. Kalau kalian bisa menjelaskannya dg lebih baik, ooh please let me know :)

  • Genuinely Repenting ---> bahasa maaf ini berarti meminta maaf berkali-kali alias permintaan maaf yg diulang-ulang. Buat bbrp orang, hal seperti ini bisa dianggap menjengkelkan n percuma saja, buat apa minta maaf berkali-kali kalau kelakuannya sama aja? tapi buat sebagian orang lain, genuinely repenting ini bisa berarti cukup banyak loh....ada tipe orang yg suka kalau dirinya dimintai maaf bbrp kali oleh orang2 yg telah melakukan salah ke dia.

  • Requesting Apology ---> buat bbrp orang, kalau orang lain yang melakukan salah ke dia mungkin dg bilang maaf atau I am sorry aja udah cukup. yang penting, orang itu sadar kalau dia sudah berbuat salah or hal lain yg tidak menyenangkan, n bersedia mengakui kesalahannya serta cukup berani untuk meminta maaf. Tapi buat bbrp orang, ada juga yg sikap permintaan seperti ini dirasa kurang. Yah tiap orang kan beda-beda hehehe.
Yang jauh lebih penting daripada semua bahasa maaf, adalah pengampunan sendiri dari Tuhan! :D Dia bukan hanya mau mengampuni kita, tapi juga bersedia mati disalib untuk menebus dosa kita....Walau dosa kita udah ga ketulungan banyaknya, udah merah seperti kain kesumba, tapi kalau kita mau sungguh2 mengakui kesalahan ke God n minta pengampunanNya, Dia dengan senang hati memberikannya! kita layak untuk itu n kasihNya lebih dari cukup buat kita :)

Bahkan manusia pun, termasuk gw, ga selalu mudah untuk memaafkan, apalagi buat orang yg sudah menyakiti hati kita banget n membuat ktia kepahitan....sampe dendam bertumpuk-tumpuk n disimpan terus dalam hati. Banyak loh kasus2 seperti itu. N itu semua butuh dimampukan oleh Tuhan Yesus, dari Dialah kita belajar untuk mengampuni & mengasihi orang lain. bahkan Yesus sendiri ngajarin kita untuk mengampuni orang yg berbuat salah ke kita tujuh puluh kali tujuh kali.....bukan berarti kita cuma memberi maaf sebanyak 490x tok terus udah, tapi 70 x 7 artinya pengampunan yg terus-menerus n tak berkesudahan. Bahkan di Lukas 17:4 dikatakan,

 Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus MENGAMPUNI dia."

Itu berarti, ga peduli itu orang mau berapa kali berbuat salah ke kita, kita harus mau n bersedia untuk mengampuni dia....why? karena Tuhan sendiri telah mengampuni kita ga peduli berapa ratus kali kita berbuat dosa n jatuh! Dalam doa Bapa Kami yang diajarkan oleh Tuhan Yesus sendiri, Ia menekankan betapa pentingnya arti mengampuni:
"Dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami." 
(mat 6:12)

Bahkan, Yesus juga berkata:
"Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di sorga akan mengampuni kamu juga. Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu."
(Mat 6: 14-15)

kita jg bisa berdoa dg tenang & sungguh2, fokus kepada Allah kalau kita ga ada ganjelan/masalah sama orang lain di hati kita:
"Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di Sorga mengampuni kesalahan2mu."
(Markus 11: 25)

Nah loh.... Tuhan mengerti betapa selama kita masih idup di dunia ini, kita masih rentan akan dosa. Bayangin kalo kita jatuh n minta ampun ke Tuhan, Dia berkata, "Enggak ah, Aku tidak mau mengampuni mu anak-Ku, habis kamu selalu ngulangin kesalahan itu berkali-kali sih.... Kesalahanmu udah banyak banget, Aku udah males lagi berurusan lagi dg kamu." waaah gawat deh kalo sampe begitu T____T praise The Lord, Dia Allah yg begitu mengasihi kita.

Tuhan tahu, kalau kita ga mau mengampuni itu akan menjadi racun di hati kita yang lama2 bakal ngerusak diri kita sendiri. Ancur2an deh pokoknya....coba baca uraiannya Ci Shinta tentang forgiveness di SINI. 

susah? banget.... Sampai sekarangpun gw ga selalu bisa untuk bisa langsung mengampuni orang yg telah menyakiti gw. butuh ketergantungan yg besar ke Tuhan. Kadang gw bisa langsung melepaskan pengampunan, tetapi kadang juga gw butuh untuk diam sejenak bbrp lama, curhat2 dulu sama Papi J, baru kemudian bisa melepaskan pengampunan. Tuhan ga memandang rendah or hina hati anak2Nya yg hancur kok, setiap kali hati kita terluka n teriris-iris pedih, Dia tahu itu, n Dia juga ingin kita dateng ke hadiratNya. 

