About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Minggu, 20 Maret 2011

YOUR LIFE IS PRECIOUS!



kita semua udah ngerti ayat Yesaya 43:4


"Oleh karena Engkau ini berharga di mataKu dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau,"

kita ini berharga man. tau gak artinya berharga? berharga kehadiran elo di dunia ini nih ada harganya....n harganya mahal bow. bukan sesuatu yg murahan. sesuatu yg berharga tuh sesuatu yg bakalan terus dijaga, dirawat, jangan sampe rusak or ilang. coba, loe punya barang apa yg berharga? laptopkah? i-pad? BB? or pacar? naah, itu berharga gak? kalo berharga, pasti bakalan loe jaga, loe rawat, loe sayang-sayang. jangan sampe sesuatu itu rusak, ilang, or diambil orang. kalo yg berharga itu seseorang yg loe sayangi, ya jangan sampe orang itu ninggalin loe. loe bakal khawatir kalo dia sakit or susah. n loe jg bakal ikutan seneng kalo dia lagi hepi or berhasil dalam karir, misalnya. 

nah, kita ini jg berharga loh di mata Tuhan. tapi pernah gak pada kepikiran, semua ini udah sering banget gw denger. sebegitu seringnya sampe2 gw serasa gak berharga lagi n "nilai"nya udah sama aja kaya yg laen.... lah setiap orang dibilangin kalo mereka masing2 tuh berharga di mata Allah. terus berharga-nya gw berarti sama aja donk dg orang lain? berharganya gw itu segimananya sih?

kemarin gw juga kepikiran hal itu. Kalo setiap orang spesial, lah berarti masing2 dari orang itu sudah ga spesial lagi donk? misalnya gini nih. dulu BB itu mahal. jadi orang yg punya BB bakalan keliatan oke banget n wow. tapi begitu harga BB udah lebih murah n terjangkau, semua orang yg punya BB jadi keliatan biasa2 aja kan?


tapi kemaren, Tuhan kasih gw pengertian yg baru ttg ayat itu. pengertian itu muncul dari pengalaman gw sama salah seorang sahabat. gw memiliki bbrp orang sahabat. tapi sama salah satu dari mereka, sebut saja namanya A, gw lagi memiliki masalah n hubungan kami jadi agak renggang. Memang semua udah minta maaf n jelasin masalah yang kami alami itu masing2, tapi tetep aja kalo hubungan masih kerasa gimanaaa gitu. Ada yg beda. Terus dalam hati gw ada suara yg ngomong gini, "Itu si A udah nyebelin banget....udah depak aja lah dari idup loe." Gw mikir, "Gak bisa. Gw kenal A udah lamaaa banget. Dia udah ngerti gw luar dalam...." Suara itu bilang lagi, "Loe kan masih punya banyak temen2 lain yg juga seru-seru. Kalo A ngilang, gapapa donk?" gw terdiam. Yah ga bisa juga! Entah masalah itu dg A, B, C ato Z sekalipun, kehadiran mereka ga bisa digantiin oleh siapapun....

contoh lain; kalo ada suami istri yang punya banyak anak, tapi mereka semua nakal-nakaaaal banget. udah gatau lagi gimana cara ngadepinnya! Kemudian ada tetangga yang berbaik hati untuk merawat dan membesarkan salah satu dari anak mereka. suami istri itu bingung, anak mana yang mau mereka serahkan? apakah yg paling sulung? anak tengah? paling bontot? sampe mereka sampe pada satu kesimpulan kalo ternyata mereka menyayangi semua anak mereka. semua anak spesial, ga ada yg lebih hebat dari yg lain. n they decided not to give up even just one of their kids. biarpun mereka nakalnya udah ga tanggung2, tapi mereka tetap dikasihi oleh suami istri itu...


tiba-tiba gw mengerti. Seperti gw (n jg kalian yg baca) memandang pentingnya sahabat2 kalian, begitu jg Tuhan memandang kita satu-satu. setiap dari kita tuh UNIK, berharga, n ga ada duanya. Gw ga bisa menganggap sahabat yg satu lebih penting dari yang lain, ato yg satu lebih hebat n yg lain itu jelek. begitu juga Allah. Ga bisa Dia mengistimewakan yg satu n menyepelekan yg lain, coz setiap manusia itu begitu istimewanya di depan Dia. Dia mengenal kita secara pribadi satu-persatu, n Dia sama sekali ga ingin setiap dari kita hilang dari padaNya.


"Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaanKu."
(Yesaya 43:1)
"Aku akan memberikan kepadamu harta benda yang terpendam dan harta kekayaan yang tersembunyi, supaya engka tahu, bahwa Akulah TUHAN, Allah israel, yang memanggil engkau dengan namamu.
Oleh karena hambaKU Yakub dan Israel, pilihanKu, maka Aku memanggil engkau dengan namamu, menggelari engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku."
(Yesaya 45:3-4)

kenapa sih Tuhan mengenal kita lewat nama? kenapa nama? yah, karena nama adalah representasi diri kita. nama menunjukkan identitas diri kita. Suami istri yang mau punya anak pasti menamai anaknya dg nama yg indah2, dg harapan si anak bisa menjadi pribadi yang diharapkan seperti pemberian nama itu. Tapi Tuhan jauh mengenal seluruh karakter & kepribadian kita lebih daripada orangtua, bahkan lebih daripada kita sendiri! gak percaya? coba analisis diri sendiri: kelebihan loe apa? kelemahan loe apa? apa yang membuat loe istimewa? visi n misi loe apa? kebanyakan orang pada bingung kalo ditanya beginian. tapi Tuhan enggak! Dia sudah kenal kita sejak kita dibuat di kandungan hehehe. baca deh Mazmur 139.

