About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Minggu, 20 Maret 2011

KASIH YANG SEMAKIN DINGIN

just like before, this is also another post from my fb's note:
udah cukup lama juga neh tulisan, tgl 19 Desember 2009 ckckck -.-"

 ***
di Kompas, hari Sabtu, 18 Desember 2009, ada 2 artikel yg ditulis mengenai fenomena buruh diri yg akhir2 ini marak di kalangan remaja. Nalini Muhdi, dalam artikelnya yg berjudul "Bunuh DIri itu Menular", mengatakan bahwa bunuh diri itu ya memang menular hehehehe......

berhubung saya tertarik dengan politik, hukum, dan kejadian2 sosial, hal ini menarik saya untuk mengepostkan artikel di account fb saya. gpp donk nulis2 disini, toh sekarang era keterbukaan informasi hehehe...saya akan membahas tulisan ini dari sudut pandang rohani. tentunya tulisan ini bersifat subjektif, dan teman2 boleh menambahinya atau beri koment2 lain.


artikel lain yg ditulis oleh Soelastri Soekirno, "Saatnya kembali ke keluarga & agama" tentang bunuh diri, mengatakan bahwa saat ini orang kalo mau bunuh diri itu milihnya di tempat2 terbuka n penuh keramaian yg gampang diketahui orang, kaya di mal & apartemen kelas atas, beda sama dulu. dulu orang malu kalo mau bunuh diri, merasa terhina banget, n selalu milih di t4 tertutup n terpencil. dikatakan, selama 16 hari, mulai dari 30 Nov-15 Des silam, ada 5 kasus bunuh diri n SEMUA memilih mal atau apartemen ternama sbg t4 untuk mengakhiri hidup. dg kata lain, bunuh diri telah menjadi TREND sekarang ini.....seolah-olah orang mau bilang, "ini nih gw mau bunuh diri....!"


fenomena ini tentu menjadi pertanyaan di benak banyak orang, salah satunya adalah psikolog UI Adriana Ginanjar: kenapa kok orang malah jadi suka suicide n bunuh dirinya itu pingin diketahui orang???


itulah yg akan coba saya ulas disini dari perspektif rohani. saya berpendapat bahwa orang2 menjadi seperti itu karena mereka kekurangan satu hal: KASIH. ya, kasih!! 2 Timotius 3:1-11 mengatakan, bahwa tanda di masa2 terakhir ini akan timbul masa2 yg sukar, salah satunya adalah KASIH MENJADI DINGIN. yaaa.....saya rasa itulah sebabnya. memang kenapa orang mau mati itu faktornya macam2, dari ditolak cinta, ga punya duit, pengangguran, ga bisa menuhin target, merasa diri tidak berharga, dll.....yah, dari 1001 alasan, saya tetap berkesimpulan bahwa itu semua karena mereka tidak mengalami KASIH yg sebetulnya sangat2 diperlukan oleh setiap manusia.


sebenarnya sensasi bunuh diri di tempat2 keramaian itu terjadi karena orang2 pada pingin diperhatikan. mungkin selama hidup, mereka merasa kok hidup ini rasanya hampa, ga ada orang yg sungguh2 tulus mengasihi gw, gw cuman dimanfaatin doank dll dll dll.....jadi mungkin mereka merasa saat mati nanti, baru orang2 lain tahu seperti apa rasanya kalo gak ada dia, baru orang lain tahu n merasakan bahwa ternyata mereka membutuhkannya.....


sungguh memprihatinkan & menyedihkan.


dan KASIH yg utuh & sempurna itu hanya dapat ditemukan dari Penyelamat kita, Tuhan Yesus Kristus. itulah sebabnya kita sbg orang2 percaya mengemban tugas untuk mengenalkan Tuhan kita kpd sebanyak mungkin orang, kpd mereka yg terhilang. kalo saya perhatikan (terutama di kampus yah, krn saya kan mahasiswa hehehe) orang2 skrg ini pada cari2 kebahagiaan, keselamatan, tapi mereka pada gatau carinya ke arah mana. ada yg cari di sex bebas, di rokok, dugem, drugs, hedonisme, pergaulan (yg sayangnya seringkali salah....), kegiatan organisasi,keagamaan, dll. dan itu semua ternyata tidak bisa memberikan arti kebahagiaan & keselamatan kpd mereka. mereka tetap merasa kosong, hampa, tidak menemukan apa yg selama ini mereka cari.


