About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Jumat, 25 Maret 2011

The Lord has set you free!

Cerita tentang kisah perempuan Samaria yang bercakap-cakap dengan Yesus di Sikhar, tentu bukan hal yang asing bagi kita. Tapi saat diceritain ulang minggu lalu di ibadah gereja, n juga hari ini, gw mendapat hal-hal baru dari cerita itu. Wow, firman Tuhan kalo dibaca lagi dan lagi memang selaluuuu baru.....

Kita semua udah tahu kalo di cerita itu, orang Yahudi tidak bergaul dg orang Samaria (Yoh 4:9). Wanita Samaria yg dimintai minum sama Yesus jg kaget banget, kok ini Orang berani2nya minta minum ma gw yah? emangnya dia gatau apa gw ini orang Samaria? gw kasih minum ga ya?
Maka kata perempuan Samaria itu kepadaNya: masakan Engkau, seorang Yahudi, minta minum kepadaku, seorang Samaria? (ayat 9).


membaca ayat itu bikin gw mikir: heh, kenpa yah orang Yahudi ga mau gaul sama orang Samaria? bukankah mereka itu satu keturunan? satu nenek moyang? sebabnya apa? N setelah mencari jawaban kesana kemari dg dibantu Mbah Google (hehehe :p), gw jadi lebih ngerti, tapi untuk itu kita kudu belajar sejarahnya dikit hehe :D


pertentangan n permusuhan antara orang Yahudi & Samaria udah terjadi lamaaaa sekale bahkan sebelum Yesus lahir. Hal ini banyak diulas di kitab 2 Raja-raja 17. Dari yg gw search, nama Samaria/Samaritans sendiri berasal berasal dari bahasa Ibrani, yang artinya penjaga hukum alias "Keeper of the Law". Orang-orang Samaria bersikukuh bahwa pandangan & ajaran merekalah yg paling benar daripada orang2 Israel/Yahudi sekarang, terutama sebelum terjadi pembuangan di Babel. Kalo kita baca kitab Raja-raja & Tawarikh, disitu pasti ada banyak kata2 mengenai kerajaan Israel & Yehuda. Nah, terus gw jadi mikir lagi: kenapa seh kerajaan itu terpecah menjadi dua? Bedanya apa? asalnya gimana? n gw search lagi deh di Alkitab....dan sampailah pada jawaban ini:


1 Raja2 pasal 11-12. Jadi ceritanya....Pas zamannya Engkong Daud & Salomo itu, bangsa Israel lagi jaya2nya. Kerajaan itu makmur sekaleee, semua rakyat & ke-12 suku Israel bersatu. Semua kerajaan lawan & musuh pada takluk. Tapi sayang seribu sayang, Salomo jatuh ke penyembahan berhala karena pergaulannya dg cewe2 dari bangsa2 lain yg tidak mengenal Allah (1 Raja-raja 11:1-13). Nah, dari situlah Engkong Salomo terus terperosooook dalam dosa, n Tuhan sedih banget, bahkan murka, sampai2 Ia mau mencabut kokohnya Kerajaan itu & mencerai-beraikannya terhitung mulai sejak anak Salomo, Rehabeam. Tuhan bilang hal itu ke Nabi Ahia:

"Sesungguhnya AKU akan mengoyakkan kerajaan itu dari tangan Salomo & akan memberikannya kepadamu 10 suku. Tetapi satu suku akan tetap padanya oleh karena hambaKU Daud & oleh karena Yerusalem, kota yang Kupilih itu dari segala suku Israel.... Bukan dari tangannya akan Kuambil seluruh kerajaan itu... Tetapi dari tangan anaknyalah Aku akan mengambil kerajaan itu dan akan memberikannya kepadamu, yakni 10 suku. dan kepada anaknya akan Kuberikan satu suku, supaya hambaKU Daud selalu mempunyai keturunan di hadapanKu di Yerusalem, kota yang Kupilih supaya namaKu tinggal disana."
(ayat 31,32, 34-36).


dari sejak itu, lawan2 Israel mulai bangkit & menggempur Israel. kemudian benerlah kejadian, pas Rehabeam memerintah kerajaan itu pecah jadi 2: di utara & di selatan (baca 1 Raja2 12), dan suku2 Israel mulai tercerai-berai. Suku yg mengikuti Rehabeam hanyalah suku Yehuda & Benyamin, sedangkan 10 suku lainnya ikut Yerobeam, orang yg memberontak terhadap Rehabeam. Nah, dari situlah bibit2 pertentangan antara Yahudi & orang Samaria mulai terjadi.


