About Me

Foto saya
A beautiful girl in His eyes. A girl with a BIG dream, BIG vision, with BIG passions for her town. Interested in a lot of things. Talkative and longing to travel in many new places. Is thinking hard what she can do to her country.

Jumat, 25 Maret 2011

AWAS PENCURI!

renungan ini diambil dari kotbah 3 minggu lalu di gereja gw, ditambah dengan editan gw dikit2 wekekek. tulisan ini, ada juga di bagian notes fb gw. just want to add it on my blog :p karena rhemanya yg bagus, i'll share it with you guys :)

renungan ini berkisah tentang pencuri. what? yep, PENCURI. THIEF. Maling. perampok. heheheh. coba kita buka Yoh 10:10a. di ayat itu Yesus berkata, "Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan."

Pencuri. kenapa orang mencuri sih? tentunya untuk mengambil sesuatu yang baik, yang mahal, yang mulia, & yang berharga dari kita. sesuatu itu begitu mahal n menarik buat si pencuri, tentunya dg harga yg di luar jangkauan pencuri. betul? coba pikir ini. if we really want something, really really want to have something, but we cannot afford it, then what will we do? ya nyuri toh :p hehe. itu contoh kasarnya aja. di dunia ini, hampir semua pencuri, pencopet, n perampok kan begitu. mereka ga punya sesuatu berharga seperti yang dipunyai orang lain. n karena mereka ingin memilikinya juga, mereka memutuskan untuk mencurinya, satu2nya jalan yg tercepat. bukan dengan bekerja keras biar dapet duit n bisa beli sesuatu itu, tapi dg cara nyolong. ngambil begitu aja tanpa seijin si pemilik! langsung rebut begitu aja. lah kalo minta ijin dulu kan pasti ga akan dikasih hehehe. Satu hal lagi yang penting, apa yg dicuri atau diambil, atau dirampas dari si pencuri, tentunya & pastinya adalah sesuatu yang berharga. sesuatu yang langka, n preciousss banget. sesuatu yg mungkin hanya dimiliki oleh segelintir orang di bumi ini, n ga sembarang orang bisa mendapatkannya. Hehe jadi ngulang2 yah, but i want you to get the point. Pencuri ga bakal pernah n ga akan pernah mengambil sesuatu yg murahan ato biasa2 aja dari kita. kalo itu sih dia jg bisa dapetin sendiri tanpa susah payah :p n untuk mendapatkan sesuatu yg berharga ini, pencuri butuh strategi n rencana yg matang, biar kita ga sadar kalo dia dateng ke rumah kita untuk mencuri.


nah, Iblis itu, adalah pencuri yang ulung. licik, lihai, pandai, cerdik, tapi juga jahat, kejem, n keji hehe. yah bener kan? perlu diingat bahwa what the Satan wants to take from us is much much much more precious, expensive, n so so priceless beyond anything that we can pursue here on earth. kalo lu punya mobil Mercy, Audy, or Mercedes masing2 5 biji, laptop or ipad keluaran terbaru, puluhan kartu kredit, tabungan miliaran dollar di berbagai rekening Bank, karir yg sukses n cemerlang, dsb dsb dsb, itu semua ga ada apa2nya dibanding sesuatu yg ingin dicuri sama Om Lucifer. Benda2 di duniawi yg kita punya, juga pasti dg mudah n gampangnya diambil oleh iblis, tapi itu hanyalah satu ato 2 langkah sebelum dia mau ambil sesuatu yg lebih besar yg kita punyai. benda2 yg kita miliki di dunia bisa dibeli lagi, n sifatnya juga gak abadi. bakalan cepet rusak. Tapi sesuatu yg ingin Setan ambil itu begitu berharga & mulianya, n yg jelas sifatnya kekal, ga akan rusak karena karatan or dimakan ngengat, sampai2 Setan pun perlu memikirkan rencana, strategi, taktik, n tipu muslihat yg jitu banget buat merampasnya. ingat, setan juga berkuasa lho, walaupun tentu, of course.... kekuatan yg dimilikinya jauh ga sebanding dg kekuatan Bapa kita di Sorga :) but however, setan ga akan pernah tenang, ga akan pernah tidur nyenyak kalo dia belum juga bisa ngrebut sesuatu yg kita punyai ini!


