About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Jumat, 25 Maret 2011

part 4: a new life, a new beginning, a new journey with Him

this is the last part of how i know Christ as my God & Savior. if you haven't read the part before, please click HERE, HERE, and HERE :) biar jelas jalan ceritanya, so you know what i had been going through hehehe


Kelahiran baru itu dimulai tanggal 20 Juni 2008. Bbrp hari sebelumnya, teman gw ngajakin gw retret awal di Kaliurang. Retret itu benar2 sangat menyembuhkan gw. Jamahan Tuhan luar biasa. Apalagi pada sesi pertobatan dan pencurahan Roh Kudus, gw minta dg sungguh2 agar Tuhan mau mengampuni gw, menghilangkan perasaan bersalah ini dan nyembuhin luka2 hati gw. Dan wuuussshh….luka hati gw lenyap seketika!!! Benar loh, gw gak bohong. Langsung habis itu gw gak inget apa2 lagi sama cowok gw itu, smua sakit hati dah hilang. Inget sih inget, tapi luka hati gw sudah sembuh. Itu benar-benar mujizat Tuhan sungguh. Perlu gw beritahukan bahwa selama 2 minggu penuh, gw selalu menangis mbayangin tuh cowok. Nangis yang sebetulnya tidak berguna, menurut gw. (Yah, sekarang kan gw sudah sadar hehehe). Selama 2 minggu itu pula, gw mencari penghiburan dengan sia-sia. Gw mencari penghiburan ke teman-teman, keluarga, gw nonton tv, film, baca koran, komik, novel, Chicken Soup, apa saja, apa saja semua gw lakukan untuk mengenyahkan perasaan sakit dan patah hati ini – yang sebenarnya Cuma disebabkan pacaran sepele!! – semuanya tidak ada yang berhasil. Percayalah, semua penghiburan itu sia-sia, tak ada seorang pun yang bisa menghibur dan menyembuhkan luka hati gw. Bukan berarti gw tidak menghargai dukungan keluarga dan sahabat-sahabat gw. Gw sungguh sangat menghargai nasihat, dukungan, dan hiburan dari mereka. Hanya saja, luka hati gw masih menganga. Setiap hari gw menumpahkan air mata hanya untuk menangisi cowok itu!! jika diingat-ingat lagi, hal itu terasa menggelikan bagi gw sekarang. Juga bodoh. Hahahaa…. Sebenarnya, dari awal permulaan pacaran, semua keluarga dan teman-teman sudah tidak setuju gw pacaran dengan cara seperti ini. Kesannya gw ini Cuma asal pilih di internet, pilihan yang ngawur pula. Belum pernah ketemu, tidak kenal pribadi orangnya, dan lain-lain. Hanya saja, mereka lantas mendiamkan gw, pikirnya biar nanti gw tahu sendiri akibatnya nanti. Dan ternyata benar, pacaran yang gw pikir bisa bertahan lama, yang gw pikir gw pasti akan nikah sama cowok ini ternyata hancur berantakan dan hanya bertahan selama enam bulan. Hati gw hancur lebur. Hanya kuasa Tuhanlah yang  menyembuhkan gw lewat lawatan Roh Kudusnya di retret itu.

Tentu saja gw waktu itu ada perasaan, apakah sebaiknya gw minta balik lagi? Tapi seiring dg berjalannya waktu, gw rasa itu gak perlu lagi. Tuhan telah buka mata gw, Dia tunjukkan apa yg salah dan sejak saat  itu hidup gw diperbaharui banget. Bukan Cuma dalam soal cowok tapi juga dalam semua aspek kehidupan lain, sekarang gw lebih dipenuhi Roh Kudus dalam melakukan segala sesuatu. Khusus tentang masalah pacaran sih, Tuhan sudah janjikan Dia telah sediakan orang yg benar2 tepat & baik utk gw, dan yang terpenting dia juga berkenan di mata Tuhan. Gw percaya dg janjiNya yg luar biasa itu. Gw akui tidak selalu mudah, ada kalanya gw marah, gw kecewa, sedih, dan putus asa karena pingin banget punya pacaran; kalo liat remaja2 sekarang yg kayak gini gitu loh…kayanya punya pacar tuh suatu keharusan biar lu dianggep ok & keren. Tentunya hal ini bikin frustrasi juga remaja2 yg jomblo. Namun sekali lagi Tuhan bersabda, semua itu ada waktunya (Pengkhotbah 3:1-10), dan bahwa Dia sekali-sekali tidak akan meninggalkan kita atau membiarkan kita (Ibrani 13:5-6). Dalam hati, Tuhan bilang sama gw, “Kamu harus percaya. Aku telah sediakan orang yang tepat untukmu, tapi itu semua ada waktunya. Aku tidak ingin engkau sedikit2 patah hati untuk sesuatu yang tidak perlu. Lakukan kewajibanmu sebagai seorang pelajar (sekarang mahasiswa hehehe…) utk belajar tekun & sungguh2, karena Aku punya rencana untukmu. Percayalah orang itu akan datang pada saat yang tepat. Tetaplah percaya padaKu, tetaplah percaya…” dan gw percaya. 