Singkat cerita, 10 suku yang ikut Yerobeam itu mendirikan kerajaan baru di utara. mereka disebut dg nama bangsa Israel. sedangkan 2 suku yg masih setia sama Rehabeam kerajaannya ada di selatan, n merekalah yg selanjutnya disebut Kerajaan Yehuda. 2 kerajaan itu mengalami pergantian raja2 yg silih berganti (gw baru ngeh itu sebabnya disebut kitab raja2!! lha wong rajanya banyak.....hehehe), tapi sayang most of them do not obey The Lord, n it made Lord very angry with them.


Dari yg gw baca di Wikipedia about the Samaritan People & dari situs Bible Study, Kerajaan Israel di utara ini jahat sekali n melakukan perbuatan2 yg penuh dosa, sehingga Allah mengizinkan mereka untuk ditawan, dijajah, n dikuasai oleh bangsa2 asing (2 Raja2 17). Pas itu mereka ditaklukkan oleh raja Asyur yang menaklukkan seluruh kota Samaria, dan mereka dibuang di Halah, di tepi sungai Habor, & di kota2 orang Madai. sedangkan untuk menggantikan orang2 Israel yg terbuang dari kota Samaria, Raja Asyur mengangkut orang dari Babel, dari Kuta, dari Awa, dari Hamat & Sefarwaim (2 Raja2 17:24) untuk menduduki Samaria & diam di kota2nya. kemungkinan orang2 buangan itulah yang sampai di Perjanjian Baru dikatakan sebagai orang Samaria.


Lama berselang....dan akhirnya, ketika Raja Koresy dari Persia mengizinkan orang2 buangan (=orang Israel & Yehuda) itu buat balik ke Yerusalem dari pembuangan di Babylon untuk membangun bait Allah, maka pulanglah mereka. Ketika udah sampai di Yerusalem & hendak membangun rumah/bait Allah, penduduk setempat di tanah itu beserta lawan orang Yehuda & Benyamin, menawarkan untuk turut membantu mereka membangun bait suci (Ezra 4:1-4). tapi sayangnya, oleh orang Israel tawaran mereka ditolak, karena dianggap bahwa mereka itu nggak termasuk dalam umat suci pilihan Allah. Diduga kuat bahwa orang2 yang menawarkan bantuan tersebut adalah orang Samaria tadi!


Mulai sejak itu timbullah pertentangan antara keduanya. Pemuka agama Yahudi & Samaria sama-sama "sepakat" untuk ga saling ngomong satu sama lain, untuk ga memasuki daerah yang lain, ya pokoknya kalo ada kontak di antara mereka itu tabu deh....


Tradisi & adat istiadat orang Samaria jg sedikit banyak berbeda dg orang Yahudi, walaupun sebenernya banyak jg persamaannya. Mereka menganut 4 hal penting & mendasar:
1. hanya mengakui adanya satu Allah
2. hanya mengakui adanya satu Nabi (Moses Ben Omran)
3. kitab suci mereka adalah kitab Taurat (the Torah & the 5 books of Moses)
4. adanya tempat yang suci di Gunung Gerizim. Gunung Gerizim ini menjadi tempat yg menarik. Orang2 Samaria meyakini dg kuat bahwa itu adalah tempat dimana Allah menyuruh Abraham untuk mengorbankan anaknya, Ishak. Selain itu, di Ulangan 11:29 dikatakan bahwa:
"haruslah engkau mengucapkan berkat di atas Gunung Gerizim dan kutuk di atas Gunung Ebal."

so, secara ga langsung orang2 Samaria meyakini bahwa GUnung Gerizim adalah tempat yg suci, dan bukan di Yerusalem seperti orang2 Yahudi lain,  n hingga kini mereka masih mempersembahkan korban di gunung itu.

oh ya, info itu gw dapet dari situs yg bahas mengenai orang2 Samaria. you can check it HERE. Info mengenai orang Samaria, ttg sejarahnya, kehidupan mereka sekarang, adat istiadatnya dibahas cukup lengkap disitu. 