Tapi hal itu sama sekali bukan berarti kita bebas berbuat dosa sesuka kita, terus dg entengnya minta maaf. Teman, karya penebusan Tuhan bukanlah sesuatu yg murahan. itu adalah sesuatu yg sangat mahal n hanya bisa dilakukan oleh Tuhan sendiri. Jangan kita menganggap remeh pengampunan dosa yg dilakukan Tuhan buat kita, dg bilang, "Yah gapapalah dosa, toh kan ntar bisa minta ampun lagi ke Tuhan." Coba gimana kalo kita digituin sama orang, misalnya, "Yah gapapalah gw berbuat begini meskipun si A ga seneng, nanti kan kalo gw minta maaf si A juga pasti maafin gue." Waaaks....ga seneng kan hehe. 

"Jika demikian, apakah yang hendak kita katakan? Bolehkah kita bertekun dalam dosa, supaya bertambah kasih karunia itu? SEKALI-KALI TIDAK! BUKANKAH KITA TELAH MATI BAGI DOSA, BAGAIMANAKAH KITA MASIH DAPAT HIDUP DI DALAMNYA? Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematianNya?
.... Karena kita tahu, bahwa manusia lama telah turut disalibkan, supaya TUBUH DOSA KITA HILANG KUASANYA, agar jangan kita menghambakan diri lagi terhadap dosa. Sebab siapa yang telah mati, IA TELAH BEBAS DARI DOSA. 
.... Sebab kematianNya adalah KEMATIAN TERHADAP DOSA, SATU KALI & UNTUK SELAMA-LAMANYA, dan kehidupanNya adalah kehidupan bagi Allah. Demikianlah hendaknya kamu memandangnya: bahwa kamu telah mati bagi dosa, TETAPI BAHWA KAMU HIDUP BAGI ALLAH DALAM KRISTUS YESUS."
(Roma 6: 1-3, 6-7, 10) 


4 komentar:

  1. Wuaahh, language of apology tuh ribet bgt yah! Aku aja cukup susah untuk dapetin pengertian & perbedaan dari tiap2 bahasa maaf itu >.<
    Tapi setelah baca pedomannya di bagian "learn the langauges" di website itu, aku lumayan dpt gambaran & akhirnya aku bikin post ttg pengertian aku stlh baca itu. maybe u can take a look & give opinions, soalnya kok rada beda yah jdnya pengertiannya, hehehe..
    Tp intinya ttp sama, harus belajar mengakui kesalahan & mau MENGAMPUNI =)

    BalasHapus
  2. @Sylvia: blogmu apa? jadi pingin mampir2 juga hehehe. oh ya, sekarang alamat blogku/URLnya diganti jadi nonikblog.blogspot.com yaa....habis yg dulu tuh kepanjangan hehe, jadi rada ribet n susah buat orang kalo mo mampir :p

    apapun bahasa maaf kita, itu ga seberapa penting sih menurutku...kan tiap orang beda2.yg terpenting ya itu tadi, mo belajar terus mengampuni ke Tuhan Yesus :)

    BalasHapus
  3. Ehh, kyknya aku ada comment di post km yg laen deh sblm comment yg ini, ngenalin diri, hehe.. abisny klo ga berasa tb2 "nyelonong" en sok knal bgt, hehe..

    ak ud kasi link k blog ak tuh, klik aj di namaku, hehe.. asikk2 mampir2 yah hihii..

    yup, bener bgt, yg penting belajar utk selalu mengampuni seperti Tuhan yg selalu mengampuni kita =)

    BalasHapus
  4. I rarely leave a response, but i did a few searching and wound up
    here "Apology's Language". And I actually do have a couple of questions for you if you tend not to mind.

    Is it just me or does it look like some of these responses look as if they are
    coming from brain dead people? :-P And, if you are writing at other places, I'd like to follow anything fresh you have to post. Could you make a list of all of all your social pages like your linkedin profile, Facebook page or twitter feed?

    Also visit my website ... agoda coupon codes

    BalasHapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^