Sekali lagi, ada kalanya ini semua gak mudah. Gw kadang juga ngrasa tertekan diburu2 perasaan kamu harus pacaran dsb. Jika gw merasa ragu, gw cepat2 baca lagi firman Tuhan, dan ingat akan janjiNya. Dan dipikir2 benar juga, gw ini masih muda, baru 18 tahun. Buat apa sih gw mikirin pacaran…? Emang kalo pacaran bakal njamin dia jodoh gw? Gw sadar hidup gw masih puanjaaaang….gw harus belajar, bergaul, berteman, cari pengalaman dan nglakuin hal2 berarti lainnya yg memperluas cakrawala daripada Cuma sekadar cari cowok. Tuhan gak ingin gw khawatir Cuma gara2 masalah ini, Cuma soal sepele doang! Dia ingin gw menyerahkan segala kekhawatiran gw ke dalam tanganNya.

Seiring dengan berjalannya waktu, cara pandang dan gaya pikir gw diubahkan perlahan-lahan oleh Tuhan. Entah secara langsung, melalui buku-buku, atau orang2 lain di sekeliling gw. Buku2 yang sangat membantu gw, terutama soal perspektif cowok & pacaran adalah dari buku I Kissed Dating Goodbye, Boy Meets Girl, When God Writes Your love Story, When Dream Comes True, Lady in Waiting n masih banyak buku-buku lain. Ada bku 1 lagi, tapi gw lupa judulnya apa. Pesan2 dari buku itu benar2 mengena di hati gw, seolah-olah Tuhan sendiri yang berbicara kepada gw secara pribadi. Dari buku itu gw belajar apa yang Tuhan mau dari gw di masa lajang dan penantian ini, terutama di soal pacaran n cari cowok. Gw belajar untuk memperbaiki kualitas diri gw, pokoknya hal yang baik-baik lah! Banyak firman-firman Allah yang berbicara kepada gw, dan itu semua sangat menyejukkan hati…. Sekarang, pandangan gw soal nyari cowok n pacaran sudah sangat diubahkan. Kalau bilang ekstrimnya, sekarang ini gw lagi menikmati kesendirian gw, masa lajang gw.

Lagi-lagi, semua hal itu ga selalu mudah untuk dilalui. Ketika gw mendengar sudah banyak teman gw yang pacaran, hati gw sedih juga. Ada perasaan ingin, mendamba, dan merindukan masa-masa pacaran. Gw masih struggle soal hal itu sampai sekarang. Berkali-kali iblis menggoda gw untuk balik ke gaya hidup yang lama. Namun, Tuhan kita adalah Tuhan yang setia!! Saat gw lagi rewel rohani n kepingin marah-marah, saat gw bertanya padaNya: kapan nih giliran gw God??! Kapan gw pacaran? Sampai kapan aku harus menunggu? Jawaban Tuhan hanya: “Tunggu.” Titik. Gatau kenapa yah, mungkin karena gw lahir baru dari gaya pacaran yg salah ini, Tuhan jg kebanyakan mendidik gw soal pacaran/courtship/pasangan hidup ini. Setiap hari, mulai dari hampir 3 tahun lalu hingga saat ini pun, pelajaran2 baru soal relationship masih tetep gw dapatkan setiap hari. Di masa-masa ini ya, cara ekstremnya, gw bener-bener lagi dihajar, digembleng, n dididik Tuhan untuk terus mendekat pada-Nya. Gw dihajar untuk hanya menggantungkan harapan ini hanya pada Tuhan. Pernah sekali waktu, saat gw terintimidasi (dan sedikit iri) melihat temen-temen gw yg lagi jalan bareng dg cowoknya, Tuhan berkata, “Nik, untuk apa kamu iri? Tidakkah Aku lebih berharga daripada 10 cowok itu? Mereka boleh punya cowok sekeren apapun, tapi jika mereka tidak mempunyai fondasi yang benar & tidak bergantung padaKu, apa gunanya itu? Aku akan mengajarimu apa itu arti dari rasa berpuas diri. Rasa puas itu hanya Aku yang bisa mengisi dan memenuhinya, bukan dari manusia! Saat engkau bisa berpuas dengan keadaanmu sekarang, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu kelak pada waktunya. Pada waktu-KU, bukan waktumu. Karena waktu-KU selalu tepat. Kamu lihat nggak temen2mu? Saat mereka putus, hati mereka yang kosong akan selalu mencari-cari pasangan baru. Dan siklus itu terus berputar. Berharaplah hanya pada-KU Nik!”

