About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Minggu, 20 Maret 2011

ECLIPSE: BEWARE OF AN UNHEALTHY RELATIONSHIP!

again.....another post from my fb's note hehehe. tulisan ini gw buat bbrp hari setelah nonton Eclipse yg pas itu lagi booming2nya, 15 Juli 2010. walopun tulisan ini udah lama, hampir setaon lalu, gw rasa masih relevan jg lah buat dijadikan bahan pertimbangan anak2 muda sekarang, terutama pas bahas love & relationship di dunia yg udah makin jungkir balik ini. ati2 aja karena apa yg kita liat jg bisa mempengaruhi diri kita.


***** 
siapa yg belum pernah nonton the Twilight saga??? entah itu Twilight, New Moon, atau Eclipse??? kalo nggak ya serial Harry Potter deh.... dari seri 1 sampe 6, gw yakin hampir 95% orang Indo, terutama anak2 muda (gak ketinggalan dd2 kita yg masih kelas 6 SD ato SMP, plus orang tua) pasti udah nonton.

ke-3 serial film tsb benar2 membuat dunia hiburan kebanjiran duit. harus kita akui bahwa ide2 yg bermunculan di otak Stephenie Meyer & J.K. Rowling itu bener2 brilian n hebat banget. mereka benar2 bisa memukau n memikat anak muda. boro2 filmnya, lha wong novelnya aja udah booming abis....apalagi pas dibuat filmnya, wuiiih tambah seru bow....dg efek 3 dimensi n visualisasi yg sedemikian rupa.... siapa sih yg gak klepek2 liat tampangnya Edward alias Robert Pattinson?? ato Jacob alias Taylor siapa gitu? Harry Potter pun jg masih tetep digemari, wlpun rating cewek2 yg ngefans sama Daniel Radcliff mungkin udah turun dibanding sama Robert ya hehehe....

kali ini, gw akan membahas The Twilight Saga, khususnya di film Eclipse. gw merasa tertarik n terdorong untuk nulis ttg ini, karena kalo gw liat2 yah, banyaaak banget anak2 muda yg terpengaruh, or setidaknya kebayang2 terus ttg adegan yg ada di film itu. kita tau bahwa di Eclipse banyak adegan ciumannya, n film itu full 90% romance story n only 10% action (pdhl gw suka banget sama laga actionnya hehehe). harus diakui, sedikit banyak film itu menginspirasi, istilah kasarnya menanamkan di otak & benak kita, bahwa gaya pacaran yg keren itu seperti ini & itu blablabla. especially: kissing! am i right? well....sekarang ini kalo pacaran tapi gak ciuman rasanya kok ga afdol gitu hehehe. betul kan? gw merasa dg melihat film Eclipse, banyak anak2 muda yg merasa dirinya dibenarkan, atau ada pembenaran untuk melakukan hal2 seperti itu saat berpacaran. buat cowok2, mereka merasa it's okay to be so protective with your girls. buat cewek2, maybe you expect more from your boyfriend to be like Edward or Jacob. Kita akui saja lah guys, terutama buat cewek nih, siapa coba yg ga pingin dicium sebegitu rupa seperti Bella dicium sama Edward or Jacob? apalagi, cukup sering kan bibir mereka itu bertautan, n dishooting dalam jarak dekat lagi. close up! hahaha. hati n pikiran kita membayangkan, betapa inginnya kita seperti mereka!

gw yakin sekali, ada kasus dimana pasangan muda-mudi yg lagi pacaran bisa putus gara2 film Eclipse ini. yak, betul! they broke up after they saw the movie! jadi gini, si cowok itu sangat respek pada ceweknya. he treated his girl like a princess, something precious deh pokoknya. si cowok gamau menyentuh cewek sembarangan, seperti memeluk terlalu erat atau menciumnya dalam2. mula2 hubungan mereka oke2 aja, tapi setelah bbrp saat si cewek menginginkan hub yg lebih mesra. dg kata lain, si cewek merasa sentuhan fisik dari cowoknya itu kurang banget, n mengartikannya bahwa hub mereka kurang romantis, bahkan parahnya sampe2 mikir kalo cowoknya udah ga sayang lagi sama dia. Cewek ini ngebet banget cowoknya kaya Edward atau Jacob, yg dikit2 nyium n meluk dia. karena hal inilah si cewek jadi sering ngambek, n tentu aja cowoknya gamau donk disuruh bertingkah kaya Edward.....gw rasa, siapa sih cowok yg suka dibanding2kan?? akhirnya ya, you know the end of the story.

ini yg membuat gw prihatin. pacaran diidentikkan dg sentuhan fisik semata! we've got to differ this with free sex. yg gw maksudkan disini bukanlah melakukan seks saat pacaran, tapi pada hubungan fisik. adalah pemandangan yg biasa bila kita jalan di mall, atau di restoran, some in campuses, melihat muda-mudi saling menyentuh secara "liar". entah itu memainkan or menyisiri rambut pasangan, ngganduli erat2 lengan pasangan, memeluk di bagian pinggang ke bawah, berpelukan yg eraaaaatttt banget kaya lem (terutama pas di motor itu loh), or maybe doing a french kiss. well, alot of us say: everybody is doing this, then why can't we? kita merasa diatur oleh standar & gaya hidup dunia di sekeliling kita, n untuk menjaga serta mempertahankan kekudusan di arus dunia jaman sekarang yg sesuai standar Allah, rasanya susaaah sekali. betul? kita lebih baik ikut arus daripada berjalan menentangnya. padahal Yakobus 4: 4 jelas2 mengatakan, bahwa persahabatan dg dunia adalah permusuhan dg Allah. perlu dicermati baik2, yg dikatakan adalah persahabatan dg dunia. kadang2 orang sering salah kaprah, terus lantas menarik diri dari dunia, gak mau gaul, menyepi, menyendiri, wowowow.....not like that guys hehe. kalo gitu gimana kita bisa memberitakan Injil n menjadi terang? Bergaullah dg dunia (kan kita masih hidup di dunia :P), tapi jangan ikut2an standar atau arus di dalamnya! menjadi kudus artinya "Dipisahkan dari apa yg cemar". kita tetap berada di tengah2 dunia, tapi kita gak ikut2an cemar. okay? Siip hehehe. kita berasal dari Allah, n sekarang kita adalah milik ALlah, bukan lagi milik dunia.