mereka tentu saja butuh Yesus!! saya jadi baru tahu apa itu amanat agung...ternyata seperti itu toh. saya jadi bener2 nangkep apa yg selama ini diomongin Pastor Cahya. ya sebenarnya dari dulu udah ngerti sih, cuma semakin lama semakin ditambahkan pengertiannya hehehe. sampai sekarang ini saya berusaha untuk terus bersaksi, penginjilan di kampus, bergaul sama semua orang, beritahukan Yesus. masalah mereka percaya ato tidak, ya itu terserah mereka. yg penting saya sudah beritahukan kebenaran itu. Tuhan berkata,lakukan bagianmu, soal mereka mau trima ato tidak itu nanti saja, Akulah yg akan gerakan mereka. bagian "penuaian" serahkan saja kepada-KU, tetapi kamu harus menabur lebih dulu. Akulah yg akan gerakan hati mereka, yg akan menumbuhkan firman di hati mereka yg sudah mereka dengar.


dulunya saya ini orang yg malessss banget bergaul dg mereka yg belum kenal Yesus, tapi setelah tahu hal ini kerinduan saya thd jiwa2 yg terhilang menjadi makin ditambahkan lagi. dan saya jadi ingin bergaul dg mereka, tulus bergaul, tak peduli apakah mereka akan ke gereja ato tidak. ternyata, orang2 yg terlihata bahagia, mapan, n selalu senang di luarnya, belum tentu merasa seperti itu juga di dalam...


sedikit kesaksian, dulu sebelum kenal Tuhan saya jg sering terpikir untuk bunuh diri. rasanya tuh cool gitu, mikirin kita mati (pemikiran yg mengerikan bukan??!!! itu dulu saya rasain loh). orang2 pasti akan kehilangan saya, sedih mikirin saya dsb. sebabnya macem2, kesepianlah, pingin inilah, itulah, dll. dulu saya ke gereja selama kurang lebih 6 tahun tapi gak pernah kenal Yesus, ke gereja ya cuma sekadar kewajiban n ritual seminggu sekali. dulu saya mikir, kalo gak ke gereja berarti dosa. sekarang saya ke gereja karena kerinduan yg menyala-nyala untuk ketemu Yesus & saudara2 seiman lainnya.....^^


menyedihkan memang melihat kecenderungan anak muda sekarang yg bunuh diri ato ambil jalan pintas lain. menjadi pertanyaan & tantangan bagi kita semua, mampukah kita mengasihi mereka yg terhilang? mampukah kita mengasihi mereka dg TULUS? mendengarkan beban berat mereka?


survey membuktikan bahwa Sebagian besar dari mereka terbukti mengurungkan niat bunuh dirinya ketika ada akses seseorang yang empatik, mau memahami, mendengarkan, dan memberikan dukungan yang bisa mengenyahkan noktah keputusasaan. Bahwa penderitaan tak layak diselesaikan lewat jalan pintas.


Patut diingat, yang meninggal hanyalah sebagian kecil dari perilaku bunuh diri yang diberitakan. Yang baru berniat atau tidak fatal tentu jauh berlipat kali jumlahnya. Inilah fenomena gunung es taraf kesehatan mental yang memburuk. Seakan menjadi silent killer yang tak terendus sehingga kita alpa mengantisipasi (kutipan dari Nalini Muhdi).


oh ya, saya juga berpendapat, saya kurang setuju dg apa yg dikatakan Soelastri Soekirno di artikel terpisah yg mengatakan, bahwa "...Hubungan sosial dengan sesama yang baik itu akan lebih lengkap bila memiliki hubungan kuat dengan Tuhan." apa yg salah dg pernyataannya? sebenarnya memang tidak ada. saya hanya kurang setuju karena membaca kalimat di atas, seolah2 hubungan dg Tuhan itu hanya menjadi secondary ato hanya pelengkap saja. menurut saya, hubungan yg intim dg Tuhan adalah dasar & fondasi yg kuat, paling kokoh dari segala sesuatu. Have Jesus, we have everything....


nah, tak peduli apa yg kita alami, mau ditinggal temen,ga dapet pacar, diputusin pacar, ga jadi married, ga lulus kuliah, ga bisa keluar negeri, ga dapet job yg kita inginkan, bahkan (Contoh ekstrimnya) tidak diakuin anak oleh orang tua tidak jadi soal selama itu bisa membawa kita pada tingkat keintiman yg lebih dalam dg Tuhan. maukah kita commit padaNya? ini yg saya dapet dari kotbah Pastor Cahya kemarin..... will you still LOVE ME, TRUST ME, n FOLLOW ME? meskipun Aku tidak berikan apa yg kau minta: Aku tidak berikan kesembuhan, Aku tidak ijinkan kau keluar negeri, atau apapun lainnya sesuai dg keadaan kita.


Roma 12:11 berkata, "Janganlah kerajinanmu kendor, biarlah rohmu menyala-nyala dan layanilah Tuhan." AMIIIN!!!


akhirnya.....yah, sebarkanlah kasih itu pada orang2 lain. bagikan kasih Yesus yg ada dalam diri kita. biarkan orang2 lain liat, agar mereka percaya & diselamatkan. biarlah agar kita menjadi kotbah berjalan hehehe...yg tidak hanya mendengar firman, tetapi juga melakukannya ^^

0 komentar:

Posting Komentar

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^