mungkin ada bbrp orang yg gak diinginkan oleh ortunya. ato mungkin karena dia bodoh, bloon, dia diberi nama yg sesuai dg karakternya itu. misalnya, Joko Tole, Joko Bodo, dll hehe. yah, that happens. but beyond all that, Tuhan teteplah Tuhan yg ngerti pribadi kita luar dalem, n gak pingin kita terhilang. Dia ibarat gembala yg baik yg kenal dg pasti setiap domba2Nya: belangnya, loreng2nya, tanduknya yg gimana, bulunya yg gimana, suara embeknya, kebiasaan dombanya, dll. n kalo ada satuuuu aja domba yg ilang, pasti Dia cari! Dia mau tinggalin sebentar 99 domba dari 100 domba demi cari domba yg ilang itu.


n kalo domba (=jiwa) yg hilang itu sudah ketemu, bersorak2lah Dia!

di Alkitab, banyak perumpamaan yg ditujukan kepada orang Israel. hal ini bukan karena Tuhan pilih kasih cuma bangsa Israel doank....Yesus mati buat menebus semua orang, semua bangsa, suku, ras, agama, n warna kulit. kalo baca di kitab nabi2, seperti Yesaya, Yeremia, Yehezkiel, Hosea, kita bisa belajar n kenal Tuhan lebih dalem lagi, gimana Dia itu begituuuu mencintai bangsa Israel ini, bangsa yg sudah dipilihnya sejak semula. tapi emang orang Israel yang dasarnya ndableg....ngeyel. berkali-kali bangsa itu ditegur tapi tetep aja gak taat, gak patuh. Kenapa coba Tuhan mau susah payah peringatin bangsa Israel berkali-kali? kenapa Dia kirim puluhan bahkan ratusan nabi untuk ngingetin bangsa itu agar berbalik & bertobat? karena Israel adalah bangsa yg juga berharga di mataNya! walaupun kelakuan Israel itu udah bikin darah naik ke ubun2, Tuhan tetep sayang sama bangsa itu. bahkan perumpamaan yg ditulis di Alkitab cukup ekstrim, Israel itu digambarin seperti perempuan sundal, pelacur, yg suka berzinah. maksudnya Israel berbalik setia, alias serong terhadap Pengantin Prianya alias terhadap Allah sendiri! Tuhan sampe2 harus bilang ke Nabi Hosea buat ngawinin perempuan sundal, untuk menggambarkan betapa pedihnya hati Tuhan terhadap umat Israel (Hosea 1:2-12). bahkan Israel sampe dikatain sebagai bangsa yang tegar tengkuk...-.-"

begitu berharganya bangsa Israel itu, sampe2 mereka dianggap seperti biji mata Allah sendiri. perkataan yang cukup ekstrim disampekan Tuhan ke Nabi Zakharia

"Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam, yang dalam kemulianNya telah mengutus aku, mengenai bangsa-bangsa yang telah menjarah kamu -- sebab siapa yang menjamah kamu [bangsa Israel], berarti menjamah biji mataNya--"
(Zakharia 2:8)
woaaa....dalem banget man!!

Kelakuan Israel kayanya ga beda jauh antara yg dulu dg sekarang. bukan hanya Israel, tapi jg bangsa2 lain. tapi, apakah Tuhan sudah putus asa? enggak. Tuhan tetep sayang sama bangsa Israel. Dia bahkan rela turun ke dunia buat nebus dosa manusia, biar kita menjadi satu dg Allah tanpa perlu perantara apa2 lagi. biar ga usah ada korban2an lagi. biar manusia bisa bebas dari hukum Taurat. biar hubungan manusia bisa pulih lagi dg Allah. kabar baiknya, itu bukan untuk bangsa Israel saja, tapi jg buat bangsa2 lain yg PERCAYA & MAU DISELAMATKAN.....amazing yaaah....coba kalo Tuhan mati buat bangsa Israel saja. waaakks kita ga selamat donk? heheheh. 
"Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-dombaKU dan domba-dombaKu mengenal Aku sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawaKu bagi domba-dombaKU. ada lagi padaKu domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suaraKu dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu Gembala."
(Yoh 10:14-16)
mengetahui bahwa kita ini berharga di mata Tuhan penting banget. coba liat orang yg udah ngrasa dirinya gak berharga lagi. udah ngrasa gak layak hidup, or gambar dirinya rusak. pasti dia akan melakukan sesuatu yg merusak dirinya pula T___T ngrokok cuma contoh kecil. coba deh ya loe bisa liat kaya apa kondisi paru2 loe....apa loe bakalan tega ngrusak diri loe sendiri dg ngisap racun itu? Mafalda di cerita komik Mafalda (tau gak? bagus banget loh itu komik. hehehe promosi :p ) bilang sama papanya yg ngrokok, "Sebenarnya rokok itulah yg menghisap papa, bukan papa yang menghisap rokok." bener banget!! 

sekalipun mungkin dari luar or secara dunia itu menyenangkan & mengenakkan. yang menyedihkan tuh kalo denger orang bilang, "yah ini idup ya idup gw. terserah mo gw apain...." ato "idup gw kan dah ancur gini, udah rusak gini. yah mending ancurin sekalian lah." Grrrhh andai dia bisa melihat betapa pedihnya hati Tuhan....

orang yang tahu bahwa dirinya berharga, pasti akan menjaga dirinya begitu rupa. apalagi knowing that you belong to God, no longer to yourself. ga akan berbuat sesuatu or memasukkan sesuatu yg membahayakan untuk dirinya.

So, dah ngerti kan kenapa kita ini berharga? Yeeaaaayyy we are precious ^^

0 komentar:

Posting Komentar

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^