hal lainnya: kita sulit untuk mengatakan "TIDAK" pada sstu yg kita tahu itu tidak benar, tetapi belum waktunya. contohnya, kita tahu kalau pacar kita melakukan sentuhan fisik yg udah menjurus ke "lampu merah", kita diem or bungkem aja. kita mengizinkannya melakukan itu karena kita takut kehilangan dia, takut dia gak mau lagi sama kita, or takut kita ga bisa nemuin orang lain selain dia. ini biasanya terjadi buat cewek2. kalo buat cowok, mungkin kita terlalu protektif ke cewek kita, maybe even possessive. kita merasa kita memiliki dia, seolah-olah dia sudah jadi milik kita. kita merasa jantan saat bersikap seperti itu. padahal, kenyataan sebenarnya, cewek kita bukanlah milik kita. Well, setidaknya, belum. wajar bila para cowok merasa ingin melindungi n ingin tahu gimana keadaan ceweknya. that's good! yg jelek adalah, bila itu terlalu berlebihan. itu berarti, kita (baik cewek maupun cowok) telah menggantungkan rasa aman & utuh kita kepada pasangan, bukan lagi kepada Allah. tanpa sadar, kita telah menggantikan posisi Allah di hati kita. padahal siapa yg bisa memberi rasa aman? Allah. siapa yg bisa memberi rasa utuh? Allah juga. siapa yg selalu mencintai kita tanpa syarat & gak pernah meninggalkan kita sedetik pun? ya Allah juga. see? jangan berharap or menggantungkan rasa amanmu pada pacar! God still has to be the number one in our life.

film Eclipse yg beredar sekarang ini seolah-olah ingin mengatakan & menegaskan sekali lagi bahwa semua itu benar, & kita harus seperti itu agar terlihat keren, meskipun sebenarnya kita tidak menginginkannya.
kalau dicermati, banyaaaaak sekali dari film itu yg jelas2 salah n bertentangan dg Firman Tuhan, tapi dikemas begitu rupa n sangat indahnya sehingga terlihat benar. ini gw bahas khusus ttg percintaannya ya....kalian bisa membaca lebih lanjut tulisan ttg Eclipse ini di websitenya Eric & Ludy, tapi gw lupa di bagian mana.....pas gw buka lagi, tata blognya udah berubah! wuah....T__T

1. Bella gak mau nikah, dia cuma pingin cinta2an sama Edward tanpa komitmen. ini mah udah jelas banget di awal film.....pas Edward n Bella duduk di padang bunga. gw hitung, kira2 ada 4x Edward ngajak Bella nikah tapi ditolak terus. alasannya, Bella ga takut n ga percaya dg institusi perkawinan, karena banyak perceraian yg terjadi. ortu Bella sendiri cerai, so no wonder she really despises the marriage. let's talk about it further.....berapa banyak di antara kita (pemuda n para dewasa muda) yg menganggap remeh pernikahan??? yg kita inginkan hanyalah hubungan mesra dg lawan jenis, tanpa mau terikat seumur hidup. tujuan kita pacaran ya hanya untuk pacaran, tanpa ada langkah selanjutnya yg lebih serius. senang2 dulu lah, susah dipikir ntar. Guys, gw kenal bbrp orang dewasa yg punya pikiran seperti ini. dan itu menyedihkan! mereka menjalin hub dg lawan jenis, n kita tahu kalo kita menjalin hub dekat dg seseorang, emosi n batin kita pasti akan ikut "terikat" juga. setidaknya, lama2 pasti "terikat". tanpa langkah n arah yg jelas hubungan ini mau dibawa ke mana, kita sebenarnya telah bermain api: kita bermain2 dg hati kita yg rapuh, n tanpa sadar kita sebenarnya telah menyakiti hati pasangan kita juga. ntar kalo rasa hot itu dah gak ada lagi, ato udah ilfil, terus putus. hati kita hancur berkeping2, patah jadi 2. butuh waktu lama buat pulih kan? gw pernah ngrasain n ga enak banget. pas itu gw nangis terus selama 2 minggu! cara paling ekspress untuk menyembuhkannya, apalagi kalo bukan menjalin hub dg orang lain? terus ntar putus lagi, cari lagi, putus lagi, cari lagi....begitu seterusnya. tanpa sadar kita telah terjebak dalam siklus mematikan itu. kita memandang enteng hub dg lawan jenis, karena kita tidak mempunyai tujuan yg jelas dlm hubungan ini! Contoh nyata yg bisa kita liat: ANgelina Jolie n Brad Pitt. yaah...kita tahu lah hub mereka cuma seneng2 doank kan? sekarang udah pegat lagi... gw sampe mikir, Jolie n PItt itu sedih gak sih? hati mereka gimana yah? pikiran mereka gimana? dg kenangan2 yg pernah ada di antara mereka berdua? Beruntung anak2 mereka ga digugurkan n tetap terpelihara dg baik. tapi bagaimanapun, kita tahu bahwa anak2 ga bisa tumbuh optimal tanpa peran 2 ortu disamping mereka. contoh lain? Britney Spears! duh....sampe segitunya. jadi selebirti or aktris, bukannya membawa teladan baik buat anak2 muda, tapi malah mengekspose tingkah laku mereka. seolah itu membenarkan inilah gaya pacaran yg sedang trendi. jadilah aktris yg memuliakan Tuhan, dimanapun kita berada. wokei? ;>

buat cowok, mungkin kalian merasa adalah jantan kalo bisa gonta-ganti pacar setiap 3 bulan ato 1 tahun sekali (masih banyak lho cowok yg kaya gini....). atau mungkin kalian merasa tidak utuh kalo belum bisa nggandeng cewek. buat cewek, mungkin kalian bangga kalo sudah banyak cowok yg takluk pada kalian, atau nembak tapi pada ditolakin. mungkin ada rasa "kebanggan" tersendiri kalau kalian bisa membuat hati cowok hancur berkeping2.... i don't know precisely what you've been through, but i sincerely pray that God will heal your heart :)