Naaah....jadi begitulah kenapa orang Yahudi musuhan sama orang Samaria hehe. Itu rhema pertama yang gw dapet. ternyata, belajar sejarah Alkitab ga kalah menarik dg belajar sejarah dunia!! hahaha.... n itu jadi membuat kita lebih paham soal kondisi sosial masyarakat yg idup di zaman Tuhan Yesus :) Setelah ngerti itu, gw jadi lebih ngerti kenapa kok wanita Samaria di Yoh 4 itu kuaget banget ketika diajak omong sama Yesus. mana Yesus bisa tahu kalo dia itu udah 5x married n sekarang lagi kumpul kebo sama cowo lain!! uh oh -.-"

Terus rhema kedua yang gw dapet, juga dikotbahkan di gereja gw minggu lalu tgl 20 April 2011. Tapi hari ini, begitu gw baca lagi, rhema itu terasa baru kembali, n malah tambah segerrrr! hahaha..... Itu ada di Yoh 4: 28-29:

"Maka perempuan itu meninggalkan tempayannya di situ lalu pergi ke kota & BERKATA KEPADA ORANG-ORANG YANG ADA DI SITU: Mari, lihat! Di sana ada seorang yang mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuperbuat. Mungkinkah Dia Kristus itu?"

Membaca ayat 28 itu, gw ga habis pikir, ngapain cewe ini buka-bukaan n cerita ke orang2 lain yg ada disitu?? kita semua udah tahu kalo cewe itu, menurut masyarakat, adalah pendosa, pezinah, pelacur. Tukang rebut suami orang. Aje gile, udah married 5x, n sekarang lagi kumpul kebo. Yet she still felt a deep, big emptiness n loneliness in her heart. pokoknya ini udah bukan cewe baik-baik!! ga ada yg mau gaul sama dia....coz takut ikut2an dicap orang ga bener juga. bahkan cewe itu ngambil airpun kudu siang2, bukan pagi2 seperti yg dilakukan wanita2 lainnya.

Ngapain yah cewe itu sampe harus cerita ke orang2?? kenapa dia ga memilih untuk menikmati saat2 itu berdua dg Yesus saja?? kenapa harus lari-lari ke seluruh desa & cerita ke orang2 lain juga? kan itu sama aja dg buka aibnya sendiri??! mungkin dia emang udah terkenal pezinah, tapi kalo dia mengakui semuanya itu, bukankah itu sama aja dg mengakui & membuka aibnya di depan semua orang??

gw kagum banget sama cewe ini. dia sama sekali ga mikir gimana pendapat orang2 kalo dia koar-koar n lari-lari kesana kemari buat ceritain tentang Yesus. Dia ga malu, ga takut, ga khawatir kalo dibenci or dikucilkan....lah wong dia juga udah dicap hina sama masyarakat juga. Why would she do that?? jawabannya, adalah karena Yesus sudah membebaskan dia. Jesus has set her free! There is Someone, Someone who was finally NOT JUDGE HER....NOT DESPISE HER....but instead He looked at her compassionately, and He gave His love to her. Wanita itu tahu, dia udah ketemu Mesias yg dinanti-nantikannya. Dia udah ketemu Tuhannya, Juruselamatnya, n Air Hidup yang diacri-carinya selama ini! Yesus mengetahui sumber dari segala sumber kesepian, kekeringan, kepahitan, n kehausan dari wanita itu. Dia udah berkali-kali nikah, tapi kok ga puas2 juga. Ternyata, seks dan cinta dg 6 laki-laki yg berbeda ga bisa memuaskan wanita ini. hanya Tuhan Yesus yg bisa!! n wanita itu begitu gembira, she was so so so so totally overjoyed, n gw pikir dia jg udah ga pusing2 lagi mikirin pendapat orang lain. Begitu sukacitanya dia sampe dia pun MAU UNTUK MEMBERIKAN & MEMBAGI KABAR BAIK ITU KE ORANG-ORANG. WOOOOW!! 