apa itu yg pinign iblis ambil dari kita? Sukacita. Joy. n keselamatan hidup kita. The salvation that we have received in Jesus. itu yg ingin iblis rebut, yg ingin dia curi, rampas, n ambil dari kita. kalo sukacita itu berhasil dirampas iblis, dengan mudahnya diri kita pun akan dikuasai juga. ujung2nya, nyawa kita deh :(


Begini lebih jelasnya. Sejak semula, iblis tahu bahwa setiap masing2 dari diri kita, diciptakan Allah dg segudang potensi & kemuliaan di dalamNya. He's given each of us a precious gift, yg bisa berbuah beratus-ratus kali lipat untuk memuliakan nama Allah & memasyurkan Kerajaan-Nya di bumi & di Sorga. setiap dari kita, begitu berharga di mataNya. hidup kita ini sungguh berharga, sampe2 Tuhan sendiri rela turun ke dunia, disalib, n mati untuk kita. In Him we have mercy, forgiveness, abundant life, joy, peace, everything that we need! and Satan does not like that. forever and ever he will try hard to steal it from us. Dia ingin kita binasa, ga fokus ke Tuhan lagi, n makin lama membawa kita makin jauh, jauh, n jauuuh dari Tuhan.


How would he do that? by stealing. But what does he steal? our joy! tapi apakah cara ngambilnya dg langsung ngambil or ngrebut begitu aja? Nope. itu semua butuh taktik n rencana yg jeli. seperti yg gw bilang, dalam mencuri sesuatu yg berharga & tak ternilai harganya, dibutuhkan rencana yg matang n jeli. Setan juga gitu, dia ga bakalan gegabah hohoho. Caranya Setan ngambil sukacita kita gimana sih? dengan cara memasukkan berbagai pikiran negatif ke otak kita! peperangan ga hanya terjadi di dunia nyata, tapi juga di alam roh, di pikiran kita. setiap hari kita bertempur melawan pikiran2 yg jahat dari si Iblis. Nah, kalo Iblis udah berhasil masukkin semua pikiran yg buruk2, biasanya kita ngapain? tentu saja khawatir. takut. cemas, bimbang, gelisah, ragu, gentar, dll. by this way the devil distracts our mind & shifting our focus from Lord to the little things & problems that make us worry, terrified, n anxious. En biasanya, ini terjadi di pagi hari! PAGI HARI. Makanya penting bagi kita untuk memulai setiap hari dg Tuhan :) begitu kita membuka mata, mana yg lebih sering terlintas di benak kita? mengucap syukur kpd Tuhan, ato udah mulai mikir yg macem2 tentang kuliah, kerjaan, n ngurus rumah tangga? Nunggu uang kiriman ortu yg belon dateng2, marahan sama pacar, tagihan2 yg belum dibayar, pipa rumah yg bocor, dll. kita semua pernah ngalamin itu. Celakanya adalah kalo kekhawatiran ini terbawa terus sepanjang hari. kita jadi gampang marah, bad mood, ngambek, uring2an, n muka masem terus kaya jeruk purut :( kalo ketemu orang jg biasanya kurang ramah. n tanpa kita sadari, uuupss....hopla! Sukacita kita telah tercuri hari itu! kita jadi ga bisa menikmati berkat2 Tuhan.


Gw bisa bilang begini, karena sudah pernah mengalaminya. kita semua jg pasti sudah hehe. tadi pagi malah gw ngalamin lagi! begitu bangun tidur, bukannya saat teduh, tapi langsung kepikiran sama bab 1 skripsi, ujian tengah semester, n tugas2 kuliah yg mesti dikerjain. terus bawaannya uring2an mulu. jadi gelisah, kepikiran. no peace, no joy. sampe Roh Kudus tegur dalam ati, "Nik, don't let the devil steal the joy from your heart." Waaiiikks....jadi sadar deh hehe.