Well….masih banyak lagi revelation2 yg gw dapatkan soal courtship. Intinya, Tuhan Yesus selalu ada. Dia pegang erat tangan gw. Kalau gw lagi galau atau kesepian, gw langsung ngomong dan cari Tuhan, dan dia hadir untuk menemani gw. Dia hibur gw…..aaaah susah dijelaskan. Pokoknya gitu deh. Gw bilang gini ini bukan nggombal atau sekadar penghiburan belaka. Gw mau bersaksi bahwa bersama Tuhan, apapun dapat kita lalui. Gw juga sangat bersyukur dengan keluarga rohani gw yang juga selalu ada, mendukung gw, menyupport gw saat butuh dukungan, n menegur serta mengingatkan saat gw salah. Gw sangat menghargai sesi-sesi sharing n fellowship dengan mereka, karena itu merupakan salah satu sumber penghiburan n kekuatan gw. (Dan ternyata gw tidak sendiri mengalami semua itu! Hehehe ^^)

Setiap kali gw menengok ke belakang, gw selalu takjub melihat bagaimana Tuhan telah menyelamatkan & menegor gw dari pacaran yang ga sehat ini. Entah kalau sampai sekarang Dia gak ambil gw….. mungkin gw makin terjerumus ke dosa percabulan dan gaya pacaran yang gak bener.

Masih banyak hal2 indah yang gw alami dalam hidup gw, semua duka dan air mata gw lewati. Namun bersama Tuhan, ternyata gw mampu melewatinya. Hal2 yg buruk Dia ubah menjadi tangga kemuliaanNya, hal2 yg tampaknya membuat hidup gw terpuruk, malah membuat gw jadi makin kuat dan bijak. Cerita2 ini lain kali saja ya hehhee…

Sekali lagi, Tuhan Yesus sungguh ajaib, Dia buktikan bahwa Dia sungguh mengasihi gw. Dia tunjukkan pada gw apa yg salah, Dia celikkan mata gw dan selalu bimbing gw. Kini gw lebih sungguh2 dalam membaca Kitab Suci, gw resapi lebih dalam lagi apa yang gw baca. Gw sudah bosan dengan semua rasa khawatir ini, maka ya gw pilih aja janjiNya, karena itu semua pasti tergenapi. Gw gak mau ragu lagi, gw mau percaya padaNya.

PRAISE THE LORD…^^
Guys, di bagian akhir, gw cuma mau bilang. gw menulis ini, bukan karena gw ingin pamer or obral kisah hidup gw kemana-mana, Ato biar hidup gw terkenal. enggak, bukan karena itu. Kan ga logis n ga masuk akal kalo dipikir2, masa gw obral cerita kelam gw biar bisa terkenal?? seharusnya gw malu.... gw melakukan ini, semata-mata agar Kristus dimuliakan. Gw telah lahir baru di dalam Dia, telah mengenal Dia, telah mengerti kasihNya. kasih yg terbesar n ga bisa diberikan oleh seorang cowok manapun di dunia ini, bahkan jika gw udah married nanti. 