Mungkin ada yg tanya, "Lha terus pacaran buat apa donk? gw kan ga bisa tau dia orangnya gimana sebelum dicoba dulu?" Well, jawaban gw adalah: pacaran itu sesuatu yg serius.....ga bisa seenaknya suka sama orang, dor! terus langsung jadi. banyak hal yg harus dipertimbangkan. Tuhan sendiri sudah kasih petunjuk & rambu2 yg jelas ttg hal ini, yg paling gamblang apalagi kalo "Janganlah kamu merupakan pasangan yg tidak seimbang dengan orang2 yg tidak percaya....."(2 Korintus 6:14-15). setidaknya ada 6 langkah pengujian yg harus dilakukan untuk melihat apakah si dia orang yg tepat untuk jadi pasangan hidup kita ato gak (gw tulis kapan2 ya hehehe). 6 langkah itu TIDAK MENJAMIN bahwa dia orang yg tepat, bisa aja pas courtship putus. tapi setidaknya langkah2 itu menuntun kita untuk benar2 selekftif dalam memilih orang yg sekiranya bisa jadi pendamping hidup kita :)

2. Bella sangat terikat dg Edward, ia bahkan tidak berhubungan lagi dengan teman2 lain di sekolahnya. hmm....berapa banyak dari kita yg begitu jadian, langsung putus hub dg teman2 lain? apakah teman2 bahkan sohib kita merasa kehilangan kita? pacaran yg sehat seharusnya tidak seperti ini. kita tetap berhubungan baik dg semua teman2 kita, syukur2 kalo sang pacar bisa jadi ikutan deket hehehe.... bbrp sobat gw yg udah jadian pun tetep deket dg teman2 lama, malah pacarnya jadi ikut2an deket! hahaha. buat cewek, meskipun kita udah punya cowok, we still need our girlfriends! ya pintar2 bagi waktu lah, pake hikmat juga....jangan smpai kita ga punya waktu lagi buat hang out bareng, tapi jg jangan sampe kita ga punya special time with our beloved one hehehe.

3. Bella tidak patuh dg nasihat orangtua, dalam hal ini bokapnya. rasanya, jaraaaang sekali yah anak muda yg mengikutsertakan orangtua, terutama bokap, dalam hal pacaran (bagi yg iya, gw salut!!! 4 thumbs up buat kalian hehehe ^^). sejauh yg gw liat dari cerita Twilight sampai Eclipse, Bella sama sekali tidak meminta pendapat ayah atau mempertimbangkan pendapatnya dalam hal2 yg dia ambil. sejak pacaran sama Ed, terus nyusul Ed pas mau dibantai Volturi, pas mau ikut ngeburu Victoria, well, ayah Bella sama sekali gatau apa2 ttg itu. malah kadang2 Alice membantu Bella mengarang cerita biar Charlie gaktau. waw....sampai bohong segala.... Padahal, restu orangtua dalam menjalin hub sangat2 berperan! siapa sih yg tahu kita luar dalam sebaik ortu??? karena itu, penting sekali mengikutsertakan peran ortu disini....yah, setidaknya kita bisa curhat, cerita2 sama mereka ttg siapa yg kita sukai, teman2 pergaulan kita, dll. apalagi Bokap. ingat, menghormati Ayah itu sangat penting. Ayahlah pemegang otoritas dalam keluarga kita. bagaimana kita (Cewek) memperlakukan Ayah, itu nanti akan tercermin dalam bagaimana kita menghormati n memperlakukan pasangan kita. Ayah mrpk gambaran wakil Kristus di bumi ini.

gw tahu ngomong gampang, tapi kenyataannya enggak. zaman sekarang keluarga udah tercerai berai. benar2 dahsyat si Om Lucifer itu.... keluarga yg mrpk inti n basis kekuatan gereja udah diancurin. seberapa banyak sih keluarga yg utuh n guyub rukun? angka perceraian udah meroket di Indo, apalagi di barat. gw pernah baca, (kalo gak salah ya hehe) 1 dari 4 pasangan itu berakhir dg perceraian di Barat. anak2 ga bisa dekat or bercerita scr bebas dg ortu mereka. banyak pemberontakan, n remaja2 pada lari ke hal2 salah....seperti pergaulan buruk (pergualan buruk tidak selalu identik dg diskotik atau kebut2an. tapi apapun yg membawa pengaruh buruk ke kita, berarti pergaulan kita udah ga sehat lagi), free sex, narkoba, atau pacaran yg gonta-ganti. mereka mendapatkan 'kasih sayang' di dunia itu, n mereka merasa diterima di dunia tsb. kita tahu kalo salah pilih pasangan, hidup serasa di neraka. betul? ya betul! coba deh cermatin kisah2 nyata dari mereka yg kesaksian di CBN. beruntung mereka dipulihkan n bisa memulai hidup baru. lha kalo yg enggak? siklus itu terulang lagi. mereka cerai, kalo gak cerai ya pisah ranjang, terus jadian lagi sama orla (ato kadang kumpul kebo), seneng2, terus susah, cerai lagi, cari lagi orang lain, dsb dsb dsb........gw berani ngomong guys, kalo gaya pacaran kita udah gak sehat gitu, bisa dipastikan pas kita married nanti jg gak akan sehat!! makanya restu ortu diperlukan disini.....bukankah Alkitab bilang untuk menghormati ortu kita? bahkan kitab Sirakh (ini di Alkitab Katolik, tapi pesan moralnya bagus banget) asal 3 ayat 8-10 mengatakan:

"Anakku, hormatilah bapamu, baik dengan perkataan maupun dengan perbuatan, supaya berkat dari padanya turun atas dirimu. Rumah tangga anak dikukuhkan oleh berkat bapanya, tetapi dasar-dasarnya dicabut oleh kutuk ibu. jangan membanggakan nista bapamu. memang nista bapa bukan kehormatan bagi dirimu."

wuiiih, ngeri banget!! dasar2nya dicabut n dikutuk oleh ibu?! lebih lanjut, ayat 12-16 dg sangat jelas memerintahkan kita untuk menghormati ortu, no matter what a horrible thing they've done in the past! "Anakku, tolonglah bapamu pada masa tuanya, jangan menyakiti hatinya di masa hidupnya. pun pula kalau akalnya sudah berkurang hendaklah kaumaafkan, jangan menistakannya sewaktu engkau masih berdaya. Kebaikan yang ditujukan kepada bapamu tidak sampai terlupa, melainkan dibilang sebagai pemulihan segala dosamu. Pada masa pencobaan engkau akan diingat oleh Tuhan, maka dosamu lenyap seperti air beku yang kena matahari. Serupa penghujat barangsiapa meninggalkan bapanya, dan terkutuklah oleh Tuhan orang yang mengerasi ibunya." itu belum di kitab Amsal yg banyak banget menulis betapa penting untuk menghormati ayah & ibu kita. bahkan ditulis, anak yg bebal itu sungguh memalukan seperti aib bagi orangtuanya!!

namun demikian gw mengerti bahwa masih banyaaaaak anak2 muda yg kepahitan dg ortunya, mungkin mereka melakukan hal2 yg tidak pantas, tidak berperan sbgmana layaknya ayah & ibu. Gw sendiri jg pernah merasakannya. n gw sangat2 mendorong kalian untuk ikut berkonsultasi dg orang dewasa lain yg bisa kalian percaya: kakak rohani, pembimbing, youth pastor, atau siapapun yg lain, untuk membantu kalian melewati masa2 ini. Gw berdoa kalian menerima Yesus sbg Pribadi, Tuhan n Juruselamat kalian (bukan Yesus di tokoh agama...). terus ikutilah penyembuhan luka batin, ampuni diri sendiri n ortu kalian.....n rasakan dahsyatnya perubahan itu! ;) percaya deh, after you've known Jesus, hidup kalian akan benar2 diperbarui, dituntun, n sejuta kali lebih berarti, lebih indah drpd sebelumnya. termasuk dalam hubungan dg lawan jenis! ^^ kalian akan mengerti n merasakan sendiri, betapa indah & mulianya percintaan yg diberkati (=direstui) oleh ortu kita sendiri. sudah banyak yg bersaksi ttg hal ini, seperti pasangan Eric & Ludy, Jim & Elisabeth Elliot, Joshua Harris & Shanon, Grace & Stephen, Hans & Shinta, n masih banyak yg lain! itu semua bisa kalian baca di buku2 atau website mereka yg telah banyak diterbitkan, n they wrote A LOT about that!! kaya Lady in Waiting, I Kissed Dating Goodbye, When God Writes Your Love Story, When Dreams Come True, When Boys Meet Girls, Passion & Purity, dll. bisa dibeli di toko2 buku Kristen ato Gramedia. promosi neh hahaha.....

4. Bella pergi bareng Jacob di depan Edward, bahkan ciuman.... ga mikir perasaan Edward! kalo ini sih gw yakin ga ada cewek yg segila itu di depan cowoknya hahaha.... tapi guys, berapa banyak di antara kita yg tanpa sadar sdh flirting sama cowok lain, padahal kita udah punya pacar?? 7annya apalagi kalo bukan untuk mbikin cowok kita cemburu :P kita mungkin ingin membuat cowok kita cemburu, or maybe......to show our boyfriend that he is so damn lucky to have us, that we are sooo pretty until other boys want us!! iya kan??? hehehe. yaaa....siapa sih cewek yg ga bangga n seneng tahu dirinya dikejar banyak cowok? ;) jangan begitu girls.... itu menunjukkan bhwa sejak semula kita tidak setia. ya benar, TIDAK SETIA! kita pingin cowok kita setia kan?? bahkan sampai mati pun, tetap setia ama kita kan? jangan ada WIL deh!! nah, kalo begitu, maka kita pun harus berlaku setia kepada cowok n pasangan kita kelak ^^ janganlah kita ngedip2 or main mata sama cowok lain, atau mainin rambut ke mereka....atau pake baju yg super duper seksi!! hormati tubuh kita, hormati pasangan kita.
be faithful! TUhan Yesus bilang, "Apapun yg kamu ingin orang lain perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka." bahkan ucapan Yesus ini banyak dikutip di golden rules alias aturan emas yg bunyinya mirip2, kaya "Perbuatlah pada orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan" blablabla.... gw sangat merekomendasikan kalian baca ttg Flirting di blognya cc shinta, di www.hanshinta1.blogspot/july/flirting (part 1)/com. disana pembahasan ttg Flirting lengkap banget, sampe dibikin 2 bagian hehehe.....

5. Bella egois, ia ingin memiliki Jacob n Edward sekaligus. di samping itu, ia juga tidak bisa membedakan antara rasa sayang sama sahabat dg cintanya pada Edward.