Kenapa sih sukacita itu penting banget buat iblis? karena setan tau, dg sukacita, kita akan lebih mudah bergembira di dalam Tuhan. kita jadi gampang mengucap syukur, do something good, etc etc. One thing that terrifies him most, is that by joy, we can spread the Gospel of God. and oh nooo, Satan really does not want this to happen! makanya dia berusaha banget buat rampas sukacita itu setiap pagi dari diri kita. Setan tau, kalo sukacita ini udah diambil, kita akan gampang uring2an n ga fokus sama Tuhan karena kita lebih fokus pada masalah yg kita punya. ujung2nya jadi suka ngeluh2, bilang Tuhan ga adil blablabla, n pada akhirnya, kita ga memaksimalkan segenap potensi & talenta yg udah Tuhan kasih buat memenangkan jiwa. Kalo sukacita ini hilang, trust me deh, kita jadi lebih gampang jatoh ke hal2 negatif n do something that may harm our life. kita jadi lebih rentan jatuh ke dalam dosa.


I am not saying that it's not normal for us to be worried. No, bukan itu poinnya. wajar buat kita ngrasa sedih, khawatir, takut, gelisah, cemas, bimbang, dll. namanya juga manusia gitu hehe. n justru karena itulah we need God. merencanakan sesuatu jelas boleh, n itu juga baik. tapi apakah kita melibatkan Tuhan di dalamnya? n apakah kita mau membiarkan sukacita itu terus hilang ketika diambil iblis.


biar sesuatu berharga yg kita miliki itu tidak dicuri orang, tentunya kita berjaga-jaga donk. pasang alarm kek, sewa satpam, pelihara anjing galak, or bangun rumah dg pagar yg tinggi. kalo perlu dialiri listrik sekalian biar orang asing kalo mo masuk kesetrum wahahaha :D itu usaha kita dalam menjaga sesuatu yg berharga itu. Demikian jg, dalam hidup ene, gimana caranya njaga hidup kita? sukacita kita? biar ga dirampas sama Om Lucifer n pembantu2nya? dg mendekatkan diri sama Tuhan. keintiman dg Tuhan itu perlu dijaga tiap hari, tiap saat, tiap waktu. Bukan pas hari Minggu doank pas kita ibadah ke gereja. n baca firmanNya juga. Firman Tuhan itu penting bow. itulah perisai kita dalam menangkal setiap pengaruh dari yg jahat: pikiran2 buruk, negatif thinking, cemas, khawatir, gelisah, takut, dll. Firman itu fungsinya kaya tameng n baju zirah yg melindungi kita dari setiap panah api dari si jahat. En panah2 si iblis tuh paling gampang masuknya lewat mana? Lewat pikiran hehe. Makanya, orang yg pikirannya dipenuhi sama Firman, beda dg orang yg di pikirannya cuma masalah mulu.... FirTu jg yang menuntun setiap langkah kita. Ga salah kalo Om Daud sampe bilang di Mazmurnya, bahwa FirTu pelita bagi kakiku, n terang bagi jalanku. Semua kata2 Tuhan ibarat senter yg nerangin kita di dunia yg udah gelap n semua serba jungkir balik. Kalo kita udah pasang pengaman ini tiap hari, dijamin, Iblis bakalan susah banget buat ngrampas sukacita dari idup kita. Tapi kalo berhasil diambil gimana? ya rebut lagi donk hehe :p perkatakan lagi Firman Tuhan, fokus lagi ke Tuhan. n sukacita itu akan kembali, because whe belong to Jesus. kita udah diberi kuasa jadi anak2Nya.