Perjalanan gw bersama Bapa di Sorga sudah hampir 3 taun. n selama 3 taun itu, Dia bener2 mengajar gw akan banyak hal, terutama soal relationship & keutuhan menjadi wanita single, wanita yg berkenan & sungguh berharga, sungguh mulia di mata Allah. Gak hanya itu, Bapa juga mengajari gw bagaimana cara bersikap yang baik, berpakaian yang baik, bertingkah laku yang baik, dll. itu semua gw dapatkan, selain dari Alkitab, juga dari buku-buku, pengajaran, dengerin kotbah, dan lain-lain. Selama masa2 ini, Tuhan juga terus membersihkan hati gw yg penuh kotor n bau busuk. Hal2 yg kotor Dia bersihkan, Dia hapus, Dia kikis pelan2 dari hati gw. Gw diberi pengertian yg baru, suatu gambar n citra diri yg utuh & penuh di dalam Dia. 

Lahir baru bukanlah akhir dari perjalanan ini. justru ini baru AWAL, dimana gw masih harus belajar banyaaaak hal. n gw rindu untuk mengerti serta mengenal hati Bapa lebih dalam n lebiiiiih dalam lagi. pengenalan akan Allahku, adalah sesuatu yg super duper berharga, ga bisa dituker dg apapun. Lha Dia jg udah tebus idup gw dg darahNya yg mahal, bukan dg emas & perak. bukan dg duit, tapi dg diriNya sendiri. Perjalanan ke depan masih panjang, n tantangan jg akan banyak. 

Perlu diinget bahwa kalo orang sudah lahir baru, bukan berarti dia udah kebal dosa. Enggak, Iblis juga masih berusah geret dia balik lagi kembali ke kehidupan lamanya, biar jatoh dalam dosa lagi, biar ilang lagi, tersesat lagi. n usaha2 Iblis ya makin keras aja, kan dia emang gak gampang nyerah hehe. Gw mengaku juga, bahkan saat kuliah ini, gw pernah terjatuh bbrp kali, pernah liat video or membuka situs yg tidak sepatutnya gw liat. Tapi, perbedaan gw yg sekarang dg yg dulu, adalah saat ini gw merasa TIDAK BETAH & TIDAK MAU untuk melakukan dosa pornografi lagi. Gw ga bisa, ga mau, n ga betah melakukannya, karena gw sudah hidup di dalam Kristus, ga lagi diperbudak oleh dosa. gw udah lepas dari kuk perhambaan akan dosa itu. Makanya begitu terjatuh, gw cepet2 berdoa n minta ampun lagi sama Tuhan, n menjauhi segala hal yg bisa buat gw "terpeleset" lagi. gw ga mau coba2 sedikit pun, ga mau kompromi lagi.....

****

Dear Lord, perjalanan ini masih jauh. tapi bersama Engkau, saya tahu saya pasti bisa melaluinya, n mencapai mahkota kemenangan itu kelak saat garis akhir sudah dekat.


17 komentar:

  1. Terharu Nik.... *hugs* kamu bisa menceritakan ini, bukan hal yang mudah pastinya, TUHAN penuh kasih karunia, DIA gak biarkan kita berkubang dengan masa lalu. Yang terbaik dari Tuhan akan datang sayang *hugs*

    Hehehe, kebanyakan meluk ya aku? gkgkgkgkgkgk

    BalasHapus
  2. mbak mega!!! sorry banget lama bales commentnya hehehe. makasih banget yaa...aku seneng kok dipeluk berkali-kali hehe. kan itu tanda sayang :) glad to know that my story can bless others ;D

    BalasHapus
  3. yeay yeay!! congratulation and celebration for ur new life :)

    enjoyy aja saaaa,, God havent finished yet with our singlehood i think ;p
    soalnya masih muda banget.. 21.. well, maybe banyak yg merid 19 or 21 juga.. tapi soon enough we will see His great plan.. :)

    gw juga kadang kepikiran mo punya pacar, tapi satu sisi takut ah pacaran lagi, takut gagal lagi, takut ga fokus sma Tuhan lagi dsb.. i just dont think am ready yet, but if He thinks im ready than so be it lah. but at the moment, gw bnr2 enjoy kaya burung lepas dr kandang.. and masi berdoa menata hati gw lagi hehe..

    will keep u in prayer sa! bersama kita berjuang ;p

    BalasHapus
  4. @Viryani: waaah Vir makasih banget ya lu udah baca hehehe ^^ gue seneng bgt kalo cerita gue ini bisa memberkati orang2 lain...