6. Cinta Jacob itu egois. ini terungkap berkali-kali betapa dia ingin memiliki Bella, betapa Jacob ingin Bella memilih dirinya ketimbang Edward. bahkan di hadapan Ed pas kemah di gunung yg ada badai saljunya, Jacob "nyerang" Edward dg tanya, "GImana kalo Bella milih gw? She's in love with me too!" jacob juga bilang ke Bella, "I can give you more than him." Nah, ini buat cowok2: perlu kalian ketahui bahwa kasih itu memberi. cinta itu memberi n memperhatikan yg lain, bukan diri sendiri. sudah tahu donk definisi Cinta di 1 Korintus 13? kasih itu murah hati, kasih itu tidak cemburu. Nah, perhatikan baik2. cintanya Jacob itu MENUNTUT!!! cuma kelihatannya aja Jacob perhatian banget sama Bella kan? padahal sih kalo kita cermati baik2, Jacob ingin memiliki Bella untuk dirinya sendiri. not even once he cares about Bella's feeling! beda dg Edward. bukannya gw membela Edward lho yaaa......penggemar Ed jangan langsung marah hehehe...... Edward tetap menghormati keputusan Bella. Even if finally Bella chooses Jacob, Ed said that he will still respect her decision. Nah gitu donk.... jadi cowok jgn maksa si cewek. contoh lainnya: Edward sangat mempedulikan akan pilihan Bella yg pingin jadi vampir. Edward sudah mati2an ngingetin Bella bahwa jd vampir itu berarti lose your soul, and he didn't want it happen to the girl he loves so much. see the difference??? (yg diliat karakternya ya, bukan identitas mereka yg werewolf n vampire hehehe. itu mah 22nya salah!)

7. masih terkait dg hal di atas, Bella mengambil pilihan bodoh dg ingin jadi vampir. dibilangi Edward bahkan Rosalie pun dia gamau dengar. Bahkan, Bella ingin melakukan seks dg Edward agar itu menjadi alasannya bisa menikah dg Edward n menjadi vampir. wowowowo....dari baca novel sampe nonton film gw ga habis mikir sama jalan pikiran si Bella ini. kok ya bisa2ne gitu loh?! gw sama Vivi (sohib gw) pas nonton udah ga suka banget sama si Bella. cewek kok bodohnya minta ampun....what do you think guys???

jadi begini. saat kita jatuh cintrong sama orang, kita bisa jadi "buta". some say that love is blind....well, particularly in this case i can say that is true. demi si doi, apapun kita lakukan lah. gunungpun kan kudaki, lautan kusebrangi, padang gurun kujelajahi..... kita ga mikir lagi apakah perbuatan itu salah atau benar, udah tutup kuping sama pendapat orang2 di sekitar kita, ga peduli apapun pokoke asal terjang we.... kita ingin menyenangkan si doi. Bella sama saja dlm hal ini. tampaknya menjadi vampir adalah keinginannya yg sudah tak terbendung lagi. akal sehatnya udah gak jalan. walah.... gw percaya, hal yg BENAR adalah: love is NOT blind. Love means you care with your spouse. ada pepatah bilang, "pas pacaran buka mata lebar-lebar, waktu nikah tutup mata rapat-rapat." nah inilah yg betul!!! masa pacaran itu masa saling menjajaki. saling mengenal kelebihan-kekurangan, kelebihan-kekurangan masing2. ntar pas lu dah saling ngucapin sumpah di depan altar, di depan Tuhan & semua orang, lu akan berjanji sehidup semati, dalam suka DAN DUKA.....ga mungkin lu cuma pingin setia doank di saat senang, pas susah lari. Kalo kita liat kisah2 true story di Kick Andy atau buku2 biografi orang, banyak loh pasangan yg membuktikan kesetiannya di saat2 susah. n kisah2 itu indaaaaah banget..... makanya biar ga salah pilih, ikutilah percintaan di jalannya Tuhan. ikuti firman Tuhan, jangan bersandar pada kekuatan or pengertian kita sendiri (Amsal 3:5-7).

Bella hanya memikirkan apa yg baik untuk dirinya: menjadi vampir agar bisa bersama Ed. dia ga mikir perasaan ortunya. guys, saat pacaran, janganlah kita melakukan sstu apa yg kita rasa benar. jangan ngandalin perasaan kita doank. percintaan yg sehat, membutuhkan HIKMAT ALLAH & Tuntunan Roh Kudus, bukan perasaan kita doank. perasaan kita itu hanyalah kedagingan n hawa nafsu, yg menyuruh kita untuk terburu-buru. andalkanlah hikmat! hikmat itu seperti benang layangan yg menarik layangan begitu dia sudah terbang tinggi terlalu jauh. tanpa benang, si layangan bisa terlalu jauh n terlalu tinggi tertiup angin, n asli kalo jatuh pasti sakit banget..... nah, demikian juga dg hikmat. hikmat itu seperti rem, kendali dalam hubungan percintaan kita. dimana kita bisa dapet hikmat? Minta sama Tuhan donk!! Yakobus 1:5-6 bilang, "Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, - yang memberikan kepada semua orang dengan MURAH HATI dan dengan tidak membangkit-bangkit - , maka hal itu akan diberikan kepadanya." Dengarkan juga saran kakak rohani kita, teman2 kita, n ga kalah penting: ORTU!!! yg paling utama adalah: miliki hubungan intim sama Tuhan. miliki waktu saat teduh yg berkualitas, n always listen to the Holy Spirit. ga mungkin deh kalo kita ikut Tuhan terus dikecewain! wong Tuhan aja pingin yg terbaik untuk kita kok.....tapi biar dapet yg terbaik dari Tuhan, kita juga harus memberikan yg terbaik untuk Tuhan ;) percayalah, apapun yg kita lakukan untuk Tuhan, TIDAK SEBANDING dg semuaaaa yg Tuhan lakukan untuk kita hehehe.