Setan tau banget loh, hidup kita ini super duper zuperrrr berharga di mata Allah. lah wong sampe2 Yesus aja mau turun buat nebus dosa2 kita....n nebusnya bukan dg emas perak, tapi dg darahNya sendiri. n darah ini begitu mahal, berharga, n tak ternilai. Allah sendiri bilang, bahwa kita ini berharga di mataNya dan mulia (Yesaya 43:4), sampe2 dianggap jadi biji mataNya sendiri! Nah, inilah sesuatu yg ga akan pernah sanggup dilakukan oleh setan, harga yg ga akan pernah sanggup dibayar olehnya. Mana mau seh setan mati buat kita? justru dia yang pingin kita ikutan binasa dg dia. 1 Kor 6:20 bilang, bahwa kita ini telah dibeli & harganya TELAH LUNAS DIBAYAR. LUNAS.... LUNAS. karena itulah, setan ngrasa kehilangan bangeeett tepat di detik Yesus wafat disalib. karena kita sudah disatuin lagi dg Allah Bapa. Yesus sudah jadi perantara langsung antara kita dg Tuhan. Kunci kerajaan setan sudah diambil lagi oleh Yesus. That's why, setan berusaha keras buat ambil kembali hidup & sukacita itu. And that's why pula, Yesus udah menasihati kita untuk berhati-hati terhadap si "pencuri" yang satu ini. Masih mending kita kecolongan dompet, laah kalo sampe hidup kita yg dicuri? berabe bow.....


Ati2 pula, sekarang ini cara setan buat "mencuri" idup kita makin licik n makin menggoda. Tipu muslihatnya macem2. mulai dari hal2 kecil, icip2 baca or liat buku porno gapapa....toh hampir semua orang nglakuin kan? En tanpa disadari, tau2 kita udah terlilit pornografi. Ato ngrokok dikit2 gapapalah....tau2 kita udah kecanduan ngrokok n paru2 kita bolong. Minum2 dikit....tau kita kecanduan mabok or malah sekalian narkoba. Kalo pas belanja di toko n pingin sesuatu, ambil aja mumpung penjualnya ga liat....mulai dari barang2 yg kecil, tau2 kita jadi buron n meringkuk di penjara :( begitu bangun ga usah saat teduh (sate), satenya nanti aja, kan masih banyak waktu. tau2 dueenk....kita kok udah jauh dari Tuhan yah? Masih untung kalo sadar n berbalik, lah kalo tiba2 maut menjemput? say bye-bye deh T__T n masih banyak sejuta cara lain! karena itu penting banget tau tipu muslihat Iblis. En bukan hanya tau, tapi juga berjaga-jaga n melawannya. Guys, setan ga akan mungkin bawa kita langsung jauh begitu aja dari Tuhan. Pasti caranya pelan2 dulu. slowly but sure. Ibarat bandar narkoba deh. Kalo misalnya gw neh bandar kelas kakap n pingin jerat orang lain juga, ga mungkin kan gw bilang, "Hey, sini deh, gw mau bikin lu kecanduan. nih gw kasih narkoba 1 karung. lu boleh nikmatin semuanya or lu jual lagi ke orang lain." ga mungkin!! gw pasti bujuk rayu orang itu dulu. kalo orang itu udah kemakan rayuan gombal gw, baru deh gw kasih narkoba. tapi ngasihnya juga dikit2 dulu! Ga mungkin langsung sekarung hehe :P naaah, ntar begitu itu orang udah ketagihan, pasti minta lagi sama gw. betol?? Dia bakalan rela nyuri barang2 dari ortunya, dari rumahnya, demi buat dapetin barang haram ini. Kalo perlu nglacur di jalan sekalian demi dapetin narkoba yg bikin elu sakaw.


i am not saying that kita ini kebal dosa. no no no. justru manusia, termasuk gw, rentan banget akan dosa. gw sendiri udah jatuh ke dalam dosa berkali-kali. that's why penting buat kita untuk berjaga-jaga setiap saat.... Tuhan tauuuu banget, kita tuh rentan akan dosa. makanya Dia udah kasih semua petunjuk & rambu2 kehidupan yg tertulis di Alkitab. tapi wajar banget kalo kita kepikiran sesuatu yg negatif Nik? iya wajar banget. tapi Tuhan bilang, agar kita menawan segala pikiran, & menaklukkannya di dalam Kristus. jangan sampe pikiran itu yg ngendaliin kita. Setan bisa banget masukkin segala pikiran negatif itu ke otak kita. tapi pilihan apakah kita mau bersukacita ato gak, itu ada di tangan kita.


Wah, thank You Lord buat renungan ini. betapa bahagianya orang, yg mengandalkan hidupnya padaTuhan!

0 komentar:

Posting Komentar

hey guys, please leave your mark print here! it give me a boost to keep writing you know! ^^