    Jujur seeh gue masih bangun di soal cowo en pacaran. kadang2 keinginan buat pacaran lagi tuh kuat banget >.< trauma sih kagak hohoho :p tapi emang bener kalo kita pacaran, tanpa sadar dia bisa jadi "berhala" kita. Makanya butuh fondasi yg kuaaat banget dg hub yg intim di dalam Tuhan biar kita ga jatoh pas courtship entar hehe. Sekarang gue juga lagi fokusnya nata hati en gumulin panggilan hidup gw :)

    Wadewww ayoook ayoook kita ketemuan kapan2 ^^

    BalasHapus
  5. Hai Nonik...
    entah kenapa hampir semua cerita kamu itu mirip banget sama cerita aku 90%...
    aku bener-bener bisa rasain apa yang kamu rasain dari tulisan2 kamu dan aku kayak ngeliat masa lalu aku. aku tahu sulitnya bahkan sampai sekarang pun aku masih jatuh-bangun dalam dosa-dosa masa lalu tapi aku tahu Tuhan baik banget dalam kehidupan kita Dia gak pernah sedikit pun ngebiarin kita jatuh tersungkur bahkan semakin hari kita dibimbing sama Tuhan untuk jadi umat pemenang-Nya.
    Thanks banget buat tulisan kamu Nik yang membuat aku semakin semangat untuk terus mengejar kasih Tuhan.
    GBU ya

    BalasHapus
  6. @Tiara: waiiii!! ^^ makasih yaaa....aku seneng kalo kisahku ini bisa memberkati orang lain yg baca hehe. Iyah Tir emang kagak gampang buat jatuh hati terutama di masa2 single gini. Aku sendiri terus berusaha kok untuk tidak menyandarkan rasa aman & puasku pada cowo, tapi hanya ke Tuhan :) Lagi banyak kayanya anak2 cewe yg sekarang lagi bergumul soal ini...aku punya temen2 yg seperti itu en sedih ngliatnya. ayooo kita semua pasti bisa :D kamu punya blog juga? kapan2 share cerita yah hehe.

    BalasHapus
  7. iya Nik aku punya blog tapi masih acak-acakan.. hehehe ajarin aku dong Nik nulis yg baik itu seperti apa? aku suka bingung kalau mau share cerita karena ujung-ujungnya malah jadi kayak curcol atau menggurui jd gak pede deh buat publish... Oiya kamu bisa panggil aku titut karena itu nama asliku.. salam kenal ya

    BalasHapus
  8. @titut: Lhooo ternyata nama panggilannya titut hehehe. Lucu, tapi unik banget!! ^^ like it :D

    Aah aku juga masih belajar nulis. Kalo dibandingin sama Ci Shinta, Ci Lia, Ci Grace en Ci Fani itu aku juga belum ada apa2nya kok hehe. Aku masih terus belajar cara nulis yg baik itu gimana dari mereka :) Beberapa kali pernah dikasih tips oleh mereka, en pernah ditegur juga hahaha....maksudnya ditegur kalo nulis tuh sebaiknya jangan begini melainkan begitu, tata bahasanya, ejaan, dll :)

    Pelan-pelan aja Ti, nanti pasti kebentuk sendiri kok gaya tulisan kita hehe.

    Btw kamu punya fb? namanya apa? add aku donk ;)

    BalasHapus
  9. Kyaaaa.. Nonikkk.. Bener2 deeh, pas baca kisahmu dr awal sampe akhir, aku ga percayaaa.. Ga percaya bahwa km & org yg ada di tulisanmu itu adalah orang yg samaa, hahaha..
    Luar biasa bgtt Nik & puji Tuhan banget yaa, Tuhan ubahkan segalanya.. Bahkan km sekarang bs nulis gini, jadiin masa lalu km yg kelam sebagai kesaksian bagi org2 yg membacanya bahwa manusia ga luput dr dosa, tp kita bisa memilih untuk keluar dr jurang dosa itu and tadaaa, Jesus is there, with His arms widely open >.<

    Kagum & salut atas keberanian km untuk menceritakan semuanya tanpa takut ato malu orang2 bakal mikir gimana.. Thank you so much for sharing!!