untuk cowok, janganlah "menabur" di hati seorang cewek kalau kalian memang tidak ada maksud apa2. jangan berikan perhatian yg lebih ke cewek kalau tujuan kalian cuma pingin berteman! karena banyak sekali cewek2 yg salah nangkep maksud kalian ini. dikiranya kalian memberi sinyal ke kami, kalau kalian itu suka sama kami. gw sering menerima banyak curhat dari temen2 cewek gw, n gw juga pernah mengalami ini, n rasanya sakit n kecewa berat begitu tahu kalo dia cuma pingin temenan doank, gak lebih! "Jadi apa maksud dia selama ini?! yg selalu nganter jemput gw? yg selalu sms gw tiap hari? yg ngajak gw main bareng? nyatanya dia udah punya cewek lain/ nembak cewek lain!!" gitu sih yg sering gw denger.....

gw punya teman cowok, n dia respek buanget sama cewek. dia bersikap gentleman, tapi dia jg "tidak menabur sana-sini" di hati para cewek. dia benar2 menegaskan bahwa perhatiannya hanyalah sebatas teman, tidak lebih, titik. dia bisa bersenang2 n ketawa bareng cewek2 n teman2 lain, tapi ya cuma itu. dear para cowok, dg bersikap begitu, kalian telah menunjukkan n mempraktikkan sikap bahwa kalian menghormati calon istri kalian kelak! WOW. isn't that amazing? ^^ dijamin, ini salah satu langkah awal untuk membangun rumah tangga yg bahagia. kalau kalian sudah terbiasa untuk gak "tabur sana tabur sini", kesetiaan kalian hanya akan terpaku pada seorang wanita pendamping hidup kalian, n ga bakalan ada WIL yg muncul di hatimu. n teman cewek kalian jg akan menikmati persahabatan yg tulus ini. (kalo dari persahabatan tumbuh asmara, itu lain cerita!! hahaha).

8. cinta yg memanfaatkan: Victoria memanfaatkan Riley untuk balas dendam. Well, ini gak perlu diulas panjang lebar semua udah tahu kalo cinta sejati tidak memanfaatkan pasangan kita: buat dapetin hartanya, ketenarannya, popularitasnya, dapet nilai bagus di kampus..... Zaman dulu cukup banyak ortu yg njodoh2in anaknya (terutama orang Chinese, krn gw sendiri jg chinese n tahu hal itu!! wkwkwk) buat ngangkat derajat n nama mereka di masyarakat. pokoknya kalo dapet mantu ato besan orang kaya itu wah, udah gimanaaaa gitu hahaha.....

9. the last one, kita sering tertipu dg kisah percintaan Eclipse: bahwa cinta itu abadi. iya donk, habis kan ceritanya vampir itu gak bisa mati kecuali dibunuh. betul kan? or bisa mati ya? hehehe ya gitu deh pokoknya. di novel itu, vampir abadi, lebih tepatnya gak bisa tua. n mereka ga bisa punya anak (betul gak? gw ga baca habis yg "Breaking Dawn" soalnya...). nah, kadang kita jg mikir bahwa sampai mati pun n udah di alam lain, kita masih bisa bersatu dg si doi. well, respon gw dalam hal ini adalah: TIDAK! cinta manusia itu tidak abadi. kalo cinta Tuhan baru abadi. karena di sumpah pernikahan, ada kalimat "......sampai maut memisahkan kita." naaah looo.....berarti kalo kita/pasangan kita sudah meninggal (secara wajar tentunya, bukan dibunuh!), ya sudah cinta kita sampai disitu (tentu saja kita akan mengenang dia sampai kita pun turut meninggal.)

yg sering salah kaprah adalah: kita sering "memegang" erat2 pasangan kita, ga mau melepaskan. kita tanpa sadar telah menggantungkan rasa aman kita pada dia. kita sudah MEMBERHALAKAN PASANGAN kita. padahal seperti yg gw bilang, rasa utuh n aman kita hanya bisa didapat dari Tuhan, termasuk pas udah married sekalipun. kita harus siap bila suatu saat pasangan kita meninggalkan kita, karena dia ya hanya manusia yg bisa berpulang. soal ini, bisa kalian baca di facebooknya "Tuhan Masih Menulis Cerita Cinta" karya Ci Grace Suryani. dia menulis n membahas hal ini secara bagussss banget ^^ bisa baca di

http://www.facebook.com/notes/tuhan-masih-menulis-cerita-cinta/sampai-maut-memisahkan-kita/416649172961

(untuk tahu lebih lanjut ttg hubungan pacaran kudus/courtship & percintaan, silakan baca buku2 yg gw rekomendasikan di atas, n milikilah cerita cinta yg ditulis n disutradarai oleh Tuhan sendiri!! ^____^)

gw tidak bermaksud munafik dg menulis ini. gw sendiri jg melihat film Eclipse, New Moon, Twilight, n Harry Potter hehe. gw sendiri pun ngefans sama Taylor n Robert Pattinson, bahkan sempet bercandaan sama temen: "GImana ya kalau punya kuli badannya kayak Jacob?? bwahahahaha......" "Sudah pasti dia ga jadi kuli, udah gw jadiin pelayan pribadi gw!" bwahahahaha.....^o^

gw rasa boleh2 aja kita melihat film itu, tapi hati2 dg pesan yg terkandung di dalamnya. jangan sampai itu semua menggeser kebenaran Firman Tuhan yg telah kita terima sejak kecil.
2 Timotius 3:14 mengatakan: "Tetapi hendaklah engkau tetap berpegang pada kebenaran yang telah engkau terima dan engkau yakini, dengan selalu mengingat orang yang mengajarkannya kepadamu."

yg lebih parah, ada loh orang yg sehabis nonton serial Twilight n Harpot itu mempertanyakan: "vampir n penyihir itu ada beneran gak sih? mereka ternyata gak jahat2 seperti yg gw sangka ya....jadi gapapa donk kalo belajar sihir putih. Gapapa donk kalo ciuman pas pacaran....." n beribu gapapa lainnya. soal sihir menyihir, itu bisa dibaca lengkap di buku2nya Daud Tonny. gak ada yg namanya sihir baik, mau itu sihir item kek, putih kek, ijo, kuning, pink, dll. semua sihir ya tetap sihir, itu adalah salah di mata Allah. Om Lucifer aja yg pinter buat mengcover semua itu sehingga terasa seperti baik n benar.