dengan gembiranya dia bisa teriak2 di seluruh kampungnya, "Ooooiii....gw udah ketemu Tuhan gw....gw udah ketemu Mesias!! gw udah ketemu Juruselamat, Sang Pembebas yg kita nanti2kan.....n He knows everything i did!! but you know what?? He has set me free... in Him there is abundant & eternal love....you should come too! come come come! experience Him! have Him! feel Him!" gw berpikir, andaikata wanita itu tidak ketemu Yesus, or mungkin ketemu tapi terlalu sombong untuk merendahkan dirinya untuk diajar, mungkin dia akan gonta-ganti pria lagi sampe ke-7 kalinya, ato ke-10, ke-15, ato sampai berkali-kali, tapi dia ga akan pernah puas dan akan selalu dahaga.
n semakin gw baca kebawah, gw semakin "merinding". karena di ayat 39 dikatakan:
"Dan banyak orang SAMARIA dari kota itu telah menjadi percaya kepadaNya karena perkataan perempuan itu, yang bersaksi: "Ia mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuperbuat." "

wow. do you notice that?? buanyaaak orang Samaria....SAMARIA man. bangsa yg notabene ga bergaul dg orang Yahudi, kini datang berbondong-bondong untuk ketemu Yesus, seseorang yg katanya Juru Selamat itu. mereka udah ga peduli Sang Juru Selamat ini orang mana, dari mana, suku apa, anaknya siapa, dll. mereka udah ga peduli, mau itu orang Yahudi kek, Yunani kek, Romawi kek, dll. Mereka ga peduli kalo dihukum sama pemuka agama mereka gara2 ketemu sama orang Yahudi alias Tuhan Yesus & murid2Nya itu. Jangankan ketemu, mereka malah bercakap-cakap n MEMINTA YESUS TINGGAL PADA MEREKA!!! WOOOOWWWW!!! Orang Yahudi diminta tinggal??? di perkampungan orang Samaria??? wow. oooh so wow!! apa kata dunia saat itu yah?? hahaha....tapi sabodo teuing....mereka udah ga peduli....kasih yg diberikan Yesus begitu besar n melampaui segala akal manusia, melebihi segala pertimbangan & melintasi segala suku, bahasa, budaya, ras, dan agama manusia.

n di bagian akhirnya, gw makin merinding, bahkan saat menulis ini:
"dan mereka berkata kepada perempuan itu: Kami percaya, tetapi bukan lagi karena apa yang kau katakan, sebab KAMI SENDIRI TELAH MENDEGAR DIA & KAMI TAHU, BAHWA DIALAH BENAR-BENAR JURUSELAMAT DUNIA."

can you believe that??? Orang Samaria....bangsa tertolak....bangsa hina dina & rendah.... tetapi mereka sangat terbuka & mau menerima keselamatan dari Yesus. mungkin pengetahuan agama mereka cuma seuprit dari pengetahuan ahli2 Taurat & orang2 Farisi lainnya. tapi mereka rendah hati, lemah lembut, n mau diajar.....n banyaaaaak dari mereka yg bertobat. n you know what??? semuanya karena wanita Samaria itu. Wanita yg ga sombong, yg mau membagi kesaksian hidupnya, yg mau membagi pengalamannya akan Tuhan & Juruselamat. awesomeee...!! 
coba kalo wanita itu sombong....ga mau berbagi....cuma dia sendirian yg menikmati belaian kasih Yesus....mungkin2 orang Samaria sekampung itu ga akan selamat....tetap hidup dalam dosa. Oh wow, so wow. Tuhan Yesus memakai orang2 yg bahkan ga kita anggap sekalipun bisa jadi penginjil buat orang2 lain, orang2 yg menyebarkan kabar sukacita buat mereka.

Pengenalan kita akan Tuhan, akan terasa makin nyata & nyata kalo kita ga hanya mengalami Tuhan secara pribadi, kalo kita ga cuma baca Alkitab, tapi juga mau merenungkannya....mau cari n gali lagi lebih dalem. Mau penasaran buat kenal isi hati Tuhan lebih jauh. misalnya, kaya gw tadi yg cari-cari kenapa seh orang Yahudi musuhan sama orang Samaria lewat bantuan mbah Google hehehe :p n justru dari situ, gw terima pewahyuan baru yg lebih seger lagi, n lebih mantap, mak nyuuss ^^ n yg paling penting, juga ketika kita mau berbagi & bersaksi ke orang2 lain, seperti wanita Samaria tadi! :D

1 komentar:

  1. wowww.. diselidiki dengan sangat jelas! jadi ngerti nehh asal muasal kenapa c cewe samaria itu kaya rendah diri gitu ke Yesus... hehehehe..:)
    Blessing me so much! :)

    BalasHapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^