    Biar nama Tuhan selalu dimuliakan yaa, Nik! =)

    BalasHapus
  10. @Sylvia: woiii Syl udah subuh loh. kok belon bobok? hahaha. Iyaaa makasih ya Syl..^^ pokoke tiap kali sekarang nengok ke belakang lagi, selalu terkagum-kagum. Bersyukur banget, aku ditemu en dipungut Yesus....

    BalasHapus
  11. Nonik, kamu itu termasuk orang yang lembut ya hati ny, tw kebenaran apa langsung bisa berubah.soalny dulu awal2 bertobat2 aku susah bener nerima kebenaran,keras

    Iya nik, semakin hari kamu akan semakin ngerti Tuhan , kenapa Tuhan bilang "Tunggu", and bener2 terkagum ma Tuhan

    BalasHapus
  12. @Felis: lembut hati??? haha....makasih loh Fel dipuji gitu... yah kalo aku bisa lembut hati itu karena Tuhan juga :)

    hmmm. sbnernya aku ini termasuk orang yg keras. harus tahu alasan di balik sesuatu. Kenapa ga boleh gini? Kenapa harus begitu? Kenapa kenapa? Sampe akhirnya, suatu saat aku belajar, ada saatnya aku harus berhenti dari tanya, "Kenapaaaaa?" dan belajar berserah... Soalnya semakin kita keras kepala, semakin keras Tuhan menggetok kepala dan hati kita wuehehe. Jadi yah dari situlah aku belajar buat rendah hati en mau dibentuk. Tapi asliii gak gampang prosesnya. Tiap kali ngalamin sesuatu yg ga enak, ya sampe skrg kadang masih suka protes en tanya, "Kenapa, Tuhan?" @.=

    BalasHapus
  13. sama sih, aku juga banyak tanya Tuhan,nanya mulu untung Tuhan gak bosen..heheh


    tapi tuh kamu baru 3tahun bertobat, proses pulihnya cepet,..

    BalasHapus
  14. @Felis: he'eh ya, bersyukur banget kita punya Tuhan yg ga pernah bosen ditanyai "Why Lord???!" padahal dah beribu kali tanya itu!!

    hmm....prosesnya cepet ya? hehe makasih :) tiap orang prosesnya beda2 Fel. ada yg cepet, ada yg juga yg lama... lagi-lagi, kita gak tahu. KENAPA??? kenapa saya cepet, tapi keluarga saya lama?? Kenapa ada orang yg harus nunggu belasan ato mungkin puluhan tahun sampe keluarganya boleh percaya & selamat?? sedangkan di pihak lain, ada orang yg dari lahir udah dibesarin & diajarin buat kenal Tuhan Yesus. yaah aku gatau. itu di luar kemampuanku...urusan TUhan :p

    en kalo prosesnya cepet tu biasanya juga setelah jungkir balik dulu, dipontang-panting kaya roller coaster hahahaha (ga 100% selalu begitu yah).

    btw Fel, kamu orang mana sih? blogmu apaan yah? terus fbmu apa? hehehe. klo kita deket ketemuan yok kapan2 :)

    BalasHapus
  15. Yaaaaay, akhirnya baca juga nih sampe abissssss part 1 sampe 4..

    Tuhan baik buat kita yah Nik. Aku sampe sekarang aja klo ingat gimana aku bisa bertobat bisa nangis terus padahal udah 10 Tahun lalu..

    Tuhan luar biasa Nik :) ayo terus memberkati anak2 muda yang lain yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Mbak, Tuhan baik. Ga ada kata2 yg bisa menggambarkan dahsyatnya Tuhan kita...

      btw dulu ceritanya Kak Welly kenal TY gimana sih? cerita donk...hehe. ato ada tulis di blog gak? kalo ada minta linknya donk Kak, mau baca juga :)

      btw, besok sabtu kita ketemu kaaan? Yeeeeyy!! ^^

      Hapus
  16. terima kasih atas kisahmu, walaupun kita berbeda keyakinan :) padahal awalnya aku lagi nyari info tentang persiapan ke LN :D

    BalasHapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^