Mengutip dari blog Ci Shinta, dituliskan di
Kitab Ulangan 18: 9-10, "Di antaramu janganlah didapati seorangpun yang mempersembahkan anaknya laki2 atau anaknya perempuan sebagai korban dalam api, ataupun seorang yang menjadi petenung, seorang peramal, seorang penelaah, seorang penyihir, seorang pemantera, ataupun seorang yang bertanya kepada arwah atau kepada roh peramal atau yang meminta petunjuk kepada orang-orang mati. sebab setiap orang yang melakukan hal-hal ini adalah kekejian bagi TUHAN, dan oleh karena kekejian-kekejian inilah TUHAN, Allahmu, menghalau mereka dari hadapanmu. "

kalo Harry Potter ini lebih ke arah okultisme n hal2 yg berbau sihir gitu deh..... yg gawat adalah mereka yg sehabis nonton film tsb, jadi pingin coba2 belajar sihir. misale ikutan kelas tenaga dalam, berguru ilmu jurus2 silat, baca Primbon, ke dukun/belajar ramalan n kartu tarrot, atau apapun yg lain. sekali lagi, entah itu mau sihir putih atau hitam, itu tetap jahat di mata ALlah! sihir ya sihir. gak ada toh dosa besar atau kecil? kita ga bisa merasa diri kita lebih baik hanya karena seseorang dosanya lebih besar dari kita. dosa ya tetep dosa, n itu pasti dihukum Allah. demikian jg dg sihir.
inget2 wataknya Om Lucifer itu adalah PEMBOHONG. sejak semula dia adalah pendusta, n Bapa segala dusta (Yoh 8:44). Sejak zaman Adam & Hawa, iblis sudah menipu mereka bahwa tidak apa2 memakan buah terlarang. bukan hal yg mengherankan lagi kalo iblis sekarang jg makin pinter n gak kalah sama anak2 Tuhan dalam menyebarkan ajarannya. semua yg salah jadi kelihatan benar, apalagi dg pesatnya alat2 teknologi sekarang. semua itu sudah dikemas secara apik n sedemikian rupa, sehingga tampak "wooow.....kereeeennn...cool....aduhai...." hal ini udah ditulis ribuan tahun lalu di Alkitab, bahwa iblis pun menyamar sebagai malaikat terang (2 Kor 11:14), bahkan bukanlah hal yg ganjil jka pelayan2nya (iblis) menyamar sbg pelayan2 kebenaran (ayat 15). jadi ya kita gak usah heran lagi. yah, tipu daya n cara2 iblis itu kan lihai banget bow.....jangan sampai lah kita ikut2an termakan di dalamnya.

masih inget gak pas bukunya "The Da Vinci Code" beredar bbrp tahun lalu? asli, itu buku mengguncang iman gw banget. pas itu gw belum lahir baru. tahu Yesus sih, tapi ya cuma sekadar tahu aja, ga punya hub intim sama Dia. ke gereja cuma sekadar formalitas (dulu anggapan gw, kalo gak ke gereja itu dosa....), gak ada keinginan buat sungguh2 cari Tuhan pokoknya.... nah, habis baca karyanya Dan Brown itu, gw sampe ketakutan setengah mati n mempertanyakan: bener yah Yesus nikah??? bener yah Yesus punya anak??? gw sampe takut bobo di kamar karena di kamar gw ada lukisan Perjamuan Terakhir Yesus dg ke-12 murid!! terus pas gw udah beranian dikit, gw cermatin tuh lukisan, bener gitu yang di sebelah Yesus itu Maria Magdalena?? habis penuturan di buku itu kan memukau banget.....kaya beneran gitu. gw baca habis buku itu cuma 1 malam kalo gak salah hehehe. fakta2 n detail2 yg dipaparkan jelaaaass banget, kaya sungguhan. bener iman gw terguncang abis pas itu, n bisa dikatakan gw menelan mentah2 60%-70% apa yg ditulis di buku itu.

gw yakin kita2 yg udah besar, pasti bisa menyaring pesan2 yg terkandung di film2 tsb. tapi belum tentu demikian dg adik2 kita yg masih kecil, yg juga nonton Eclipse n Harry Potter. oleh karena itu, tugas kitalah buat memberitahu n mendampingi mereka dg baik2 n lemah lembut buat mereka. ingat bahwa apa yg kita lihat (MATA kita) adalah PINTU MASUK dari hal2 yg jahat. ibaratnya seperti banyak hidangan di depan kita, tapi kita harus selektif dalam memilih: apa yg baik untuk kita? apa yg nggak baik? jangan semuanya ditelan mentah2. dari nonton film2 yg berbau sihir, okultisme, vampir2an, setan, pocong2an, itu semua akan mengendap di otak. contoh yg lebih nyata: kalo kita nonton film porno, itu pasti kebayang2 di otak kita berhari-hari kan?? kalau semua itu nggak disaring, well, itu bisa termanifestasi dari tingkah laku kita. jadi, hati2 dg apa yg kita lihat, dg apa yg kita ucapkan, dg apa yg kita pikirkan, dg apa yg kita lakukan. jadi inget lagu sekolah minggu anak2:

Hati-hati gunakan tanganmu/mulutmu/matamu 2x
Karna Bapa di Surga melihat ke bawah
Hati-hati gunakan tanganmu/mulutmu/matamu

11 komentar:

  1. jadi yang pertamax ahhhh... hehehe.. keep posting non! hahaha... let God's words spoken through your blog! :) GBU

    BalasHapus
  2. makasiiih Alvin. hehehe sekarang dah nongol kan? :p

    BalasHapus
  3. Louisa.. :)
    Salam kenal ya, hehehe.. Baru baca blogmu.. Anyway, mau comment a bit. Jadi ceritanya aku tuh skola di LN yang notabene culturenya 100% beda dari timur. Waktu pertama2 skola, shock berat! Pas di locker area, kiri kana depan belakang smuanya pacaran trus doing yang ga2 macem french kiss dkk.. For me, i feel disgusted secara tau itu ga bener and it was my first time liatin gituan.. Ckckckc, zaman sekarang makin banyak yang melakukan yang ga2 gitu.. :(
    Nice post btw, jadi sadar kalo dibalik film2 yang uapik2 ternyata banyak akal bulusnya.. hehehe.. keep writing!

    BalasHapus
  4. @anonim: hai hai haiiii ^^ salam kenal juga!! senang kalo tulisanku bisa memberkati hehe. btw, boleh tau namanya siapa? dulu sekolah dimana? ato sekarang masih di LN? :) hehe.

    BalasHapus
  5. @anonim: oh iya, sering2 komen juga ya....n btw, aku itu dipanggil Nonik, bukan Louisa hehe. so jangan kaget kalo namaku di sebelah foto pake nama Nonik, bukan Louisa :)

    BalasHapus
  6. hihihi, namanya mel, kamren lupa tulis namanya.. sekarang masih high school di toronto.. seneng banget bisa nyasar ke blognya ci shinta,ci lia, louisa, ci tepgun dkk.. :)
    Iya, orang jawa kan biasanya kalo anak perempuan panggilnya nonik ato ga nduk.. hehehe.. :)

    BalasHapus
  7. @Mel: oooh Mel....singkatan dari Melissa bukan? hehehe. wow keren amat high school udah di Toronto....kenapa jauh2? cerita donk ;)

    iya blognya Ci Lia, Ci Shinta, Ci Grace, n Ci Fani emang bagus2 yah ^^ aku sendiri terinspirasi banget oleh tulisan mereka sampe2 perlu untuk bikin blog sendiri hahaha :D

    btw, di Kanada sana gimana pergaulannya? sering merasa "berat" yah dg arus dunia yg kuaaatt banget? serasa udah nglakuin yg bener tapi kok kaya ditentang oleh arus? hehehe don't worry....gw jg sering...be strong yah ^^ GBU!!

    BalasHapus
  8. Ga, singkatang dari amelia. hehehe.. iya, soalnya kata bonyok, buat anak cewe tinggal di Indo ga aman, jadinya diungsikan dulu, sekalian adaptasi jadi pas kuliah ga kaget.. :)
    pergaulannya? pertama kali liat shock! trus uda gitu ga punya temen sama sekali, palingan ada tapi ga deket cuma sekedar say hi di kelas ato ngomong pas ada kerja kelompok di kelas. di luar kelas, ga pernah ngomong. karna banyakan, anak sininya uda ada geng2 sendiri, dan anak2 yang foreigner kebanyakan kumpul sama yang dari asal negara sama.. i wrote it on my blog, hippo-colourfullife.blogspot.com.. tapi lagi jarang nulis, abis ada kelas malem. hehehe.. Nah itu juga, berasanya kaya ada 2 sisi y ang berbeda debat in my mind, ampe bingung2 sendiri.. :)
    harus banyak2 minta penyertaan Tuhan.. thanks uda bisa nyasar ke blog sini dan sana, jadi bisa belajar dan ga kesepian lagi.. seengaknya ada something yang bisa dibaca, dan someone bisa dicomment and bales2an comment.. hehehe.. GBU!

    BalasHapus
  9. wah berat juga yah....tapi ayo Mel, pasti kamu bisa!! ^^ yah emang begitulah suka dukanya di negeri orang :) dulu gw juga di Taiwan merasa sengsara banget T__T padahal cuma sebulan loh....wwkwkwkwk :p biarlah dalam masa2 itu, hanya Tuhan saja yg menjadi batu karang n perlindungan kita :)

    n berada jauh di negeri orang, membaca blog2 kaya punya ci Shinta, ci Lia, ci Fani, n fbnya Ci Grace memang bagiakan oase di padang gurun wahahaha ^o^ gw aja yg di Indo ngrasa diberkati banget, apalagi kamu yg di Kanada yah....sekarang kelas berapa? kuliah mau dimana?

    BalasHapus
  10. hahaha iya nih, musti sabar2 jalaninnya.. Untungnya aku dikasih sifat rada cuek, jadinya kalo ga lagi sensitive, bisa ga berasa dicuekin ama orang.. hehehe.. :)
    sekarang sma 3, lagi nunggu pengumuman buat kuliah diterimanya di mana.. rencanya mau ke U of Toronto, waterloo kalo ga queens ngambil engineering.. hehehe.. doain diterima ya.. hehehe. Thanks..

    BalasHapus
  11. sampai sekarang masih belum dan gag mau nonton sekuel terakhir dari Twilight Saga yaitu Breaking Dawn, meskipun temen2 se-genk ngajakin, semenjak membaca blog nya Ci Shinta dimana kita juga harus menyaring hal-hal yang penting untuk kita tonton.
    Sekarang, untuk tontonan sih,, mending nonton film kartun aja to film-film yang menginspirasi yg sedikit/gag ada adegan seks/kissing nya..:D

    BalasHapus

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^